Open House Sekolah Athalia

Seperti yang gw tulis disini, gw tuh semacam dibukakan tentang urusan sekolah. Di Kota besar urusan sekolah mesti kayak kawinan, dari setahun sebelum dah mesti survei. Kenapa? Karena pilihannya banyak sekali. Berbeda kayak di hometown gw yang Sekolah Dasar Negri cuma ada beberapa, Sekolah Dasar Kristen cuma ada 2, dan Sekolah Katholik cuma ada 1. TK nya? apalagi.. Haha.. Dan biasanya berlaku hukum “Ortu sekolah dimana, anaknya juga ikutan” ngono. Selain itu, dengan biaya masuk aja sudah berjuta-juta indahnya, emang wajib *buat gw sih* tau dari jauh-jauh hari.

Nah, dari pertanyaan gw di postingan sekolah itu ada yang mention soal beberapa sekolah Kristen yang harganya masih ok disekitaran BSD. Makasih ya *ciyum atu2*.

Salah satunya adalah Sekolah Athalia ini. Segala informasi yang perlu di ketahui dari sekolah ini tersedia di web resminya, bisa klik disini.

Visi ATHALIA : Siswa yang menjadi murid Tuhan.

Misi ATHALIA : Mendidik siswa menghidupi rencana Tuhan baginya.

Motto ATHALIA : RIGHT FROM THE START. Benar Sejak Awal. Berbekal visi yang sangat jelas, Sekolah Athalia di bawah Yayasan Pendidikan Kristen Athalia Kilang, berkomitmen untuk membangun manusia muda Indonesia dengan benar sejak awal.

Pas ngobrol2 sama Boss, ternyata ponakannya abis survei ke Athalia. Besoknya gw dibawain bukunya karena ternyata dia ga jadi masuk ke situ, jarak dari rumahnya kejauhan. Padahal sebenarnya dia juga tertarik. Eh, pas dibaca ada tulisan tangan yang nyebut kalau ada Open House tanggal 4 November 2017. Gw pun langsung bilang ke Ai kalau pas gw ga lembur mau ikutan. Tapi kalau pun iya Ai ke sana.

Puji Tuhan gw ga lembur, jadinya ikutan deh. Kami berangkat dari rumah jam 7.30 dan sampai jam 8 lewat sekian. Lama deh. Hmmm.. Satu poin mulai tercoreng.. Hiksss..

Foto kiri: Gedung SMP & SMA

Foto kanan: Gedung Tk & SD

Sekolahnya seberangan, ada jembatan kecil yang menghubungkan.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 12.27.35.jpeg

Begitu sampai ternyata sudah mulai. Ya iyalah, orang mulainya jam 7.30 WIB. Tapi syukurnya acara utama masih belum mulai. Masih berupa performance tarian dari anak SMP, TK. Tapi yang bikin gw beneran melek ini sekolah Kristen adalah pas performance fancy drill dari Boys’ Brigade, baris berbaris gitu tapi pakai lagunya Hillsong – This I Believe (The Creed). Ya salamm.. Bukannya mo sok nge-roh, tapi asli bikin pengen nyembah banget. Apalagi akhir-akhir ini gw berasa banget hubungan gw sama Bokap lagi dipulihkan. Sampai serangan si jahat yang ga senang tuh berasa banget saking nyatanya. Tar kapan-kapan gw ceritain deh soal ini.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 12.25.59(1).jpeg

Beberapa tari Indonesia yang di mix jadi kayak medley tapi asik banget. Apalagi gerakan anak cowo yang paling kanan. Gilakkk bagus dan luwes banget. Me lyke it..

Ok balik lagi ke soal Athalia.

