Commute Life

A commute is a journey you take from home to work and back again. You might enjoy your subway commute because it gives you lots of time to read. Your commute is your trip to work, and the verb commute describes making that trip — like your preference to commute by public bus.https://www.vocabulary.com/dictionary/

*****

Peta-Rute-KRL-2017-1-1200x1697.jpg

Source: Krl.co.id

Mungkin belum banyak yang tahu kalau sekarang kami sudah pindah rumah. Cerita soal ini masih diolah di draft 😀 Belum.. Belum.. Kami masih pindah ke rumah orang alias pindah kontrakan. Bisa dibilang ini keputusan yang kami ambil setelah tak lagi nyaman dengan kelakuan tetangga seberang kamar. Kami sih tentu saja minta ke Bokap di Surga biar dikasih rumah sendiri. Cuma kami tau Dia Bokap yang baik. Kalau tau anak-Nya butuh ga perlu diinget-ingetin. Pasti disediakan sesuai waktu-Nya. Yang kami lakukan cuma mengimani kalau kami sudah mendapatkan, dan menjalani kehidupan seperti yang Dia minta.

Thanks Bu Fifi Tjahaja Purnama buat sharing soal Mentalitas Anak Raja yang relevan banget karena lahir dari kisah hidupnya sendiri. 🙂 Meski cuma nonton via youtube, tapi saya sangat diberkati.

Kami pindah ke daerah Serpong yang mana kalau untuk berangkat setiap hari ke tempat kerja menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line. Jangan dibayangkan KRL ke arah Serpong seperti yang ke Bekasi atau Bogor ya. Seram banget sih itu. Pertimbangan kami melipir ke daerah ini adalah Roker (Rombongan Kereta) nya lebih manusiawi. Jadwal kereta yang terbilang tepat waktu sesuai jadwal yang ada, terus pilihannya banyak. KRL jurusan Serpong ada 4 pemberhentian terakhir. Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkas Bitung. Jurusan yang lebih jauh tentu saja lebih padat. Kami seringnya naik yang dari Parung Panjang atau Serpong untuk berangkat atau pulang. Dengan sedikit trik, Puji Tuhan kami selalu kebagian tempat duduk. Untuk triknya ga akan gw bagiin disini lah, nanti jadi berebut tempat duduk. XD Meski sebenarnya berdiri pun masih terbilang nyaman karena ga berdesakkan. Saat turun juga rokernya masih santun, turun dengan tertib, yang didepan pintu ga akan maksain masuk. Ya ada oknum-oknum yang barbar, tapi secara keselurahan naik KRL arah Serpong jauh lebih nikmat dari yang lain.

Karena tempat yang lebih jauh, tentu saja kami bangun lebih pagi dari yang sebelumnya. Kalau dulu gw bisa bangun jam 7 (naik mobil ke daycare, terus lanjut ojek online), sekarang jam 6 karena jam 6.30 sudah harus menuju ke stasiun (masih menggunakan ojek online). Gak pagi banget kan? Masih ok lah, macam anak sekolahan.

Dari stasiun yang kami naiki, perjalanan memakan waktu 36 menit untuk sampai di stasiun Palmerah buat gw, dan 40 menit ke stasiun Tanah Abang buat Ai. Setelah itu lanjut ngojek ke kantor masing-masing. Total waktu tempuh kami setiap hari hampir sejam. Jadi total sekitar 2 jam. Again, masih manusiawi banget untuk ukuran karyawan Jakarta.

1 Minggu pertama adalah waktu penyesuaian. Mencari jadwal kereta yang pas buat kami berdua agar pergi dan pulang bisa berbarengan tanpa saling tunggu. 1 Minggu berikutnya, ketika jadwal sudah cocok, penyesuaian dengan jam tidur. Meski cuma lebih awal sejam, rasanya mengantuk sekali. Ketika sudah dapat tempat duduk, gw langsung memejamkan mata dan entah apa yang terjadi, bangun pas sudah sampai.

Cuma ternyata tidur begitu bikin kepala sering sakit. Akhirnya sekarang gw memilih untuk ga tidur lagi. Sudah hari ke 3 gw habiskan dengan nonton serial drama Korea. Hitung-hitung mengejar ketertinggalan setelah Goblin usai. Haha. Bisa dibilang kami berdua sudah mulai menikmati commute life ini. Bahkan kalau bisa, boleh deh dapat hunian didaerah sini juga.

Kalau kamu, sehari-hari habisin waktu berapa lama dijalan buat sampai kantor?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

22 comments

  1. natalia2305 · July 27

    Py semoga ditempat yang baru lebih nyaman yaaa^^ Serpongnya daerah mana py? siapa tau bisa ketemuan, gue di tangerang…hehe

    dulu g ngalamin kerja dijalan 2 jam perjalanan, cuapek bangett…klo sekarang cuma 15-20 menit udah nyampee…udah emak2 cocoknya yang deket deket ajaa…huahahaha

    Like

    • Pypy · July 27

      Kalau dapat yg dekat2 trus bisa lebih gede (atau seenggaknya ga turun) dari yg skrg gw okok aja Nat..hahhaa..

