Tentang Sekolah

Ini gw copas dari Ig gw, besar harapan Bunda sekiranya banyak yang mau memberi pencerahan 😝

Mak mak mau curhit dipagi yang cerah ceria sambil dempet2an di KRL. Tapi syukurnya Bunda L dikasih duduk *elus perut yg masih ga nyante* Ini sik akibat kretanya lama.. Dihh.. Sesebapak Masinis gimana dah, udah tau telat bawanya pelaaann pulakk.. Yo wes lanjut curhit.. Jadi semalam di komsel mak mak pada ngobrol soal sekolahan anak. Dimari sejujurnya masih blank, karena emang punya pemikiran ga mai nyekolahin anak terlalu dini. Umur 4 tahun lah. Dengan kondisi masih ada mbo yang jaga ya. Kalau engga yuk maree ngedaycare sambil sekolahin lagi. Tapi kalo bisa jangan yaaa Bapa 👼

Kenapa 4 tahun? Mikirnya sih takut bosan ya kedepannya. Ga ada salah benar lho ya buibuk, semua Mamah pasti punya reasons yaaa. Kalau mau 3 tahun pun oke lah, ada PAUD dideket rumah yg skrg (masih doa sama Tuhan supaya dapat di cluster yg skrg.. Aminn). Terus maunya tuh kalau TK dan SD tuh di sekolah berbasis agama. Dalam hal ini ya sekolah Kristen. Soalnya gw pengen anak (anak?) gw punya basic yg bener dulu. Tar SMP atau SMA ke negri ya liat lagi. Karena semalam ngobrol sama mak2 di komsel, makin yakin banget kalau sekolah swasta tuhh mihillllll 🙈 Iseng gugling harga Ipeka BSD, ketemu tahun 2014 aja sudah 22 jutakkkk. *makin ga santai ngetiknya*. Ga ada keterangan sih, tapi kayaknya itu SD *CMIIW pliss*. Jaman 2004 gw kuliah aja uang pangkal 20jt, sekarang SD 22 jutakk *Bunda L pingsan bentar*. 😂😂

Dari sekian panjang curhitin, cuma pen nanya sih sama Mamak2 dimari..

1. Ini emang semua sekolah Swasta Kristen mihil2 ya?? *atau semua swasta mahal?

2. Cara lihat itu sekolah beneran worth it dgn harga yg dibayar gimana?

3. Tips &Tricks nyiapin duitnya dong.. Haha.. Mksdnya ikutan asuransi pendidikan atau gimana gitu?

Sekian dan mohon pencerahannya.

*Salam Bunda yg masih bbrp tahun lagi nyekolahin anak tapi rempes dari skrg.

Advertisements

36 comments

  1. Dayenna Wulanda · 15 Days Ago

    Ci py..iaa anak temen masuk ipek* tk loh uda double digit.. Uang sekolah tk aja uda kepala 2.. Potel ga tuh pala qt..

    Mana ci aipy daerah bsd.. Basis sekolah mihil semua..

    Eh ci.. Coba athalia de.. Itu bagus banget loh pendalaman agama nya.. Berbasis psikologis en agama banget.. Wong ampe d survey…klo rumah nya mereka itung2 kejauahan dari sekolah,, mereka ga kasih loh.. Biar anaknya ga kecapean.. Pendiri nya psikolog gt.. Ibu charlote.. Siapa tau bisa buat refrensii cici..

    Like

  2. TazOlip · 15 Days Ago

    gue ga bisa bantu jawab soal sekolah, tapi soal tabungan sih gue nabung biasa py sejak reia lahir lgsg sisihin tiap bulannya. Biar pas dia mau sekolah ga terkaget2 banget sama harga uang pangkal yang aduhai. Seenggaknya kalo dalam 3-4 tahun kan lumayan ya.

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Nah, gw tuh sudah ada Reksadana tapi buat L kuliah..Gw lupa dia mesti lewatin TK sampe SMA dulu..bahaha.. Seujujurnya bayar uang pangkal bbrp puluh juta pakai bonus bisa sih, tapi prepare kan lebih baik ya. Ga ada yg tau hidup kedepan kek gimana. Semangatt nabung Mamakkk..

