Mudik 2017 – Pagoda Ekayana Tomohon

Mudik kali ini gw ngomong ke Ai kalau gw tuh pengen jalan-jalan. Apalagi ternyata banyak tempat bagus yang sebelumnya belum pernah gw kunjungin. Kan malu-maluin ya pas ditanyain sama temen yang liburan kesana…

“Sudah pernah kesini belum Py?”

“Belum”

“Sudah pernah kesitu belum Py?”

“Belum..”

Salah satu dari sekian banyak yang belum pernah gw kunjungi adalah si Pagoda yang berada dalam komplek Vihara Ekayana.

Vihara Ekayana ini terletak di Kota Tomohon, tepatnya di Kelurahan Kakaskasen Dua. Posisinya di sebelah kiri kalau anda datang dari arah Manado. Kalau sekiranya Waze ga berhasil membuat anda mencapai lokasi ini, boleh coba GPS (Gunakan Penduduk Setempat) alias nanya ke orang lokal yang anda jumpai. Sampai kemarin gw kesana, mereka masih ramah kok dengan pengunjung. πŸ™‚

Sayangnya kelakuan pengunjung yang mungkin pemegang SIM tembak ini lumayan bikin ngurut dada. Gimana enggak? Lihat aja cara markirnya. Haiyah. Fyi, manusia modelan begini banyak di jumpai ga cuma di daerah wisata, tapi juga di mall-mall.. Ampyunn..

19554041_1919810158230817_5777889436504822604_n.jpg

Bisa dapat berapa mobil coba kalau diparkir rapih.. Hmm

Hujan rintik tidak menghalangi keinginan gw buat menikmati keindahan Pagoda ini dan mengabadikannya dalam bentuk foto. Suasananya jadi adem sekali (ga hujan juga emang adem, karena Tomohon ini daerah tinggi), ditambah view Gunung Lokon yang menjulang tinggi dengan gagahnya. Superb!.

19511534_1919809571564209_3030189099733666282_n.jpg

Ada banyak patung berjejer di sisi kiri sepanjang jalan masuk sampai ke dalam. Cuma gw ga sempat foto semua. Kalo yang gw dengar ada 18 patung yang disebut Arahat. Arahat itu adalah murid Budha yang sudah mencapai kesucian tertinggi (CMIIW).

19511179_1919809608230872_6927696384871244530_n19437197_1919809688230864_7237348473833824044_n19437211_1919809848230848_8315970073986213152_n

Disebelah kanan dibikin tempat buat gw orang foto-foto. Informasi ngasal deng btw, gw menyimpulkan sendiri. Wkwkw.

19553942_1919810054897494_7365488184992859181_n.jpg

Ga ada tiket masuk untuk masuk ke tempat ini, cuma ada tulisan (ga kefoto kayaknya) boleh memberi sumbangan serelanya. Wajar lah ya, kan untuk ngurusin tempat ini biar tetap indah butuh biaya.

19601053_1919809798230853_1649318257342716885_n.jpg

Puncak Pagoda langsung terlihat, gw pun ga sabar buat foto-foto. Langsung narik Ai biar jalan cepetan. Haha

19511095_1919809378230895_708003489665614085_n.jpg

Kayaknya mesti mempertimbangkan beli kamera deh biar ga pecah foto-fotonya

19437430_1919809508230882_4220199602771144526_n.jpg

Karena masih dalam suasana “amazing race” alias ga punya waktu banyak (ditambah hujan) jadinya ga sempat deh buat jelajahi dalamnya Pagoda.

19430070_1919809938230839_8963551333882717196_n.jpg

Foto ma duapupu yang tinggi bener. Berasa angka 10 percis dah. XD

19437553_1919810231564143_1006405195389036769_n.jpg

Bergerak lebih ke dalam, ada bangunan merah cantik yang diberi nama Istana Kwan Im. Sayang saking serunya gw videoin sampai lupa foto. Aroma dupa sangat menyengat, khas tempat sembahyang. Tenang banget, meski gw sempat misuh-misuh sama pengunjung lain karena ga melepas alas kaki ditempat yang seharusnya.

Makin beranjak masuk, dibagian paling belakang Vihara ada kolam kura-kura. Gw ga tau deh apakah patung ini dirubah atau memang ada 2 kolam kura-kura. Soalnya foto teman yang datang sekitar tahun 2013 bentuknya beda dengan yang kemarin gw foto.

