Bandung, 23 – 25 Desember 2017

Bikin judul kok ya ga menarik bener ya? Hahaha.. Kali ini ga akan gw bagi per part, jadi biarin ajalah panjang. Daripada nanggung ga berlanjut lagi.

Intro:

Ide untuk pergi ke Bandung muncul malam-malam pas mau tidur sambil iseng cek seat kereta, eh ternyata masih ada. Nanya Ai, dia juga mau. Yo wess langsung dijalankan itu rencana dadakan kek tahu bulat.

Traveloka: Kereta Api Argo Parahyangan

Karena sebelumnya sudah mastiin kalauΒ  ada seat kosong meskipun duduknya mencar, akhirnya kami lanjutin prosesnya.Β  Proses pemesenan ini butuh waktu sampai 3 hari karena maksimalin potongan harga XD.Β  Soalnya satu akun cuma bisa beli satu di hari yang sama kan. Kebeneran L masih belum bayar. Entah kenapa gw ma Ai seneng banget pakai app ini, mungkin karena harga yang tertera sudah harga fix kali ya. Terus ya mereka suka tetiba kasih potongan harga.

Kami memilih naik kereta karena opsi naik mobil travel kesana sudah bukan lagi pilihan yang nyaman. Apalagi pas baca-baca timeline medsos banyak yang sampai 8 jam baru masuk Bandung. Aduhh.. Udah deh. Cari pilihan lain yang ga bikin stress. Terus kan dulu gw sempet bilang Ai kalau gw ga mau lagi naik kereta ke Bandung karena seram pas lewat jurang, cuma kemarin itu ternyata sudah ga takut lagi. Haha. Mungkin karena sehari-hari sekarang gw naik KRL terus lewatin beberapa tempat yang lumayan uji nyali kali ya? Dari takut jadi biasa deh. Kemudian sekarang gw dah pengen balik Bandung lagi naik kereta. XD

Ada beberapa perubahan yang gw alami sewaktu naik Argo Parahyangan kemarin. Dimulai dari model kursi yang jauh lebih nyaman. Terus pemeriksaan tiket ga lagi dibolongin tapi cukup liat pakai app di hp. Gw juga suka sama varian makanan yang makin banyak, ga terbatas hanya nasi goreng dan nasi ayam goreng saja. Tapi karena kemarin masih lumayan kenyang akhirnya pesan PopSo saja, ga murah sih, 25 ribu. Tapi gpp, pengalaman sesekali. Pas pulang juga beli. Soal toilet masih sama lah. Ga bersih banget, tapi ga bikin ilfil, masih bisa digunakan. Sekarang gw penasaran sama Argo Parahyangan Premium. Bedanya apa ya? Ada yang sudah pernah coba?

Airbnb: The Jarddin, Cihampelas

Tadinya sempat bingung mau nginep dimana, mau hotel tapi kalau 2 kamar kok ya boros bener. Terus kepikiran lah inap di apartemen. Harga bisa lebih murah tapi dapat 2 kamar. Plus-nya lagi ada dapur jadi bisa masak. Begitu bikin instastories buat nanya kode Airbnb langsung dapat balasan dari Dina, lumayan kan potongannya. Eh pas nge-chat ,Dina kasih ide untuk nginep di hotel pakai extra bed. Gw ga kepikiran sih ini. Cuma setelah dipikir2 lagi gw ga akan bisa tidur sekamar ma Ai & Mbo πŸ˜‚ Alasannya mereka kalau tidur ngoroknya membahana. Akuhh tak bisa. Haha. So yeah, Apartment deh. Sudah banyak ya apt di Bandung, tapi setelah memilah milih, pilihan kami jatuh ke sebuah unit apt di The Jarrdin yang terletak di jalan Cihampelas. Host-nya baik, nanya apa aja dijawab. Kondisi apt pun baik sehingga gw bertekad ketika keluar pun mesti dalam keadaan baik juga. Gw foto-foto saat pulang, biar ada bukti kalau kami tinggalin ok semua.

Kekurangan unit apt ini dikasurnya yang kecil. Jadi 2 malam disana gw tidur berdua L dikamar, Ai di sofa, dan tentu Mbo dikamar satu lagi. Untung sofanya nyaman. Terus 2 hari pertama lift yang nyala cuma 1 dong dari 4 lift. Pas tanggal tanggal 25 baru nyala dua. Cape deh. Kolam renang juga yahh begitu deh. Hasrat berenang sirna pas lihat kondisinya. Haha.

