Soal Si Mbo

Tanggal 10 Oktober 2017 kemarin adalah kali ke tiga kami bayar gajinya. Dengan demikian sudah 3 bulan juga beliau kerja dirumah kami. Sejauh ini kami sangat bersyukur kami berjodoh dengan Mbo. Btw, Mbo ini sebenarnya orang Sunda, harusnya panggilannya mah aturan Bibi gitu ya. Cuma karena Mbo ini gw dapat dari temen gw yang dari sononya dipanggil begitu jadilah kebiasaan. Belakangan sih manggilnya suka berubah dari Mbo jadi Umi.

Waktu awal tuh dia sempat bikin gw males, gimana enggak? Baru kerja 3 hari sudah mau pinjam duit 2 juta. Gw jelasin lah soal keuangan kami yang belum pulih karena ditipu. Gw sampai liatin beritanya btw, dan emang pas yee ada mukenye Ai, jadi deseu percaya. Makanya kami ga bisa kalau mendadak gitu mintanya. Ehh tak disangka, setelah gw ceritain soal itu, beliau sampai saat ini ga pernah lagi ngomong soal pinjam duit. Terus yang sebelumnya masak tuh royal banget, jadi minimalis. Haha. Mbo malah ngomong “Non, masak seadanya aja ya, yang penting ada lauk sama sayur“.. Lol. Maksudnya royal itu jadi ada tambahannya banyak kayak lalapan, tahu tempe, bakwan dan perkedel. Gw bingung banyak banget, tapi ya nikmatin aja. Setelah cerita, pelengkapnya jadi cuma satu sampai sekarang. Kami disuruh berhemat. Hihi.

So, berikut penilaian buat si Mbo setelah 3 bulan bekerja:

Yang kurang dari Mbo:

  • Dia ga bisa baca tulis, ini yang bikin temen gw ga mau pakai lagi.
  • Punya sifat lupaan khas PRT lainnya. Ditanya apa ga tau, ditanya itu ga tau. Pas gw nemuin baru owh owh.
  • Terus tetiba baju gw pada kuning-kuning dan luntur. Banyak baju L, termasuk yang di beli Ayahnya dari Bangkok, baru dipakai sekali sudah ga bisa dipakai lagi.
  • Karena faktor umur ya, Mbo ga bisa ngejar L kalau dia lagi main di luar. Jadi ya paling digendong terus.
  • Orangnya ga tegaan. Jadi saat gw lagi disiplinin L malah ketawa-tawa atau belain. Huaaa.

Yang lebih dari Mbo:

  • Karena ga bisa baca, ga ada namanya dia sibuk mainin hp. Gw beberapa kali lihat suster/PRT di cluster yang bawa jalan anak lebih sering liat hp daripada ngasih makan.
  • Karena sudah tua, sudah banyak pengalaman. Sedari awal tuh gw ga perlu banyak omong. Lagian gw juga ga ngerti kerjaan PRT itu apa aja.. Haha. Mbo sudah langsung tau apa yang mesti dikerjain dari hari pertama masuk rumah. Jadi di rumah gw tuh Mbo bangun jam 4 atau 5 pagi (tergantung menu makanan) terus rendam baju, masak buat serumah + bekal ke kantor,  nyuci baju, jemur, siapin mandinya L dan nyapu ngepel rumah. Pas kami mau berangkat dia sudah dalam posisi gendong sambil nyuapin L. Abis nyuapin, main bentar sambil nyetekin kompor buat air mandi, airnya hangat ya mandiin L. Terus seharian main dalam rumah. Didalamnya ada beresin tempat tidur kami, bawa L tidur, ganti pampers, makan siang, makan buah, kasih susu dan air putih. Kalau L bobo terserah dia mau ikutan bobo atau gosok. Tar sore-sore gendong lagi kasih makan L sambil ngiter atau bercengkrama sama tetangga.  Pulang rumah untuk mandi sore, main dalam rumah sambil tunggu kami  pulang dan makan, dia cuci piring dan istirahat jam 8 malam. Ini gw jabarin siapa tau ada first timer yang mau pakai Mba juga bisa tau mereka kerjaannya sebenarnya ngapain aja 😀
  • Sejauh ini dia jujur. Kalau makannya L ga habis dia selalu lapor. Pupnya keras lapor. Kalau tinggalin duit untuk bebelian apa aja jelas berapa dan sisanya dikembaliin.
  • Sayang juga sama L (sepenglihatan gw ke L ya). L bahkan diwaktu-waktu tertentu lebih senang digendong Mbo daripada gw. Galau sih mau senang atau sedih. Tapi anggap aja ini keuntungan ya, dengan begitu gw lega tinggalin Mbo sama L.
  • Bertanggung jawab. Waktu kami protes kok baju pada kuning, Mbo bilang dia juga ga ngerti kenapa bisa. Tapi sorenya pas pulang gw lihat salah satu kaos yang kuning jadi bersih lagi. Ditanyalah sama Ai, kok bisa putih? Dia bilang dia bikin kayak di kampung. Jadi tu baju direndam air panas plus detergent, masih panas langsung dikucek. #terharu. Tapi baju lain yang kena luntur sama sekali ga bisa diakalin. Gpp lah ya. Terus yang soal kepala L luka, ternyata setelah diselidikin Ai, Mbo itu ada satu waktu meleng dan L nangis. Sebelumnya pas gw tanya dia bilang ga tau. Saat L nangis dipikir cuma karena ga mau ditinggal. Taunya pas mandi waktu mau dikeramasin L nangis bilang sakit. Eh luka kepalanya. Huhu. Kami curiga dia kepentok meja dapur (apa namanya) yang beton, emang tajam sih. Dia ngaku salah dan minta maaf, kedepannya bakal hati-hati dan langsung lapor kalau ada apa-apa pas gw telpon.
  • Bisa masak. Penting. Walau awalnya rasanya ga karuan di lidah kami, tapi bisa diajarin. Dan sekarang mulai sesuai yang kami mau.

