Hate Speech

Sebenarnya saya mau menuliskan hal yang lain, tapi postingan salah satu komen di status FB teman saya bikin saya lumayan pemanasan otak waktu mompa tadi subuh. Ya salah saya sendiri sih ngasih makan jiwa subuh-subuh dengan media sosial dan bukannya menghadap Tuhan dan baca Firman-Nya. Teman saya ini reshare postingan judulnya: Polri: Akun Medsos Untuk Melawan Jokowi. Jadi didalam tulisan itu disebutkan kalau Polri akan bekerja sama dengan sejumlah pihak agar hambatan mengungkap siapa-siapa pemilik akun provokasi bisa terungkap. Karena ternyata akun-akunya sudah pada dihapus. Oke pas saya baca sampai selesai rasa-rasanya sih ga ada yang salah. Dan ga ada kalimat apapun yang bisa disalah tafsir.

Di caption teman saya dia cuma bilang Hati-hati kalau bikin status, karena kalau sudah dihapus pun, dengan bantuan pihak-pihak lain ituย  tulisan tersebut bisa nongol lagi. Lah.. Tapi kok temannya teman saya ini komennya gak banget. Pakai English gitu lah (yang ternyata kayaknya ada tenses yang salah sampai dibenerin para Grammar Nazi XD) intinya dia sebut teman saya ini pembohong. . Nah asli saya bingung kenapa kok temannya ini tersulut begitu rupa dan nulis komen yang asli bikin otak (berusaha untuk ga pakai hati bacanya) panas. Dan menurut saya sih ga pantas ya, dia nyebut teman saya ini bodoh, pembohong, dll yang gak pantas saya tulis disini. Yang saya salut teman saya sangat dewasa menyikapi postingan tersebut. Saya komen yang isinya meminta teman saya untuk mengingat-ingat, adakah kejadian di masa lalu yang belum selesai dengan orang ini? Soalnya saya gagal paham isi komennya dia dengan isi konten yang dishare teman.

Kemudian pas tiba dikantor saya langsung buka detik. Ok.. Saya lebih bodoh dari kedelai keledai dalam hal ini. Bukannya doa memulai pekerjaan malah buka berita. Eh tapi berbeda dengan yang subuh, kali ini hati saya adem sekali. Saya membaca berita soal Gus Mus yang meminta agar karyawan PT. Adhi Karya jangan dipecat. Usut punya usut, ternyata si karyawan ini menghina isi cuitan Gus Mus di Twitter. Dan direspon oleh perusahaan tempat dia bekerja. Untuk yang penasaran isinya apa silahkan gugling untuk lebih jelas. Sejujurnya saya tidak mengenal siapa Gus Mus ini sampai barusan saya gugling dan ternyata beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren. Berikut petikan balasan Gus Mus ke Fadjroel yang adalah Komisaris Utama PT. Adhi Karya.

“Tidak ada yang perlu dimaafkan, Mas Fadjroel. Kesalahannya mungkin hanyalah menggunakan ‘bahasa khusus’ di tempat umum. Maklum masih muda :)” @gusmusgusmu

Baca begini saya kok jadi ingat Gus Dur ya? Maaf kalau saya yang orang luar ini salah. Tapi jujur banget saya akui kalau hati saya damai bacanya. Damai baca responnya Gus Mus terhadap isi komenan yang menurut beliau termasuk ‘bahasa khusus’.

Jaman sekarang tuh kan kayaknya orang emang sumbunya pada pendek ya kayak saya. Belum lagi kalau ternyata emosi sama judul padahal belum baca isinya kayak case temen saya. Lah, sudah dosa marah-marah, taunya jaka sembung.. Kan malu ya. Banyak kan hari gini yang malas baca. Ga usah deh jauh-jauh baca berita yang mungkin butuh penafsiran dan tergolong berat. Itu seller online shop di Instagram apa ga suka darah tinggi ya kalau detail soal barangnya sudah dipampang nyata di caption tapi terus masih ada pembeli yang nanya “Harga nya berapa sis?” atau “Disaya muat ga ya sis?”.. Hellaawww.. Atau ada para Moms di Ig yang doyan berbagi pengalaman kan, sudah jelas tuh semua ditulisin tapi dikolom komen tetap ada saja yang nanya hal yang sudah dijelaskan. Simply karena dia malas baca.

Oke, balik lagi soal komentar-komentar berisi kebencian.

Apa salahnya sih mengeluarkan kalimat yang baik-baik gitu? Kalau memang ga ada yang baik yang bisa dikeluarin ya sudah ga usah komen. Atau kalau memang setiap kalimat yang terucap isinya yang ga enak, coba cek hati deh. Kata Tuhan di Matius 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari HATI.

