Menikmati Bus Trans Jakarta Gratis

Source: news.okezone.com

Source: news.okezone.com

Bus gratis ini awalnya ditujukan kepada pengendara motor sebagai akibat dari pelarangan motor melintasi jalan MH Thamrin dan jalan Medan Merdeka Barat. Tapi nyatanya bus ini malah dinikmati oleh para penumpang yang memang setiap harinya menggunakan angkutan yang dilewati jalur bus gratis. Dan itu termasuk saya 🙂 Para pemotor nampaknya lebih suka mencari jalur alternatif ketimbang memarkir motornya dan menggunakan fasilitas ini.

Jalur yang dilewati bus gratis ini adalah dari Harmoni sampai Bundaran senayan. Dia ngetem persis dihalte depan kantor, jadi bagaimana mungkin tidak dimanfaatkan 🙂 Sayangnya, sama seperti bus Trans Jakarta yang berbayar, bus ini masih belum memiliki jadwal tetap, sehingga saya pun seringkali terlewat atau malah menunggu terlalu lama.

Tapi berhubung bis ini gratis, jadi yah dilarang protes 😀 Dengan naik bus ini saya bisa berhemat IDR 4k sekali jalan, lumayan bukan? Terima kasih Pak Ahok 😀

Waktu awal diluncurkan, bis ini sepi peminat. Foto-foto dibawah ini saya ambil akhir tahun lalu. Sekarang? Jangan ditanya. Selalu penuh, bahkan petugas penjaga pintu sering menolak penumpang saking sudah tidak bisa memuat lagi.

20150107_174709

20150107_174715

20150107_174728

Saya sih berharap kedepannya fasilitas bus gratis ini ga cuma terbatas dari Halte Harmoni sampai Bundaran Senayan aja, tapi bisa menjangkau tempat lain. Dan siapa tahu juga ada dikota-kota lain di Indonesia kan 🙂