Review: Melahirkan di RS. Husada (Mangga Besar – Jakarta)

Tulisan ini sudah ada di draft sejak habis melahirkan, cuma karena kelamaan ketiban tulisan yang lain πŸ˜€

Saya mau nulis soal melahirkan di Rumah Sakit Husada ini karena sebelum saya melahirkan, susah banget nyari blog yang cerita. Syukurnya ada Valin yang duluan lahiran disana, jadi bisa kepoin soal pelayanan dan tentu saja soal harganya.

Memang sih sama dokter tuh sudah dikasih perkiraan harganya, cuma kan pengin tau harga terbaru berapa.

Tenaga Medis

Syukur banget dari awal proses CTG sampai melahirkan dan pulang saya ga ketemu sama satu pun Dokter, Bidan, maupun Perawat yang galak. Semuanya baikkkk banget. Bahkan beberapa perawat yang sampai sekarang ketemu pas kontrol L pun masih ramah aja. Oh ya, after service nya juga oke banget. Jadi beberapa hari setelah pulang tuh saya sempat kewalahan karena L nangis terus kan, telpon lah saya ke RS buat tanya kenapanya, eh dijawab panjang lebar sama Ibu Bidan. Senang πŸ˜€ Kurangnya sih paling mereka ini kurang inisiatif. Kayak waktu itu Dokter sudah bilangin ke Perawat kalau saya diajarin semua hal tentang ngurus bayi baru lahir. Macam mandiin, nyusuin yang benar, merawat payudara gitu-gitu deh. Cuma ya kalau tidak dipanggil ga akan datang dan jelasin. Butuh dari kitanya yang bawel minta tolong.

IMG20160526112030.jpg

Ga ada foto sama dokter selama dirawat, jadinya minta foto pas kontrol seminggu sesudah lahiran πŸ˜€ Psstt.. Sudah ijin lho sama dokter Radius buat mejengin foto bareng beliau disini.

Kamar

Dari awal saya sudah bilang ke suami kalau saya maunya kamar yang sendiri aja. Bukannya belagu ya, tapi diri ini penakut tingkat antariksa. Tidur sendirian dirumah aja bisa ga lelap, apa kabar di RS.. Hih.. Mending kalau ada temannya dikamar ber-3 atau ber-2, kalau engga? Yang ada saya pulang rumah deh buat tidur (beneran kepikiran) XD Kamar yang saya incar dari awal itu kamar nomor 505. Awalnya kamar ini masuk VIP Standar, cuma karena kamar kelas 3 yang di Paviliun Soka ga laku, kamar ini turun tahta jadi kelas 1. Sayangnya harga ga ikut turun XD Puji Tuhan pas ngurus administrasi lahiran kamarnya masih kosongΒ  Dikamar ini Ai bisa nemenin, jadi saya aman tentram. Fasilitas dikamarnya standar kayak toilet, tv dengan berbagai pilihan siaran, kulkas mini yang bisa nampung seserahan dari yang jenguk dan tempat tidur kecil buat yang jaga. Ukuran kamarnya sendiri lumayan, ga luas sih tapi juga ga yang sempit banget. Untung yang datang menjenguk ganti-gantian, ga yang dalam rombongan gede jadi masih ok. Satu keluhan sih cuma dipengaturan suhu kamar. Jadi kamarnya itu pakai AC sentral yang mana pengaturan tuh dikamar saya. Karena sentral jadi diset dingin banget biar yang dua kamar lain ga kepanasan. Yang ada saya selimutan mulu.. Hih.

This slideshow requires JavaScript.

Btw, kalau dikasih washlap jangan lupa dibawa pulang..Haha.. Kena charge soalnya itu :p Baru sadar pas baca-baca detail pembayaran.

Ruang Bayi

Selama dirawat L kalau malam selalu kami ijinkan ditaruh diruang bayi. Pilihan yang tepat karena setelah pulang ke rumah ga ada lagi tidur sepanjang malam. Meski resikonya payudara jadi sekeras batu kalau bangun. L diantar ke kamar setiap jam 6 pagi dalam keadaan sudah bersih dan dibawa kembali sesuai permintaan orang tua. Selama di RS kalau L pup atau pampers kepenuhan langsung dikasih ke suster πŸ˜€ Jadi beneran terima bersih kemudian ngarep pas pulang ada suster ikutan..haha..

Jam Besuk

Karena dikamar sendiri jadi ga ada jam besuk dikamar saya, untungnya yang datang menjenguk masih diwaktu-waktu yang bisa ditolerir. Jadi selama disana juga aman, ga ada yang diusirin satpam XD

IMG20160521145923

IMG20160522122929

Makanan

Disini ada 3 kali makan dan 2 kali ngemil. Pilihan makanannya juga beragam, tiap hari dikasih 3 pilihan menu, mau Oriental, Western atau Indonesia. Dan untuk lidah saya sih enak-enak saja ya. Owh kecuali yang Gurami Acar Kuning ga kemakan karena berasa masih anyir banget. Selain itu ok semua πŸ˜€ Kue-kue yang dikasih buat cemilan juga enak. Pas hari terakhir harusnya cuma dapat sarapan tapi karena ga mau rempong pas dirumah ga ada makanan jadi saya tetap rekues. Jadi ada tuh ditagihan makan sekali πŸ˜€

IMG20160521130318

1472195613212

Harga

Jujur kenapa memilih lahiran di Husada sih ga ada faktor apa-apa selain karena dekat rumah. Dan dokter kandungan pun sedari awal kan disini terus sudah cocok banget. Lagian saya orangnya malas ribet sih, jadinya memang ga nyari-nyari RS lain. Yaa.. Meski memang kepoin harga RS lain juga. Tak lain dan tak bukan untuk mempersiapkan dananya. Ehh.. Puji Tuhan banget pas baca-baca terus dibandingin sama harga yang dikasih dokter tuh, harga lahiran di RS ini lebih terjangkau. Dan setelah ngomong sama penduduk asli Jakarta (yang memang pernah tau juga pastinya ya) juga pada ngomong kalau RS ini memang harganya ga mahal.

Total biaya yang kami keluarkan: IDR 21,600,000.- (dicover asuransi IDR 15,000,000.-)

Sekian dan semoga membantu bagi yang membutuhkan ya.

P.s: Ini harga bulan Mei 2016.

Advertisements