      Like

  3. naomitobing · 15 Days Ago

    Dulu gue juga panikan kayak gini, Py. Akhirnya dari Kaleb 1 tahun, gue survey datangin sekolah yang gue incar, tanya teman-teman di rumah yang dekat gue anaknya sekolah di mana aja, trus nabung deh berdasarkan sekolah incaran (tentunya yang masuk budget). Trus nabung deh dari situ.

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Siyapp.. Makasihh sharingnya Mami Kaleb 🙂

      Like

  4. natalia2305 · 15 Days Ago

    Py, gue juga lagi galau soal urusan sekolah anak.. pengennya juga disekolahin umur 4 tahun aja. tapi takut anaknya ketinggalan gak bs nyesuaiin sm temen2 yang lain…aduhh bingung deh….hahhaa trus sekolah juga klo mau yang bagus, nilainya udah juta juta an…wow bangett….

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Iya Nat, gw juga sekalian liatin perkembangan anaknya sih ini. Apakah perlu atau tidak ut disekolahin diusia dini. Yang pasti enggak 2 tahun. Antara 3 atau 4 tahun aja. Orang tua tanggung jawabnya nyekolahin anak sih ya, jadi prioritas pengeluaran harusnya kesitu.. Semangattt..

      Like

  5. Nadia Stephanie · 15 Days Ago

    Kalo gua sih, py.. mikir sekolah yg penting deket sama rumah, supaya lebih gampang pantaunya plus anak ga cape di jalan. Gua jg sih cari sekolah yg basicnya agama (kristen or katolik). Kalo soal harga sih relatif ya, Py.. tp gua sih cari yg sesuai kemampuan kantong aja. Yg penting sophie happy di sekolahnya. Bisa berteman dan enjoy diajarin gurunya. Karena yang menempuh pendidikan kan dia bukan gua yaa.. Gua sih sbg ortu cuma bisa memfasilitasi dan mendorong anak, tp ya balik ke anaknya lg. Mo sekolah mahal tp dia ga enjoy dan stress jg percuma aja kan? Dan menurut gua siih.. pendidikan gak cuma didapat dari sekolah, bisa dimana aja. Yaa itu sih menurut gua yaaaa… selamat puyeng, py.. 😄😄😄

    Liked by 1 person

    • Pypy · 12 Days Ago

      Maunya yg deket rumah emang, biar anaknya ga cape dijalan. Tapi sekolah2 Kristen deket rumah dah masuk komplek BSD semua..bahahhaha.. Otomatis mihil. *Masih beriman rumah benernya di daerah sini juga sih*.. Terima kasih semangatnya 🙂

      Like

  6. zilko · 15 Days Ago

    Biaya sekolah juga kena inflasi ya Py, hehehe 🙂 . Kalau di Belanda sih kalau sekolah negeri sampe level (yang kurang lebih kayak) SMA/SMK gitu gratis. Tapi denger-denger kalau swasta ya mahal, hahaha 😆 .

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Kalau di Jakarta sih yg negri2 juga keknya sudah gratis ya Ko.. Ga tau nih Tangerang gratis apa engga. Swasta mah ada yg mahal, mahallll banget.. haha.. Berasa bayarnya pake air..wkwkw

      Like

  7. selly · 15 Days Ago

    halo py salam kenal ya, selama ini cuma silent reader aja nih.
    kebetulan sy tinggal di pamulang yg cuma sejengkal doang ke bsd/serpong. emang sepertinya di serpong/bsd itu mahal2 sekolahnya karena kebanyakan international ya sepertinya (baru survey sebagian besar sih ya). yang penting anaknya enjoy aja di sekolah py menurut sy sih ya. tapi emang tergantung masing-masing pendapat aja.

    kl untuk tabungan anak sy sih nabung reguler aja jd ga ada asuransi pendidikan gimana. cuma penasaran jg sih asuransi pendidikan sbnrnya bener2 worth it ga ya.

