Dilan 1990

137501_02546364-0ee4-4d4d-9277-2b51e6b7704c.jpg

Sumber: kaskus.co.id

Gw punya PDF novel ini sudah lama, tapi karena yang ke-2nya belum dapat, gw enggan memulai untuk membacanya. Sampai tau-tau dengar kabar kalau novel ini akan difilmkan. Awalnya ga terlalu terusik, sampai muncul pro kontra saat Pidi Baiq memilih Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan sebagai pemeran Dilan. Saking derasnya arus penolakan dari teman-teman gw yang sudah baca novelnya, gw pun jadi ikut-ikutan. Bodoh, baca saja belum. Tapi setelah baca review yang sudah nonton malah bilang kalau acting Iqbaal sebagai Dilan bagus. Ah.. Gw penasaran.

Tapi sebelum memutuskan untuk nonton, gw baca dulu deh novelnya. Sehari kelar. Sukaa.. Gw suka novel ini. Ada satu dua hal yang mengganjal tapi secara keseluruhan gw masih sangat menikmati. Gw review sekalian sama film-nya deh biar tidak mengulang.

MV5BYzM0NmQ2YzgtZWZkNC00N2JhLThjYzUtMDNlZDczMzJiMGY1XkEyXkFqcGdeQXVyNzkzODk2Mzc@._V1_UY1200_CR96,0,630,1200_AL_

Sumber: Imdb.com

Setelah gagal sehari sebelumnya, besok malamnya (31 Januari 2017), gw memutuskan untuk nonton. Kali ini cari aman dengan milih nonton di mall belakang. XXI nya sepi, gw bisa langsung ke counter tanpa perlu antri. Paling hanya menunggu Ai tiba saja. Dan lumayan lama, gw hampir ketiduran. Haha.

WhatsApp Image 2018-02-01 at 09.21.34

Sinopsis Dilan (versi gw): Kisah percintaan anak SMA antara Dilan dan Milea. Berlokasi di Bandung tahun 1990. Dilan adalah Panglima Tempur salah satu geng motor di Bandung. Memiliki Ayah Tentara dan Bunda Kepala Sekolah. Tapi meski jadi bagian geng motor, Dilan tetap berprestasi dengan menjadi juara di kelasnya. Sementara Milea adalah murid baru di sekolah Dilan, pindahan dari Jakarta karena mengikuti Ayahnya yang juga tentara. Ibu Milea adalah seorang artis. Dilan mendekati Milea dengan cara yang unik (mungkin) di jaman ini. Tapi rasanya di jaman itu begitu ya? Kirim-kiriman surat ke gebetan.

Tidak perlu gw menulis kembali detail cerita soal Dilan dan Milea ini. Toh kalau pun mau baca novelnya bisa dibeli di toko buku atau cari PDF nya. Lagian, review yang lain juga sudah mendalam sekali bahasnya.

Waktu novelnya selesai gw baca, hati gw berbunga-bunga. Sebut gw receh, ga masalah. Tapi itu yang gw rasakan. Entah dengan mu yang sudah baca, kalau buat gw, ini bawa nostalgia mendalam. Kisah kasih di SMA. Ai mungkin tidak akan relevan dengan kisah ini karena dia tidak pernah pacaran sebelum sama gw. Hihi. Atau bisa merasakan? Gw lupa tanya.

Dan seperti yang dialami teman lainnya, semalam pun suasana waktu nonton meriah sekali. Penuh dengan ahhh.. uuu.. gitu. Gw ingat, waktu Dilan mengeluarkan gombalannya ada 1 Bapak yang teriak..

Bisa aja lu tong“.. Sontak satu studio pun tertawa. Haha.

quotes-novel-milea.jpg

Sumber: Bukubiruku.com

Saran gw, buat kalian yang mau nonton, lebih baik bawa pasangan. Kenapa? Karena pas mendengar gombalannya rasanya langsung ingin uwel-uwel orang sebelah. Untuk yang jomblo? tetap bisa menikmati kok. Paling ada sedikit rasa perih dihati. XD

2017-05-10-1631209975230000-bohong.jpeg

Sumber: Dagelan.co

Ok, setelah berpanjang-panjang, nanti ada yang protes terselubung bilang postingannya kepanjangan, akan gw taruh disini pros & cons novel dan film Dilan menurut versi gw.