Soal yang L luka dikepala gw ga mau besar-besarin karena gw tau L ini anaknya sangat aktif dan lincah. Dikamar aja bertiga L bisa tetiba kepentok, apalagi cuma berdua sama Mbo. Jadi memang bukan murni kelalaian Mbo.

Sejauh ini  itu aja kekurangan dan kelebihannya yang gw rasa cukup untuk buat gw percaya tinggalin L sama Mbo selama kami kerja.

Sedari awal memang gw bilang ke Mbo kalau kami tuh bermodalkan kepercayaan. Kami butuh jasa Mbo, Mbo butuh duit. Kalau Mbo baik, kami bisa lebih baik lagi. Kalau gara-gara kami baik Mbo jadi ngelunjak ya itu salahnya Mbo *serius gw ngomong gini. Mbo makan apa yang kami makan. Minum apa yang kami minum. Kalau dikulkas ada yang Mbo pengen makan ya makan aja. Asal ngomong soalnya takut pas gw pengin dan pikir masih ada taunya abis. Gw sediain semua kebutuhan mandi sesuai rekues Mbo,  juga kopi jenis white coffee buat dia ngopi sehari dua kali. Kalau ke pasar juga karena gw tau Mbo orang Sunda doyan lalapan jadi suka gw beliin berbagai jenis lalapan dan ikan asin. Pulsa kalau gw rasa dia banyak telpon kami ya gw isiin. Gw bilang ke Mbo kalau kami memperlakukan Mbo sebagai sesama manusia. Kalau gw lagi tegas ya terima, kalau gw lagi bilangin yang kurang-kurang ya dengar. Diluar itu kita sama. Ngobrol ya ngobrol, nonton ya nonton bareng, secara rumah juga cuma sepetak ya kan.

Si Mbo emang bilang, sebelum dapat rumah teman gw, dia selalu dapat majikan yang rumah gedongan. Disana makanan antara majikan dan pembantu beda. Boss ga pernah ngobrol sama pembantu. Dirumah teman gw berubah lebih ok. Eh dirumah kami lebih ok lagi. Kata Mbo. Gw sih ga mau GR ya, cuma seharusnya ya Mbo tau kalau memang kami memperlakukan dia dengan baik. Bukan semata supaya dia juga baik ke L tapi ya memang seperti itu lah cara kami. Gw juga pernah overheard obrolan dia sama PRT tetangga yang lagi obrolin majikan masing-masing. Si PRT ini ngomong ke Mbo “Jangan dilepasin Mbo majikan baik kayak sekarang, belum tentu dapat lagi“.

Gw sih berdoa semoga Mbo boleh betah kerja sama kami. Dan lama juga. Cari PRT yang cocok itu memang susah-susah gampang. Gw cukup diberkati dapat sekali langsung berasa cocok. 