So, yeah. Overall, pengalaman pertama kali kami menggunakan Airbnb berjalan dengan lancar. Nginep dimana selanjutnya?

Sewa Mobil: Tiket.com

Karena rencana tanggal 24 mau explore, jadilah ide untuk sewa mobil tercetus. Sudah nanya kesana kemari ujungnya Ai lihat promo yang ok di tiket.com. Mobil New Avanza, sewa 12 jam, sudah termasuk supir harganya cuma 275k. Mureehh kan? Bagian yang kerennya itu pas hari HΒ  yang nongol adalah New Pajero 😎. Ajibbb. Langsung ngomong ke Ai, kita nih kek lagi nyicip kehidupan orang kaya ya. Disetirin Supir, terus ada PRT duduk sebelahnya dan dalam mobil kece. Itung2 latian kalau kehidupan dah di upgrade Tuhan. Ada amin? πŸ˜‹ Nah cuma ternyata kami ngisi bensinnya kebanyakan dah 125rb. Ternyata Puji Tuhan rute kami ga macet terus juga ga pindah tempat yang jauh. Alhasil satu batang aja ga berkurang lhoooo.. Hahaha.. Tapi gpp lah, mending lebih daripada kurang dan mesti dorong mobil yeee.

Day 1: 23 Desember 2017

Kami berangkat dari rumah jam 8.30 untuk naik KRL yang jam 8.41. Turun di Stasiun Palmerah dan lanjut Gocar ke Stasiun Gambir. Jadwal keberangkatan ke Bandung jam 10.30. Kereta berangkat tepat waktu dan full. Semua bangku terisi. Kami tiba di Bandung jam 13.39. Riweuhnya ekonomi dan di gerbong ujung nih bikin perjuangan deh. Mesti jalan jauh sambil bawa gembolan. Fiuhhh.. Begitu masuk stasiun kami langsung pesan Grabcar menuju Paskal Food Market. Enak bener lah kalau jalan2 di kota yang sudah ada angkutan online, ga perlu pusing lagi. Supirnya pun ramah dan tau jalan cepat. Ga pakai macet kami langsung sampai.

Begitu sampai kami langsung mencar, soalnya trip kali ini gw susunnya detail bener sampai apa aja yang akan kami makan. Haha. Gw ga mau habisin waktu milih makanan, gw lebih milih waktunya dipakai buat nemenin L main. XD Jadi Ai menuju bola ubi dan bolu bakar Tunggal, gw cari soto ayam buat Mbo dan makanan ber-babi, babinya di bagi dua ma Ai biar ga kolesterol. Nasi juga cuma beli satu porsi karena Mbo bawa semua nasi yang dia masak waktu pagi. Tapi sepertinya ini adalah kali terakhir gw menginjakkan kaki ke Paskal Food Market. Semua yang gw makan kemarin rasanya sudah tak seenak dulu. Saatnya mencari tempat tujuan lain :). Selesai makan masih leyeh-leyeh sebentar sambil foto-foto dan ngejar L yang tebar pesona kesana kemari.

Kelar dari Paskal kami langsung menuju The Jarrdin. Ketemu macet pas sudah mau dekat apt. Untungnya terus kami belok kiri, jadi ga sampai berlama2 dalam kemacetan. Begitu sampai kami bongkar tas dan taruh ditempatnya. Terus duduk deh istirahat sebentar.

IMG20171223181654.jpg

Kelar leyeh-leyeh kami mutusin untuk jalan-jalan ke Ciwalk (Cihampelas Walk) dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan ke sana kami melewati Teras Cihampelas. Kami tentu saja memilih untuk naik. PR juga sih, secara gw kudu gendong L dan Ai bawa Pockit ma diaperbag. Mbo bawa dirinya aja lah XD

Ini baru ide bagus buat ngasih tempat ke PKL. Jadi bukan jalanan umum yang dipakai berdagang. Terus pejalan kaki lewat mana? #nyinyir Teras Cihampelas ini jalannya ga rata, ada tangga-tangga yang nandai perbedaan level tapi stroler friendly kok. Bagian gotong tuh pas awal mau naik sama mau turun aja. Ada lift tapi kemarin tuh ga nemu. Hikss.. Cuma ya namanya tempat umum kebuka begini yang namanya asap rokok dimana-mana. Jadi hati-hati buat para Mamah waras kalau bawa anak kesini ya. Kesian. Selain PKL yang menjajakan dagangannya, ada juga orang yang pakai kostum Transformer (yang lain lupa) gitu. Kalau foto tentu saja bayar. Cuma karena sudah malam dan lagian kamera gak ok jadi kami skip.

