Cerita L – 18 Bulan

Setelah ditilik lagi gw tuh hampir2 ga pernah cerita soal tumbuh kembang L secara detail dalam satu judul. Biasanya di selipin dalam cerita lain. Haha. Maafkan Bunda ya, Nak. Abis Bunda tuh suka ga ngerti kalau ceritanya by motorik kasar, halus gitu. Sekarang mau cerita tapi ngalir aja lah ya apa yang keingatan. Haha.

Tanggal 19 November 2017 kemarin L genap berusia 18 bulan. Semua hanya karena anugerah-Nya.

Tinggi Badan: 85 cm

Berat Badan : 11,9kg

Kadang gw suka berasa kalau L ini kayaknya bakal tinggi. Soalnya dengan rata-rata anak di cluster tuh, L lebih tinggi daripada yang usia 24 bulan. Tapi memang kan saban vaksin itu dokter suka bilang kalau tinggi dan bb L emang loncat bulan. Yang kadang suka bikin gw ma Ai lupa sih kalau ketemu anak yang tingginya sama di mall. Kok ngerasa anak gw kurang skill nya ya dibanding mereka yang sama tingginya. Macam semalam, ada anak tuh yang dilepas ortunya main, tapi L masih ditemenin. Pas kepo2 tanya, ternyata anaknya emang dah 28 bulan. Jadi secara gerakan tentu sudah lebih stabil daripada L.

Gigi L sekarang sudah ada 8 yang gedai di depan atas bawah. Terus 3 geraham (2 kiri kanan atas dan 1 geraham kiri bawah) sedang bertumbuh. Sempat khawatir pas liat anak lain kok giginya kalo di foto banyak bener ya. Sedangkan L masih ompong aja gitu kanan kirinya. Pas dikirimin chart pun sempat worry dan nanya ke Ci Deb kalau K dah gimana. Soalnya yang geraham bawah tuh batasnya 18 bulan harusnya dah numbuh. Cuma ternyata kekhawatiran gw langsung terjawab. Tadi pas si L nguap, eh keliatan tuh geraham bawah dah nongol. Pas dia bobo, gw masukkin jari buat raba yang kanan eh sudah keras juga. Puji Tuhan.

L ini baru sebulan terakhir gw kasih tambahan vitamin. Sama teman kantor direkomendasi merk Usana. Dan tanpa searching langsung beli. Haha. Perbedaan yang paling signifikan itu ada di tekstur pup. Biasa L kalau pup ngeden banget dan emang pas keluar pun keras gitu. Sekarang ngeden biasa dan pupnya lebih sehat dari yang sebelumnya. Kemarin gw juga sudah pesan madu Uray. Makin yakin karena teman kantor yg rekomen vitamin dah kasih ke anaknya, pas nanya Ci Deb, blio juga kasih ke K. Semoga ikhtiar Bunda supaya L makin sehat berbuah manis ya.

Soal Vaksin, bisa dibilang gw ikutin semua yang ada di tabel IDAI. Ada satu yang terlewat yaitu PCV 3. 2 bulan kedepan tinggal Pediacel dan Cacar Air. Terus rehat deh tunggu pengulangan yang jaraknya lebih jauh. #usap dompet. Gw ga mau masuk dalam lingkaran pro kontra soal vaksin. Silahkan ortu lain dengan kebijaksanaannya sendiri.

Soal gerak badan L termasuk anak lincah. Dan saking lincahnya, dalam tidur pun dia ga bisa diam. Huaa. Sungguh lho, liat anak perempuan yang kalem tuh suka mupeng. Haha. Anak beta ga bisa diam sama sekali. Sudah bisa naik turun tangga sendiri. Jalan maju mundur, lari dah lumayan stabil. Naik duduk di bangku dah bisa. Dan emang ya anak kicik gini ternyata kemampuan mereka tuh dah luar biasa. Sampai gw suka geleng-geleng kepala, kapan anak ini gedenya ya? Kayak contoh L tuh dah beberapa kali kan kek jatuh terus suka kejeduk. Dari kapan tuh kalau jatuh bisaan tangan dia sigap sampai ga kejeduk. Terus kalau gw hadang dia supaya ga lari ke situ, dia bisa cari cara biar sampai ke situ tanpa lewatin gw. Gemashh..

