Pasar Serasi Kotamobagu

Dari dulu tuh gw termasuk perempuan yang malas kalau diajak ke pasar. Mungkin juga karena gw orangnya gampang geli (atau jijik?) sama yang kotor-kotor ya. Di toilet aja gw wajib banget hukumnya pakai sendal. Apalagi ke pasar yang becek.

Cuma semenjak doyan jalan-jalan, gw malah ngerasa ke pasar itu adalah hal yang seru. Soalnya di pasar itu kita beneran bisa merasakan interaksi antar manusia yang real. Maklum saja, dijaman sekarang banyak orang doyannya liatin hp doang. Di pasar mana bisa? Kalau mau belanja ya harus ngomong kan. Hehe. 

Terus di pasar juga kita bisa lebih mengenal kota yang kita kunjungi. Macam di Tomohon, ada pasar yang jualan segala binatang. Kita jadi tau, oh masyarakatnya mayoritas pemakan segala. 

Pasar Serasi ini setau gw merupakan satu-satunya pasar tergede dan terlengkap di Kotamobagu. Pernah terbakar beberapa kali, terus terakhir ada berita soal kerusuhan antara pedagang dan Satpol PP. Yah, macam cerita di pasar-pasar di wilayah Indonesia lainnya ya. Semoga deh pemerintah Kota Kotamobagu bisa menata pasar ini dengan lebih ketjeh. Siapa tau jadi kayak pasar modern gitu kan ya. 😅😅

Tadi pagi (24/06/17), Mama bangunin gw buat nemenin beliau ke pasar. Tanpa mandi, gw pun ikut. Naik bentor (becak motor) kami menuju. Ternyata H-1 Lebaran, pasar ramai sekali (ya iyalah). Jadi deh, supir bentornya cari akal lewat jalan lain. Ga berapa lama kami tiba di pasar. Kali ini khusus ke bagian yang jualan ikan. 
Namanya juga pasar ikan, dah pasti becek banget. Gw pun jalan perlahan biar ga terlalu nyiprat. Haha. Cuma ya tetap aja kena. Ga apa lah, kadang ini. 

Oh ya, Kotamobagu ini kan kota kecil ya. Jadi ke pasar itu ga jauh. Ga sampai 10 menit tiba ditujuan. 💞


Ngeliat ikannya, gw benar-benar ngiler. Segar sekali!!. Ditambah ikan kesukaan gw tuh ada semua. Soalnya tahun lalu pas gw pulang, ikan Nike lagi ga ada. 

Yang namanya ikan Cakalang segede-gede apaan tau tuh ada. Ikan Bobara, Malalugis, Tude.. Lengkap kap kap. Duh. Maaf, gw ga tau apa nama ikan-ikan itu kalau di Jakarta apaan. Pokoknya kalau sudah diolah. Beuhhh lezatos!!.

Ga berlama-lama lah di pasar, makin siang makin sesak. 

Pulang-pulang, ikannya langsung dibakar sama Mama. Lezat!.

Sudah makan ikan hari ini? Kata Mentri Susi, yang ga makan ikan bakal ditenggelamin lhoo 😂

Advertisements

7 comments

  1. zilko · June 27

    Ugh ikannya nampak menggoda banget ya Py!!

    Jadi inget dulu pas kecil sering diajak ke pasar tradisional! Dan terakhir kali ke pasar tradisional adalah yang di India, haha, yang mana ternyata mirip-mirip lah sama yang di Indonesia. Bedanya di sana ada yang jual bubuk-bubuk warna-warni ala India itu 😛 .

    Like

  2. Arman · June 28

    gua juga gak suka ke pasar tapi dulu beberapa kali nemenin nyokap.
    bau banget pasar basah gitu. hahaha.

    Like

  3. Epi · June 28

    Sama py. Gw jg gak suka kepasar. Sampe skrg. Ahahhaa. Gw gak suka tawar menawar. Soalnya gw orgnya gak enakan. Yg ada rugi mulu gw dipasar. Wkwkwkwkw

    Like

  4. Melissa · June 29

    keluarga gw dari dulu gak ada yang pinter masak ikan, Py. Mungkin karena keturunan chinese jadi kami lebih sering makan B2 hahaha. Alhasil, jenis2 ikan gw sama sekali gak tau loh kecuali gurame dan ikan2 standard yang ada disini.. disuruh sebutkan 5 nama ikan sambil nunjuk ikannya kayaknya gw dapet nilai Nol deh hahaha

    Like

  5. mila said · July 2

    kampung papa akuuu… tapi jarang mudik kesitu jauh, 3 tahun sekali mungkin, bisa lebih hahahaa…

    Like

  6. xiaomeynie · July 3

    Seger2 bgt ikannya trus yg foto terakhir bikin ngiler abis 😦

    Like

  7. VaLinqq · July 3

    Pypy masih sempet photo2 ya di pasar 🙂
    Gw juga sama loh males banget ke pasar tradisional.. Kalo ikut si mami , gw lebih sering nunggu di depan karean pasar di deket rumah ada kios kios nya terbagi rapih gitu.. Kalo masuk kios daging gw tungguin aja di deket tempat jualan sayur kering..hahaha.. PAdahal sebenernya belanja di pasar tradisional sayurn daging nya konon katanya lebih seger daripada di modern market ya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s