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Hi Selly, salam kenal juga. Wah iya Pamulang kepleset doang nyampe BSD ya,,hihi.. Kalo dibilang temen2 sih mahalnya juga karena muridnya masih dikit.. Mungkin buat nutupin costnya ya.. Tapi kelihatannya meski banyak muridnya bakal keterusan deh.. Soale dianggap mampu ya..haha.. Iya bener, yg penting anaknya happy.. Ut tau happy mesti trial dulu kan XD

      Sama Sel, sampai skrg opsi ut ambil aspen masih ada bgt.. Makanya pen tau juga plus minusnya 😀

      Liked by 1 person

  8. xiaomeynie · 15 Days Ago

    Walau lom ad anak ak mo coba jawab py.. klo macem swasta kristen si stau ak emang lmyn mahal.. buat contoh adik ipar ak masuk smp di penabur masuknya 23jt. Uang skola 2jt. Sempet syok dengernya.. gmn zaman anak2 kt nanti.. tp emang skola kristen bagus itu kegiatannya banyak.. eskulnya macem2.. ad acara rohaninya semacam retreat or studi wisata tiap taon. ak stuju sm ci nadia.. klo untuk tk ampe smp mendingan skolah deket rmh yg penting anaknya bs baca tulis n ikudin pelajaran n bergaul.. yg penting mnrt ak di smu dan kuliahnya krn pas itu si anak ud lebih bs mikir mo jadi apa kelak.. toh gk bakal d tanya kan klo mo lamar kerja tk sd smp dmn haha..
    Klo soal dana pendidikan yg ak tau klo d asuransi ad si yg bs buat kesehatan dan tabungan buat pendidikan anak.

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Selama yg dideket rumah sekolahnya sesuai dgn klasifikasi sih ok ya. SD, SMP memang ga akan ditanya saat ngelamar kerja.. Ahh.. Kalo bisa juga anaknya jadi entrepreneur deh, jadi ga butuh ngelamar..hihi.. CUma menurut ku SD, SMP justru masa yg krusial ut pembentukan nilai dan karakter. Makanya sekolah dekat rumah ok.. Oh ya, sekolah dekat rumah yg ku maksud kalo dari tempat tinggal skrg tuh ya yg si Swasta2 mahal itu..wkwkw.. Selain itu negri yang otomatis tercoret dari daftar 😀

      Like

  9. mamipapa · 15 Days Ago

    Wuihhh kalau cici komen bisa panjang sendiri tar jadi postingan Py 😝😝😝

    Liked by 1 person

    • Pypy · 14 Days Ago

      Gpp ci. Pliss.. Mamah baru butuh banyak masukkan..haga

      Like

      • mamipapa · 13 Days Ago

        1. Sekolah swasta Kristen/Katolik yang udah ada dari jaman dulu dan sekolah unggulan (biasanya) mahal, kalau sekolah Katolik yang dalam komplek2 gitu biasanya lebih terjangkau harganya. Kalau Kristen nggak tau Py karena nggak pengalaman tapi kalau dari cerita orang2 sih yah mahal juga yg sekolah Kristen seri angka hehehe.

        Pokoknya uang pangkal masuk SD di atas 20jt untuk sekolah sebrang Istiqlal udah dari 4-5 tahun harga segitu minimal dan dia liat rumah kita di mana tar rumah kita ada golongan2 ada juga yang kena 40 juta masuk SD (diliat dr rumah kita dmn) jd buat subsidi yg kurang mampu. Dia bahkan utk masuk TB (Taman Bermain) dan TK uang pangkal udah 20 juta an dari brp thn lalu. Uang sekolah udah pasti nasakom (nasib satu koma) di TK dan SD anak2, kenaikan per tahun 100rb. Jadi misalnya tahun ini terima buat tahun ajaran 2018/2019 uang sekolah anggep 1.4 juta nah berarti kalau tahun depan bukan pendaftaran lagi buat tahun ajaran 2019/2020 naik jadi 1.5 juta nanti kenaiakan uang sekolah sebesar 10% per 2 tahun. Begitu juga untuk SD itung2annya.

        Masih ada uang kegiatan di sekolah, kalau sekolah anak2 (jangan disebut nama sekolahnya kan kamu udah tau) untuk TK kurang lebih 5 juta untuk SD kurang lebih 3 juta. Lebih murah SD karena nggak ada biaya makan setahun di sekolah. Blom termasuk biaya beli seragam dan buku pelajaran hehehee….