Dan anak ini doyan banget nari dan nanyi. Walau narinya masih hardcore sampai banting-banting badan, tapi ritmenya dah dapat. Terus nyanyi juga. Meski masih sering pakai bahasa kalbu atau bergumam tapi tuh nadanya mirip. Cita-cita Bunda jadi manager artis kayaknya bakal terwujud deh. #Ehh

Bicara soal ngomong, kemampuan L ngomong dari usia 15 bulan itu dah meningkat pesat. Jadinya beneran dah bisa diajak komunikasi. Sebelum gw jabarin, pengen cerita ada satu kejadian yang bikin gw dan Ai gemash sampai susah banget nahan ketawa. Jadi seharian itu L emang dibawa jalan kemana-mana kan. Eh pas mau bobo tanpa drama sekali deh. Waktu doa dia dah kriyep2 terus pas udah rebahan dia ngomong “Cape” terus blek ilang. 😅😅 Anakkuuu.. Jangan cepat gedeee..

L udah bisa ngomong: Aci (makasih), Amin (ambil atau amin tergantung konteksnya, buang, diam, cape, Ayah, Mbo Umi, awas, minum, kenyang, lapar, minta, jatuh… Banyakkk shayy. Dan semua sudah sesuai maknanya. Terus sudah bisa panggil temen2nya kalau lewat depan rumah mereka. Dafa, Zaidan, Amora, terus sape lagi ya. Bunda ga gaul di cluster soalnya. Haha. Binatang kayak kucing, anjing, cicak, nyamuk, gajah, bebek sudah bisa. Yang lain menyusul sedang diajarin. 😋 Apalagi ya? Berhitung 1,2,3,4 tapi ngomongnya masih ngasal. Salah satu kelemahan punya pengasuh ga bisa baca ya gini. Paling gw suruh Mbo tunjukkin yang ada di sekitar aja. Kayak pintu, jendela, horden, dll. Dan sejauh ini ok lah.

Soal bobo anak ini suka drama. Susahhh banget disuruh bobo kalau malem. Maunya main terus. Mungkin karena seharian ditinggal kali ya jadi kangen ma AyBun. Tapi di gendong buat kelon juga ga mau. Beneran semaunya dia dah. Yang ada Ayah Bunda tepar nak.. 😂 Situ enak pagi2 masih bisa bablas bobonya. Another drama lainnya itu saat pakai lepas baju. Haduhh makjaang. Mesti dibujuk2 kayak incess syahroni dah. Lol.

L ini anaknya friendly banget. Saban liat anak lain tuh langsung dadah-dadah say hi. Meski seringnya bertepuk sebelah tangan, tapi dia ga kapok lho. Keren ya. Kalo Bunda mah cukstaw aja dan jangan harap gw sapa lagi. 😠 Haha. L ini pokoknya muka Ayah tapi isinya mah Bunda ketiplek2. Yang ramah, dan ceria tapi ga sabaran benar. Kalau mau A ya A, di bujuk pakai yang lain ga akan mempan. Heyran deh. Errrr.. Tapi kan emang bikinnya bareng2 ya, jadi percampuran keduanya lah ya. Ini bakalan jadi frienemy gw di masa mendatang dah kayaknya. 😉

Urusan makan juga terbilang lancar, meski suka kasian sama Mbo sambil gendong kesana kemari tapi ya yang penting anaknya makan. Bunda mah jujur udah nyerah nyuapin. Yang ada malah berantem. Mau makan silahkan, ga mau makan teeserah. Toh kalau lapar minta 😔 #BukanBundaIdeal

Apalagi ya? Hmmm.. Itu dulu aja lah. Mau tiduran lagi, tepar wiken full acara 💞

ONOKABE – All You Can Eat Suki & Grill

Tanggal 11 Juni 2017 kami makan di Onnokabe Alam Sutra. Waktu itu kami masih tinggal di Mangga Besar, jadinya untuk mencapai Onokabe benar-benar butuh perjuangan. Jauhh bingitss bok berasanya. Janjian sudah dari jauh-jauh hari sama teman kantor. Akhirnya terwujud. Janjian sama 4 teman kantor lainnya. Yang 2 tinggal di daerah sana, sisanya janjian ketemuan di Stasiun Rawa Buntu. Gw serombongan pastinya. Ga susah buat mencapai lokasi ini, patokannya dekat Mall Living World dan pastinya sudah ada terdaftar di GMaps.