Kami langsung menuju CiWalk buat nyari makan. Disini lumayan drama nih, sempat curhat juga sih di Ig cuma ga mau gw ceritain lagi. Jadi pelajaran aja deh buat kami kalau mau pesan makanan mesti dipastiin semua dan paling penting kalau gambar dan makanan yang datang ga sesuai harus berani komplen. Soalnya kan bayar pakai duit ya, kalau pakai doa baru deh biarin aja :p

Gegara emosi di tempat makan itu gw akhirnya kabur buat nenangin diri ke.. Yogya supermarket.. Haha. Muter-muter berujung banyak yang dibeli. Gw beli Totole, beli gula kastor, beli bumbu nasi goreng instan, beli minyak, dll. Tadinya mau beli minyak kelapa yang diskon lumayan. Cuma seemosinya gw tetep masih bisa mikir, ini kalau gw beli bawa pulangnya repot amat ya XD

Pas lagi keliling datang lah mereka ber 3, L sih masih ga ngerti apa-apa ya. Yang dua dong, usaha banget bikin diri ini tenang *terharu. Padahal mah keliling supermarket lumayan bikin gw tenang sangat lho. Hahaha.. Selesai bayar kami masih lihat-lihat dulu. Ehh syukur banget si Mbo dapat baju sepasang terus Ai ketemu ikat pinggang yang emang sudah lama dicari. Gw? Bawa pulang totole ma gula kastor juga dah seneng, ga pernah nemu di Aeon soale.

IMG20171223183606.jpg

Sesekali dipajang lah, burem ini kan XD Abis ga ada foto lain di CiWalk XD

Waktu pulang sebenarnya udah berasa capek bener, tapi mo pesan mobil atau naik taksi malah ga tau kapan nyampenya, secara depan CiWalk dah macet ampun2an. Hih. Alhasil mari kita jalan kaki lagiiii.. Haha.. Kuat juga ni Pockit ya, dipakai dijalan yang ga rata kuat-kuat aja. Gw pikir stroler ringkih, taunya kokoh. XD

Sampai apt L ga bangun sama sekali. Jadinya cuma digantiin pampers trus bobo deh semua.

Day 2: 24 Desember 2017

IMG20171224052141.jpg

Sarapannya nasi goreng pakai nasi dari kemarin sama bumbu instan. Rasanya? Enak aja lah kalau makannya sama kesayangan.

Terus foto sama suami deh karena hari ini temanya kembaran. Kan ceritanya ga mau ketinggalan gitu bikin di kastemhaus juga. Cuma ternyata tulisan di kaosnya susah kebaca sempurna kecuali ga dipake.. Haha.. Gpp lah, yang penting kami tau tulisannya apaan XD

Sudah siap semua, kami pun turun karena Bapak Supir sudah menunggu dibawah. Dengan menggunakan arahan dari waze kami pergi ke tujuan pertama.

Dusun Bambu

Baru sampai sudah dibikin kesal sama penjaga tiket. Jadi suami tuh kan beli tiketnya di Traveloka karena jadi lumayan harganya. Eh bagian yang jaga ga ada dong. Lama banget nyampenya sampai orang dah pada berdesakan. Pas nyampe dia bisa-bisanya nyengir sambil ngomong “Abis ga banyak Mas yang beli di Traveloka“.. Lah urusan ngana. Siapa suruh jualan kalau ga niat mo jaga. Grrrr..

Kelar urusan tiket kami pun masuk. Dan untuk sampai masuk ke dalam Dusun Bambunya mesti antri naik mobil gitu.

IMG20171224102127.jpg

Areanya luas juga ternyata. Tapi emang liburan panjang ya, oraaaang semua. Disini kami melakukan kesalahan, harusnya mampir dulu aja langsung di bagian Karnival, karena setelah cape nemenin L main kami sudah malas buat jalan naik lagi. Ditambah makin siang orangnya makin makin membanjiri tempat ini.

IMG20171224103913.jpg

Karena kami mengantongi tiket masuk Playground dan Rabbit Wonderland maka kami langsung menuju kesana.

