Belanja Perlengkapan MPASI-FOR

Kenapa MPASIFOR? karena L konsumsi ASI ditambah suFOR XD

Cerita seputar MPASI ini akan saya posting terpisah. Sekarang jelasin barang-barangnya dulu aja. Peralatan ini ada yang dari kado, isi goodie bag, beli pas jaman masih gadis, dan nyicil 2 kali belanja (masih) di Fany Baby Shop ITC Kuningan. Yang saya beli sih yang sekiranya penting dan terpakai ya. Ya paling ada satu dua yang belinya karena “ihh lucu yaa” ๐Ÿ˜€

16-11-14-21-06-57-895_deco.jpg

1. Steam It Tupperwareย  Rp. 0.-
Ini dan nomor 2 adalah kado ulang tahun saya dari teman kantor. Waktu itu memang sudah kepikiran kalau alat kukusan ini pasti kepakai buat MPASI makanya rekuest.

2. Turbo Chopper Tupperwareย  Rp. 0.-
Alat ini berguna buat mencacah makanan. Ya bisa dibilang sebagai pengganti blender (?). Ukurannya yang kecil sih sepertinya pas dengan bahan MPASI. Kan biasanya bikinnya sedikit sesuai kebutuhan bayi.

Peralatan 1 dan 2 ini yang bikin saya akhirnya tidak membeli alat steam blendย  otomatis yang tinggal colok pakai listrik. Ya selain berhemat, juga karena senin sampai jumat saat bawa makanan ke daycare disarankan yang masih utuh saja. Maksudnya kalau mau bawa buah, ya buah yang sampai ditahap potong atau kukus, karena akan diblender sama susternya saat waktu makan tiba. Lagian kan kalau baca-baca tekstur makanan bakal naik terus ya.

3. Tiwi Todz Tupperware Rp. 0.-
Ini juga gratis, kado lahiran dari teman kantor. Enak dah punya temen juragan Tupperware. Isinya ada sippy cup, bowl yang ada tutupnya, sendok, sama tempat buat snack.

4. Pigeon Feeding Set Rp.ย  0.-
Ini kayaknya kado wajib lahiran ya. Syukurnya saya bikin wishlist jadi ya dapatnya satu aja. Ada teman saya sampai punya 5 lhoo.. hihi. Isinya pas buat perlengkapan makan ya, lengkap! Dari piring, mangkok, sendok sama gelas buat belajar minum sendiri.

5. Folding Boster Seat Mastela Rp. 300.000.-
Tadinya mau beli high chair cuma terus mikir, kan dirumah duduknya lesehan ya, tar yang ada L tinggi sendiri kan pegel..Haha.. Tujuannya jelas untuk bikin L disiplin makan. Kan di daycare diajarin makan sambil duduk, kalau dirumah makannya kemana-mana nanti bingung anaknya. Semoga.

6. Mangkok Anti Slip Little Baby Rp. 50.000.-
Ini salah satu yang dibeli karena berasa lucu. Cuma terus mikir ini kayaknya kepakai buat ajarin L makan sendiri. Jadi meminimalisir kejadian mangkok tebalik karena ada anti slip bawahnya ๐Ÿ˜ Mangkok ini dilengkapi tutup dan sendok. Belum tau bisa dibawa tanpa tumpah atau enggak.

7. Slow Cooker Baby Safe Rp. 180.000.-
Katanya sih ini alat yang wajib buat Ibu yang kerja kantoran. Jadi bisa masak terus ditinggal. Cuma saya belinya merek ini dan bukan merk yang terkenal itu (you know lah) karena ini masaknya sekitar 3 jam, jadi gak sampai 8 jam gitu. Mikirya supaya makanannya lebih fresh aja.

8. Jar Little Ponny Rp. 0.-
Ini isi goodie bag dari teman daycare L. Bisa buat bawa hasil kukusan makanan ke daycare. Dalamnya stainless jadi kayaknya panas bisa tahan.

9. Tumbler Tupperware Rp. 0.-
Ini isi goodie bag dari Iyel (Adenya Mei). Sudah berguna sih dari sekarang buat isi air mineral buat bikin sufor. Jadi penggunaan bisa diperpanjang buat minum L nanti kalau pergi-pergi biar ga tumpah.

10. Simba Training Cup With Auto Straw Rp. 125.500.-
Beli ini karena terhasut sama mbaknya..Muahahaha.. Ini ceritanya biar L belajar minum pakai sedotan. Terus bagian ujung sedotannya ada pemberat, jadi kalau L banyak gaya, airnya ga akan tumpah.

