Jalan Kaki 4.4Km

Waktu ulang tahun ke 30 kemarin, gw bikin list 40 before 40. Dari sejumlah list tersebut, yang jadi prioritas utama gw (dan suami tentu saja ya ga bisa dipisahin) saat ini adalah beberapa poin awal, yang mana hal itu ga akan terwujud kalau kami ga merubah pola hidup saat ini. Jangan salah, sebenarnya gaya hidup kami tidak pernah lebih besar dari pendapatan kami. Tapi, dengan tujuan finansial sebanyak itu, tentu saja dibutuhkan pemangkasan disana-sini. Kalau toh kami tetap bertahan dengan lifestyle yang sekarang, waktu untuk menuju kesana akan lebih lama. Apalagi masih ada beban yang harus dituntaskan akibat kejadian di awal pernikahan.

Salah satu biaya yang kena pangkas adalah biaya transportasi. Sejak awal kami pindah ke Serpong, kami menyadari satu hal bahwa biaya keselurahannya ga lebih murah dari tinggal di Mangga Besar. Memang untuk harga sewa rumah lebih murah beberapa juta. Tapi ketika biaya transportasi ditambahkan, maka justru pengeluarannya lebih besar. Sebagai perbandingan, waktu di Mangga Besar, total biaya yang dikeluarkan setiap harinya adalah IDR 13K per orang sedangkan di Serpong bisa mencapai IDR 32K per orang. Hampir 3 kali lipat.

Akhirnya, setelah dilakukan perhitungan ulang, anggaran itu bisa dipangkas hingga lebih dari setengah. Sebagai konsekuensinya, buat gw terutama, mesti jalan kaki sejauh 4,4Km. Yang tadinya naik Ojek Online dari rumah ke stasiun dan sebaliknya, diganti jalan kaki. Rumah ke stasiun KRL berjarak 1,7Km. Setelah itu, yang tadinya dari stasiun naik Ojek Online lagi ke kantor, gw ganti jadi Bus Kopaja. Untuk sampai ke halte buat naik bus jaraknya 1Km. Dari totalan itu lah dapatΒ  4,4Km. Ai hanya perlu menempuh jarak 3,4Km saja, karena beliau langsung di jemput oleh temannya di stasiun.

Sebenarnya gw sudah pernah melakukannya sejak kepindahan ke Serpong, tetapi sepatu yang sempat dipensiun dinikan ini malah lebih cepat rusak setelah digunakan 2 minggu secara rutin. Kami kembali ke opsi ngojek karena sepatu yang biasa digunakan kurang nyaman. Merasa bahwa kondisi ini ngga bisa dibiarkan, akhirnya Ai menjanjikan sepatu baru sebagai fasilitas untuk berjalan jauh.

Pencarian ini memakan waktu sebulan. Ternyata sepatu yang dicari ketemunya di Central Park Mall. Agak susah memang, karena dengan dana seadanya, maunya banyak sekali.

WhatsApp Image 2017-09-13 at 3.01.10 PM

Sepatu ini akan mencapai BEP saat dipakai sebanyak 53 kali

Dengan sepatu ini, gw merasa nyaman jalan jauh.

Perubahan gaya hidup ini gw jalani dengan sukacita, sama sekali tidak ada sungut-sungut dalam hati dan pikiran gw. Kenapa? Karena dengan disertai pengurangan asupan nasi, jarum timbangan gw turun 2 angka ke kiri *padahal pakai yang digital* dalam waktu seminggu -atau setidaknya dari terakhir gw nimbang-. Yeayy… Berarti badan tambah sehat. Selain itu, gw jadi punya banyak waktu untuk ngobrol dengan suami. Waktu 20 menit sekali jalan itu benar-benar cukup bagi kami saling sharing apa yang ada di hati dan otak masing-masing.

Semoga usaha ini membuat lebih dekat dengan tujuan. Amin.

 

 

 

 

Advertisements

26 comments

  1. gegelin2 · 10 Days Ago

    Kalo kalian berangkat lebih pagi (karena jalan kaki) bukannya udaranya masih Segar ya, kak? Jadi lebih bagus buat kesehatan πŸ˜€

    Like

  2. Arman · 10 Days Ago

    wow jalan 4.4 km setiap hari. bagus tuh py sekalian olahraga ya… πŸ™‚

    Like

  3. ndu.t.yke · 9 Days Ago

    Jalan kaki itu kayaknya sepele tp manfaatnya banyak loh Py. Aku jg jd semangat ni mo mulai walk-at-home lg πŸ™‚

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Iya Mem, berasa bgt efeknya ke body.. Semangatt mem πŸ˜€

      Like

  4. Melissa Octoviani · 9 Days Ago

    gua juga dulu waktu belom bisa nyetir mobil kerjaannya jalan… baik dari rumah ke depan gang naik angkot, lalu naik ke halte busway, lalu jalan lagi ke tempat kerja… sehat sih, cuma karena gua berangkat dari rumah siang, jadinya panas banget hahahaha…

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Ga enaknya kalo dah siang gitu emang ya.. Cepet capek juga :p

      Like

  5. zilko · 9 Days Ago

    Lumayan itu Py, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ya. Bisa menghemat, sekaligus jadi sehat dan jadi ada waktu ekstra untuk ngobrol sama Ai πŸ™‚ .

