Bercocok Tanam

Judulnya dah keren belum? Macam dah jago kali.. *sungkem ke Kak Nella.

Dirumah yang sekarang kami kontrak itu didalam cluster, jadi ga ada pagar, dan ada taman sepetak kecil. Ya khas perumahan masa kini lah. Seujujurnya gw itu orang yang ga terlalu doyan sama tanaman. Jaman dulu di rumah pun gw cuma kebagian bantuin Mama angkat tanah, cabutin rumput liar, atau nyiram tanaman tiap sore. Selebihnya soal ngurusin, atau apalah apalah sama sekali enggak. Tapi ya pas berbunga demen juga sih liatinnya, indah. Apalagi Mama tuh memang sukanya tanaman hias. Anggrek berbagai warna, sampai yang hitam dari Papua juga punya, banyak deh jenisnya yang hingga kini gw ga ngerti namanya apa semua .

Berbeda dengan Mama, gw sekarang jadi pengen nanem tapi tanaman yang ada faedahnya. Maksudnya ga cuma untuk berbunga gitu. Tapi yang bisa di konsumsi. Kan lumayan mengurangi jatah belanja di pasar. Eh.. Pucuakk dicinto ulam tibo.. Tetangga depan rumah ternyata adalah petani sekaligus penjual tanaman. Awalnya sih masih ragu gitu mau beli yang mana, secara pengetahuan dan skill soal tanaman beneran ga ada sama sekali ya. Tetiba di suatu weekend nan ceria, sesebapak tamvvan datang ngasih pohon pepaya Calina. Dan lebih bersyukurnya lagi adalah si Mbo dirumah juga jago nanam. Gw sama Ai yang awalnya cuma mesem-mesem liatin tuh pohon (saking ga tau mo diapain abis itu XD) akhirnya menyerahkan ke Mbo. Deseu minjam cangkul ke sesebapak, dan pohon pepayanya langsung dipindahin dari polybag ke tanah. Kami berdua pun gembira melihat hasil akhir si pohon calina. Pohon itu pun bersanding cantik dengan pohon mangga yang sudah ada dari sananya.

3.jpg

Pohon Pepaya Calina

Ehh.. Rupanya kehadiran calina adalah pembuka jalan untuk tanaman lain berdatangan. Selang seminggu, tetangga sebelah kiri ngasih mbo 3 pohon cabe (kalau sekecil itu sudah bisa disebut pohon anyway). Dann.. Bagian kerennya adalah, tetangga satu lagi (sebelah kanan) ngasih pupuk yang katanya emang ga kepakai, sayang kalau dibuang. Besoknya sesebapak kembali ngasih pohon cabe yang sudah lumayan gede.. Bahaha.. Ini antara senang tapi jadi ga enak juga ya keseringan di kasih.

Kebetulan sesebapak jual buanyak banget jenis tanaman, mau apa tinggal sebut, termasuk jual Lemon Cui. Lemon cui ini airnya banyak. Sahabat karibnya ikan segar, tinggal ditambahin garam, mantap buat menghilangkan anyir. Dari awal tuh Mbo memang suka protes kalau gw beliin jeruk limo, katanya “Non, itu jeruk mah ga ada isinya”. Jadilah gw pergi ke sesebapak dan bilang kalau gw mau beli lemon cui. Selain ga enak sudah dikasih mulu, ya karena emang butuh kan.

IMG_20170809_203917_408.jpg

Sudah berbuah

Diluar yang dikasih, Mbo juga inisiatif tanam tomat dan seledri. Sepertinya sih mereka bisa tumbuh dengan baik ya. Tomat pas hari ketiga sudah muncul pucuknya.

IMG_20170809_203917_409.jpg

Seledri

Terus baru aja tadi teman kantor ngasih gw bibit kangkung darat, terong ungu sama sawi. Yang jadi PR sekarang buat gw adalah beli pot, parang (buat mangkasin ranting dan cabang pohon mangga, sama gunting khusus buat pohon cabe dan lemon cuinya.

index

Keliatan gak 3 pohon cabenya? 😀

Kedepannya gw pengen nanam jahe, kunyit, lengkuas, serai, dll yang memang selalu dibutuhkan buat masak. Untuk daun salam sama kemangi kebenaran tetangga memberikan secara cuma-cuma untuk dipetik buat semua yang butuh. Kata sesebapak hitung-hitung bantu mangkasin daunnya. 😀

Semoga bisa berbuah ya semua yang ditanam.