11. Simba Juicy Jelly Feed Spoon Rp. 125.500.-
Ini sendok yang bisa dibawa pergi karena ada wadahnya. Isinya ada 2, buat makanan yang dialusin biasa sama buat sup. Terus dia bahannya kayak silikon jadi kalau digigit (semoga) gusinya L aman. Oh ya, ini juga ada sensor panasnya yang bakal berubah warna. Jadi ga perlu kek bokap gue orang tempo itu yang kalau mau ngetes makanan panas apa engga dimasukkin mulut sendiri dulu XD

12. Dr.Brown’s Milk Powder Dispenser Rp. 62.000.-
Ok, ini bukan buat alat MPASI tapi karena terlanjur ikutan difoto jadi taruh sini aja ya :p Alat ini ringkes banget buat bawa sufornya L.

13. 7 Circle Container Tupperware Rp. Lupa.-
Belinya pas jaman masih gadis XD Lapar mata karena bentuknya lucu. Eh taunya bakal kepakai juga sekarang. Bisa buat simpan makanan L dalam kulkas, jadi lebih higienis terus ukurannya pas untuk sekali makan.

14. Tiger Lunch Box 3 Susun Rp. 550.000.-
Beli ini karena kalau L sudah makan 3 kali lebih gampang buat dibawa-bawa. Again mikirnya buat bawa makanan L ke daycare dan kalau pas jalan. Dan baca review juga ok sih, panasnya awet. Milih merek ini karena bagian stainless nya itu utuh, jadi ketiga susunannya panas terus. Kalau punya Zoji kan bagian atasnya enggak (kata mbaknya).

15. Mini Square Set Tupperware Rp. Lupa.-
Sama kayak nomor 13, ini belinya dulu banget dan karena lucu XD Eh bisa kepakai sekarang buat nyimpen-nyimpen bahan makanan L ๐Ÿ˜€

16. Simba Toothbrush (Sikat Lidah) Rp. 29.000.-
Meski belum punya gigi (untuk sekarang) kayaknya akan terpakai buat lidahnya L. Bahannya lembut banget. Kalau sekarang kan masih pakai kassa tuh, jadi lebih hemat deh bisa dicuci terus dipakai lagi.

17. Pigeon Food Feeder Rp. 53.000.-
Awalnya naksir punya Nuby, cuma ga ada. Eh termakan bujuk rayu mbaknya, alhasil beli ini deh :p Py anaknya gampangan. Ini barang penting ga penting, malah kalau baca-baca justru ga bagus karena ga ngajarin anak ngunyah. Terus kenapa dibeli? Abis lucu, kapan lagi punya alat beginian XD haha.. Ga deng, ini kan bisa kepakai buat minum jus jeruk.. Ya kan.. Ya kann.. *nyari pembelaan*

18. Nuby The Nibbler Rp. Lupa.-
Ini katanya bisa buat ajarin L makan sendiri tapi ga jatoh-jatoh makanannya karena ditaruh dibagian dalam kasanya.

19 s/d 22 Berbagai Jenis Slabber
Lupa semua harganya berapa. Maafkan. Kayaknya ga lebih dari lima puluh ribu rupiah sih. Belinya berbagai model dan jenis karena belum tau mana yang cocok buat L. Mulai dari kain sampai bahan plastik. Dari yang lebar sampai yang jadi kecil pas dilipat.

23. Simba Straw Brush Rp. 38.500.-
Sikat buat sedotan si nomor 10. Biar lebih bersih ya kan ๐Ÿ˜€

Selain yang difoto itu, saya juga sudah punya Puku Food Maker. Alat ini dulu saya beli di Mataharimall.com buat kado. Ehh.. Pas datang dong packingnya rusak, terus sobek. Komplen lah lewat fb dan email tapi gak ada tanggapan. Akhirnya saya simpan deh, kan malu-maluin mo ngadoin orang terus bungkusnya sudah ga layak. Syukurlah bisa dipakai sekarang jadi ga perlu lagi beli saringan kawat sama juicer gitu.

565447023-g_400-w_g

565447026_02-g_400-w-st_g

Peralatan pelengkap lain yang saya beli khusus adalah pisau dan talenan. Belinya dua, satu buat sayur dan buah, satu lagi buat daging. Supaya lebih higienis aja sih. Sisanya kayak panci pakai yang sudah ada aja.

Nah.. Buat parah Mamah-mamah baru, pembelian perlengkapan MPASI disesuaikan sama kebutuhan dan dana ya. Kenapa? Karena kondisi setiap Mamah kan beda-beda ya. Mamah A perlu perlatan B sedangkankan Mamah C enggak. Terus yang paling kenal bayi kita kan kita sendiri ya modelnya seperti apa. Jadi ya memang mesti fleksibel.

Ini saya tulis cuma buat kenang-kenangan dan siapa tau bermanfaat buat yang masih bingung, kira-kira kebutuhan untuk MPASI apa aja ya. Buat gambaran aja.

Akhir kata.. Begitu lah kira-kira isi perlengkapan MPASIFOR nya L. Harusnya sih sudah lengkap ya ๐Ÿ˜€ Sekarang masih memperlengkapi diri dengan bacaan seputar metode MPASI yang buanyak banget ya ternyata XD Hihi.. Jadi emak-emak bikin belajar terus ya.