    Like

  6. selly · 9 Days Ago

    wah mantep banget py bisa sekalian olahraga dan sehat pula. kl sy dr pamulang ke kantor di jak-bar naik motor dianter suami krn sekalian jalan. lebih hemat naik motor kyknya ya py?

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Gak kuat deh body gw justru kalo naik motor, jauh juga.. Kalo naik KRL, abis jalan bisa ngadem..hihi,,, Terus gak akan lebih hemat karena kantor kami ga searah juga πŸ˜€

      Like

  7. pingiwed · 9 Days Ago

    Py, semangatttt!! Selain buat nabung juga bagus buat kesehatan 😊

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Yoehh Wi, makin sehat biar waktu main sama L lebih panjaaang XD

      Like

  8. xiaomeynie · 9 Days Ago

    Lumayan jg itu py jalan 20 menit yaa, itung2 olahraga bener sih. Kepikiran jg ide sis Selly di atas ttg motor, lebih hemat ongkos dan waktu kah? dulu jg sempet ngalemin naik angkot dan harus jalan kaki, kalo ada temennya enak, kalo sendiri berasanya jauh dan lama. Yeyy, spatu baru, awet2 yaa πŸ˜€ merk itu bagus si py dan enteng jg jd dipake jalannya enak

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Beli motor lagi, selain ga jadi hemat karena belum bisa cash. Juga hitungannya ga murah, soalnya jarak rumah ke kantor itu hampir 40km, dan kantor gw dan ai ga searah. Malah makin capek buat body.

      Like

  9. TazOlip · 9 Days Ago

    Amin. Bagus juga ya selain sehat buat tubuh, sehat juga buat hubungan pasutri ❀

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Hub pasutriiiii.. Duhh.. Jadi pen pulang deh, mana malam jumat lagi.. #ehhh #kebanyakannontoliklan

      Liked by 1 person

      • TazOlip · 9 Days Ago

        Yawlaaaa padahal hubungan yg gue maksud innocent ga pake grepe-grepeee #eh hahahahaha 🀣🀣

        Liked by 1 person

    • Pypy · 9 Days Ago

      Bahahaha.. Maap, suka kurang kontrol..hahahahhaha

      Like

  10. fereshia · 9 Days Ago

    Semangat kak Py hitung2 olahraga n bikin badan sehat y 😊
    Eh kak Py udah pindah ke serpong y skrg, udah ga dimabes lagi y?

    Like

    • Pypy · 9 Days Ago

      Tujuannya malah belok kesitu jadinya..haha.. Iya udah pindah Fer sejak abis liburan Lebaran kmren πŸ˜€

      Like

  11. ade_jhr · 8 Days Ago

    Keren kak.. haha suka dgn kata dengan dana seadanya maunya banyak sekali haha ak juga gitu rit irit..

    Like

    • Pypy · 8 Days Ago

      Toss kitaa.. Biar worth it barang yg dibeli ya πŸ˜€

      Like

  12. naomitobing · 8 Days Ago

    Kerennn jalan kakinya. Gue kalo ga terhalang panas matahari jg better jalan kaki, banyak yg dilihat. Semoga makin sehat dan bisa banyak nabung yaa.

    Like

  13. bonnitakristanti · 5 Days Ago

    sepatunya cakep py…. πŸ™‚ semangat terus olah raganya ya, olah raga juga bisa bikin awet muda lho
    dulu wkt gua kerja di kantor pertama, ada dua ibu2, mrk udah late 50s gitu, tiap siang mau ada hujan, angin, pasti selalu jalan kaki muterin kantor. sekitar 3km kali ya.. gua bbrp kali ikutan tuh… pas pertama kali ikutan kaki gua gatel2 semua karena emang g kalau udah lama ga olah raga kayak gitu, darah kayak mengalir semua terus kaki jadi gatal2.. tapi gara2 itu gua jadi males olah raga (nah loh) hahaha…

    Like

  14. Angel · 5 Days Ago

    lumayan ya pi, itung2 olahraga pagi πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s