Vaksinasi di Rumah Vaksin

images.jpg

Source: here

Waktu masih hamil, teman kantor saya sudah mengingatkan soal biaya vaksin yang terbilang gede. Waktu dengar sih ya masih santai lah. Meski memang dia sudah nyebut kalau angkanya itu bisa sejuta lebih saban kali vaksin.

Pas dijalani kok ya berasa banget ya. Puncaknya pas abis vaksin PCV di RS langganan, saya merasa harganya terlalu mahal jika dibandingkan ke beberapa orang teman yang vaksin di RS lain. Waktu WA sama ci Debby, ci Deb ada nyebut soal Rumah Vaksin (saya singkat menjadi RV). Kemudian dimulailah pencarian informasi tentang RV didunia maya. Ternyata sudah banyak Ibu yang bawa anaknya kesana dan puas. Jadi diputuskan lah kalau vaksin L berikutnya di RV.

Sebenarnya sudah telat 2 minggu dari jadwal sih, tapi karena masih bulan ke 4 jadi gpp lah. Jadwalnya itu vaksin Pediacel sama Rotateq. Cuma ternyata Pediacel kosong. Jadilah diganti ke Pentabio plus Polio.

Hari sabtu pagi (08/10/2016) kami menuju ke RV Grogol yang berlokasi di Jelambar. Karena belum pernah main ke arah sana, jadilah mengandalkan Waze dan syukurlah ga tersesat sama sekali. Namanya Rumah Vaksin ya bentuknya memang di rumah πŸ˜€ *Aposeee*.

IMG20161008090633.jpg

Kesan pas masuk kok agak sempit ya, kata mbanya lagi renovasi. Nanti pindah disebelahnya.

Pas nyampe L ditimbang badannya. Dan ini yang selalu bikin saya galau berat pastinya berapa. Kalau timbangan manual itu 7,8kg sedangkan ditimbangan digital di rumah beratnya 7,5kg. 3 ons sih bedanya, cuma kalau bayi kan selisih segitu lumayan. Pas masuk ke ruang dokter diukur panjang, sama lingkar kepala. Dokter Tri Permatadewi pun ngeluarin map yang isinya chart perkembangan anak. Dari berat, panjang sama lingkar kepala diatas rata-rata. Cuma rangenya masih dalam batas normal sesuai umur.

Di samping meja Bu Dokter ada kulkas yang dilengkapi pengukur suhu tempat menyimpan vaksin. Sebelum menyuntikkan vaksin, Bu Dokter jelasin semua secara jelas soal bungkus vaksin Pentabio yang bakal berubah warna kalau suhunya sudah tidak sesuai. Kemudian ditunjukkin tanggal kadaluarsa dan dijelasin secara singkat apa isinya. Jadi ya gak asal suntik. Waktu ngasih Rotateq juga gitu, ga terburu-buru, Bu Dok memastikan semua cairan imun masuk dan ditelan. Yang lucu pas L berontak saya coba menghibur. Sama Bu Dok ga dibolehin, justru kalau nangis malah cairannya gampang ketelan katanya.. Ok lah πŸ˜€

Oh ya, disini L diresepi zat besi Ferlin *terus pas nulis ini baru sadar belum dikasih ke L XD*, kata Bu Dokter, bayi diatas 4 bulan atas rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) perlu diberikan zat besi untuk mencegah defisiensi besi. Klink link di sini untuk baca lengkapnya. Saat pemberian zat besi ini BAB bayi akan cenderung menghitam dan keras. Kalau sampai benar-benar keras dan jadi ga BAB pemberian dihentikan sementara.

IMG20161008090719.jpg

Total bayar vaksin kemarin itu IDR 600k dengan rincian Pentabio + OPV = 275k dan Rotateq = 325k. Untuk daftar harga vaksin di Rumah Vaksin bisa dilihat langsung di web rumahvaksin.net. Pembayaran disini bisa cash, debit BCA atau kartu kredit tapi kena charge 2% kalau ga salah. Puji Tuhan banget kemarin L dapat kunjungan dan angpau dari Namborunya, jadi kami cuma nambahi cepe’ aja XD

IMG20161008182200.jpg

Lucu ya stempelnya, jadi kalau lupa Bu Dok ngomong apa tinggal lihat saja biar ga panik πŸ˜€

Cerita Selesai Vaksin

Sejujurnya saya takut nih waktu milih yang Pentabio buat L, takut L sampai demam. Waktu vaksin pertama saya pilih Hexaxim dan efeknya L cuma agak hangat 2 jam. Selebihnya aman sentosa. Makin parno pas baca-baca ada yang demam sampai 40Β°c. Teman daycare L seminggu sebelumnya vaksin ini juga demam tinggi. Lagi-lagi saya bisa tenang setelah WA dengan Ci Debby, baby K ga sampai demam cuma sumeng saja katanya. Sambil jalan ke RV sambil berdoa semoga kondisi L juga fit biar efek vaksin ga sampai gimana banget.

Setelah pulang kelihatan L kesakitan dibekas suntikan. Saya kompres pakai botol dingin dilapisi kain. Kakinya sampai ditekuk dan gak berani gerakin sama sekali. Pas saya gendong L langsung nangis. Persis 6,5 jam setelah vaksin suhu badan L mulai naik tapi kemudian berhenti di angka 37.3Β°c dan stay disitu sampai beberapa lama. Disaat ini L nangis terus dan jadi kagetan. Dia berusaha keras buat tidur, tapi terus dengar kasur gerak sedikit saja langsung kaget dan nangis. Total 5 jam dia nangis. Lihatnya kasihan banget. Tadinya saya mau kompres air hangat langsung ga jadi karena kesentuh dikit badannya nangis. Untung dirumah ada sedia kompresan yang bisa dibeli bebas. Tempel itu sampai pagi.