        Kadang ada sekolah iming2 bayar cuma 11 bulan jd ortu secara psikologis tergiur “merasa” lebih murah dibanding sekolah yg bayar 12 bulan alias lagi libur panjang pun kita tetep bayar. Padahal kalau dihitung2 anggep deh 1 juta x 12 bulan = 12 juta, sementara yang 11 bulan itu 1.2juta per bulan (200rb x 11) + (sejuta x 11) = 2.2 juta + 11 juta jadi 13.2 juta…. Tetep lebih murah yang bayar 12 bulan dgn uang sekolah sejuta per bulan jadi jangan lupa kalau ada penawaran bayar 11 bulan itung2 dulu selisih sama 12 bulan, kecuali yah harga uang sekolah sama2 sejuta nah udah pasti lbh murah yg bayar 11 bulan.

        Pokoknya Py setau cici kalau sekolag katolik “unggulan” alias udah berdiri puluhan bahkan seratusan tahun hihi biasanya udah pasti biaya masuk 20 jt an tapi kalau memang nggak sanggup bisa ngadep suster yayasan buat minta keringanan atau cicilan. Sistemnya sih pukul rata kebanyakan, kecuali yang sebrang Istiqlal dia sumbangan wajib 22 juta (misal) tar ada sisanya tergantung…(yah itu dari rumah tinggal kita) kalau mau nego yah nunggu POMG dia hehee.

        Kalau sekolah katolik yang komplek alias tergantung daerah mana biasa lebih terjangkau mungin uang pangkal ada yang di bawah 10 ada yang di atas 10 balik lagi tergantung lokasi sekolahnya karena kan ada sekolah walau gak mahal kaya yang cici sebut di atas tapi ada gerejanya nah ini juga lumayan dalam arti kasta sedeng masih terjangkau…nah ada juga sekolah katolik komplek kadang gak ada gerejanya nah itu lebih murah tingkatannya. Kalau kaya sekolah Ricci, BHK (Grogol), Sang Timur, Tarsisius 1 itu semua ada gerejanya sebelah sekolah ini kategori sedeng hehe. Kira2 gambarannya gitu yah….ini sekolah juga udah ada puluhan tahun. Kalau Katolik ada area nya jadi mewakil tapi kebanyakan di Jakarta Pusat. Kalau di BSD sekarang udah ada Sanur itu buat TK aja setau cici udah 20 jutaan hehehehe tapi sekolahnya bagussss dan asri…yah santa ursula udah ada nama lah yah..

        2. Kriteria (kalau cici) kita mau besarin dan didik anak secara Katolik, makanya cari sekolahan katolik jadi iman nya tetep ada. Karena itu yg dipilih adalah sekolah nasional katolik jadul yang udah ada nama. Kebanyakan alumni situ mama atau papanya Py heheheee bahkan suka ketemu temen smp atau temen sma. Jadinya elu lagi elu lagi kadang beda angkatan juga.

        Cici mau liat sekolah itu beneran sekolah, bukan rumah, ruko atau gedung perkantoran maunya yang ada lapangan luas dan banyak pohon rindang. Sekolah type gini udah jarang kita temui kecuali itu sekolah jadul yang udah puluhan tahun (sekolah kita masa kecil) skrg kan lagi “menjamur” sekolah international dan national plus yg pas TK aja mrk udah forsir calistung dan konon katanya ceritanya hebat2 anak2nya. Tapi cici liat sendiri Py temen2 Clarissa yg dr TK dalem kita yg sama org gak dihargai karena cuma belajar ba bi bu be bo bahkan sampe TK B pd blom bisa baca (kecuali yg mereka les baca tulis luar sekolah) tapiii begitu udah SD yah justru yg katanya pinter2 dr sklh inter yg udah bisa itung sampe ratusan, udah lancar baca tulis, baca koran, etc beneran kalah Py sama anak2 dalem ini kita ngitung 10 besar yah bukan 3 besar, yg 10 besar itu 80% anak dalam yg konon dicemooh apa bisa tar SD sementara TK cuma ba bi bu be bo dan cuma main doang. Tapiiiiiii secara moral dan etika anak dari tk inter kalahhhh soal iman, moral dan etika (serius) ini sih di sekolah anak2 yah, nggak di generesasi secara umum semua anak sekolah inter (takutnya ada ortu yg tersinggung) hehehe