Waktu itu masih puasa, dan kami datangnya setelah jam makan siang. Sepi, ga perlu antri. Saking semangatnya bisa langsung masuk, gw sampai lupa fotoin penampakan depan padahal ada patung sumo. Bulat dan lucu. Tempatnya luas karena bangunan sendiri, bukan yang dalam mall.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.04 AM
Kosong

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.12 AM.jpeg

Begitu masuk hidung gw langsung menangkap bau wangi makanan. Nengok kiri, nengok kanan.. Walahh.. Makanan semua. Banyakk banget pilihannya.  Sama seperti namanya. Ono kabeh.. Ada semua *ngasal. Dari masuk aja pilihan makanan Indonesia sudah berjejer dengan cantik.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.11 AM(1)

Pilihan dagingnya pun buanyak banget, gw sampai ga tau lagi dibumbui apa aja.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.06 AM.jpeg

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.10 AM.jpeg

Yang istimewa (buat yang doyan) ada stall kambing guling, berhubung ga suka kambing jadi ga ambil sama sekali dan lupa difoto. XD Di bagian makanan kecil juga banyak banget pilihannya.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.14 AM.jpeg

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.13 AM

Terus ada bagian gorengan juga.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.15 AM(1).jpeg

Pilihannya sausnya juga ada beberapa macam.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.15 AM.jpeg

Yang enak sih pas makan tuh kalau mau ambil isian suki ga perlu jalan jauh-jauh. Soalnya semua pilihannya ada di conveyor belt yang jalan di salah satu sisi meja. Lagi-lagi sudah lupa ada apa aja. Maafkan.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.11 AM.jpeg

Kuah yang kami pilih untuk suki adalah Tom Yum dan Chicken Soup Broth.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.03 AM.jpeg

Makan begini PR dimasaknya sih.. Haha.. Untungnya pergi berbanyak jadi ada yang bertugas masakin ada yang jalan ngambil.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 9.47.02 AM.jpeg

Tadinya Ai ga mau ikutan makan, cuma terus luluh juga diajakin. Haha. Dia mau cari makan ke Living World, biar ada alasan gitu nyebrang kesana. Syukur deh ga jadi, soalnya dah habis waktu di Onokabe.

Sejujurnya Onokabe ini ga terlalu berkesan buat gw, karena meskipun makanannya banyak, tapi dilidah gw rasanya B aja. Bukan yang ga enak ya, tapi ya ga ada yang outstanding gitu lah. Yang penting sudah pernah nyobain.

Selesai makan gw berasa kok ya panas banget. Rupanya meja-meja mulai terisi penuh, dan kompor2nya sudah pasti nyala. Syukur banget deh datang sebelum ramai. Jadi buat yang mau kemari better hindari waktu-waktu ramai. Apalagi kalau bawa anak, pasti bakal gerah kepanasan.  Errr.. Tapi siapa tau sekarang sudah engga ya,

IMG20170611181044.jpg

Sebelum pulang kami mau gantiin bajunya L dulu. Kami kemudian bertanya ke pelayan dimana tempat yang bisa dipakai, oleh pelayannya kami disuruh naik ke lantai 2. Begitu sampai diatas mata langsung berbinar. Ada tempat main buat L. Ternyata ini merupakan ruang tunggu. Keren juga nih Ismaya mikirnya jauh banget.

IMG20170611181005.jpg

Sambil tunggu dipanggil bisa duduk santai.

IMG20170611181011

Bisa buat acara ga ya nih tempat? Luas benar,

IMG20170611181026_1.jpg

Bosan menunggu? Bisa sambil main soccer table.

IMG20170611181034.jpg

Haus? Tinggal minum

IMG20170611181000.jpg

Cape main? Pijit dulu dong shayy

Bisa dibilang tempat ini yang spesial dari Onokabe buat gw. Kalau ditanya makanan apa aja gw sudah lupa, tapi kalau tanya soal ruang tunggunya bisa lengkap gw jabarin. XD

Karena ga ada orang lain lagi jadinya puas si L main sambil ngerjain Ayah Bundanya. Dan hampir sejam kami main disini sebelum pulang. Untung kan ga ke Living World. Bisa main gratis. Enak banget pula tempatnya adem. Pas turun mau keluar dan lewatin tempat yang kami makan.. bahhh.. Fanasss lagi.