IMG20171224104255.jpg

Posisi Playground ada di belakang tempat ini.

Playgroundnya ga terlalu luas ternyata, tapi masih oke lah. Ada lebih banyak mainan yang bisa di explore untuk anak yang usianya lebih besar dari L. Terus ada semacam mini outbond juga. Bagian yang paling menyebalkan adalah itu rumput sintetis kalau siang cetar membahana jadi panas sekaliiii. Jadi kalian better siapin kaos kaki deh kalau ga mau kebakar.

L doyan banget main mainan yang dorong-dorong pakai kaki gini, jadi kepikiran mau beliin. Tapi sayang ya mending sewa aja. Haha.

IMG20171224111236.jpg

Gedenya bakal jago bawa mobil ni bocah. Doain Bunda berkatnya lancar ya nak, jadi nanti Bunda beliin kamu mobil πŸ™‚

IMG20171224110012.jpg

Dan sambil L dan Ayahnya main Bunda ndlesor aja sambil fefotoan ya.

Puji Tuhan sih terik ya daripada hujan. Cuma emang L ini semenjak di jaga Mbo kan kulitnya jadi hitam kebakar terus tiap hari. Jadinya main kemarin itu dah ga terlalu ngefek. Padahal dah sering gw bilangin, cuma susah sih, anaknya juga ga mau makan kalau ga dibawa jalan keluar. Hahhh.. Ya sudah lah, tar gedean juga balik lagi lah ya kulit aslinya. *curcol

Setelah puas bermain (Ayahnya sih bukan L) kami langsung menuju ke Rabbit Wonderland yang posisinya sebelahan sama si Playground.

IMG20171224114426.jpg

IMG20171224114504.jpg

Seingat gw sih ini pengalaman pertama ga cuma buat L tapi juga gw dan Ai untuk ngasih makan kelinci di tempat begini deh. Dan gw suka kelinci-kelincinya pada makan lahap. Errr.. Cenderung gragas malah kalau yang dalam kandang tingkat itu. Haha. Jadi pas masuk kita langsung dibekali wortel gitu. Karena ada 3 tiket jadi 3 iket. Dan habisnya cepat. L senang ga? Wah jangan ditanya. Terpesona gitu liat kelinci. Pas kasih makan juga dia semangat. Sempet agak takut waktu wortel ditarik yang gede, cuma langsung gw pindahin ke yang kecil-kecil langsung mau lagi dia pegang.

Saking serunya main sampai ga terasa waktu ternyata ada siang sekali, sudah mau jam 1. Pas ngeh jam ehh perut krucuk krucuk. Langsung buru-buru keluar dan cari tempat makan. Hmm.. Disini lah letak kesalahan kami, harusnya daritadi minta tolong Mbo tag tempat. Alhasil karena sudah penuh manusia, dan gw sudah ga kuat kalau masih disuruh cari lagi, akhirnya gw pilih keluar. Kebetulan memang sudah dekat kebagian tempat antri mobil untuk keluar.

Pak supir pun masuk dan menjemput kami. Begitu kami lagi mau keluar itu antrian masuk dah kayak apa aja deh. Dan manalaj itu parkiran penuh banget mobil. Emeijing!!

IMG20171224121700.jpg

IMG20171224121707.jpg

Peta Dusun Bambu. Gw pengeeeen banget balik lagi. Tapi jangan pas longwiken kali ya biar masih lebih bisa menikmati.

Begitu masuk ke mobil kami langsung bilang Pak Supir untuk ke tempat selanjutnya.

Taman Kardus

IMG20171224133144.jpg

Sesungguhnya tempat ini gw masukin cuma untuk foto-foto dan ngemil. Apa daya begitu kami telpon tempat lain untuk makan siang antriannya gila banget. Sudahlah, nasi ayam gapapa deh. Yang bikin kesal waktu di jalan tuh kami telpon disuruh datang aja karena kosong. Ndilalah pas kami sampai kesana semua meja terpakai karena ada rombongan gede baru datang. Akhirnya gw minta masnya untuk cariin satu meja lagi karena tempat duduk ada cuma mejanya aja. Syukurlah ada satu.

