Cerita L – 18 Bulan

Setelah ditilik lagi gw tuh hampir2 ga pernah cerita soal tumbuh kembang L secara detail dalam satu judul. Biasanya di selipin dalam cerita lain. Haha. Maafkan Bunda ya, Nak. Abis Bunda tuh suka ga ngerti kalau ceritanya by motorik kasar, halus gitu. Sekarang mau cerita tapi ngalir aja lah ya apa yang keingatan. Haha.

Tanggal 19 November 2017 kemarin L genap berusia 18 bulan. Semua hanya karena anugerah-Nya.

Tinggi Badan: 85 cm

Berat Badan : 11,9kg

Kadang gw suka berasa kalau L ini kayaknya bakal tinggi. Soalnya dengan rata-rata anak di cluster tuh, L lebih tinggi daripada yang usia 24 bulan. Tapi memang kan saban vaksin itu dokter suka bilang kalau tinggi dan bb L emang loncat bulan. Yang kadang suka bikin gw ma Ai lupa sih kalau ketemu anak yang tingginya sama di mall. Kok ngerasa anak gw kurang skill nya ya dibanding mereka yang sama tingginya. Macam semalam, ada anak tuh yang dilepas ortunya main, tapi L masih ditemenin. Pas kepo2 tanya, ternyata anaknya emang dah 28 bulan. Jadi secara gerakan tentu sudah lebih stabil daripada L.

Gigi L sekarang sudah ada 8 yang gedai di depan atas bawah. Terus 3 geraham (2 kiri kanan atas dan 1 geraham kiri bawah) sedang bertumbuh. Sempat khawatir pas liat anak lain kok giginya kalo di foto banyak bener ya. Sedangkan L masih ompong aja gitu kanan kirinya. Pas dikirimin chart pun sempat worry dan nanya ke Ci Deb kalau K dah gimana. Soalnya yang geraham bawah tuh batasnya 18 bulan harusnya dah numbuh. Cuma ternyata kekhawatiran gw langsung terjawab. Tadi pas si L nguap, eh keliatan tuh geraham bawah dah nongol. Pas dia bobo, gw masukkin jari buat raba yang kanan eh sudah keras juga. Puji Tuhan.

L ini baru sebulan terakhir gw kasih tambahan vitamin. Sama teman kantor direkomendasi merk Usana. Dan tanpa searching langsung beli. Haha. Perbedaan yang paling signifikan itu ada di tekstur pup. Biasa L kalau pup ngeden banget dan emang pas keluar pun keras gitu. Sekarang ngeden biasa dan pupnya lebih sehat dari yang sebelumnya. Kemarin gw juga sudah pesan madu Uray. Makin yakin karena teman kantor yg rekomen vitamin dah kasih ke anaknya, pas nanya Ci Deb, blio juga kasih ke K. Semoga ikhtiar Bunda supaya L makin sehat berbuah manis ya.

Soal Vaksin, bisa dibilang gw ikutin semua yang ada di tabel IDAI. Ada satu yang terlewat yaitu PCV 3. 2 bulan kedepan tinggal Pediacel dan Cacar Air. Terus rehat deh tunggu pengulangan yang jaraknya lebih jauh. #usap dompet. Gw ga mau masuk dalam lingkaran pro kontra soal vaksin. Silahkan ortu lain dengan kebijaksanaannya sendiri.

Soal gerak badan L termasuk anak lincah. Dan saking lincahnya, dalam tidur pun dia ga bisa diam. Huaa. Sungguh lho, liat anak perempuan yang kalem tuh suka mupeng. Haha. Anak beta ga bisa diam sama sekali. Sudah bisa naik turun tangga sendiri. Jalan maju mundur, lari dah lumayan stabil. Naik duduk di bangku dah bisa. Dan emang ya anak kicik gini ternyata kemampuan mereka tuh dah luar biasa. Sampai gw suka geleng-geleng kepala, kapan anak ini gedenya ya? Kayak contoh L tuh dah beberapa kali kan kek jatuh terus suka kejeduk. Dari kapan tuh kalau jatuh bisaan tangan dia sigap sampai ga kejeduk. Terus kalau gw hadang dia supaya ga lari ke situ, dia bisa cari cara biar sampai ke situ tanpa lewatin gw. Gemashh..