Kalau kamu, suka nanam juga enggak? Nanam apaan?

 

Btw, jangan pada salah fokus nanyain tentang si Mbo ya. Haha. Bakal ditulis dipostingan lainnya.

Advertisements

28 comments

  1. natalia2305 · August 11

    aduh asik banget py…tetangganya baik baik…hahahhaa klo gue suka banget sama tanem2an, sygnya rumah yg sekarang tanah buat tanemannya terbatas jadi cuman sedikit deh tanemannya… >.<

    Like

    • Pypy · August 14

      Banyak lho Nat ide bercocok tanam dilahan sempit. Ada yang ke tembok, bahkan ke pagar. Media nya skrg disesuaikan dengan kebutuhan.

      Like

  2. Pyyy haha aku baru baca langsung senyum2 😀 . Klo liat gambarnya lumayan luas ko sepetak tanah tuh buat awal berkebun. Klo sdh penuh bisa nanam2 dipot ko. Mupeng liat pohon pepaya dan jeruk limo tuh banyak bangett buahnyanya. Aku nanam kencur sdh sebulanan ga numbuh, pas muncul daunnya girang bangett, secara susah kan nanam2 tanaman tropis.

    Anggrek hitam sdh masuk list mau beli bln ini, tuh gara2 masuk forum trus liat2 olshop langganan kaget juga ada. Lagi pengen punya koleksi anggrek2 asal Indonesia tp di tempatku harganya aduhai berkali lipat di tanah air 😆 .

    Like

    • Pypy · August 14

      Nah karena ini kan cuma kontrak ya Kak, makanya aku pengennya emang di pot aja. Biar kalau misal pindah ke rumah sendiri (aminnnn) bisa langsung angkat..haha.. Ogah rugi bener emang XD Iya ya kak, kalau nanam yg ga sesuai suhu segala susah ya.. Moga segera tumbuh ya kak 😀

      Wahh asikk, cerita ya kak kalau sudah beli 😀 Skrg Mama sudah ga punya anggrek lagi, skrg yang daun2 merah sama yang berlobang2.. Aglonema kalo ga salah namanya.

      Like

      • haha sama mikirnya spt aku nanam di pot biar gampang angkat, ga mau rugi kan misal spt pohon2 kecil7bunga yg agak mahal 😀 .
        Wah dikemanain anggrek2 mamanya Py?. Daun yg berlubang namanya monstera lagi naik daun pamornya tuh tanaman 😀 .

        Like

  3. yosadya · August 11

    Seneng banget pasti dapet tanaman banyak. Dulu aku nanem tomat, tapi karena nggak keurus, jadi mati.

    Like

    • Pypy · August 14

      Seneng Yos, tapi saking kebanyakan jadi ga enak..haha.. Yahh sayang ya, padahal kalo bebruah lumayan tuh 😀

      Like

  4. mamipapa · August 11

    Py…lapangan banteng lg ada pameran flora fauna hehehee siapa tau mau liat2.

    Bikin hydroponik aja Py beli pipa2 itu lumayan buat terong kangkung bayem tomat dll

    Like

    • Pypy · August 14

      Itu dah level expert kayaknya ya ci..hihi.. Tapi makasih infonya, kalau sudah dirumah sendiri bisa diusahakan 😀

      Like

  5. zilko · August 11

    Hahaha, jadi penasaran pengen nanam kecil-kecilan di dalam apartemen nih Py. Temenku juga gitu nanem beberapa jenis sayur. Lumayan hasilnya, mana kita jadi bisa pastiin organik kan, hehehe 😀 . Pepayanya mudah-mudahan cepet berbuah ya! Hahaha