        Masalah bahasa inggris dl kita juga cm dpt bahasa inggris sbg pelajaran kan, toh kuliah luar negri juga bisa aja dan kita lebih tangguh dari generasi anak skrg (iya kan) coba liat anak skrg kurang moral, kurang etika walau bahasa inggris cas cis cus…makanya lingkungan keluarga punya peranan penting, percuma kasih sekolah inter mahal tapi anak terlantar krn ortu terlalu sibuk.

        3. Dulu sebelom anak lahir kita udah bikin asuransi pendidikan buat mrk buat proteksi aja hahahaa yah sebetulnya kalau berduit mah enak invest property tapi beli property gak bisa kaya beli kacang toh hihihi nggak segampang itu makanya ambil asuransi ini buat anak2 jaga2 kalau kita kenapa2 setidaknya anak bisa sekolah…gak putus tengah jalan

        Trus buat tabungan anak yg penting gak ada biaya admin dan duit gak minus, gak usah muluk2 per bulan 50 aja (mininal peraturan bank utk setor). Skrg banyak bank kok ada tabungan anak walau nama kita tapi qq nama anak kita. Survey2 aja….

        Andaikan ada dana lebih misal dari kurangin makan di restoran, kurangin nonton bioskop, kurangin kehidupan tersier (yg kebanyakan terpengaruh karena liat IG orang yg isinya bagus2) tapi gak tentu kan kehidupan aslinya begitu, kita kan gak tau dibalik foto indahnya sebetulnya ada apa….gak semua diumbar…nah duit hemat itu bisa dimasukin ke dalem tabungan anak2 hehehe

        Maaf yah jd panjang banget..semoga sukses dan lancar yah Py buat survey2nya hahaha

        Like

  10. pingiwed · 15 Days Ago

    Py, uda dijawab di grup ya *nyebelin komennya 😂😂

    biaya skolah emank buat pusing kepala, B yang ud ikut trial en gue tanya2 biayanya uda buat gue syok py, huhuhuhu. Spertinya B akan skolah di skolah Katolik aja py, krn dr segi harga masih terjangkau sdgkan kalo Kristen, dilihat2 en dirasa2 (pas gue SMA Kristen) mehong beut 😂

    terus kalo biaya2 sekolah nanti gimana, sejak hamil, gue uda nabung2 (include biaya lahiran didlmnya) sampe skrg plus gitu anak uda lahir, uda masuk ke asuransi kesehatan & pendidikan py

    Like

    • Nadia Stephanie · 15 Days Ago

      Iya nih, dari sophie lahir gua jg masukin asuransi pendidikan dan kesehatan juga kek dewi, py.. ahaha.. tp lebih buat biaya kuliah dia nanti sih klo yg pendidikan.

      Like

      • Pypy · 12 Days Ago

        Skrg dah pernah cair dong ya Nad? Lancar kah? Apa dari kita yg ngejar2 buat dicairin?

        Like

      • Nadia Stephanie · 12 Days Ago

        Belom pernah cair, Py.. pernah kepake sekali pas sophie masuk rs. Puji Tuhan prosesnya cepet dan lancar sih.. agen gua jg proaktif banget ngurusin semua. Gua terima beres.

        Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Haha.. Gw masih tetep pengen di sekolah Kristen aja. Ini berarti emak bapaknya yg mesti menyesuaikan ya.. Mengurangi hedon..hahaha.. Tunggu aku tahun depan ya, lumayan bisa napas tahun depan nih kalo mau ada dana aspen lagi 😀

      Like

  11. inge · 15 Days Ago

    Hi Pypy salam kenal,
    Selama ini silent reader aja 😅.
    Saya mommy yg anaknya skul di ipeka bsd, dan iyes yg 22 juta itu uang pangkal sd bbrp tahun lalu. Uang pangkal sd thn besok 28 juta aja,… Hiks hiks langsung nangis liat tabungan dikuras.
    Ipeka mahal, krn masih relatif baru, sehingga murid blm banyak, overhead cost tinggi.
    Tapi ada juga sekolah kristen yg lbh manusiawi uang sekolahnya seputaran bsd, kaya ora et labora, athalia, relatif masih lbh murah dg kualitas yg ga kalah bagus.
    Worth it atau kaga, relative sih ya, tergantung preferensinya.
    Semangat ya mommy 😘