Dan anak ini doyan banget nari dan nanyi. Walau narinya masih hardcore sampai banting-banting badan, tapi ritmenya dah dapat. Terus nyanyi juga. Meski masih sering pakai bahasa kalbu atau bergumam tapi tuh nadanya mirip. Cita-cita Bunda jadi manager artis kayaknya bakal terwujud deh. #Ehh

Bicara soal ngomong, kemampuan L ngomong dari usia 15 bulan itu dah meningkat pesat. Jadinya beneran dah bisa diajak komunikasi. Sebelum gw jabarin, pengen cerita ada satu kejadian yang bikin gw dan Ai gemash sampai susah banget nahan ketawa. Jadi seharian itu L emang dibawa jalan kemana-mana kan. Eh pas mau bobo tanpa drama sekali deh. Waktu doa dia dah kriyep2 terus pas udah rebahan dia ngomong “Cape” terus blek ilang. 😅😅 Anakkuuu.. Jangan cepat gedeee..

L udah bisa ngomong: Aci (makasih), Amin (ambil atau amin tergantung konteksnya, buang, diam, cape, Ayah, Mbo Umi, awas, minum, kenyang, lapar, minta, jatuh… Banyakkk shayy. Dan semua sudah sesuai maknanya. Terus sudah bisa panggil temen2nya kalau lewat depan rumah mereka. Dafa, Zaidan, Amora, terus sape lagi ya. Bunda ga gaul di cluster soalnya. Haha. Binatang kayak kucing, anjing, cicak, nyamuk, gajah, bebek sudah bisa. Yang lain menyusul sedang diajarin. 😋 Apalagi ya? Berhitung 1,2,3,4 tapi ngomongnya masih ngasal. Salah satu kelemahan punya pengasuh ga bisa baca ya gini. Paling gw suruh Mbo tunjukkin yang ada di sekitar aja. Kayak pintu, jendela, horden, dll. Dan sejauh ini ok lah.

Soal bobo anak ini suka drama. Susahhh banget disuruh bobo kalau malem. Maunya main terus. Mungkin karena seharian ditinggal kali ya jadi kangen ma AyBun. Tapi di gendong buat kelon juga ga mau. Beneran semaunya dia dah. Yang ada Ayah Bunda tepar nak.. 😂 Situ enak pagi2 masih bisa bablas bobonya. Another drama lainnya itu saat pakai lepas baju. Haduhh makjaang. Mesti dibujuk2 kayak incess syahroni dah. Lol.

L ini anaknya friendly banget. Saban liat anak lain tuh langsung dadah-dadah say hi. Meski seringnya bertepuk sebelah tangan, tapi dia ga kapok lho. Keren ya. Kalo Bunda mah cukstaw aja dan jangan harap gw sapa lagi. 😠 Haha. L ini pokoknya muka Ayah tapi isinya mah Bunda ketiplek2. Yang ramah, dan ceria tapi ga sabaran benar. Kalau mau A ya A, di bujuk pakai yang lain ga akan mempan. Heyran deh. Errrr.. Tapi kan emang bikinnya bareng2 ya, jadi percampuran keduanya lah ya. Ini bakalan jadi frienemy gw di masa mendatang dah kayaknya. 😉

Urusan makan juga terbilang lancar, meski suka kasian sama Mbo sambil gendong kesana kemari tapi ya yang penting anaknya makan. Bunda mah jujur udah nyerah nyuapin. Yang ada malah berantem. Mau makan silahkan, ga mau makan teeserah. Toh kalau lapar minta 😔 #BukanBundaIdeal

