Bingo Le

Disclaimer: Untuk yang ga mengerti Bahasa Manado, diskip aja.

images.jpg

Source: Here

Mo tulis tentang apa, mar gara-gara baca Mem Tyk pe komen pa Ge pe tulisan, jadi tabayang, mo coba ah beking postingan pake bahasa Manado. Mo lia brapa orang disini yang mo mangarti.. Haha..

Mar sebenarnya kita le sandiri bingo sih mo tulis tentang apa. Soalnya memang lagi kehabisan ide. Masa musti mo tunggu drama ley baru mo lancar batulis.. Haha. Nda ah. Skedu neh Opa Ye’.

Cuma sayang skali memang ni diri nda blajar apa-apa soal bahasa suku. Dulu kwa tinggal di Kotamobagu mar di lingkungan yang banyak orang Minahasa, jadi ya abu noh. Cuma satu bahasa jo yang kita tau sampe besar. Haha.

Banya orang yang ja bilang, Bahasa Manado itu gampang, lama-lama dengar mangarti. Iyo sih, depe Bahasa Manado gampang mo inga, mar sebenarnya ini blum depe bahasa Suku, depe bahasa suku sandiri banyak skali kong itu noh tu mo susah mangarti. Bahasa Manado itu kwa kalo disini sama noh deng Bahasa Jakarta. Lo-gue bagitu, kong banyak kata yang sama deng Bahasa Indonesia. Mar kalo so Bahasa Suku.. Beughh.. Baku abis jo tare. Baru Minahasa so brapa macam. Ada bahasa Tombulu, Tontemboan, Tonsea, Tolour, deng masih banyak lagi. Itu baru Minahasa, belum tu Suku Bantik, Mongondow. Ada le katu noh dorang pe bahasa sandiri. Yah secara umum dang tu Sulawesi Utara luas skali. Memang gaga ni Indonesia, baru satu daerah depe keberagaman so banyak skalianan.

Makanya ja bingoΒ  deng orang-orang skarang tu masih ja kage deng ni Indonesia pe keberagaman Suku deng Budaya. Kiapa so musti ada istilah Pribumi nda Pribumi? Namanya so lahir basar di Indonesia, ya orang Indonesia lah. Depe pertanyaan kan sederhana toh, ngana so bekeng apa supaya ni nama Indonesia bagus? kalo nda babadiang jo di huk, nda usah bekeng rusak. Stuju?

Kong ada satu ley nih tamang-tamang kapista ja protes pa kita disini. Kalo misalnya orang ja tanya “Kamu dari mana?” ya pasti kita jawab Manado. Dorang protes, hih, nga tinggal di Kotamobagu, kiapa jawab Manado? Haha.. Bagini ehhh frenn.. Kalo yang tanya itu orang yang so tau tentang daerah-daerah di Manado, pasti kita langsung jawab dari Kotamobagu. Mar co ngana pikir kalo yang tanya orang yang nentau apa-apa. “Kamu dari mana?” kong kita jawab “Dari Kotamobagu” kong dia balas “Kotamobagu dimana ya?” ya tolehh.. Panjang toh penjelasan.. Wkwkw.. Mo cumu lai.. Oh itu 3 jam dari Manado. Jao sobb.. Cari aman jo tare. Haha.

Ya sudah, itu jo dulu kita pe tulisan ni hari. Depe cirita kwa ini cuma mo cek ombak kalo ada yang mangarti.

Siang bae jo for samua disini.

Advertisements

30 comments

  1. Nadia Stephanie · March 31

    Kita mangarti tapi kita nyanda bisa balas.. so bingo le mau balas apa πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Like

    • Pypy · April 4

      Hahaha.. Iyo, Nad katu Kawanua kang? hihi πŸ˜€

      Like

  2. naomitobing · March 31

    Dulu keluarga dinas di Manado beberapa tahun, jadi bisa ngerti tapi aku nggak bisa ngomong sih. Tapi adek2ku lancar banget ngomong bahasa manado. Seru deh postingan pake bahasa Manado gini. Hihi.