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Hi Inge.. Ahh senang sekali deh kamu komen dimari. Jadi beneran dapat info yg benar.. Nge itu 28juta SD aja ya? Apa termasuk TK? Kmren baca2 si athalia juga bagus katanya, dia lebih ke mananamkan karakter ya.. Anakmu seneng ga Inge sekolah disana? Kan katany yg penting anaknya ya 😀

      Makasih lho pencerahannya.

      Like

      • selly · 8 Days Ago

        hi py dan inge ikut nimbrung ya. anakku skrg skul di oel pamulang py. tahun ini baru sd. waktu tahun kmrn ada liat daftar uang pangkal di bsd masuknya kalo ga salah 12-14jt dan uang skulnya 1jt-an kl ga salah. kl di pamulang lbh murah sedikit dr bsd. nah menurut aq oel bsd itu bagus py tmptnya jg gede bener2 sekolah gitu. coba aja di lihat2 buat rekomendasi seperti yg inge bilang. sorry ya jd ikut nimbrung aja nih. hehehe

        Like

  12. nyonyasepatu · 14 Days Ago

    Gemeter yaaa liat harga masuk sekolah skr

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Bangett Non, jadi komersil bener..huhu

      Like

  13. cerita4musim · 14 Days Ago

    wah sekolah aku tuh Penabur ha ha ha
    semoga cocok dapet yang dimau ya Py, baru kemaren liat kamu hamdun, skarang udah mulai nyari sekolahan aja..

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      Wihiwww.. Alumnus.. 😀

      Aminn aminn. Makasih ya Fe.. Iya nih, waktu cepat sekali berlalu 😀

      Like

  14. Melissa Octoviani · 13 Days Ago

    gua coba bantu jawab ya py…

    1. ga semuanya mahal, yang harganya di bawah itu juga ada… tapi biasanya yang mahal itu yang uda punya nama dan suka menang lomba2 gitu… tapi bisa juga tergantung region… sebagai gambaran, sekolah tempat gua ngajar (kalo liat IG gua pasti tau deh dimana hahahaha) uang masuk dan uang sekolahnya lebih mahal daripada cabang lain yang di jakarta pusat… yang di tempat gua itu national plus, dan terletak di kompleks perumahan, makanya mahal… kayaknya di serpong ada deh… gading serpong… jauh ga dari BSD… tapi national plus juga hehehehe…

    2. pertama liat lingkungannya… kayak yang gua bilang, biasanya kalo di kompleks perumahan itu lebih mahal, tapi lebih aman dibanding yang di jalan raya besar… trus liat fasilitasnya juga, sebanding ga sama harga yang lu bayar… di deket rumah gua ada sekolahan juga, harga mirip2 kayak tempat gua ngajar, tapi mainannya kayak uda pada kotor gitu, berarti ga worth it kan… urusan prestasi sekolah mah itu urutan kesekian deh hahahaha…

    3. kalo jayden…begitu lahir langsung gua masukin asuransi pendidikan… oiya, itung juga waktunya… kayak jayden nih…masuknya emang tahun depan, tapi uda harus daftar dan bayar sekarang… rata2 semua sekolahan gitu, uda harus daftar setahun sebelumnya hahahaha…

    btw…sebenernya sekolah katolik tuh rata2 harganya lebih murah daripada sekolah kristen.. tapi gua takut anaknya nanti bingung… karena tiap sabtu minggu kan gerejanya gereja kristen… mungkin sekolah katolik akan gua pertimbangkan kalo nantinya dia SMP atau SMA kali ya…

    jadi panjang nih hahahaha….

    Like

    • Pypy · 12 Days Ago

      1. Tempat dirimu ngajar BPK kah?haha.. Gw soale ga paham sekolahan di Jakarta jadi ga bisa nebak2 Mel..Gading serpong sekitar 8km dari gw.. Kalo BSD 2-3 km lah..hihih.

