Belajar Foto

Dalam list 40 Before 40 gw, di urutan ke 30 ada Belajar foto bagus pakai Hp. Syukurnya ga perlu waktu lama sampai kejadian. Berawal dari follow account @uploadkompakan entah dari kapan tau, berujung ke keranjingan buka ig buat mantengin hesteg2nya yang kadang suka lucu itu. Dan skillnya pada hebat parah, hasil fotonya tuh beneran manjain mata gw. Kebetulan sahabat gw si A juga rajin nyetor foto ke UK dan beberapa kali fotonya di grid #bangga. Pokoknya senang banget deh gw liatin yang pada setoran, kemudian beberapa akhirnya gw follow acc pribadinya. Salah satunya adalah Mba Ariana.

Sudah dari kapan tau sih Mba Ari bikin workshop fotografi, entah yang tatap muka juga yang online cuma belum ada keberanian buat ikut. Setelah mengumpulkan niat, gw pun mendaftar workshop online yang batch 20 tanggal 6 – 8 Oktober 2017. Ternyata pemilihan tanggal gw keliru. Tetiba gw lembur tanggal 7 dan harus masuk kantor. Alhasil percobaan foto gw ga maksimal. Gw dah ngebayangin bisa coba di teras rumah. Haha. Gaya.

Materi berupa voice recorder dibagikan melalui group Whatsapp juga beberapa contoh foto sebagai bahan pendukung agar kami lebih jelas nangkepnya. Setiap selesai materi dibagikan kami langsung diminta untuk latihan dan setor foto biar bisa dinilai. Dari sekian banyak materi yang diberikan, cahaya adalah kunci utama dalam pengambilan gambar. Terlebih fotonya pakai hp. Cahaya itu dah wajib banget harus pas. Cahaya paling bagus itu sekitar jam 10, atau jam 4 sore. Pokoknya bayangan itu ga jatuh ke objek. Kalau mau foto-foto di tempat makan, cari posisi dekat jendela biar hasilnya ciamik. Ga boleh pakai flas dan dilarang zoom, ngurangin kualitas banget. #INGAINGATING

Seru deh ikutan workshop ini soalnya dapat banyak pengetahuan baru.  Mba Ari juga orangnya surpirsingly baik. Haha.. Entah kenapa kalau lihat difoto tuh kesan juteknya. #sungkem. Gw ga rugi banget deh sudah investasi duit kesini. Ga mahal juga sih, yahh sama Kintan jauhh lah mahalan Kintan. Hihi..

Terus gw pengen taruh sini deh kenang-kenangan hasil foto dan penilaian dari Mba Ari.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.08.48 AM.jpeg

Hasil foto setelah beberapa kali itu makeup di pindah-pindahin. Again, buat dapat yang begini aja gw mesti coba beberapa kali. Kan ga ada jiwa seni sama sekali Bundanya L ini. Haha. Dan ini adalah penilaian dari Mba Ari.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.07.21 AM.jpeg

Terus ada latihan ngeblurin bagian foto pakai aplikasi. Yah namapun pakai hp ya, ga bisa secanggih DSLR kalau mau ngeblur. Jadinya manual deh. Ini juga beberapa kali coba baru berhasil. Keliatan dari rentang waktu chat WA yang gw masih ga rapih ke akhirnya rapih makan waktu hampir 30 menit. Lol. Asli jari tremor dan mata mayan jereng. Puji Tuhan bisa juga. Btw, foto aslinya ga gw masukkin karena punyanya Mba Ari.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.07.21 AM(1).jpeg

Nah yang ini foto gw setelah terima semua materi dasar soal foto pakai hp. Properti minimalis memang paling pas foto begini. Haha.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.08.22 AM.jpeg

Dan ini adalah penilaian dari Mba Ari.

WhatsApp Image 2017-10-24 at 11.07.21 AM(2).jpeg

Sebagai pemula banget gw senang akan kemajuan yang gw rasakan setelah ikut workshop ini. Kebayang kalau tatap muka pasti lebih nyantol lagi ilmunya. Yang masih PR sekarang sih untuk ngumpulin pernak pernik properti foto supaya menunjang. Tapi karena sejauh ini gw memang baru butuh ilmunya jadinya ga ngoyo juga. Sedapatnya aja. Latihan foto juga sebisanya gw. Tujuannya ga muluk-muluk lahh.. Supaya kalau mau review apa gitu disini yang ada fotonya yang baca bisa sedikit lebih enak liatnya. Kalau tetap ga enak juga, ya maafkanlahhhh.. Namanya juga hobi baru. Hihi. #pembenaran

 Kamu lagi hobi apa sekarang?