Semoga abis nulis gini Mbo ga berulah ya XD

 

21 comments

  1. ndu.t.yke · October 14, 2017

    Awet ya Booo eh Mboooo!

    Like

  2. Epi · October 15, 2017

    jadi kangen mike. *tetep*. semoga awet dan betah ya py. 🙂

    Like

    • Pypy · October 15, 2017

      Hihi.. Mike selalu dihati ya.. Aminn aminn 👼

      Like

  3. pingiwed · October 15, 2017

    semoga Mbo ini awet2 terus ya py. Yg kurang bisa diperbaiki en yg bagus bisa lbh ditingkatkan 🙂 amien

    Like

    • Pypy · October 15, 2017

      Aminn Wii.. Semoga deh.. Ga tau mo nyari kmn klo dia ga betah.mhaha.. Makasih yaa..

      Like

  4. zilko · October 16, 2017

    Asyik ya kalau sudah dapat yang cocok begitu Py. Semoga awet terus sama Mbo-nya!!

    Like

    • Pypy · October 16, 2017

      Aminn Ko.. Makasihh ya..

      Like

  5. Melissa Octoviani · October 16, 2017

    suster gua juga uda agak tua, tapi masih gesit ngejar2 jayden, kadang gua aja kalah cepet larinya ama dia hahahaha… cuma kalo suster gua, karena uda tua dan berpengalaman, kadang malah jadi sok tau… uda gitu ngomongnya suka nyinyir pula… makanya gua suka sebel… tapi ya udahlah, toh gua butuh… lagian ini suster awet, dari jayden bayi ampe sekarang masih betah di tempat gua hehehehe…

    Like

    • Pypy · October 16, 2017

      Berarti tuaan si Mbo..haha.. Iya, ngomongnya emang suka terdengar nyinyir sih.. Kalo lagi sensi cape pulang kerja suka gw diemin masuk kmar…haha.. Smoga awet2 aja ya.

      Like

  6. VaLinqq · October 16, 2017

    Semoga awet yaa Mbokk.. Kita samaan nih kalo uda dapet ART yang cocok berharap dy lama sama kita.. haha.. Abis gimana ya, sekarang cari ART ga gampang ya PY 🙂

    Like

    • Pypy · October 16, 2017

      Iya Val, moga deh cocok terus ya..

      Like

  7. selly · October 16, 2017

    semoga awet ya py mboknya. hoki jg loh pertama dpt langsung cocok. ga gampang cari yg bs langsung cocok.

    Like

    • Pypy · October 16, 2017

      Makanya Sel, Puji Tuhan banget deh..

      Like

  8. xiaomeynie · October 16, 2017

    Awet2 yaa mbo 🙂

    Like

  9. Renie Lie · October 16, 2017

    Mudah2an awet terus yah py jangan kaya mbok gw dulu yang kerja hampir 10 tahun,awalnya oke sayang tapi ujung2nya ngeselin,ade gw sampe kecebur di got bukannya ditolongin malah dijambak rambutnya terus diomelin habis2an

    Nyokap bokap dulu kerja soalnya jadi semua diurus si mbok ini
    Eeh malah bablas si mboknya. Ade gw sampe trauma dulu

    Like

    • Pypy · October 16, 2017

      Wahh.. Kalo gitu sih lgsg gw pecat seketika. Gw selalu tekankan sih setiap ngobrol, jangan sampai ngelunjak krn kami baik. Semoga deh ya tertanam betul di sanubarinya..

      Like

  10. TazOlip · October 18, 2017

    Nyari PRT itu emang ga bisa dapet yang paket sempurna, tapi kalau bisa bantu kita beresin rumah dan ngurusin anak dengan baik serta sayang ama anak kita, rasanya yang lain bisa dimerem-meremin ya py. Gue sama sus yang sekarang sih sebelnya cuma karena dia kadang bisa ga jujur soal duit dan suka ngeles. Jadinya rada paranoid huhuhu.

    Like

    • Pypy · October 18, 2017

      Mau ga mau dimeremin aja ya.. Huhu.. Dah pernah dibilangin kah? Smoga klo soal anak dia jujur2 aja ya..

      Like

  11. elrica · October 23, 2017

    Biar awet terus si Mbo kerja disana yah. Gw ga pernah punya mba sejak punya kuarga sendiri, tapi di rumah mama gw – ada mbo yang royal banget dan itu nyenengin ya.

    Like

Leave a comment