Penting Sekali

Jadi semalam itu Mama telp, nyeritain gw soal ada orang yang coba-coba gugat tanah yang sekarang jadi tempat tinggal dan kost-an. Ceritanya emang itu rumah dulu punyanya Opa Oma gw (dari pihak Papa). Nah, berhubung dari ke 7 anak yang tinggal di Kotamobagu cuma Papa, akhirnya Papa inisiatif untuk beli rumah itu dari pas Oma masih hidup. Pas waktu itu Papa mau pensiun, jadi ada dana sekian. Akhirnya diajukanlah proposal tak tertulis ke kakak beradik bahwa rumah itu mau dibayar aja sama Papa. Duit sekian itu akhirnya dibagi 7, 6 kakak beradik dan 1 ke Oma yang kebetulan waktu itu lagi keluar masuk RS dan jadi kurus sekali (mendadak melow).

Balik ke cerita awal, minggu lalu itu sempat ada orang yang ngomong ke tetangga “Itu rumah Opa L kayaknya tanah belakangnya kelebihan 2 meter deh”. Sama tetangga dikasih tau lah ke ortu. Kaget dong, tapi ya sudah cuma lewat begitu saja. Papa mikir, owh ini mungkin konflik internal kakak beradiknya mereka lagi ngomongin harta. Soalnya si anak tetangga (umurnya lebih tua dari Papa) yang ngomong ini sudah lama tinggal di kota Palu.

Ehh… Tiba-tiba, kemarin datang nih 2 kakak beradik ke rumah, katanya mereka yakin itu tanah yang sudah ada bangunannya kelebihan 2 meter.

Papa kan tipe orang yang tenang ya, si Mama yang kasian, langsung gemetaran.. Sama Papa akhirnya diambilah itu surat-surat, pas dijembrengin depan tu kakak beradik langsung senyum-senyum. Tanah lebar 2 meter kali sekian itu dulunya memang punya mereka, tapi sudah di beli Opa tahun 80-an seharga Rp. 500,000.-. Dan kalian tau apa yang bikin gw tambah panas semalam, ternyata salah satu saksi yang tanda tangan di atas materai itu anak yang punya, alias salah satu kakak beradik ini. Kzl ga??.. Gw kalau depan tu orang pengen gw gampar deh. Mana sudah bikin Mama gw gemeteran.. Hishh. Terus katanya mereka mau bawa meteran mau suruh hitung ulang. Ya silahkann..

Bahkan nih ya gw senang banget kalau bakal dihitung, soalnya bakal ketahuan justru dulu Opa gw baik banget tanah yang disamping dikasih ke mereka tuh tetangga-tetangga belakang. Panjang lho itu, 20 meter lebih kali. Gw inget banget, jaman kecil, jalan itu tuh cuma jalan setapak yang lewat sebadan doang. Kenapa gw ingat? karena sambil gw disuruh cuci piring gw bisa sambil isengin orang yang lewat. Iya salahnya Opa gw dulu sih ga langsung dipasang pagar tembok. Bikinnya pagar kawat terus berjejer dah tuh pohon salak. Makanya bisa isengin orang. Sekarang ya itu jalanan sudah bisa dilewatin mobil. Gile gak tuh? Kebayang dong seberapa lebar dan panjangnya itu tanah diambil mereka. Pantes kayaknya dulu gw pernah dengar ada beberapa Oom Tante gw yang mencak-mencak soal jalan itu kok bisa lebar. Katanya sih sebagai gantinya mereka bikinin pagar tembok, yang lagi-lagi menurut Oom Tante gw tuh ga sebanding sama harga tanahnya. Cuma tau aja dah Opa sama Papa gw tuh baiknya kelewatan sampai jadi pada ga tau diri. Kalau pada bahas soal itu tuh cuma ngomong gini “Biar jo… Harta nda mo bawa mati” – “Biarin aja deh, Harta ga dibawa mati”.. Amsyong ga.. *tutup muka*. Bener sihh.. Tapi kann.. Argghhh.. Ga terima…

Semalam tuh gw beneran emosi, kok ya ada orang mo nyari duit caranya sampai segitunya. Ya dia kan jadi saksi jual beli ya, terus waktu hari Minggu ketemu di Gereja katanya si Papa sempat sounding soal tanah itu sudah dibeli Opa. Masa sih ga ingat dan ga ngasih tau kakaknya yang tinggal beda kota itu.