Nah selesai performance itu ada sharing dari 2 orang alumnus Athalia *again gw lupa namanya* mereka cerita pengalaman sekolah disini. Dan tentu saja baik ya isinya. Tapi gw merasa mereka tuh sharing dari hati ya, jadi sampai ke hati gw juga. Beberapa poin yang gw suka dari sharingan mereka tuh ini:

  • Di Athalia itu setiap orang pasti punya teman. Soal berteman itu pasti cocok2an. Tapi selama mereka sekolah disana (mereka bener-bener dari Pra TK sampai SMA btw) no one left behind katanya.
  • Peraturan di Athalia itu aneh. Jam masuk jam 7, tapi jam 6.55 lewat sedetik dihitung telat. Haha. Ini sih emang semacam ngajarin kalau di dunia ini perbedaan waktu 5 menit itu berakibat banyak. Apalagi di Kota besar kayak Jakarta. Mobil keluar 5 menit lebih telat aja itu jalanan dah macet. Iya ga?
  • Pendidikan Karakter di Athalia itu nyantol banget. Dia punya teman yang awalnya malas gitu deh (pindahan sekolah lain), tapi seiring berjalannya waktu berubah. Dia mengumpamakan kayak iklan, meski kita malas buat ingat toh ujungnya akan tetap teringat karena diulang-ulang terus setiap hari. Nah karena pendidikan karakter ini dikumandangkan terus ya masuk aja gitu ke para Siswa.
  • Tapi meskipun yang diutamakan adalah pendidikan karakter, Akademisnya tentu saja tetap penting. Athalia selalu mengusahakan agar siswa tidak perlu sampai les mata pelajaran di luar. Jadi semua dicukupkan lewat guru-guru yang ada.

Selesai sharing dilanjutkan dengan pemaparan tentang Sekolah Athalia oleh Bpk. Presno Saragih selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Athalia. Semua dijelasin. Yang pasti kalau mau tau lebih detail boleh buka website mereka, lengkap semua. Haha.. Bunda pegel ngetik XD

Again yang bikin gw tertarik adalah penjelasan tentang sekolah ini ga semata mementingkan soal Akademis, tapi sudah menerapkan kurikulum Multiple Intelegensi. Jadi tidak ada anak yang bodoh. Semua anak pintar di bagiannya masing-masing. Terus juga pas ada acara gede, semacam ulang tahun sekolah gitu, semua anak wajib ikutan perform, jadi bukan cuma yang jadi idola saja. atau anak itu-itu aja. Semua mesti terlibat. Terus kalau PR ketinggalan ya sudah, ga boleh ada siapa pun yang datang bawain. Biar anak belajar bertanggung jawab.

Yang pasti bagian yang ditunggu-tunggu adalah prosedur pendaftaran dan informasi soal biaya masuk. Gw ga jelasin lagi ya, tapi gw ada foto slide shownya.. Monggo disimak. Agak ngeblur tapi kebaca kok.

Prosedur Pendaftaran Sekolah Athalia:

1.jpg

Maaf buat yang butuh, Prosedur 2 ke skip.

3.jpeg

WhatsApp Image 2017-11-05 at 12.26.32(5).jpeg

WhatsApp Image 2017-11-05 at 12.26.33.jpeg

6.jpeg

Biaya Sekolah Athalia Tahun Ajaran 2018/2019

PRA TK - TK.jpeg

SD.jpeg

SMP.jpeg

SMA.jpeg

Kelar pemaparan kemudian yang datang dibagi sesuai kebutuhan. Untuk kami yang Batita sampai TK tetap dalam Aula. Penjelasan di lanjutkan oleh Kepala Sekolah TK yang gw lupa namanya Ibu siapa.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 12.27.12.jpeg

Perhitungan usia masuk kelas Batita itu adalah genap 2 tahun di tanggal 31 Agustus 2017. Lewat dari itu silahkan datang tahun depan. Kami sendiri ga ngitung soal tanggal lahir karena kebeneran kan L lahir bulan Mei jadi sejauh ini ga ada masalah.