Papa saya selalu bilang, ga susah bikin orang senang. Karena setiap orang pasti senang dipuji. Pasti. Lah air yang dikasih kata-kata baik aja bentuk kristalnya jadi cantik. Kita kan manusia katanya 60% sampai 70% kandungannya air ๐Ÿ˜€ Jadi pasti senang kalau diperkatakan dengan kebaikan. Lihat saja, saya bisa damai cuma dengan membaca berita kebaikan Gus Mus. Tapi ya balik lagi, harus tulus, karena kalau enggak, peres namanya ๐Ÿ˜€ Punya integritas juga, depan baik belakang juga omongannya mesti baik.

Terus kalau ga ada yang baik? ya cari. Contoh, saya yang ASI nya sedikit (oke silahkan dibantah, tapi kenyataannya memang begitu disaya). Daripada dikatain “ihh.. Py, ASI lu dikit ya, padahal kan lu gendut” #jadicurhat #kemudianmewek. Lebih enak kalau didiemin aja atau ngomong apa kek yang menguatkan macam “Minum susu almond katanya bagus Py buat nambah ASI, coba aja, nothing to lose kan” ya gitu-gitu deh.

Memang sih ini termasuk hal yang perlu dilatih. Apalagi yang dari kecil miskin dikata-katain baik seperti saya. Makanya sekarang saya terus belajar bagaimana supaya yang keluar dari mulut saya adalah hal-hal yang baik aja. Ai paling tau deh jatuh bangunnya saya dalam hal ini. Tapi sama seperti pepatah yang biasa kita dengar, tak ada kata terlambat untuk belajar, bukan?

Amsal 12:18 Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang,ย ย  tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan.

Efek Lahiran

Kalau yang jelek-jelek macam tambah gendut, mata panda dan rambut rontok ya sudah keliatan lah ya. Banget malah. Cuma ternyata dari sederetan efek lahiran yang jelek itu, ada satu bagian yang menurut gw tambah ok. 

Bagian itu adalah muka gw.

Iya muka gw pas abis lahiran keliatan makin cerah. Boss gw yang hampir-hampir ga pernah muji pun ngomong kalo kulit muka gw bagusan. 

Pada bisa liat ga? Engga ya? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Ya udah deh

Nah hal itu terbukti waktu gw diajakin Kitin dan teman lain buat cek muka gratis di konternya SKII. Awalnya sempet ga mau. Ya abeiss.. Waktu itu (sebelum hamil kalo ga salah) pernah cek dan hasilnya kulit gw berusia jauuuuhhh dari usia gw saat itu. Kan tengsin ya bokk.. Dekil amat gw. Cuma ya udah lah gw ikut aja, kebeneran waktu itu gw juga emang ada perlu ke Plaza Senayan. 
Pas sampai dikonter langsung dilayani mba-mbanya.. Kalo ga salah yang begini disebut BA ya? Beauty advisor.. Bener ga? *beneran nanya*.. 

Muka gw macam difoto gitu.. Ah pasti dah pada tau kan bentuknya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Dannn.. Eng ing engg.. Berikut hasilnya


Hasilnya umur 22 dong.. Syeneng bangett shayyy ๐Ÿ˜ Yah walaupun spot controlnya kek orang umur 29 (sesuaii yee), tapi tekstur muka gw kayak anak 15 tahun… Yahh setidaknya ceklis yang lain usianya tetep lumayan daripada yang sebelumnya ya kan. 

Terus abis itu beli produknya ga? Ya enggalahhhh.. *banggabanget* *ketahuannyarigratisandoang*๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Makasih ya embaknya sudah rela hati menerangkan ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ 

Dan begitulah, sekarang sedang menikmati muka yang lagi kinclong sebelum (siapa tau) berubah pas si haid datang.. Syududududu.. 

Belanja Perlengkapan MPASI-FOR

Kenapa MPASIFOR? karena L konsumsi ASI ditambah suFOR XD

Cerita seputar MPASI ini akan saya posting terpisah. Sekarang jelasin barang-barangnya dulu aja. Peralatan ini ada yang dari kado, isi goodie bag, beli pas jaman masih gadis, dan nyicil 2 kali belanja (masih) di Fany Baby Shop ITC Kuningan. Yang saya beli sih yang sekiranya penting dan terpakai ya. Ya paling ada satu dua yang belinya karena “ihh lucu yaa” ๐Ÿ˜€

16-11-14-21-06-57-895_deco.jpg

1. Steam It Tupperwareย  Rp. 0.-
Ini dan nomor 2 adalah kado ulang tahun saya dari teman kantor. Waktu itu memang sudah kepikiran kalau alat kukusan ini pasti kepakai buat MPASI makanya rekuest.

