Chicken Pox a.k.a Cacar Air

Meski udah telat tapi rasanya belum basi yah buat ngucapin:

Source: Here
~ SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H
MOHON MAAF LAHIR BATIN 🙂 ~
“Maapin kalo ada salah-salah tulisan, komen, dan sebagainya yah.. Kita mulai dari Nol yah. :D”
 ***
Lanjut cerita..

Buat yang follow2an twitter pasti tau kemarin Py itu kena Cacar air.. Sedih banget jadi gak bisa nikmatin liburan dengan senang2 kesana kemari. Senengnya bisa bener2 istirahat sih, walau pas seminggu dikamar rasa bosan teramat sangat mendera. 

Bermula dari tanggal 30 Juli Py ngespa di Campa Devarana, gak ngerti kalo ternyata disebelah tirainya ada kipas angin gede nyala. Pas luluran baru ngeh kok dingin banget. Pas pulang malemnya langsung berasa meriang gitu, dah curiga ini pasti masuk angin.

Besokannya ke kantor body udah gak enak, seharian Py tiduran aja dikantor krn emang pas dah ga ada kerjaan. Sempet juga dipijit dan dikerokin temen kantor, tapi gak ngepek. Biasanya kalo udah dikerok dah mendingan dikit. Malemnya pulang kantor langsung ke Sudirman Medical Center buat ngecek ke dokter umum karena udah makin ga tahan dan asam lambung juga naik. Tak lupa minta surat keterangan buat istirahat besok nya lagi. Udah lah pulang dikasih obat sama pak dokter nya.

Tanggal 1 Agustus sore lagi nonton tipi Py kaget liat di pergelangan tangan kiri ada kulit melepuh. Langsung parno takut alergi obat dari dokter. Keliling nanya temen2 kost jawaban mereka cuma satu:

“Lu kena cacar tuh Py”
Huaaaa… Dari kecil berhasil lolos, kenapa baru gede baru dapet? lol.. Tapi tentunya lega karena Py ga alergi obat, kalo iya kan fatal yah *ketok meja*.. Buru2 langsung telp dokter kulit di MMC, tapi sayang jam praktek nya udah lewat. Jadinya tetep ke MMC tapi ke dokter umum aja. Dan begitu periksa cek sana kemari langsung beneran didiagnosa kena virus Varicella alias Chicken Pox alias Cacar Air alias Luti (bahasa Manado).

Pas tau kena Cacar langsung berdatangan lah masukan dari sana sini. Ternyata banyak mitos juga yah masih banyak dipegang sama orang2 sekitar Py, apa itu?

1. Gak Boleh Mandi.
Ini mitos yang masih sangat dipegang banget nih. Lah dokter aja bilang boleh kok mandi., semua artikel ttg cacar yg Py baca nulis kalo boleh mandi. Justru malah harus mandi, ini kan cacar virus yah makin gak mandi makin numpuk lah mereka. Yang penting yang harus diinget jangan mandi dalam keadaan tubuh demam (nenek2 gondrong juga tau yah? haha). Iya pas awal2 kena cacar kan demam tuh, tubuh ga enak. Pas hari ke 2 tuh Py mandi karena selain body udah ga enak udah ga demam juga. Ehh abis mandi body anget lagi..haha.. Gpp deh yg penting udah seger.

Mandinya Py pake cairan detol sama sabunnya, sabun Py pake dibody juga dikepala buat keramas. Asli itu rasanya satu kepala penuh cacar. Muka juga banyak 😦 Cuci muka pake sabun detol, hari ke 3 komedo juga numpuk..hahah.. Jorse deh jadinya. Yang harus diinget waktu ngelap badan kudu pelan-pelan biar gak pecah lenting cacar nya. Dan handuk dipake sekali ajah 😀

2. Gak boleh kena angin.
Kalo yang ini berlaku untuk angin diluar yah, maksudnya diluar kamar or luar ruangan. Tapi kalo dalem kamar gpp, kek Py dikamar kan pake fan doang jadi kalo dimatiin yah panas dijehh. Tujuan ga boleh kena angin itu biar virus nya ga nular ke orang lain. Nah Py baru tau hari ke 3 dongs, alhasil biang keringet muncul disekujur tubuh. Jadi bingung gimana mau garuk nya? Alhasil bedak detol ditaburin ke sekujur tubuh :p