Apalagi ya? Hmmm.. Itu dulu aja lah. Mau tiduran lagi, tepar wiken full acara 💞

22 comments

  1. Melissa Octoviani · November 27, 2017

    gua ga pernah perhatiin gigi jayden ada berapa loh… yang penting giginya numbuh dah hahahaha…

    Like

    • Pypy · November 27, 2017

      Iya pada akhirnya akan numbuh juga ya XD

      Like

  2. Arman · November 27, 2017

    Lucu ya L friendly banget.. 🙂

    Like

  3. Nadia Stephanie · November 27, 2017

    Anak2 mah gitu yaa.. temenan ga disapa ga papa, malah kekeuh manggil terus sampe diladenin. Lha kalo kitee.. negor dicuekin lgs baper dan sakit hati hahahahaha

    Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Embyerr.. Dunia orang dewasa memang rumit ya sis XD

      Like

  4. mirabudi · November 27, 2017

    wkwkwkw L ramah ya…olive mah pemalu kakak
    semoga pelan2 mulai berkurang pemalunya biar banyak temennya

    Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Ternyata sama ma L, kalo ketemu yg malu2 juga jadi diem dia XD

      Like

  5. Epi · November 27, 2017

    L tinggi yaaa boooo.. clay tingginya segitu juga loh. hahaha.. Pinter yaaa L. sehat2 selalu ya L

    Like

  6. zilko · November 27, 2017

    Wah keren L outgoing banget ya Py kalau begitu 😀

    Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Iya, cuma ternyata, baru terjadi minggu kemarin, kalau anak2nya pada diem aja L kayak ga berenergi. Jadi deh dia lengket ke ortunya..haha

      Like

  7. gillsunshine · November 27, 2017

    Cepet ya py udah 18 bulan ajaaaa … anak2 kita ketelen ragi kali ya jadi cepet bener ngembangnya hahaha … sehat – sehat terus ya L, terus jadi kebanggaan aybun 🙂

    Like

    • Epi · November 28, 2017

      Bukan ketelen lagi. Cemilannya gill. Lol.

      Like

      • Pypy · December 6, 2017

        wkwk..

        Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Kayaknya kebanyakan fermipan emang..hahaha.. Aminnn.. Acihh Onti Gill :*

      Like

  8. Rere · November 28, 2017

    Iyah L tinggi yah kayanya tinggian L drpd alpin hahahah. Demen bgt liat L aktif di instastory kakpy. Sehat2 terus yaaaa L😘

    Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Sayang kmren ga datang ya.. Kan biar ada “sparing” partner si L..haha..

      Like

  9. Mrs. April · November 29, 2017

    paling gemes kalau liat anak kecil nyanyi dan nari. apalagi kalau baru bisa ngomong. biar kaga jelas lafalnya, lanjot terossss hahahahaha

    Like

    • Pypy · December 6, 2017

      Iya bener, pake lirik mereka sendiri..wkwkwkw..

      Like

  10. fereshia · November 30, 2017

    n terakhir Bundanya yg bilang ‘cape’ karena full acara n masih sempet update blog he..he..he..
    Madu uray tuh madu apa kak Py? khusus buat anak2 kah?

    Like

  11. leonyhalim · December 8, 2017

    Laaahhh masih mending elu Py, ada memory tumbuh kembang anak di blog. Gue kagak pernah nulis donk! Hahahaha. Biarlah tercatat di bukunya pemerintah sini aja. Gue mah yang penting sehat aja deh, gak ada problem apapun. Si L mirip kayak Abby nih, semua orang disapa. Di umur segini lbh heboh lagi, semua orang diajak ngobrol, terus anak kecil suka dinasehatin. Kadang gue suka ga enak hati sm ortunya. Tapi kalau di Indo lebih serem ya Py kalau anak kelewat ramah. Semoga L sehat terus!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s