Tapi dari kejadian ini nih ada 2 hal yang gw syukuri:

  1. Opa gw tuh orangnya teratur banget. Dan meski blio suka ngebanyol. yang namanya urusan resmi tuh mesti ada hitam di atas putih, dan sama blio disimpen dengan baik dan benar.
  2. Kejadiannya masih di level Papa, kebayang ga kalau ke gw atau ade gw yang ga ngerti apa-apa. Karena sejujurnya sampai detik ini gw tuh ga paham ortu gw punya harta apa lagi selain 2 rumah. dan belum pernah juga ditunjukin surat, dll. Secara Mama gw kan dapat warisan  tanah banyak tuh dari ortunya alias Opa Oma.

Semalam pun sebenarnya Mama ga mau cerita panjang lebar soal mereka di kerjain tetangga ini. Blio tau kali ya sifat gw yang cepat emosi kalau tau ortunya dimacam2in. Cuma ya tetep gw paksa lah. Emang gw anak kemarin sore apa yang ga boleh tau urusan orang tua. Akhirnya setelah Mama ngomong panjang lebar, jadi lah gw sambil ngasih tau Mama untuk scan semua surat dan dokumen penting soal rumah, termasuk didalamnya kwitansi pembayaran rumah ke kakak beradik. Ya namanya duit kan, lebih baik mencegah. Terus mereka punya hutang ga? Dimana aja di tulis, jatuh tempo kapan. Terus ada piutang ga? Siapa aja dan berapa, sudah bayar sampai berapa kali? Ada simpanan dimana aja? Bentuknya apa? Punya perhiasan apa aja, disimpan dimana. Semua ditulis terus di password dan simpan di email.

Gw bukannya tetiba jadi anak matre ya. Cuma mencoba realistis aja, kehidupan kedepan ga ada yang tau. Gw jauh disini ga tau-tauan soal yang disana ortu gw transaksi apa. Jadi kalau pas ortu ga ada, ke luar kota gitu, terus gw di tuntut yang aneh2 ya ada buktinya.

Ini juga sebenarnya sudah gw dan suami terapin. Semua hal yang menyangkut duit tuh gw list semuaaa mua muanya di buku. Jadi  kalau-amit2-ada apa2 keluarga ga bingung.

 

26 comments

  1. dian_ryan · October 4, 2017

    kejadian seperti ini juga pernah dialamin sama rumah mertuaku py, digugat sama tetangga katanya panjang bangunan rumah mertuaku kelebihan dan melewati batas selokan (selokan ada dibelakang rumah mertua) sehingga selokannya mengecil, sampe mereka sekeluarga datangin mertuaku. Pas papa mertuaku cerita, ya reaksinya sama py kaya kamu marah dan kesel. Akhirnya kami ke rumah papa, dan ketemu sama tetangga itu, sambil ngeliatin surat2nya, dan ibunya itu masih ga percaya lho meski kita udah menjelaskan. Akhirnya diukur ulang lagi panjang bangunan dari depan ke belakang bareng anaknya si ibu itu. Dan ternyata sesuai dengan suratnya2, ga kelebihan.
    Trus baru ketahuan kenapa ibunya gugat rumah mertuaku, karena dia mau nambah bangunan kontrakannya dan mau sampe batas selokan, jadi dibikin alasanlah rumah mertuaku kelebihan panjangnya biar dia bisa sampe batas selokan itu.

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Ya ampun, itu ibu kok kejam bgt ya.. Ga berkah lhoo.. Uang emang merubah orang ya.. Smoga kedepan mertua dijauhkan dari hal yg jahat ya..

      Like

  2. Arman · October 4, 2017

    wah nyebelin banget tuh.gua yakin sebenernya mereka inget lah tapi mau nyoba2 aja siapa tau gak ada suratnya jadi mereka bisa dapet duit lagi… ngeselin banget emang!

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya kan ko, ga mungkin lupa ya kan.. Ih bener2 lho, kalo depan muka rasa2nya pen nonjok..

      Like

  3. zilko · October 4, 2017

    Masalah duit mah memang begitu ya Py. Bisa jadi ngeselin banget!!

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya Ko, jadi pelajaran berharga bgt deh.