Advertisements

20 comments

  1. fannyng12 · November 15, 2016

    Seru emang mulai mpasi! hihi.. semangat mama L masak masaknyaa hehe

    Like

    • fannyng12 · November 15, 2016

      Bunda* L (ralat yang penting hahaha)

      Like

      • Pypy · November 21, 2016

        Hahaha.. Makasihh Fan ๐Ÿ˜€ Masih lagi seru2nya masak nih.. Soale cuma motong dan ngukus doang..wkwkw

        Like

  2. Dila · November 15, 2016

    Waaah lengkaappp! Btw tosss samaan aku juga sukaaaa blanja di Fany baby. Semangat yaaaa nanti bikin menu2 mpasi nya ๐Ÿ˜‰

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Yiayy.. Toss kita mba ๐Ÿ˜€ Abisan enak sih deket dari kantor, jadi sekali jalan deh ๐Ÿ˜€ Siyapp.. Baru 2 hari sih, jadi masih semangat..muahaha..

      Liked by 1 person

  3. Ribka Novindy · November 16, 2016

    Wah ga berasa ya uda mau MPASI aja nih baby L..Semoga makannya pinter yaa n makin embul…

    Like

  4. Melissa · November 16, 2016

    satu kata py, RAJIN! rajin banget sampe di nomerin dan di jelasin satu2 gitu pyyyy!!!
    MPASI tuh memang seru yaahh, apalagi pas awal2 biasa anaknya dikasih apa aja mangap (belom tau rasa soalnya hahaha)

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Haha.. Iya Mel, soale gw pas lagi nyari kebantu sama tulisan emak2 yg rinci bgni, jadi ngelakuin yg sama deh.. Siapa tauu ada yg nyasar dimari kan pas nyari jua.. Iya L kmren mangap tp beberapa menit pertama doang, abis itu nangis..wkwkwk

      Like

  5. naomitobing · November 16, 2016

    Waaaah, ini lengkap banget nget! Dulu pas mau MPASI aku ga selengkap itu. Slow cooker aja ga punya jadi tiap hari masak di panci, habis itu kerja. Wakakaka, soalnya mikirnya ga lama kepakenya. Semoga L pintar dan lahap makannya ya. Selamat ber-MPASI.

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      SC ternyata bantu banget Mi, kmren nyobain kan. Pas bangun pumping skalian cemplungin yg buat makanan.. Tinggal tidur, bangun2 dibawah dah wangi bubur,,ahaha.. Aminnn.. Makasih ya ๐Ÿ˜€

      Like

  6. natalia2305 · November 16, 2016

    wah py L udah mao Mpasi ya, cepet banget yaa…bentar lagi belajar makan, trus belajar jalan…wah makin seruu dehh…hehe MPASI pertama biasanya Excited banget, yang biasanya ga rajin ke dapur jadi rajin…hahaha

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Iya Nat, udah mulai sabtu kmren..hihi.. Iya one step at a time yaa..wkwk.. Exciting abiss emang, maklum masih awal2 ya kan.. Moga ga redup deh ๐Ÿ˜€

      Like

  7. Rere · November 16, 2016

    Horeee udah mau MPASI yaaa baby L. Semangat ya utk bunda, semoga L pinter makannya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Yeayyy.. Tengkiuuu Re ๐Ÿ˜€ Aminn Aminn..

      Like

  8. mirabudi · November 17, 2016

    Lengkap kap kap bunda L peralatan tempur mpasi nya L
    semoga L lahap makanny ya nak

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Syukurr bangett ya dapat gratisan…muahaha.. Jadi makin lengkap deh XD Aminn.. Thankss Mir ๐Ÿ˜€

      Like

  9. Melissa Octoviani · November 18, 2016

    yg no 4 itu emang kayak kado wajib ya, gua punya berbiji2 hahahaha… yang no 3 kepake banget loh ampe sekarang… buat bawa buahnya jayden ato biskuit… good luck ya mpasi-for nya… semoga L makannya lahap…

    Like

    • Pypy · November 21, 2016

      Hahah.. Bisa dijualin lagi yess itu yg banyak2 ๐Ÿ˜€ Thankss Mel:D

      Like

  10. leonyhalim · November 22, 2016

    Believe it or not, gue nggak dapet Pigeon feeding set itu loh! Hahaha, padahal liat tulisan lu dan komen, komen, semuanya pada dapet ya. Gue dapetnya Avent Philips feeding set, serupa tapi tak sama hahaha. Untung nggak sampai berbiji-biji. Perasaan dulu MPASI gue gak siapin apa-apa loh. Alat masak yang gue beli cuma panci Scanpan karena stainless steelnya 18/10 (pure). Terus cuma pake hand blender Philips. Jadi gak ada pake slow cooker etc. Jadi beneran gak banyak alat2nya.

    Like

  11. gillsunshine · November 22, 2016

    wow wow wow aku cuma bisa bilang wow! mantap bener bunda! gw cuma modal phillip avent hahahaha ๐Ÿ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s