2. Turbo Chopper Tupperwareย  Rp. 0.-
Alat ini berguna buat mencacah makanan. Ya bisa dibilang sebagai pengganti blender (?). Ukurannya yang kecil sih sepertinya pas dengan bahan MPASI. Kan biasanya bikinnya sedikit sesuai kebutuhan bayi.

Peralatan 1 dan 2 ini yang bikin saya akhirnya tidak membeli alat steam blendย  otomatis yang tinggal colok pakai listrik. Ya selain berhemat, juga karena senin sampai jumat saat bawa makanan ke daycare disarankan yang masih utuh saja. Maksudnya kalau mau bawa buah, ya buah yang sampai ditahap potong atau kukus, karena akan diblender sama susternya saat waktu makan tiba. Lagian kan kalau baca-baca tekstur makanan bakal naik terus ya.

3. Tiwi Todz Tupperware Rp. 0.-
Ini juga gratis, kado lahiran dari teman kantor. Enak dah punya temen juragan Tupperware. Isinya ada sippy cup, bowl yang ada tutupnya, sendok, sama tempat buat snack.

4. Pigeon Feeding Set Rp.ย  0.-
Ini kayaknya kado wajib lahiran ya. Syukurnya saya bikin wishlist jadi ya dapatnya satu aja. Ada teman saya sampai punya 5 lhoo.. hihi. Isinya pas buat perlengkapan makan ya, lengkap! Dari piring, mangkok, sendok sama gelas buat belajar minum sendiri.

5. Folding Boster Seat Mastela Rp. 300.000.-
Tadinya mau beli high chair cuma terus mikir, kan dirumah duduknya lesehan ya, tar yang ada L tinggi sendiri kan pegel..Haha.. Tujuannya jelas untuk bikin L disiplin makan. Kan di daycare diajarin makan sambil duduk, kalau dirumah makannya kemana-mana nanti bingung anaknya. Semoga.

6. Mangkok Anti Slip Little Baby Rp. 50.000.-
Ini salah satu yang dibeli karena berasa lucu. Cuma terus mikir ini kayaknya kepakai buat ajarin L makan sendiri. Jadi meminimalisir kejadian mangkok tebalik karena ada anti slip bawahnya ๐Ÿ˜ Mangkok ini dilengkapi tutup dan sendok. Belum tau bisa dibawa tanpa tumpah atau enggak.

7. Slow Cooker Baby Safe Rp. 180.000.-
Katanya sih ini alat yang wajib buat Ibu yang kerja kantoran. Jadi bisa masak terus ditinggal. Cuma saya belinya merek ini dan bukan merk yang terkenal itu (you know lah) karena ini masaknya sekitar 3 jam, jadi gak sampai 8 jam gitu. Mikirya supaya makanannya lebih fresh aja.

8. Jar Little Ponny Rp. 0.-
Ini isi goodie bag dari teman daycare L. Bisa buat bawa hasil kukusan makanan ke daycare. Dalamnya stainless jadi kayaknya panas bisa tahan.

9. Tumbler Tupperware Rp. 0.-
Ini isi goodie bag dari Iyel (Adenya Mei). Sudah berguna sih dari sekarang buat isi air mineral buat bikin sufor. Jadi penggunaan bisa diperpanjang buat minum L nanti kalau pergi-pergi biar ga tumpah.

10. Simba Training Cup With Auto Straw Rp. 125.500.-
Beli ini karena terhasut sama mbaknya..Muahahaha.. Ini ceritanya biar L belajar minum pakai sedotan. Terus bagian ujung sedotannya ada pemberat, jadi kalau L banyak gaya, airnya ga akan tumpah.

11. Simba Juicy Jelly Feed Spoon Rp. 125.500.-
Ini sendok yang bisa dibawa pergi karena ada wadahnya. Isinya ada 2, buat makanan yang dialusin biasa sama buat sup. Terus dia bahannya kayak silikon jadi kalau digigit (semoga) gusinya L aman. Oh ya, ini juga ada sensor panasnya yang bakal berubah warna. Jadi ga perlu kek bokap gue orang tempo itu yang kalau mau ngetes makanan panas apa engga dimasukkin mulut sendiri dulu XD

12. Dr.Brown’s Milk Powder Dispenser Rp. 62.000.-
Ok, ini bukan buat alat MPASI tapi karena terlanjur ikutan difoto jadi taruh sini aja ya :p Alat ini ringkes banget buat bawa sufornya L.