IMG20170611181052

 

Gw ingat waktu itu lagi ada promo Mandiri beli 3 dapat gratis 1. Jadi total pengeluaran per orang sebesar Rp. 135,062.-

IMG_7803.JPG

 

*****

Onokabe All You Can Eat Suki & Grill

Alam Sutera Town Centre, Jl. Alam Utama Kav. 26, Kota Tangerang, Banten

(021) 29211515

 

Rumah Vaksin BSD

Sebagai salah satu fans berat Rumah Vaksin.. Halahhh. Hal kedua yang gw cari tau saat pindah setelah letak pasar itu adalah apakah ada RV terdekat. Ceklist vaksinnya L masih mayan banyak soalnya, jadi cari yang harganya ok, wajib hukumnya. Setelah dicari ternyata ada, meski ga dekat banget, tapi masih lebih mudah dicapai daerahnya daripada harus jauh-jauh ke Grogol.

Pas dapat kontaknya RV BSD plus follow instagramnya, gw tanyalah soal ketersediaan vaksin JE (Japanese encephalitis). Gw sudah tanya dari bulan September sih cuma ternyata masih kosong. Nanya ke RS dan tempat vaksin lain pun kosong. Maka giranglah gw ketika akhir Oktober dapat kabar kalau vaksin JE sudah ada. Cuma karena banyak jadwal akhirnya dimundurin jadwalnya ke tanggal 5 November 2017.

Nulis sedikit soal JE. Jadi vaksin JE ini baru banget masuk ke Jadwal Imunisasi Anak Usia 0 – 18 Tahun Rekomendasi IDAI.

jadwal imunisasi IDAI 2017.jpg

Japanese encephalitis (JE) is a disease spread through mosquito bites. Symptoms usually take 5-15 days to develop and include fever, headache, vomiting, confusion, and difficulty moving. Symptoms that develop later include swelling around the brain and coma. JE is a serious disease that may cause death. Copy dari sini.

Awalnya tuh penyebaran JE ini cuma di daerah yang banyak persawahan dan peternakan babi, macam di Bali, Sulawesi Utara dan Papua. Namun karena makin kesini kasusnya makin banyak dan ga cuma di daerah-daerah tersebut, makan direkomendasikan lah sama IDAI agar anak-anak bisa dapat vaksinnya. Walau sebenarnya penyakit ini ga cuma akan tertular pada anak-anak sih. Mungkin penjelasannya kayak yang gw tulis sewaktu vaksin MMR. Dengan banyaknya anak yang di vaksin, diharapkan kekebalannya bisa saling silang. Penyebaran penyakit ini dari nyamuk Culex Tritaeniorhynchus yang terinfeksi JE. Sejauh ini belum ada obat yang bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakitnya, paling hanya sebatas mengobati gejala yang ada.

Setelah baca-baca gw akhirnya bertekad bulat L harus di vaksin JE. Apalagi posisi rumah gw sekarang bertetangga dengan penjual tanaman. Awalnya gw senang, tapi makin kesini kok kesenangan itu malah gak ada lagi. Sigh. Ternyata dengan banyaknya tanaman, nyamuk juga ikutan banyak. Jadilah saban hari di badan L tuh ada aja bentolnya. Huhu.

Patokannya si RV ini dekat Pasar Modern BSD. Lihat di peta tuh Pasar Modern ditengah-tengah, seberang kiri RV BSD, seberang kanannya lokasi Klinik Tumbuh Kembang Anakku.  Di Maps dan Waze sudah tersedia alamatnya, tinggal ikutin aja. Kalau pun setelah ikut arahan dari apps masih bingung juga, GPS (gunakan penduduk setempat) alias nanya, soalnya kami juga sempat nyasar. ^__^v

Posisi RV ada di hook, ada plangnya jadi ga takut salah.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(2).jpeg

Syukur banget datangnya hari minggu, ga ramai sama sekali. Kemarin itu hanya ada 2 pasien lain yang antri. Salah satunya bayi, dan satu lagi Ibu yang mau pergi Umroh. Katanya sih kalau sabtu ramai sekali. Tidak tersedia mainan nak, tapi diteras itu ada aquarium yang sebenarnya kasian sih lihat ikannya nampak sakit. L lumayan terhibur lihat ikan dan kura-kura.

