Operasi Gigi Bungsu Part 2

Gw menjalani hari seperti biasa, meski deg-degan tapi sudah lumayan beriman kalau semua akan baik-baik saja.

9 November 2017

Hari yang tak dinantikan pun tiba. Pulang kantor langsung menuju RSJ (Rumah Sakit Jakarta). Bedanya kali ini kami makan dulu karena setelah tindakan pasti bakal susah.

Sebelum mulai, gw mesti tanda tangan Surat Persetujuan Tindakan dulu. Gw lupa sih Ai itu ikut tanda tangan atau engga. Terus gw selfi deh.. Haha..

IMG20171109184143

Foto sebelum, gusi masih agak bengkak karena radang. Gw kemudian di ukur tensi darah.

Puji Tuhan semua normal. Setelah itu masuk ke ruang praktek dokter. Iya tindakannya disitu aja, ga ke ruangan khusus kayak sesar. Yang paling menangkan gw adalah Ai bisa masuk juga. Jadi deh sambil tindakan sambil Ai bisa foto-foto.

Tindakan pertama adalah dokter menyemprotkan cairan ke bagian sekitar yang akan di operasi.

IMG20171109193149

Didiamkan sebentar dan gw mulai berasa lidah dan gusi gw baal.

IMG20171109193507

Maka dimulailah Bapak dokter beraksi. Dimulai dengan suntikan anastesi di beberapa titik. Disini gw berasa ada jarum yang masuk tapi ga berasa sakitnya.

IMG20171109194134

Ini sepertinya gusi mulai di belek.

Jujur selama proses ini gw ga santai sama sekali. Entah pengaruh stress atau karena memang tu ruangan di setel dingin banget, gw gemetaran!

IMG20171109194458.jpg

Beberapa kali suster nyuruh gw tenang tapi emang susah. Suara mesin penghisap dan yang lainnya itu beneran bikin gw ketakutan. Sampai di satu titik gw merasa kesakitan banget. Sakitnya tuh waktu dokter kek berusaha nyongkel jadi saraf gw ketekan. Mana tenaganya setrong bener. Gw pun angkat tangan seperti instruksi dokter di awal kalau gw ga tahan lagi. Dokter kembali menyuntikan anastesi di beberapa titik. Sampai sini gw mikir, kenapa gigi gw ga dibelah aja ya? Soalnya gw nonton video operasi gigi di Instagram tuh gitu. Jadi kan ga perlu tenaga extra buat ngeluarin si gigi. #sotoy

IMG20171109194505

Gemetaran

Long story short akhirnya si gigi berhasil di keluarkan. Jahitan di dua tempat. Satu di bagian gusi tempat gigi diambil, yang ke dua di gusi arah pipi bawah *paham ga? haha. Dokter masukin kapas buat di gigit, gunanya untuk menyerap darah.

Pas kelar langsung berasa banget pipi gw bengkak.

IMG20171109195351

Sedih ga liat muke gw? Apa pen nabok?

IMG20171109195833

Dibekalin kapas, total gw cuma pakai 2. Pas bangun pagi dah ga berdarah. Sama dokter gw ditambahin pain killer merk apa lupa, yang pasti sehari cuma boleh 1, dikasih 4 biji. Gw juga dikasih dokter surat istirahat sehari, lumayan karena besoknya kepala gw lumayan sakit. Ga tau kenapa.

IMG20171110072653

Makanan gw selama gusi bengkak. Buka mulut awal-awal tuh susah, berasa sakitnya. Haha.. Tapi karena tuntutan perut ya makan lah. Kasian orang serumah kalau sampai gw kelaparan. Wkwkw..

Total biaya yang keluar untuk tindakan ini (kayaknya plus yang kunjungan perdana gw deh) adalah Rp. 3.975.500.-  semua di tanggung asuransi. Puji Tuhan.

Bengkaknya kalau ga salah sampai seminggu, nakal emang makan yang keras-keras. Temen gw yang patuh 3 hari makan lembut langsung turun bengkaknya. 2 minggu berikutnya gw balik lagi buat cabut benang. Ga sakit sama sekali. Cabutnya cuma 10 detik tapi bayarnya tetap. Makanya sekolah dokter mahal ya. Wkwkwkw. Lupa lagi berapa karena semua full asuransi. XD

Terus seperti kata dokter, seiring sembuhnya bagian dalam gusi, gusi gw naik jadi ga celong gitu.

Gw puas dengan pelayanan di Rumah Sakit Jakarta. Ngurus adminstrasinya cepat, susternya ramah semua, dokternya ok dan menjelaskan apa yang ditanya, terlebih beliau bikin gw ga merasa kesakitan pas di suntik. Hehe. Lokasi OK banget dong. Rekomen lah.

Semoga gigi dan kesehatan keseluruhan kita sehat-sehat aja ya.

26 comments

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen · February 7, 2018

    Py klo yg takut dioperasi bgm dong? apa bisa di bius total?. Lumayan banget biayanya ya, untung ditanggung asuransi 😉 .

    Like

    • Pypy · February 7, 2018

      Kalau bius total biasanya sekalian cabut 4 gigi kak kalau aku baca2.. Iya Puji Tuhan kantor ada asuransi yg ok..

      Like

  2. amijasmine · February 7, 2018

    Duh,aku ngilu kalo berurusan sama dokter gigi.