13. 7 Circle Container Tupperware Rp. Lupa.-
Belinya pas jaman masih gadis XD Lapar mata karena bentuknya lucu. Eh taunya bakal kepakai juga sekarang. Bisa buat simpan makanan L dalam kulkas, jadi lebih higienis terus ukurannya pas untuk sekali makan.

14. Tiger Lunch Box 3 Susun Rp. 550.000.-
Beli ini karena kalau L sudah makan 3 kali lebih gampang buat dibawa-bawa. Again mikirnya buat bawa makanan L ke daycare dan kalau pas jalan. Dan baca review juga ok sih, panasnya awet. Milih merek ini karena bagian stainless nya itu utuh, jadi ketiga susunannya panas terus. Kalau punya Zoji kan bagian atasnya enggak (kata mbaknya).

15. Mini Square Set Tupperware Rp. Lupa.-
Sama kayak nomor 13, ini belinya dulu banget dan karena lucu XD Eh bisa kepakai sekarang buat nyimpen-nyimpen bahan makanan L ๐Ÿ˜€

16. Simba Toothbrush (Sikat Lidah) Rp. 29.000.-
Meski belum punya gigi (untuk sekarang) kayaknya akan terpakai buat lidahnya L. Bahannya lembut banget. Kalau sekarang kan masih pakai kassa tuh, jadi lebih hemat deh bisa dicuci terus dipakai lagi.

17. Pigeon Food Feeder Rp. 53.000.-
Awalnya naksir punya Nuby, cuma ga ada. Eh termakan bujuk rayu mbaknya, alhasil beli ini deh :p Py anaknya gampangan. Ini barang penting ga penting, malah kalau baca-baca justru ga bagus karena ga ngajarin anak ngunyah. Terus kenapa dibeli? Abis lucu, kapan lagi punya alat beginian XD haha.. Ga deng, ini kan bisa kepakai buat minum jus jeruk.. Ya kan.. Ya kann.. *nyari pembelaan*

18. Nuby The Nibbler Rp. Lupa.-
Ini katanya bisa buat ajarin L makan sendiri tapi ga jatoh-jatoh makanannya karena ditaruh dibagian dalam kasanya.

19 s/d 22 Berbagai Jenis Slabber
Lupa semua harganya berapa. Maafkan. Kayaknya ga lebih dari lima puluh ribu rupiah sih. Belinya berbagai model dan jenis karena belum tau mana yang cocok buat L. Mulai dari kain sampai bahan plastik. Dari yang lebar sampai yang jadi kecil pas dilipat.

23. Simba Straw Brush Rp. 38.500.-
Sikat buat sedotan si nomor 10. Biar lebih bersih ya kan ๐Ÿ˜€

Selain yang difoto itu, saya juga sudah punya Puku Food Maker. Alat ini dulu saya beli di Mataharimall.com buat kado. Ehh.. Pas datang dong packingnya rusak, terus sobek. Komplen lah lewat fb dan email tapi gak ada tanggapan. Akhirnya saya simpan deh, kan malu-maluin mo ngadoin orang terus bungkusnya sudah ga layak. Syukurlah bisa dipakai sekarang jadi ga perlu lagi beli saringan kawat sama juicer gitu.

565447023-g_400-w_g

565447026_02-g_400-w-st_g

Peralatan pelengkap lain yang saya beli khusus adalah pisau dan talenan. Belinya dua, satu buat sayur dan buah, satu lagi buat daging. Supaya lebih higienis aja sih. Sisanya kayak panci pakai yang sudah ada aja.

Nah.. Buat parah Mamah-mamah baru, pembelian perlengkapan MPASI disesuaikan sama kebutuhan dan dana ya. Kenapa? Karena kondisi setiap Mamah kan beda-beda ya. Mamah A perlu perlatan B sedangkankan Mamah C enggak. Terus yang paling kenal bayi kita kan kita sendiri ya modelnya seperti apa. Jadi ya memang mesti fleksibel.

Ini saya tulis cuma buat kenang-kenangan dan siapa tau bermanfaat buat yang masih bingung, kira-kira kebutuhan untuk MPASI apa aja ya. Buat gambaran aja.

Akhir kata.. Begitu lah kira-kira isi perlengkapan MPASIFOR nya L. Harusnya sih sudah lengkap ya ๐Ÿ˜€ Sekarang masih memperlengkapi diri dengan bacaan seputar metode MPASI yang buanyak banget ya ternyata XD Hihi.. Jadi emak-emak bikin belajar terus ya.