19430166_1919810371564129_5140519994400743950_n.jpg

Konon disini kalau kita melempar koin, dan koin tersebut mengenai genta atau lonceng yang ditengah sampai berbunyi, maka keinginan kita bisa terwujud. Hanya saja hal itu bukan perkara yang mudah karena dia berputar dengan cepat. Untuk foto sampai jadi foto bentuk utuh saja gw mesti nunggu momen yang pas.

Begitulah hasil kunjungan singkat gw ke Vihara Ekayana. Sayang sekali gw ga ketemu pengurusnya, kalau ga kan mungkin lebih banyak informasi bisa gw bagikan disini.

Oh ya, postingan soal Mudik 2017 ini timeline-nya dah amburadul. Gw bikinnya ga sesuai waktu kunjungan alias berurutan gitu. Bikinnya sesuai mood yang ngetik pengen bahas yang mana duluan. XD

 

 

 

22 comments

  1. xiaomeynie · August 22, 2017

    Di tiap daerah ada ya vihara ky gini, ky di belitung jg ada entah itu buddha aliran mana.. bagus2 py fotonya yg di pagoda plg cucok πŸ˜€

    Like

  2. Arman · August 22, 2017

    Bagus ya tempat nya Py… Jd pagoda nya sebenernya bisa dimasukin ya… Bisa naik ke atas juga? Sayang ya gak masuk…

    Like

  3. naomitobing · August 22, 2017

    Cakep banget iniii. Gue belum pernah ke Pagoda mana pun.

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Wahhh.. Wajib atuhlahh.. Tersebar diberbagai kota kan 😍😍

      Like

  4. zilko · August 22, 2017

    Keren ya Py pagodanya, tinggi gitu! Dan nampak adem juga jadi suasananya juga lebih segar dan enak kayaknya, hehehe

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya Ko, Tomohon lumayan di daerah tinggi. Macam puncaknya Jakarta lah jadi emang adem bawaan.. hihi

      Like

  5. fereshia · August 22, 2017

    Bagus Kak Py Pagoda & viharanya 😍😍
    Jadi pengen kesana juga 😊

    Like

  6. winnymarlina · August 22, 2017

    kak kece-kece banget pagodanya serasa berada di china

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Haha.. Tomohon rasa China ya Win..

      Like

  7. mamipapa · August 23, 2017

    Py serasa bukan di Indonesia hahahaaa…kalau naik Pagodanya tar serasa pilem Pai Su Cen dong hihihi

    btw di Bandung juga ada kan vihara besar se Asia Tenggara daerah Lembang situ deket restoran Sapu Lidi…bagus juga tuh Py kalau ke Bandung kapan2 mampir situ…

    Like

    • jayantiyanti · August 24, 2017

      numpang comment ya..iya di daerah Lembang, Bandung namanya Vihara Vipassana Graha πŸ™‚

      Like

      • Pypy · October 13, 2017

        Terima kasih info detailnyaa..

        Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Pai su cenn.. Ahh.. Masa2 itu..haha.. Wahh.. makasih ci infonya, wajib yaaa berarti, terbesar lhoo 😍😍😍

      Like

  8. mamie funky · August 23, 2017

    Wahh bagus juga py pagodanya…lumayan dong Tomohon punya tempat begini bisa rame dikunjungin wisatawan

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Tomohon banyak tempat bagusnya ci. Tiap tahun juga ada festival bunga gitu, seru deh..

      Like

  9. jayantiyanti · August 24, 2017

    woww bagus ya pagoda nya, vihara nya juga ^^

    Like

  10. Bibi Titi Teliti · August 28, 2017

    Seru banget acara mudik & jalan2nya Pyyy πŸ™‚

    Aku kalo abis jalan kemana gitu, postingnya selalu dinanti2 dan akhirnya malah males sendiri bhahahaha

    Like

    • Pypy · October 13, 2017

      Iya bener, akhirnya terlewat sampai 2 tahun *cerita babymoon belum kelar πŸ˜‚

      Like

  11. Pypy · October 13, 2017

    Bisa ternyata ko, cuma krn dikehar waktu jadi terlewat. Mesti bgt balik lagi artinya..haha

    Like

  12. Pypy · October 13, 2017

    Yuksss berangkattt..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s