3. Pake jaket tebel
Ini mungkin nyambung ke yang atas kali yah, gak boleh kena angin jadi pake jaket yang tebel. Lah bijimaneh mo pake jaket tebel? Itu lenting cacar airnya itu rentan pecah. Pake jaket tebel bukannya makin keteken yah? Selama sakit kemarin sih udah paling enak pake daster Bali. Nyaman banget. Tapi ya itu, tiap basah kena keringet harus segera diganti yah.

Yang paling penting dari kena Cacar itu, nanti pas udah kering bakal gatel banget. Jangan sekali-kali digaruk atau dikopek. Kemarin iseng dikopek-kopek alhasil bolong gede dimana2..hikks… Dan minum obat trus olesin salepnya teratur yahh..

Kamu kena cacar umur berapa? Bekas lukanya masih kelihatan gak? 😀

Advertisements

35 thoughts on “Chicken Pox a.k.a Cacar Air

  1. Waduh py…semoga cepet sembuh yaa
    dan inget jangan digaruk yaa ntik bekas loh dikulit
    bah itu mitos blm seberapa loh malah dulu orang tua di bali blngnya habis kena cacar air suruh mandi kembang
    bohhhh serem ndk? alasannya karna biar bersih dan wangi kan udh berhari2 ndk mandi karna sakit

    Like

  2. get well soon ya py…
    bener, jangan mandi n kena angin dulu, biar g nularin orang *eh ditoyor pypy*
    hahahahaha…
    becanda py, biar ituh cacarnya cepet kering, klo basah n kena angin makin banyak katanya…apalagi klo aernya pecah…alamak…

    Like

  3. Cepat sembuh ya py.. sakit cacar emang plg gak enak.. dulu gue kena cacar pas SMP dan pas udah bisa masuk sekolah duduknya dipisahin sendiri dipojok biar gak nular yg lain katanya T.T

    Like

  4. Iya udah kering nih cacarnya.. hahaha 😀 Puji Tuhan sih kmren ga gitu banyak.. Tapi sayang muka nya yg numpuk, ditangan ama kaki malah dikit..haha.. Tetep bersyukur yah.. :p

    Like

  5. gue kena cacar air pas SD, lupa umur berapa. tapi tuh sekeluarga kena semua berentetan.. ya kan namanya nular ya
    dari cici gue nular ke koko gue nular ke gue.

    gateeel
    gue punya bekasnya nih satu di jidat tengah
    tapi lama2 jadi ga gitu keliatan sih

    cepet sembuh yaaaa

    Like

  6. gw kena cacar pas SD, dan karena masih kecil ga tahan banget sama gatelnya, apalagi yang dikepala. Karena gw kopekin terus yang dikepala lamaa banget ilangnya (langsung gatel lagi pas inget).

    coba olesin pake jagung muda yang diparut Phy, katanya bisa ilangin bekas luka.

    cepat tidak gatal yahh.. hihi

    Like

  7. ya ampun py.. cepet sembuhh..

    dulu kata si mama sih pernah kena pas kecil. tp ga bnyk.
    trus kata orng2 kalo ga bnyk. bs balik pas gede..
    ahhh. mudah2ann ga balik2 lg tuh cacar.. hauhaua

    Like

  8. Amin, thanks yah ko.. Syukurlah ko Arman ga tau..haha.. bbrp hari isinya ngedumel mulu soale.haha..

    Semoga deh yah ko ga akan kena, selama ini berharap gitu ternyata.. Yg penting sih jgn deket2 org yg kena cacar pas body lagi kurang fit.

    Like

  9. Iya sih nular bgt emang yah 😦 Bagusnya sih pas SD yah jadi skrg dah ga keliatan bekasnya.. 😀

    Gatell bgt, makanya byk yg ke kopek saking ga tahannya.