IMG20171224134359.jpg

Dan paling menjengkelkan adalah segitu banyaknya mereka berderet tapi pisah bon dong. Hosaaaaa. Dan ini tuh jadi bikin lama proses makanan mereka. Akuh mau pengsaann.. Akhirnya pas pesan makanan sama Ai dipantengin.. Hahaha.. Pas datang tu makanan langsung diliatin sama si rombongan. Mereka tadinya mau marah-marah, eh pas denger menu gw langsung ga jadi. Pesanan mereka yang itu dah keluar semua. Haha.

IMG20171224141850.jpg

Menu yang kami pesan. Maafkan lah ya di postingan kali ini gw ga banyak kasih info karena semua bon di Ai dan ga tau ditaruh mana ma dia. Haha. Gw pesan nasi ayam, seblak sama kopi joss. Semua rasanya jadi enak karena di makan dalam keadaan kelaparan teramat sangat. πŸ˜€

Pas kelar makan nasi, ternyata ada tempat di bagian selonjoran itu yang kosong. Langsung minta pindah tapi kemudian menyesal. Bagus sih buat foto tapi lalatnya ga nahan bok. Banyak benerrrrr..

Kampung Gajah

Rencana ke tempat ini tuh sebenarnya sudah urung dilaksanakan, kerena ternyata mereka sudah dinyatakan pailit sama Pengadilan Niaga. Sedih deh, padahal ini kunjungan pertama lho. Tadinya mau ke Jendela Alam, tapi dah kesorean, tinggal sejam lagi tutup. Ya sudah melipir kemari. Pas masuk langsung berasa banget emang mereka bangkrut. Dan ga terawat bok. Mini zoo-nya juga kasian banget ngeliatnya. Dah bau dan binatangnya sudah ga terurus. Yah gpp lah, setidaknya dah pernah masuk lah.

IMG20171224152625.jpg

Kandangnya bauuuu kambing

IMG20171224153605.jpg

Kandang Otter dah ga ada airnya

IMG20171224155400.jpg

Bunda pose dulu lah mumpung masih ada bagian yang lumayan. Dan Ayah juga akhirnya mau main perosotan pakai ban itu. Entah apa namanya. Sayang kan dah masuk tapi ga menikmati.

Selebihnya gw duduk ngobrol aja ma Mbo sambil Ayah dan Anak main kelilingan ga tau kemana. Bosan dan juga makin sore, gw ajak mereka ke tempat berikutnya.

Maja House

Tau tempat ini dah lama cuma baru kesempatan sekarang. Pas masuk ternyata lagi renovasi. Tempatnya luas tapi sepiii sekali. Apa ketenarannya sudah usai? Atau gw datang di jam yang tak tepat. Karena sampai pulang pun yang penuh cuma bagian luar saja. Untuk masuk tuh ternyata pakai acara naik tangga dan tinggi banget ya. Pegal tsayy.

IMG20171224164717.jpg

Karena diluar yang ada sofa-sofa tiduran orang pada merokok jadi lah Mbo dan L di dalam saja sambil gw dan Ai ngobrol dan makan lagi diluar. Btw, itu liat kasurnya gw geli lho. Haha.. Entah dah bekas siapa, mana sarung pembungkusnya kek dah berpulau-pulau gitu. XD

Sambil ngobrol sambil makan pizza dan minum kopi yang rasanya lumayan.

IMG20171224172817.jpg

Ai minum mojito yang rasanya nyegerin. Lagi-lagi maaf ga inget harganya berapa. Haha.

IMG20171224172145.jpg

Disini kami berdua ngobrol banyak soal 2017. Dari yang Januari ga ada rencana apa-apa eh taunya L berhenti daycare, kami pindah kontrakan, ada Mbo ikut kami. Makanya kami cukup semangat untuk lihat tahun 2018 Tuhan mau bawa kami kemana.

Puas ngobrol dari hati ke hati kami mutusin petualangan hari itu selesai dan kembali pulang ke apt. Puji Tuhan banget hari itu cerah ceria dan rute kami ga yang macet gimana. Pas jam 8 malam kami sampai di apt dengan hati senang.

Makin malam ternyata kok lapar ya.. Haha. Mau pesan Gofood cuma males nunggunya. Tetiba Ai bilang kalau dibawah itu ada tempat makan. Ya sudah kita kemonn.

IMG20171224210155.jpg

IMG20171224210158.jpg

Dan hasil berpetualang kami adalah Nasi Ayam Woku buat Ai dan Sate Taichan buat gw. Ini lah menu Christmas Eve kami. Ditutup dengan Doa penuh ucapan syukur atas kelahiran Tuhan di tengah kehidupan kami.