      2. Emang perlu trial ya ut nentuin sekolah yg dimau ya..

      3. Mel, sudah pernah cair aspennya? Gampang kah? Sesuai yg di perjanjiannya?

      Nah iya, gw mikirnya masuk yg kristen aja biar nyambung sekolah minggu ma sekolah biasa. SMA malah gw pengen kalo bisa di sekolah negri unggulan. Tapi tergantung perkembangan jaman juga ya 😀 Gpp, gw seneng malah panjang.

      Like

      • Melissa Octoviani · 9 Days Ago

        iya py, BPK… sekolah kristen seri angka kalo kata ci felicia hehehehe…

        gua belom pernah cairin py… karena kalo TK masih bisa ambil dari tabungan… entah ya kalo SD, karena pasti lebih mahal kan daripada TK…

        yang penting sih cari yang harganya sesuai di kantong, dan anaknya juga enjoy… trial2 dulu aja buat nentuin anaknya suka yang mana… jayden karena uda sering gua ajak ke tempat gua ngajar, jadi dia uda hafal banget sama lingkungannya… guru2nya juga semua uda kenal jayden, makanya gua uda males nyari2 sekolah yang lain hahahaha….

        Like

  15. mommyivonne · 9 Days Ago

    Halo salam kenal, selama ini silent reader. Kebetulan aku juga tinggal di Serpong. Anak ku sekarang toddler, dan sekolah di kawasan BSD jg.

    Menurutku cara liat sekolah worth it atau ngga, datangin sekolah nya, tanya2, bawa anak nya juga, minta trial. Biasa sekolah2 di Serpong ngadain Open House. Kesempatan kita tuh buat explore dan tanya2 sekolah nya. Kalau ngga salah Ipeka September ini ada Open House. Ngga masalah datengin open house dari sekarang, meskipun anak sekolah masih beberapa tahun lg. Karena cari sekolah anak itu makan waktu loh, kerjaan berbulan2 hahaha ( kalo aku).. Setidaknya udah ada bayangan dari sekarang.

    Tergantung kita juga mau cari sekolah model apa.. Mau yang basic agamanya kuat, atau mau yang bahasa inggris / mandarin jago, atau mau yg internasional school yg curriculum nya pun ada beberapa, IB, Cambridge. Belum tentu sekolah yg mahal anak nya pasti cocok.

    sekali nya komen, kepanjangan.. sorry ya..

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Hi Mami Ivonne, salam kenal juga..

      Makasih banyak komennya.. Ga masalah panjang..Senang malah dapat masukkan dari tetangga.. Terima kasih ya.. Pengen cari waktu sih lihat Ipeka itu, soalnya kemarin benar2 cuma tau dari omongan Mama2 lain 😀

      Like

  16. bonnitakristanti · 5 Days Ago

    hi py… dulu g juga stress gitu mikirin uang sekolah anak gimana dst..
    tapi nyokap selalu bilang pasti ada berkatnya kok nanti..
    jadi ya emang bener sih, ada aja kok berkatnya… asal kita berdoa dan berusaha dengan baik.
    sekarang bener2 merem aja kalau buat sekolah anak, kalau buat belanja baru bener2 dihemat haha…

    saran aku sih uang sekolah anak baiknya jangan lebih dari 30% pendapatan keluarga, biar ga berasa berat banget..

    Terus untuk lihat sekolah worth it apa engga, memang harus datang dan lihat sehari2 gurunya mengajar, kepala sekolah dan managementnya perhatian gak sama murid2 dan kurikulumnya.. sampe ke hal sedetil2nya kayak stafnya ramah2 gak, sekolah/wcnya bersih apa gak.

    Terus disamping itu semua, sekolah itu salah satunya adalah mencari pergaulan yang baik juga.., bukan cuman educationnya… jadi perlu juga dilihatin anak2 yang sekolah disitu kira2nya kayak gimana hehehe.. sama apakah sekolahnya peduli sama pengembangan karakter atau cuma mengejar nilai2 bagus.. ini opini pribadi lho, monggo kalau tidak setuju ya hehehehe .. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s