Belajar logika Matematika itu dibikin seru, main gitu lah. Terus anak-anak diajarin banyak hal, mulai dari nyuci piring, masak, bebersih.. Terus evil smirk gw keluar sambil ngomong ke Ai.. “Lumayan nanti L bantu-bantu cuci piring” bahahaha.. Dari Batita tuh sudah ada yang namanya Field Trip, ga jauh sih katanya, masih dekat-dekat sekolah. Agak jauhan pas TK dan orang tua sama sekali tidak diperbolehkan untuk ikutan. Jadi kepercayaan tinggi orang tua dibutuhkan. Dan lagi-lagi tujuannya supaya anak punya karakter yang baik, punya fighting spirit. Gong-nya pas diakhir masa TK B, mereka ada Camp di sekolah dari pagi sampai sore. Disitu mereka serba sendiri. Tidur, mandi, makan, doa, semua-mua dilakukan bareng ma teman-teman dan guru. Mungkin sekalian menilai kali ya, semua yang diajarin masuk apa engga?. Keren lah.

Sekolah ini terletak di Vila Melati Mas Regency. Kalau masuk dari Giant VMM tuh tinggal lurusss masuk ke dalam sampai mentok. Jadi terbilang lumayan aman lah.

Seperti kata Pak Presno diakhir penjabaran, buat orang tua jangan lupa bergumul, tanya Tuhan kemana Sekolah terbaik buat anak. Dan karena L sekolah masih 1 atau 2 tahun lagi, mari rajin ikut Open House plus doa puasa dan nabung. XD

 

 

 

30 comments

  1. selly · November 8, 2017

    py, makasih banget infonya ya. lengkap bener. kyknya tertarik jg nih sm athalia. udah suruh suami baca juga post kamu ini biar tau. kayaknya opsi buat ntr anak masuk smp nih (padahal masih beberapa tahun lagi). heheheh.
    kyknya sih bagus ya athalia ini untuk membangun karakter anak kalau di denger dari cerita py.

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Syukurlahh kalau mencerahkan ya.. Gpp atuh lag brp taun lagi, jadi bisa banding2in dulu ma yg laen kan?..

      Like

  2. dinaisyana · November 8, 2017

    Ih menarik loh sekolahnya Py!

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Bangett Din.. Baca brosur aja dah tertarik.. Pas denger, makin2.. haha

      Like

  3. mirabudi · November 8, 2017

    Iih klo gw tinggal ditanggerang pasti survey dimari ya wkkwkw menarik visi misi sekolahnya, posisi sekolahny jg gampang di jangkau ya

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Iya Mir, itungan deket dari yg bagian utara. temen greja tinggal di karawaci anaknya sekolah disini..

      Like

  4. Nadia Stephanie · November 8, 2017

    Jauh banget dr rumah gua ahahahaa.. tp so far sekolahnya bangunannya bagus, pendidikan karakternya kalo seperti yg lu jelasin jg oke bgt ya, semua harus ambil bagian, jadi ga ada yg favorit. Terus dari segi biaya juga masih oke py.

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Wkwkwkw.. Jangankan ke serpong, gading ke mangga besar aja mayan tepos pantat.. wkwkwk. Iya OK bgt Nad, sayang jauhh euyyy. hikss

      Like

  5. zilko · November 8, 2017

    Lengkap banget infonya Py, hehehe.

    Eh iya ya zaman sekarang cari sekolah juga sudah harus mulai jauh-jauh hari banget >.<

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Iya Ko, soalnya kalo pas lagi nyari juga lebih enak baca yg lengkap. hihi..

      Betul, soalnya skrg isinya ga cuma mapel doang kek jaman dulu kan. Segala2 mpe lingkungan bergaul juga mesti dipelajari bener.

      Like

  6. Felicia · November 8, 2017

    Py, yang SPP itu tiap tahun ada mesti bayar kah? bukannya biasa sekali pas masuk pertama aja ya?

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Ada ci, yg UAB itu sekali setahun. Uang sekolah sebulan sekali

      Like

  7. ndu.t.yke · November 8, 2017

    B dan adeknya jg anak kelahiran awal tahun. Jd lumayan lah, bebas dr dilema dan kepepetan usia pas mau masup sekolah. Rencana thn depan B mo aku masukin macam PAUD gitu. Gemes aja pengen liat ni bocah belajar nyanyi n nari ala2 anak PAUD gitu, wkwkkw…. brosur sekolah idaman udah dikantongin sejak bbrp bulan lalu. Bahkan udah dibuang kayaknya krn udah hapal isinya, LOL.