      Like

  2. ndu.t.yke · July 27

    Aku dl sih 15 menit ke sekolah tpt ngajar dan 1/2nya ke kursusan. Klo Abi emg rada jauh, naik mobil sekitar sejam klo pagi & 75 menitan klo pulangnya. Semoga bs dpt rumah yg nyaman di daerah sana ya Py. Jgn jiper dl liat harganya, Bokap kan Maha Kaya & rejeki dateng dr arah yg ga disangka-sangka.

    Aku jg kmrn iseng liat iklan rumah di sekitar tpt tinggal kami skrg (aku masih tinggal di tpt nenekku). Diliat harganya sih emg seolah ga terjangkau. Tp diingat lg bahwa Tuhan pemilik langit dan bumi. Da apa atuh urusan rumah mah ibarat debu setitik bagi DIA. Klo emg rejeki, insyaalloh ada jalan 🙂

    Like

    • Pypy · July 27

      Setuju Mem.. Skrg emang ga membatasi Bokap dengan harganya.. Kita mah ya sebagai anak kan cuma minta, mintanya malah sekalian yang mihil. hahaha.. Dikasih yang mana ya Puji Tuhan 😀

      Like

  3. zilko · July 27

    Ish, dulu sewaktu di Delft dan sudah kerja di Amsterdam, sehari tiga jam pas rush hour pula, sering mesti berdiri di sebagian perjalanannya. Hahaha 😆 . Sekarang sih total kurang dari sejam Py. Enaaak bisa bangun lebih siang alias sesukanya, hahaha 😛

    Btw itu nanti proyek metronya Jakarta juga mengarah ke Serpong nggak sih? Tapi sepertinya masih cukup lama ya, hmm

    Like

    • Pypy · July 27

      Hahaha.. Enakk banget lah emang kalau dekat banget ya dari kantor..haha.. Kayak dulu gw tinggal di karet, jam 7.30 baru mandi.. Masih sempet nonton infotainment pagi2..lol..

      MRT kah maksudnya? Kalo iya baru sampai Lebak Bulus, karena lebih ke Cibubur sana deh. Cuma mungkin juga ya, Semoga dehh..

      Like

  4. adhyasahib · July 27

    Semoga betah di tempat barunya ya Py, selalu semangat 😉

    Like

  5. Epi · July 27

    Aku 5-7 menit py, rumah ke kantor. *Trus dimusuhin* amin.. amin.. Tuhan pasti tau apa yang anak-anakNya butuhkan yaa. Terus berdoa, berserah dan berusaha. Amin.

    Like

    • Pypy · July 27

      Sepelemparan kolor doang ya..haha.. Jaman kost di Karet aja tetep butuh sampai 30 menit saking macetnya kolong semanggi..wkwkw..

      Like

  6. Arman · July 27

    Trus ke daycare nya gimana py?

    Gw juga roker. Tp deket jd cuma 2 stop doang naik kereta nya. Cuma 5 menit. Hihihi. Jalan dari rumah ke stasiun sekitar 15 menit trus jalan dari stasiun ke kantor deket banget kurang dari 5 menit.

    Like

    • Pypy · July 31

      Daycarenya bakal dibahas terpisah ko 😀

      Wahh enak ya ko deket aja jaraknya, jadi ga butuh waktu lama..

      Like

  7. Melissa Octoviani · July 28

    gua ke tempat kerja cuma sekitar 10-15 menit naik mobil, tapi nyari parkirnya bisa 5 menit sendiri hahahaha…

    semoga di rumah yang baru ini bisa lebih nyaman ya py…

    Like

    • Pypy · July 31

      Enak memang kalo deket ya Mel. Harga rumah dalam Jakarta skrg dah parah bet mahalnya..haha..

      Amin Mel, sejauh ini sih nyaman2 aja..

      Like

  8. Messa · July 28

    Kalo kami di balikpapan sehari-hari 1/2 jam eda 😄 semoga dapet rumah impian ya 😊

    Like

    • Pypy · July 31

      *Kemudian kangen Kotamobagu* haha..

      Aminnn.. Makasihh Eda.. 🙂

      Like

  9. nola · July 28

    Kalau dulu gw abisin waktu dr rmh ke kntor cuma 20 menit Py naik CL hahahhaa.. Gilee wkt jaman blm kenal CL itu tua dijalan smpe 3 jem.. Cuma gak enaknya CL kalau lg gangguan bisa 2 jem dijalan, tp itu msh manusiawi dibanding naik omprengan..

    Like

    • Pypy · July 31

      20 Menit di kretanya apa dijalannya Nol? Iya yg arah Bekasi Bogor sering gangguan ya.. huhu..

      Like

      • nola · July 31

        Dikeretanya Py, total ke kntr sih cm 30 menit.. Smpe skrgpun gw klu kemana2 klu msh bs dijangkau CL ya better gw naik CL.. Murmer n cepatt nyampe..

        Like

      • Pypy · July 31

        Yoyoyyy 😀 Hidup CL

        Like

  10. sondangrp · July 28

    belum tau Py nih yang di jakarta nanti, kan ngontraknya di daerah Buaran ke kantor pusat gimana di gatsu sana. Kayaknya kalo di jakarta mah yang paling aman emang yang ada jalur TJ atau jalur kereta sekalian ya

    Like

    • Pypy · July 31

      Buaran ada stasiun kan kak.. Lanjut 640 paling.. Apa turun yang di Tebet trus lanjut ngojek ga jauh keknya.. Iya dah paling ok, tapi makin ok juga harganya skrg..haha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s