    Thankss yah Aina ^^,..

    Like

  10. Dikepala gw ini yakin deh gw udah bolong2 gede.. semuanya gw garukin soale..hahaha 😀

    Tengkiu tips nya yah Tan, tar gw cobain dehh 😀

    Like

  11. Makasih Jen, udah kering2 nih 😀

    Duhh.. Amit2 yah klo kena lagi.. Ya selama daya tahan tubuh bagus sih virus ga akan masuk yah. Katanya klo udah pernah dpt trus kena lagi nnti bukan cacar air, tapi cacar ular namanya.. Syeremm. *amit2*..

    Like

  12. get well soon ya py…

    gua kena cacar air pas SMP, ketularan tetangga hahaha… hampir dua minggu ngendon di rumah doang… kan ga boleh digaruk tuh, ada sekali gua ga tahan gua kopek2…di muka pula hahahahaha, bekasnya masih ada ampe skrg… dan apesnya, abis itu gua kayak kena virus apalah lupa, jadi dikarantina lagi di rumah… nyiksa banget deh hehehehe…

    Like

  13. Dear Py semoga segera sembuh ya :). Kata orang klo kecil udah kena cacar gedenya ga kena lagi, eh ternyata kedua adikku pada kena lagi lih, sampai dirawat di rs. Mungkin klo imun tubuh lagi drop gampang terkena penyakit.

    Like

  14. Py OOT ya, aku 2x coba comment dari tablet, 2x dari komputer gagal semua, terjadi kesalahan gitu jawabannya. Sptnya dari WordPress ga bisa komen di blogspot lagi ya?. Jadi nih aku komen pakai id google baru bisa.

    Like

  15. gw kena pas kuliah… padahal kayanya pas kecil udah pernah kena juga klo diinget2. Ngga enak banget, cuma ya mau gimana lagi hehehe. yang penting dijaga supaya demamnya ilang. Trus soal mandi ama pantang2an itu, gw wkt itu jg parno & mati2an ga begini ga begitu malah jadi stress. Temen gw yg ketularan malah cuek2 aja mandi. Soalnya klo keringetan trus pas gatel itu kan jadinya ga enak banget. Yang penting badannya harus bener2 kering, rambut juga gitu, jadi mandi gpp sih(campur detol aja) tp jgn digosok2 sabun. Soalnya klo kotor trus sampe keringetan & kegaruk bekas lukanya bisa infeksi. Jd yg penting hrs bersih.

    Like

  16. Makasihh ci, iya nih iseng bgt garuk2 trus kopek..hikss..
    Iya bener lagi musim, temen py 4 kk ade dapet semua..ckckc.. Musim tuh duren aja kek yah..hhaha

    Like

  17. Thanks Mel 😀

    Huaaa.. Ga ilang2 yah Mel? Jahh.. Bisa double kena virus gitu? ckckc.. kurang kerjaan yah tu virus.. Smoga deh mreka ga iseng2 lagi main ke tubuh gw.. :p

    Like

  18. Makasih Kak Nella 😀 Iya klo udah dpt bukan berarti g bisa dpt lagi, om ku juga gitu kak. pas dpt yg kedua malah parah sampe rumah sakit. 😦

    Like

  19. Nah itu dia Nge, bisa kena lagi sih katanya walau udah kena *amit2*. Iya betul, kudu mandi biar ga infeksi. Gw kmren pas mandi ya gitu, alusss bgt ngelap nya.. Takut pecah, soale kalo dah pecah jadinya sakit dan perih.. Yg pecah sendiri sama skali ga sakit.

    Like

  20. Semoga cepet sembuh dan ilang ya bekas2nya. Kalo ga salah inget, pernah denger suruh minum air kelapa ya buat netralisir dalam tubuh. Gw sendiri udah kena waktu kecil, waktu ko2 gw kena sengaja ditularin biar sekalian kata nyokap…hahaha….

    Like

  21. Wah aku malah lupa pernah cacar atau enggak, seingetku sih blm pernah, tp nanya nyokap katanya dulu udah pernah, masa cacar bisa lupa ya? Kacau..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s