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Ahh.. Iya, Paud ya. Mungkin L juga akan disertakan nanti kalo ada yg deket bgt *jalan kaki ma mbo e* dari rumah. Ini sekolah dah ideal, tapi jarak engga, makanya masih kudu berburu lagi.. hiikkss.. Toss L ma B & ddnya.. ga riweuhhh mkir umur.. haha

      Liked by 1 person

  8. SAUTRY S · November 9, 2017

    salam kenal, i’m silent reader dan tinggal di seputaran serpong….makasih ya utk infonya…lengkap banget…kebetulan lg cr info sekolah athalia tp sayang da tutup ya pendaftarannya…kalau ada info2 sekolah kristen katolik seputaran serpong boleh dibagi di blog lagi ya…makasih banyaakk…gbu

    Like

    • Pypy · November 10, 2017

      Hi.. Okok, tar kalau ikut open house lagi gw tulis ya.. Gbu..

      Like

  9. xiaomeynie · November 9, 2017

    Lumayan menambah info ttg biaya masuk sekolah zaman now haha. Harganya masi reasonable untuk sekolah swasta kristen cuma bener sih disesuaikan aja ama kebutuhan, semangat~~~

    Like

  10. TazOlip · November 9, 2017

    Bagus banget py penjelasannya, bikin tertarik loh hahaha. Mestinya dapet potongan nih kalo L jadi di sono huahaha. Salah satu yang harus jadi pertimbangan sih arah ke VMM itu rada macet ya di jam-jam sibuk. Tapi gue ga tau sih lo dari arah yang mananya hahaha

    Like

    • Pypy · November 10, 2017

      Iya VMM soale kan deket ma pintu tol ya. Lagi doa smoga dapat rumah dekat sana.. Mana Aminnya?? hihi..

      Like

      • TazOlip · November 10, 2017

        AMIINNNNNNN 🙏🏻🙏🏻

        Like

  11. Melissa Octoviani · November 9, 2017

    itu biayanya termasuk murah loh, mengingat uang sekolah jayden….lu tau sendiri kan biayanya hahahahaha… tapi mungkin karena athalia ini nasional biasa ya… kalo jayden punya kan nasional plus… temen gua ada yang anaknya sekolah disini, dan menurut dia sekolahnya bagus banget… tapi koq test masuk SD ada matematikanya ya…

    Like

    • Pypy · November 9, 2017

      Bingung gw menjawab apa komen lo ini Mel.. haha.. Mungkin bisa tanya temen lo kali ya..

      Like

  12. pingiwed · November 10, 2017

    Py, baca penjelasannya buat gue tertarik sama ini sekolah 😊 coba buka cabang di sunter, lsg gue dtgin deh. Semoga berjodoh ya py sama sekolah ini 🙂

    Like

    • Pypy · November 22, 2017

      Aminn Wi.. Makasih ya 🙂

      Like

  13. gillsunshine · November 17, 2017

    bagus ya py sekolahnya kalo dari yang loe post ini, gw baca jadi tertarik.. anyway semangat ya bundaaaaaa!!!!!

    Like

    • Pypy · November 22, 2017

      Iya Gill, akuh pun jatuh cinta jadinya..haha.. Maacihh Mama Yukeroooooo rawkkkk

      Like

      • mommybio · February 1, 2018

        hi mbak,boleh tau jarak maksimal rumah ke sekolah yang diperbolehkan utk masuk athalia?
        makasii sblmnyq dan trima kasih utk reviewnya,sangat membantu.

        Like

  14. mommybio · February 1, 2018

    hi mbak,boleh tau jarak maksimal rumah ke sekolah yang diperbolehkan utk masuk athalia?
    makasii sblmnyq dan trima kasih utk reviewnya,sangat membantu.

    Like

    • Pypy · February 1, 2018

      Hi.. Waktu nanya kmren sih bilangnya cuma seputaran BSD 1. Ga jelas berapa kilometernya. Soalnya kebetulan kami tinggal dekat AEON katanya kejauhan.. Sama2, tujuan review tercapai 😉

      Like

Leave a comment