Day 3: 25 Desember 2017

Bangun dengan perasaan ga rela karena ternyata liburan telah usai tapi belum puas menikmati. Haha. Gw ma Ai kemudian naik Gojek ke Kartikasari buat beli oleh-oleh. Mayan lah bisa menikmati Bandung sedikit lagi ya. Ga lama sih disana, karena perginya juga ga pakai mandi.. Haha.

Pulang, mandi, pastiin seisi apt sudah rapih langsung keluar deh.

IMG20171225105513

Foto dulu ma si Mbo

Sebelum pulang kami mampir untuk makan siang di Braga Art Cafe. Tempatnya bagus banget, ada dart board,Β  dan pelayannya cakep *penting. Dan yang terpenting lagi makanannya enakkkkk.. Akuhh puassss.. Akuh mau ke sini lagi.

This slideshow requires JavaScript.

Ga cuma buat makan dong, jadinya bernarsis ria juga dimari. Ihh.. Jadi pengen punya kamera kece deh. Kadoin dong.. Haha.. #minta.

IMG20171225120755.jpg

IMG20171225121944.jpg

Semua makanan yang kami pesan enak banget gelakk..

IMG20171225122353.jpg

Pesanan Ai, Iga Bakar

IMG20171225122856.jpg

Eh kecuali saosnya si Bistik Jawa ini deh, kemanisan di lidah gw

IMG20171225122529.jpg

Tahu Telor buat rame-rame

IMG20171225122823.jpg

Sup Jamur buat L

Minuman kami berdua juga enak. Duh, gw dah lupa namanya apa. Pokoknya enak. Kalau lidah kita sealiran pasti akan bilang enak juga kok XD

Puas makan, puas foto, dan puas godain pelayannya sampai hampir ditalak suami *amit2 tjoyyyy.. Akhirnya kami harus pergi juga. Dan ternyata posisi stasiun dekat banget ma tempat ini. Hmm.. Apakah tempat ini akan menggantikan posisi Paskal Food Market? Ga apple to apple sih bandinginnya. Tapi karena beneran ok harusnya bisa dipertimbangkan. Semoga kamu ga berubah pas aku datang lagi ya Braga Art Cafe.

Kereta pulang kami berjadwal jam 14.45, berangkat tepat waktu sehingga tiba di Gambir pun tepat jam 18.03.

Ga ngerti ada acara apa di sekitar Gambir sampai jalanan di parkiran tuh stuck. Hiksss. Mobil Grab yang kami pesan pun datangnya lama sekali. Kali ini pulang kami langsung ber-Grab sampai ke rumah. Ga sanggup lagi membayangkan mesti gotong barang naik turun tangga stasiun KRL. Haha.

Maka selesai sudah liburan singkat di Bandung kali ini. Sampai jumpa di perjalanan selanjutnya.

*****

Special thanks to Mama Sophie yang sudah mau gw gangguin buat nanya-nanya soal Bandung dan berujung kasih itin buat tanggal 24.. Hehe..

Juga buat Mami Raka buat kode airbnb nya.

Pelukkkk …

 

 

Advertisements

20 comments

  1. xiaomeynie · 6 Days Ago

    Seruuuuuu liburannya, mksdna kereta api premium itu kelas eksekutif py? apa ada yg lebi mahal lagi? klo eksekutif ada sandaran kakinya sama colokan buat cas hp plus meja kecil trs jarak kursinya lebih lebar2.

    Like

    • Pypy · 6 Days Ago

      Kelas ekonomi katanya Nie cuma lebih luas terus semua sama kelasnya.. Sama kek Eksekutif ke Jawa ya?

      Like

      • xiaomeynie · 6 Days Ago

        Maaf Py, masi gk mudeng ak, haha. Kemaren ak ke bandung naik agro parahyangan yg eksekutif, ak taonya cm ada kelas ekonomi, bisnis ama eksekutif, premium ak kurang paham yg mana. Ak pesennya lgsg ke web KAI

        Like

      • Pypy · 6 Days Ago

        Jadi si Premium ini kelas ekonomi cuma agak lebih lebar tempat duduknya atau kakinya ya ? *cuma katanya sih..wkwkwkw…. Are you mudeng? XD

        Liked by 1 person

  2. zilko · 6 Days Ago

    Lho Py Argo Parahyangan ada ekonominya juga sekarang?