      Like

  4. Mr. Him2 and Mrs. Her2 · October 4, 2017

    Ya ampun nyebelin bgt sih Py orang2 macam gitu, untung bokap nyokap uasih simpen ya bukti2 hitam di atas putih jadi ga bisa berkutik deh mereka.Harusnya malu loh jelas2 uda dijual tapi malah ngaku2 apalagi datang pakai marah2 *Diliat Tuhan di atas* semoga pada insyaf deh.

    Liked by 1 person

    • Pypy · October 13, 2017

      Semoga deh insap, soale hukum Tabur Tuai itu nyata.. hih..

      Like

  5. xiaomeynie · October 5, 2017

    Kalo duit mah gk ada sodara2an yaa py. Bener, km hrs tau soal ortu punya apa aja seenggaknya tau jd klo amit2 ada apa2 bs backup dan gak bengong jadinya. Sabar sabar ama yg begini >.<.

    Like

    • Pypy · October 5, 2017

      Lo tau ga Nie ortu lo punya apa aja? Eh tapi sekota deng ya, jadi pasti tau2an aja..

      Like

      • xiaomeynie · October 6, 2017

        Kurleb tau py, haha cuma mah kami gk punya banyak asset kok cm klo rekening bank mami udah dikasih tau, trus ky simpenan mami udah dibagi2in ke anaknya hehe

        Like

      • Pypy · October 13, 2017

        Syukurlah

        Like

  6. leonyhalim · October 5, 2017

    Ini curhatan sus gue bbrp minggu lalu. Tanah ibunya mau disita tetangganya alias diaku2. Di kampung gak ada istilah sertifikat. Adanya urusan sama tuan tanah. Jadilah ribet. Akhirnya gue ajarin dia bikin surat hitam di atas putih dengan saksi tuan tanah yg di TTD di atas meterai. Sedihnya, mamanya sus gue itu udah janda, jadi kelimpungan sementara anaknya di Jakarta. Ya intinya sekarang kalau bs bikin sertifikat, bikinlah. Kalau sampai gak bs, minimal ada surat yg kuat di mata hukum.

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya, sekalipun di Jakarta sini bisa tetiba terbit beberapa serti atas tanah yg sama, semoga didaerah masih bersih ya..

      Like

  7. Melissa · October 5, 2017

    Wah untung suratnya lengkap ya py. Emang org tuh suka cari2 masalah kalo butuh duit. Kyknya gw mo ikutin saran lo deh. catet semua yg penting2. Soalnya temen gw jg sempet ada yg kelimpungan pas bokapnya meninggal, semua urusan bank dia gak tau password / PINnya.

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Serem ya manusia itu..huhu.. Nah iya, itu yg gw takutin Mel, cuma mo nulis aja gentar.. hikss

      Like

  8. dinaisyana · October 5, 2017

    Bener py…. semua aset2 harus dicatet dan disimpen. Note buat gw juga yg ga rapi ini memang. Udah ngerasain pas Bokap meninggal mendadak, kaco lah dunia persilatan. Haha. Mendadak ada yg menagih janji lisan. Walaupun tinggal ditolak krn tanpa bukti, kan tetep aja bikin pusyang.

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya ya Din.. Belajar kali lah gw dari pengalaman ini..

      Like

  9. nyonyasepatu · October 5, 2017

    duit ini sensitif ya soalnya

    Like

  10. mirabudi · October 6, 2017

    Duhh masih ada ya hal2 kek gini, tp bener loh punya surat2 lengkap bikin kita lbh mantap posisi secara hukum…tp klo udh bawa2 duit hal yg sensitif bgt

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Mesti punya hitam atas putih ya Mir.. huhu

      Like

  11. pingiwed · October 6, 2017

    emank ya kalo menyangkut duit tuh sgala cara ada aja dilakuin 😦
    py, cara yg lo terapin uda bener. gimana pun juga perlu langkah2 kayak gt buat kalo amit2 ada kejadian ga enak di depan

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Betul Wi, meminimalisir resiko yee ceritanya..

      Like

  12. yance · October 10, 2017

    emang sih sebagai anak harus tau juga urusan orangtua, termasuk surat2 berharga, tanah, rumah dll, biar kalau sampe ada apa2, anak2nya gak pusing. Kasian kan kalo gak tau apa2 sama sekali….apalagi menyangkut urusan duit, wahh jaman sekarang mah jangankan tetangga, sodara sendiri aja bisa terjadi perang…

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Haha.. Betull bangett ci.. Anak aja bisa tuntut ortu karena ga kebagian warisan.. Dunia makin gilakk

      Like

Leave a comment