Kita mulai dengan cons:

(-) Film ini terlalu text book, alias plek ketiplek novelnya. Makanya di beberapa adegan, katakan lah waktu ada Kang Adi muncul langsung dengan ekspresi cemburu, Ai bertanya, siapa dia?

(-) Dalam beberapa adegan terasa ada dialog yang memiliki ruang kosong sebelum lanjut ke dialog lain.

(-) Ada adegan yang sebenarnya tidak perlu ditayangkan, fake-nya jadi kelihatan. Yaitu adegan waktu Bunda mengantar Milea pulang.

(-) Penokohannya tidak sekuat di novel. Di film, peran Wati, Piyan, Anhar, dan yang lain hanya sekedar saja.

(-) Sampai film ini selesai, soundtracknya tidak mampir dihati. Gw bahkan lupa soundtracknya seperti apa. Biasanya selesai nonton, kalau soundtracknya enak langsung dicari. Padahal, setau gw banyak lagu asik di tahun itu. Biar sisi nostalgia makin menggebu.

Pros:

(+) Setelah gw selesai menonton film ini, gw ingin bertemu Pidi Baiq dan bilang “Terima kasih sudah memilih Iqbaal”. Iqbaal memerankan Dilan dengan sangat baik. Kesan anak motor tapi pintar dan juara di kelas dapat. Muka tengil saat sedang ngerjain Milea bagus. Gombalannya? Lancar sekali. Kena sampai ke hati gw. Ah.. Dilan. Kakak jadi terbayang-bayang nih.

(+) Chemistry antara Dilan dan Milea kuat banget. Cara mereka memandang satu dengan yang lain itu seperti tatapan orang yang dimabuk cinta.

(+) Detail tahun 1990 sangat terlihat. Surat-suratan. Baju anak SMA masih longgar, baju kasualnya juga. Sepatu belum bermacam merek. Anak bengal selalu keluarin baju ditambah satu buku dilipat masukin celana belakang. Luka dikasih obat merah. Soal telepon umum yang mesti antri dan masukin koin kalau mau perpanjang waktu. Bahkan sampai ke kantong plastik pun khas sekali punya masa lampau, atau sudah jarang terlihat sih sekarang ini. Ya Tuhan, nostalgia sekali.

(+) Karena katanya berasal dari kejadian nyata, film ini beneran ringan sekali. Tidak ada konflik yang terlalu berlebihan. Selayaknya kehidupan anak SMA biasanya. Tapi ini bisa jadi kekurangan buat mereka penikmat drama.

(+) Saking ringannya, waktu 110 menit seperti terlewat begitu saja. Sampai-sampai gw lupa kalau diluar ada kejadian langka yang hanya terjadi 152 tahun sekali, Super Blue Blood Moon. Terima kasih untuk kalian yang mengabadikan dan membaginya di media sosial.

Buat kalian yang sedang penat, sedang datar-datarnya perasaan ke pasangan, gw rekomen film ini. Siapa tau bisa mengingatkan, betapa berbunganya hati pada masa PDKT dulu. Betapa berjuangnya saat berusaha mencuri hatinya.

Sementara itu, silahkan nikmati quotes Dilan dibawah ini yang gw ambil dari berbagai sumber.

dilan_01.jpg

Kalau ada cowo bilang ini ke kamu dalam angkot, reaksi mu bagaimana?

2017-05-10-1705497801650000-selasa.jpeg

Dilan memang berbeda

dilan_02.jpg

Romantis tapi seram

dilan_09.jpg

Hadiah paling epic. Gw bertaruh, kamu saja tidak kepikiran kan?

16583391_253895105048889_641729197047283712_n.jpg

Bagaimana? Bikin hati membuncah? Atau ingin muntah?

Advertisements

26 comments

  1. nyonyasepatu · February 2

    Hahahhaa gombalannya gilaaaa

    Like

  2. xiaomeynie · February 3

    Lom nontooonnnn, mauuu nontonnnn >.< huhu semoga kesampean. Sempet baca novelna awal2, gaya bahasanya mnrt ak beda dg novel umumnya kadang ada gak pahamnya cuma lom baca ampe kelar jd lom bs nyimpulin

    Like

    • Pypy · February 3

      Iya, kalau baca lanjutan Bundanya Dilan jelasin kenapa dia pakai bahasa begitu..