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Iya yaaa.. Bawaan dah maless aja..huhu

      Like

  3. pingiwed · February 7, 2018

    Gue baru tau py ternyata kl op gigi itu di kursi yg buat qta cek gigi ya. Gue kira tiduran di ruang op, xixixi.

    Baca cerita ini ngilu2 sedep py 😂 tp skrg uda jau lbh baik ya pastinya 😊

    Like

    • nola · February 7, 2018

      Sama Wi, gw pikir juga diruang operasi trs tiduran ditempat pasien yg biasa kita operasi sesar hahhaa

      Like

      • Pypy · February 14, 2018

        Akuh pun berpikir yang sama da..ahahha

        Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Kalau oprasinya bius total nampaknya di ruang oprasi deh *sotoy..haha.. Udah bangett Wi Puji Tuhan. Dah ga ada sakit kepala dan sakit gigi lagii.. 😀

      Like

  4. Epi · February 7, 2018

    Py. Gw ikutan ngilu. Gw dari kecil.ya anti dokter gigi dan tau sendiri kenapa gigi gw berantakan. Hahahahaa.. udah makin gede tetep takut tapi berusaha relax kalau lagi dibersihin karang. Baca postingan ini, jadi teringat pengen balik ke dr gigi buat bersihin. Hehee

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Kalau bersihin mah geli2 aja ya Poy… Paling ngilu dikit kalo dah ketebelan..haha.. Sama ih, pas bgt lagi dogi deket rumah lagi promo..hehehe

      Like

  5. zilko · February 7, 2018

    Ah baru tahu Py operasinya bisa dilakukan di kursinya itu!! Eh itu berarti pasiennya dipegangin atau gimana kah? Kalau gerak-gerak gimana itu ya?? Hahaha 😆 .

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Gak dipegangin Ko.. Cuma disuruh jangan gerak2 aja.. Jadi sakit pun usahakan badan diem, daripada amit2 ke congkel yg lain kan XD

      Like

  6. xiaomeynie · February 8, 2018

    Fiuh tegang bacanya, untung sekarang ud gak kenapa2 🙂

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Iya Nie, skrg dah ok 😀

      Like

  7. bemzkyyeye · February 8, 2018

    Gw pernah operasi gigi 2thn lalu. Udahlah ga ditemenin, krn anak2 skt drmh, jd gw nahan takut, nahan sakit plus nyetir sendiri pulangnya hahahhaa *curhat banget gw yak*

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      hahaha.. Gpp mba, disini mah bebas.. Seneng malah dicurhati.. #ehh XD

      Like

  8. TazOlip · February 8, 2018

    Ga seseram yang gue bayangkan sebelumnya py hehehe. Kantor gue tadinya kerjasama sama RS Jakarta juga Py, tinggal kasih liat access card. Tapi katanya sejak banyak disalahgunakan sekarang jadi kudu nanggung sendiri dulu baru tar reimburse 😦

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Syukurlah yaa.. jadi ga takut2 bacanya..

      Owh, sebel banget sama oknum2 itu yaaa.. Dikasih kemudahan malah disalah gunakan. Cincang aja apa Lip?

      Like

  9. kittenholic · February 8, 2018

    Duh py itu kok bs berasa sakit ya padahal uda dibius? Gw parno bgt lo kl uda dibius trus ttp berasa.. hiii.. anw gw jg pernah dioperasi gigi bungsu jd tau rasanya.. mengerikan pas jalanin prosesnya ya.. trus wkt itu gw bengkak nya rada lama.. dan kayanya bengkaknya lebih gede deh.. tp itu uda bertahun2 yg lalu si jd mngkn teknologinya beda..

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Gw curiganya pas di congkel, ketekan parah gitu sih.. Jadi saraf yang lain kena..huhu.. Tapi sebelum dan sesudahnya ga sakit. Nah bisa jadi De, soale ada bbrp teman juga malah ga bengkak samsek.. haha.. Tergantung dokternya juga keknya ya..

      Like

  10. Indah Susanti · February 11, 2018

    Jadi inget pas operasi gigi bungsu 😀 dua gigi atas bawah waktu itu…aku malah gak napsu makan abis operasi…hihihi..untung ya udah nyempetin makan risol dst dulu sblm operasi 😀

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Hahaha.. Sebenarnya aku pun ga nafsu Mba.. Cuma perut keroncongan mengakibatkan emosi cepet naik, jadi mesti diisi XD

      Like

  11. bebybeb.com · February 12, 2018

    Banyak yg bermasalah sama si gigi bungsu ini ya, Mbak. Manalah gak murah perawatannya. Untung ada asuransi. :’)

    Jadi inget kawanku yg gigi bungsunya sampe harus dicabut. Sampe gak bisa makan hampir seminggu dia. Meranaaaaaa.

    Like

    • Pypy · February 14, 2018

      Wahhh.. Kesian amat.. Bisa langsing gw kalo ga makan ya beb..hahaha

      Like

  12. Tiara · February 27, 2018

    Wah mbak kok murce bgt sih? Emg ditanganin sama dokter siapa? Aku di carolus habis hampir 2xnya huhuhu

    Like

    • Pypy · February 27, 2018

      1 gigi? Mahall juga yaaa.. Haha.. Lgsg abis plafon asuransi.. Nama dokternya ada di Part 1.. hehe… Aditya Latif sapa gitu..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s