Masuk langsung daftar dan antri, dapat nomor 2. Tempatnya cukup luas dan adem. Oh ya, L sempat ditimbang badannya tapi sayang ga di ukur tinggi. Yang pasti beratnya belum pecah 12kg. Padahal tinggi nambah terus. Hahh..

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.20.jpeg

Ga begitu lama nunggu kami dipanggil masuk dan bertemu dengan Ibu Dokter. Orangnya ramah dan baik, sempat ngobrol juga kalau kami emang langganan di RV tapi yang di Grogol. L pun kemudian di cek kondisi kesehatannya. Waktu mau di cek tuh L sempat ga mau, tapi terus pas liat stetoskopnya lucu langsung ketawa lagi.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(1)

Bunda pun senang lihat stetoskop lucu.

Kelar periksa, Bu Dok menyatakan L ok untuk di vaksin. Meski ada yang bilang flu sedikit bisa di vaksin, tapi better jangan deh. Pengalaman vaksin L pas flu langsung berkepanjangan sakitnya. Lebih ok emang pas anaknya fit.

Imojev6001PPS0

Vaksin JE yang dipakai Source: Here

Sambil Bu Dokter siapin vaksinnya, L mainin dah tuh segala boneka di tempat tidur ma Ayahnya. Bunda tentu saja foto sambil nanya-nanya soal tumbuh kembang L. Mana tempatnya enak banget lagi, jadi pengen selonjoran.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54.jpeg

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(4)

Ini bocah beneran percampuran Ayah Bunda banget deh (yaiyalahh), Gaya duduk begitu kesukaan Ayahnya 🙂

Siap-siap deh disuntik. Bunda kan emang pengecut ya nak, jadi cukup Ayah saja yang pegangin kamu ya. Bunda videoin saja untuk dilihat kemudian. Haha. L masih nangis disuntik, tapi nangisnya sebentar banget. Pas lihat plester gambar Pluto langsung teriak anjing guguk anjing guguk. Hihi.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54(1).jpeg

Total biaya yang kami keluarkan adalah Rp. 485,000.-. Vaksin JE Rp. 475,000.- dan administrasi Rp. 10,000.-.

Dari RV langsung berangkat kekantornya Bunda dan puas main kesana kemari sampai susah dibawa tidur siang. Terus ke PRI 2017 sampai balik ke rumah hampir jam 10 malam.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54(3).jpeg

Besoknya L maunya digendong terus. Nangis merengek mulu ke si Mbo. Pas gw pulang kantor dikasih tau Mbo kalau sorenya (selesai jam gw telpon) bekas vaksinnya bengkak dan badannya panas. Pas dicek dah 38.2°C. Tanpa babibu langsung gw kasih paracetamol, mikirnya sekalian nurunin panas juga hilangin nyerinya. Gw juga WA Bu Dok RV BSD buat mastiin. Dan beliau sih bilang kalau bengkak dan demam setelah vaksin adalah hal yang normal dengan batasan 3 hari. Lewat dari itu kudu dibawa ke RS, takutnya ada penyakit lain yang ga ketahuan sebelumnya.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.29.06.jpeg

Kasian Anak Bunda ga enak badan 😦

Puji Tuhan besok paginya lagi (7 November 2017) bengkaknya sudah kempes dan ga demam lagi. Segala Puji Syukur bagi Allah di tempat yang maha tinggi. Fiuhhh…

Gw sih berkesimpulan L itu itu kelelahan badannya. Makanya bisa sampai bengkak dan demam. Mungkin kalau dia langsung dibawa pulang dan istirahat kelar vaksin ga akan sampai sakit. Pelajaran berharga lagi buat gw dan Ai.

*****

Rumah Vaksin BSD

Jalan Cemara I Blok B2 No.16, Rawa Buntu, Serpong, Rw. Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Phone: 0856-9748-4836

Ig: @rumahvaksinasi_bsd