Rumah Vaksin BSD

Sebagai salah satu fans berat Rumah Vaksin.. Halahhh. Hal kedua yang gw cari tau saat pindah setelah letak pasar itu adalah apakah ada RV terdekat. Ceklist vaksinnya L masih mayan banyak soalnya, jadi cari yang harganya ok, wajib hukumnya. Setelah dicari ternyata ada, meski ga dekat banget, tapi masih lebih mudah dicapai daerahnya daripada harus jauh-jauh ke Grogol.

Pas dapat kontaknya RV BSD plus follow instagramnya, gw tanyalah soal ketersediaan vaksin JE (Japanese encephalitis). Gw sudah tanya dari bulan September sih cuma ternyata masih kosong. Nanya ke RS dan tempat vaksin lain pun kosong. Maka giranglah gw ketika akhir Oktober dapat kabar kalau vaksin JE sudah ada. Cuma karena banyak jadwal akhirnya dimundurin jadwalnya ke tanggal 5 November 2017.

Nulis sedikit soal JE. Jadi vaksin JE ini baru banget masuk ke Jadwal Imunisasi Anak Usia 0 – 18 Tahun Rekomendasi IDAI.

jadwal imunisasi IDAI 2017.jpg

Japanese encephalitis (JE) is a disease spread through mosquito bites. Symptoms usually take 5-15 days to develop and include fever, headache, vomiting, confusion, and difficulty moving. Symptoms that develop later include swelling around the brain and coma. JE is a serious disease that may cause death. Copy dari sini.

Awalnya tuh penyebaran JE ini cuma di daerah yang banyak persawahan dan peternakan babi, macam di Bali, Sulawesi Utara dan Papua. Namun karena makin kesini kasusnya makin banyak dan ga cuma di daerah-daerah tersebut, makan direkomendasikan lah sama IDAI agar anak-anak bisa dapat vaksinnya. Walau sebenarnya penyakit ini ga cuma akan tertular pada anak-anak sih. Mungkin penjelasannya kayak yang gw tulis sewaktu vaksin MMR. Dengan banyaknya anak yang di vaksin, diharapkan kekebalannya bisa saling silang. Penyebaran penyakit ini dari nyamuk Culex Tritaeniorhynchus yang terinfeksi JE. Sejauh ini belum ada obat yang bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakitnya, paling hanya sebatas mengobati gejala yang ada.

Setelah baca-baca gw akhirnya bertekad bulat L harus di vaksin JE. Apalagi posisi rumah gw sekarang bertetangga dengan penjual tanaman. Awalnya gw senang, tapi makin kesini kok kesenangan itu malah gak ada lagi. Sigh. Ternyata dengan banyaknya tanaman, nyamuk juga ikutan banyak. Jadilah saban hari di badan L tuh ada aja bentolnya. Huhu.

Patokannya si RV ini dekat Pasar Modern BSD. Lihat di peta tuh Pasar Modern ditengah-tengah, seberang kiri RV BSD, seberang kanannya lokasi Klinik Tumbuh Kembang Anakku.  Di Maps dan Waze sudah tersedia alamatnya, tinggal ikutin aja. Kalau pun setelah ikut arahan dari apps masih bingung juga, GPS (gunakan penduduk setempat) alias nanya, soalnya kami juga sempat nyasar. ^__^v

Posisi RV ada di hook, ada plangnya jadi ga takut salah.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(2).jpeg

Syukur banget datangnya hari minggu, ga ramai sama sekali. Kemarin itu hanya ada 2 pasien lain yang antri. Salah satunya bayi, dan satu lagi Ibu yang mau pergi Umroh. Katanya sih kalau sabtu ramai sekali. Tidak tersedia mainan nak, tapi diteras itu ada aquarium yang sebenarnya kasian sih lihat ikannya nampak sakit. L lumayan terhibur lihat ikan dan kura-kura.