      Like

  3. amijasmine · February 3

    Satu lagi gombalannya Dilan,”ga boleh sun jauh,bolehnya sun dekat.”
    Sepanjang nonton film ini pengen senyum terus,inget pacar pertama yang kini entah dimana.

    Like

    • Pypy · February 3

      Huaaaa.. Hahaha.. Bikin nostalgia bener yaaa..

      Like

  4. Indah Susanti · February 3

    Waduuh…ini antara gombal dan nyeni. Patut diacungin jempol buat kreasi bahasa cintanya, cuman itu yang bilang ilangin orang itu kok gimanaaaa gitu…pas masa itu masa jaman banyak aktivisi ilang pula – keliatan kerasnya di geng motor.

    Like

  5. dinaisyana · February 4

    Gw sama sekali ga pernah denger ttg novel maupun film ini. Sampe pas udah rame di medsos, gw bingung mikir Dilan itu siapa ye banyak banget yg mention. Dan semakin gw baca-baca postingan orang, sepertinya sih gw kategori yang muntah bukan yg meleleh py. wkwkwkwwkwk. Tapi harus diakui gombalannya sih kreatif

    Like

    • Pypy · February 4

      Hahahaha.. Gak masalah, kita masih bisa berteman kok 😋😋 💕💕💕

      Like

    • Melissa Octoviani · February 5

      gua juga biasanya akan muntah din denger gombalan kayak begini… tapi coba lu nonton deh… karena di film ini entah kenapa jatohnya koq malah manis hahahahaha…

      Like

  6. Melissa Octoviani · February 5

    py…. gua baru kelar nonton… dan keluar bioskop langsung sumringah sendiri… semua yang lu tulis baru aja gua tulis di blog hahahaha…. emang si iqbaal ini pas banget ya memerankan dilan, gua ga bisa ngebayangin orang lain jadi dilan hahahaha…

    Like

    • Pypy · February 7

      Iyaaa kann.. Awalnya tuh dipikiran si Adipati Dolken, cuma emang sudah pas lahhh Iqbal..

      Like

  7. zilko · February 5

    Hahahaha, kayaknya bukan tipe cerita favoritku Py 😛 . Tapi kayaknya buat komedi masih oke-oke aja ya, ringan begitu kah ceritanya?

    Like

    • Pypy · February 7

      Ringann banget Ko, tau2 kelar aja XD

      Like

  8. yance · February 5

    wahh jaman itu mah mungkin gombalannya itu bikin cewe2 pada meleleh yaa py…hahaha. kalo jaman sekarang mah mungkin dikatain katrok…tapi banyak yg suka kok..berarti berhasil nihh perannya si iqbal

    Like

    • Pypy · February 7

      Hahah.. Beda jaman ya ci.. Iya jadi keren bgt malah si Iqbal yg main.. 😀

      Like

  9. gillsunshine · February 5

    dilan, gombalin kakak juga donk!!! HAHAHAHA … Kalo dulu digombalin gini klepek2 ya py .. kalo sekarang diginiin rasanya pengen diulek! kayak woiii dariada gomballl mending loe beliin gw kuota HAHAHAHAHA ….

    Like

    • Pypy · February 7

      Emberannnn…ahahahha.. Kalo Ai ngomong begini sekarang pasti lgsg ngomong “Lo demam? kok ngigo?” bahahahahaha..

      Like

  10. TazOlip · February 6

    Yang terakhir bikin gue pengen baca ulang novel2 romantis pendek tahun 1990an hahaha

    Like

  11. Melissa · February 6

    aku seneng digombalin. tapi sayang gak pernah ada yang ngegombalin *lah jadi curcol….*

    Like

    • Pypy · February 7

      Hahahaha.. Mell.. *seret Dilan kemari..

      Like

  12. bebybeb.com · February 12

    Aku sukak Dilan, Mbak. Sumpah sukak. Cumak pas tau Dilan gak jadi sama Milea, aku langsung patah hati. Gak terima. Kenapaaaaaa 😦 Sampe mewek loh. Soalnya Dilan ke Milea itu manis banget loh. Huhuhu. Makanya sampe sekarang belom nonton filmnya. Akoh gak kuat!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s