    Bandung mah memang asyik ya! Tapi ya kebayang deh kalau pas musim liburan gitu, pasti macet dimana-mana, hahahaha πŸ˜†

    Liked by 1 person

    • Pypy · 5 Days Ago

      Ada Ko, ada 2 pilihan pulak.. Ekomoni sama Ekonomi premium yg katanya bagian kaki lebih lega.

      Banget Ko, kesal deh jadi ga bisa menikmati dengan puas.. huhu

      Like

  3. Yos Adya · 6 Days Ago

    Wah, asik nih Mbak Pypy mampir ke Bandung.

    Like

    • Pypy · 5 Days Ago

      Iya nih Yos, tapi sayang cuma sebentar dan macet. Kamu liburan kemana?

      Liked by 1 person

  4. pingiwed · 6 Days Ago

    jadi berasa uda lama ga ke Bandung buat jalan2 deh py baca postingan ini πŸ˜‚ secara kl ke Bandung cuma buat pulkam doank en mainnya di area Kopo yang ga ada tempat rekreasinya 😡

    Seneng deh baca liburan kalian ke Bandung ini, berasa happynya πŸ˜€

    Like

    • Pypy · 5 Days Ago

      Emang beda kalau pulkam sama jalan2 ya Wi. Gw juga kalau pulkam gitu, dirumah aja. Mesti diniatin kalau mo jalan.. haha..

      Syukur dehh bisa memberi senyum πŸ˜€

      Like

  5. Angel · 6 Days Ago

    Braga Cafe nya cakep tempatnya.makanannya enak ya py, jadi penasaran ;D g ngiler liat mushroom soup nya L hahaha

    Like

    • Pypy · 5 Days Ago

      Monggo Ngel, semoga satu selera ya..hihi.. Mushroom soup-nya gw ga doyan *emang ga suka jamur. Tapi kata Ai enak sih. Hahaha..

      Like

  6. Rere · 5 Days Ago

    Huaaaa jd kangen bandung, bandung ini walau udh sering pergi ttp ngangenin yaaah. Iya skrg ke bandung lbh enak naik kereta kakpy lebih nyaman jg drpd travel. Dan si maja kayanya skrg udh kurang hits deh makanya udah sepi jg kan dan kurang terawat padahal dlu mah heits banget. Wah next time ke bandung lucu jg sih nyobain airbnb yah, maklum dimari jg pasti bawa serenceng jd butuh space banyak hahahaha

    Like

  7. gillsunshine · 5 Days Ago

    Mau banget nih ke bandung naek keretaaaa …. ga senewen mikirin lama di jalan yaaaaa …
    gw kalo ke bandung ujung2nya makan itu lagi itu lagi, abis buat nostalgia si abang biasanyaaa … pupus mau cobain yang hits2 hahaha …

    Like

  8. Melissa Octoviani · 4 Days Ago

    gua baru tau loh kampung gajah uda bangkrut… kasian binatang2nya ya… kalo uda gitu, mendingan langsung tutup dan binatangnya dioper kemana gitu…

    btw… koq ai mau sih pake baju pink hahahahaha…. seno gua suruh pake baju pink susahnya minta ampun… padahal kulit dia kan item juga hahahaha… #gapenting

    Like

    • Pypy · 2 Days Ago

      Gw pas gugling sebelum pergi makanya tau. Kasian deh, mana bau lagi, gw serem malah bikin penyakit buat pengunjung.

      Haha.. Fyi, Ai itu ga disuruh lho..hahah.. Waktu beli juga deseu yg ambil sndiri..hihi.. Gw seneng kalau liat pakai yg cerah2..haha..

      Like

  9. Christa · 3 Days Ago

    Py, kayaknya baru sebentar ga blogging kok liat difoto anakmu udah gede yaaaa… gemess deh!! ❀

    Like

    • Pypy · 2 Days Ago

      Termasuk ukuran anak yg lompat chart emang L ini Chris..hihi.. πŸ˜€ Makasihh Onti πŸ˜€

      Like

  10. mamipapa · 2 Days Ago

    Pas baca Kampung Gajah sempet mengkerut mikir sebentar, kok kaya pernah denger…ternyata pernah kesana jaman Clarissa masih kecil dan Conrad masih dalam perut hahaha…

    Walau cuma berapa hari tapi Bandung itu memang menyenangkan yah buat liburan bareng keluarga 😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s