    Like

    • Pypy · August 14

      Nah iya bener Ko, kmren si Bpk tetangga juga ngomong gitu. Saya milih nanem sendiri karena dah capek mba sama pestisida.. Gitu katanya 😀 Aminn Ko.. Ga sabar mo bikin asinan pepaya.. hihi

      Like

  6. Arman · August 11

    jadi rajin nanem2 ya py… bagus tuh.. bisa dapet sayur/buah organik… 🙂

    Like

    • Pypy · August 14

      Iya nih ko, semoga pada berbuah deh 😀

      Like

  7. imavandam · August 12

    Aku tanam baaaaaaaanyak sayuran ada buncis ijo, buncis ungu, kentang, wortel ,bayam bule *chard merah putih dan ijo. Ada tomat, timun ,cabe ,beets , leeks, runner beans, bawang bombay merah dan putih, kale, cabe, seledri, terong ungu gede, terong kecik putih bulat, cucamelon, zuchini, kacang panjang, jeruk, lemon, plum, apel, gooseberry, blackberry, strawberry, blueberry, loganberry, dan macam2 bunga ntar kepanjangan komenku klo di sebutin semua 😂😂😂

    Like

    • Pypy · August 14

      Hahaha.. Komennya bakal jadi brp paragraf sendiri ya kalo dijabarin 😀

      Like

  8. xiaomeynie · August 12

    Berasa main game harvestmoon deh py, tp ini asik bs dinikmati langsung hasilnya ya trus bagus jg buat pemandangan rumah ada ijo2nya 😀 cerita dong tentang rumahnya ky gimana dan suasananya *kepo*

    Like

    • Pypy · August 14

      Nanti ya 😀 lagi cari cara gimana ceritain tanpa menyebutkan nama perumahannya 😀

      Like

  9. dian_ryan · August 12

    waktu awal-awal pindah aku juga semangat py nanem2 macam kunyit, daun kemangi, jeruk purut, lengkoas sama pandan di belakang rumah. Alhamduillah tanah di rumah itu subur banget kita buang biji aja ntar juga numbuh sendiri. Tapi sekarang aku jadi males namem2 lagi 😦

    Like

    • Pypy · August 14

      Jangan males dongg Di, kan mayan kalo panen 😀

      Like

  10. Mr. Him2 and Mrs. Her2 · August 12

    Py asyik bgt banyak sayuran hahahahaha gw jg tipe yg demen liat tp ga bakat nanam. beruntungnya Py tetangga sk nanam2 gt pluw ada mbo yg jago nanam.

    Like

    • Pypy · August 14

      Bangett Vin, dimari mah doyan liat doang.,. Ehh.. Sama bebelian yg lucu2 buat taneman deng XD

      Like

  11. mrspassionfruit · August 12

    Py, aku juga lagi mencoba bercocok tanam nih. Nanam herbs dan pohon jeruk. Track record aku tangan hitam banget, semuanya matiiii… yang ini disayang dan diajak ngobrol, semoga berlangsung nih. Seneng banget baca postingan kamu ini

    Like

    • Pypy · August 14

      Wahhh.. Semoga ya Mar bisa bertumbuh 😀 Aku juga punya tante yg sama, saban nanem apa aja banyak yg mati.. Makanya seneng kalau pas Mama ku datang lgsg disuruh utak atik tanamannya, dan beneran numbuh,..ahahaha..

      Like

  12. mila said · August 12

    yaayy udah mulai bercocok tanam juga hahahaa..
    kayaknya semua rumah orang manado harus ada lemon cui ya. di rumah aku juga ada

    Like

    • Pypy · August 14

      Yeayyy.. tosss kitaa.. Abisan si lemon ini macam susah ya Mil ketemu di pasar atau supermarket, ga kayak jeruk nipis yg selalu ada.

      Like

  13. Melissa Octoviani · August 14

    gua ga ahli bercocok tanam gitu, malah seno yang lebih suka hahahaha…

    Like

    • Pypy · August 14

      Toss lah kita Mel, ini gw juga akhirnya termotivasi krn lingkungan 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s