    Like

    • Pypy · April 4

      Wahh.. Di Manadonya Mi? Seru dong πŸ˜€

      Like

      • naomitobing · April 4

        Iya di Manadonya. Makanya suka kangen banget sama Manado. :’)

        Like

  3. Catherine · March 31

    hahahahha..aq ngerti kakkkk… cuma sebatas mangarti saja ka…:p

    Like

  4. Lorraine · March 31

    Py, Bagus sekali koak ngana pe pos ini hari. Kita nyanda mengerti bahasa Suku mar sadiki bisa bahasa Melayu Manado seperti kita pe mama bilang. Kalau kita itu Manado kart katanya. πŸ‘πŸΌ

    Like

  5. Epi · March 31

    ngerti intinya py. hahahaha. ada beberapa yang gak ngerti, tapi di bablasin aja.. hahahahaha

    Like

    • Pypy · April 4

      Hahaha.. Syukur lah kalo masih ada yg ngerti πŸ˜€

      Like

  6. ndu.t.yke · March 31

    Ngartik akuuuuh hahaha…. yg blasss gak ngarti pas kemaren ke nikahan orang Batak. MC-nya konsisten boook! Pake bahasa Batak terusss! Wah wah nyerah dah aku. Mana sih ini tombol subtitlenya? Tp seru bgt. Bener kata kamu, Indonesia ini warbiyasak kekayaan budayanya!

    Like

    • Pypy · April 4

      Kalo Batak itu pakenya bahasa Suku, ngeblank juga aku..haha..

      Like

      • ndu.t.yke · April 4

        Wkwkwk sama deh. Semoga anakmu ntr bs bhs Batak dan Menado ya. Anakku bs bhs Jawa , minimal Suroboyoan lah. Sayang bgt klo kekayaan bhs daerah di Indonesia ini nggak dilestarikan.

        Like

  7. Dila · April 1

    Pyyyy, jadi pengen makan Beautika akuuuuh. Bener nih penhen on in tombol subtitle, nggak ngerti semua hihi. Eh ini pujian serius ya. Aku orang jawa tapi pecinta berat masakan manado! TOP dehhhh *langsung ileran* πŸ˜›

    Like

    • Pypy · April 4

      Beautika mahall Mba..haha..

      Liked by 1 person

      • Dila · April 4

        Manado di itc kuningan itu yang sempit banyak orang lalu lalang juga bolelaaa πŸ˜‹πŸ˜‹

        Like

    • ndu.t.yke · April 4

      Aku pas hamil, duoyan bgt makan woku lhooo… meski cm tahu tempe. Segala daun2an sesuai resep aku masukin dah ke masakannya. Daun kemangi, pandan endespre endebre.

      Liked by 1 person

      • Dila · April 4

        Sekarang masih doyan gaaaa? Aseli aku pengen makan manadoan nihhh πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

        Like

      • ndu.t.yke · April 4

        Masih dong tp sejak pindah ke Sby, ga pernah masaaaak

        Liked by 1 person

  8. marcella · April 1

    Jangan sering-sering post pake bhs manado ka py. Ngerti dikit-dikit sih tapi kaya nonton drama korea tanpa subtitle wkwkk

    Like

    • Pypy · April 1

      Haha.. Baru sekali Cell, mayan lah post ginian bikin dirimu muncul ke permukaan..wkwkwk..

      Like

  9. bonnitakristanti · April 1

    Mangarti py hihihi….

    Like

  10. Angel · April 3

    bersuamikan orang manado..little little i can dong py wkwkwk ;D

    Like

    • Pypy · April 4

      Owh Jimmy orang Manado dang? Kirain cuma jalan2 doang Ngel kesana, dung2 bener diri ini ya,..haha..

      Like

  11. bebe' · April 3

    sempet roaming sedikit tapi pas dibaca ternyata ngerti2 juga.. sedikit.. hahaha..

    Like

    • Pypy · April 4

      Banyak bahasa yang sama soalnya kan ma Bahasa πŸ˜€

      Like

  12. gillsunshine · April 4

    gw (sok) ngerti HAHAHAHA .. sok bener lah pokoknya!!!! kalo udah baca satu kalimat kurleb paham lah hehehe .. pede jaya!

    Like

  13. gegelin2 · April 10

    Ngerti maksudnya tapi gak fasih2 banget balesnya hihihi. Dari kecil temenku kebanyakan orang Manado qaqaaa~

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s