Masuk langsung daftar dan antri, dapat nomor 2. Tempatnya cukup luas dan adem. Oh ya, L sempat ditimbang badannya tapi sayang ga di ukur tinggi. Yang pasti beratnya belum pecah 12kg. Padahal tinggi nambah terus. Hahh..

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.20.jpeg

Ga begitu lama nunggu kami dipanggil masuk dan bertemu dengan Ibu Dokter. Orangnya ramah dan baik, sempat ngobrol juga kalau kami emang langganan di RV tapi yang di Grogol. L pun kemudian di cek kondisi kesehatannya. Waktu mau di cek tuh L sempat ga mau, tapi terus pas liat stetoskopnya lucu langsung ketawa lagi.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(1)

Bunda pun senang lihat stetoskop lucu.

Kelar periksa, Bu Dok menyatakan L ok untuk di vaksin. Meski ada yang bilang flu sedikit bisa di vaksin, tapi better jangan deh. Pengalaman vaksin L pas flu langsung berkepanjangan sakitnya. Lebih ok emang pas anaknya fit.

Imojev6001PPS0

Vaksin JE yang dipakai Source: Here

Sambil Bu Dokter siapin vaksinnya, L mainin dah tuh segala boneka di tempat tidur ma Ayahnya. Bunda tentu saja foto sambil nanya-nanya soal tumbuh kembang L. Mana tempatnya enak banget lagi, jadi pengen selonjoran.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54.jpeg

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.19(4)

Ini bocah beneran percampuran Ayah Bunda banget deh (yaiyalahh), Gaya duduk begitu kesukaan Ayahnya 🙂

Siap-siap deh disuntik. Bunda kan emang pengecut ya nak, jadi cukup Ayah saja yang pegangin kamu ya. Bunda videoin saja untuk dilihat kemudian. Haha. L masih nangis disuntik, tapi nangisnya sebentar banget. Pas lihat plester gambar Pluto langsung teriak anjing guguk anjing guguk. Hihi.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54(1).jpeg

Total biaya yang kami keluarkan adalah Rp. 485,000.-. Vaksin JE Rp. 475,000.- dan administrasi Rp. 10,000.-.

Dari RV langsung berangkat kekantornya Bunda dan puas main kesana kemari sampai susah dibawa tidur siang. Terus ke PRI 2017 sampai balik ke rumah hampir jam 10 malam.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.27.54(3).jpeg

Besoknya L maunya digendong terus. Nangis merengek mulu ke si Mbo. Pas gw pulang kantor dikasih tau Mbo kalau sorenya (selesai jam gw telpon) bekas vaksinnya bengkak dan badannya panas. Pas dicek dah 38.2°C. Tanpa babibu langsung gw kasih paracetamol, mikirnya sekalian nurunin panas juga hilangin nyerinya. Gw juga WA Bu Dok RV BSD buat mastiin. Dan beliau sih bilang kalau bengkak dan demam setelah vaksin adalah hal yang normal dengan batasan 3 hari. Lewat dari itu kudu dibawa ke RS, takutnya ada penyakit lain yang ga ketahuan sebelumnya.

WhatsApp Image 2017-11-20 at 10.29.06.jpeg

Kasian Anak Bunda ga enak badan 😦

Puji Tuhan besok paginya lagi (7 November 2017) bengkaknya sudah kempes dan ga demam lagi. Segala Puji Syukur bagi Allah di tempat yang maha tinggi. Fiuhhh…

Gw sih berkesimpulan L itu itu kelelahan badannya. Makanya bisa sampai bengkak dan demam. Mungkin kalau dia langsung dibawa pulang dan istirahat kelar vaksin ga akan sampai sakit. Pelajaran berharga lagi buat gw dan Ai.

*****

Rumah Vaksin BSD

Jalan Cemara I Blok B2 No.16, Rawa Buntu, Serpong, Rw. Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Phone: 0856-9748-4836

Ig: @rumahvaksinasi_bsd