Selama proses itu saya kasih ASI terus ke L, sufor dihentikan. Mompa hampir setiap jam, maklum hasil sekali mompa selalu dibawah 80ml. Katanya dengan banyak cairan bisa bikin suhunya turun. Syukurlah L panasnyaΒ  ga perlu sampai ditambahin obat penurun panas.

Pas pagi bangun sudah ceria kembali. Kaki sudah bebas ga pakai ditekuk, bahkan dia langsung main tengkurap. Jam 10 pagi suhu mulai agak naik tapi L tetap ceria. Setelah itu kembali normal dan Puji Tuhan sampai hari ini dia sehat ceria. Tanggal 22 nanti bakal balik lagi ke RV untuk vaksin PCV kedua.

Buat Mama, Mami, Ibu, Bunda, Inang, Ine (Lanjutin sendiri) yang berlokasi di Jakarta, boleh dipertimbangkan tempat ini untuk vaksin anaknya πŸ™‚

 

Advertisements

32 comments

  1. naomitobing · October 13, 2016

    Hai Py. Aku juga kalau vaksin ke RV di Jelambar. Pas datang, ealaah ternyata dokternya bekas teman kantorku. Jadi malah senang banget karena bisa nanya apa aja. Sejak itu anakku nggak pernah ke DSA sama sekali, kebetulan juga krn sampai umur 1 tahun ga pernah sakit, curcolnya sama dokter Santi aja. Daaan harganya beda jauh banget sama di RS. So far, aku puas banget, terutama kalau vaksinnya udah stock lagi, dokternya inisiatif hubungin aku duluan. Semoga baby L selalu sehat ya.

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Hi Naomi, pas kemarin balik ke RV, gw ada mention nama mu lho πŸ˜€ Terus jadi ngobrol deh sama dokter Tri.. Ehh panggilannya Santi ya πŸ˜€ Iy keknya kedepannya gw bakal disini terus πŸ˜€ Amin.. amin.. Thanks ya.

      Like

  2. winnymarlina · October 13, 2016

    sempat heboh vaksin palsu ya kak

    Like

  3. Epi · October 13, 2016

    Gw belom pernah nyoba py padahal tau ada RV juga didaerah cempaka putih. Lupa kenapa gak disana. Keknya dulu jp pernah tlp katanya harus janjian dulu mau vaksin apa. Baru dateng. *Kalo gak salah ya*

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Iya Poy, harus bikin janji dulu biar bisa disiapin vaksinnya..

      Like

  4. TazOlip · October 13, 2016

    Wah thanks infonya Py, bisa banget dijadiin pertimbangan untuk vaksin. Selisih harga mayan bisa buat beli diaper lol

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Bisa nyetok buat sebulan malah selisihnya kalo dibanding RS yg sering gw datengin Lip..hihi,,

      Like

  5. jendluvu · October 13, 2016

    L lucuuu bngt di timbangann gttt.. πŸ‘ΆπŸ»πŸ‘ΆπŸ»πŸ‘ΆπŸ»πŸ˜πŸ˜πŸ˜

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      haha.. Menikmati dia Jen πŸ˜€

      Like

  6. ainaliu · October 13, 2016

    Sama kaya Kenny dulu tuh abis vaksin PCV pahanya bengkak dia ga bisa gerak.. dipegang aja sakit. Nangis2 terus jadinya.

    Eh abis vaksin apa tuh ya…begitu lagi. Hadeuuhh.

    Kirain karena anaknya berontak2 pas disuntik. Tapi kemarin L mah ga berontak kan ya? Entah kenapa jadinya tuh bisa bengkak gitu.

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Engga sih Na, L juga biasa aja pas disuntik. Mungkin efek obatnya beda2 kali ya. Kmren disuntik PCV kakinya biasa aja sih..

      Like

  7. pingiwed · October 13, 2016

    py, gue tau rumah vaksin tapi ga tau kenapa tiap mau vaksin kok ga kepikiran ya 😭😌 huhuhuhuhu

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Mungkin sudah cocok dgn yg sekarang Wi, jadi ga ke RV πŸ˜€

      Like

  8. ndu.t.yke · October 13, 2016

    Wah harus cari tau nih, di Sby ada gak RV yah….

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Kayaknya yg Surabaya di Pucang deh mem.. Nama jalan ya itu πŸ˜€

      Like

      • ndu.t.yke · October 28, 2016

        Owww Pucang. Mantab. Lumayan deket rumah

        Like

  9. xiaomeynie · October 14, 2016

    Lumayan selisihnya ya py jadi bisa hemat, pas waktunya vaksin pas ada yg kasi angpao senangnyaa πŸ™‚

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Haha.. Iya Nie, berkat selalu dtg tepat waktu ya kan πŸ˜€

      Like

  10. zilko · October 14, 2016

    Sipp, sehat-sehat terus ya L sudah divaksin, hehehe πŸ˜€

    Eh, sekarang ada ya RV gitu Py? Dulu seingetku kalo vaksin ya di dokter gitu.

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Aminn.. Thanks ko..

      Sama Ko, gw juga taunya kalo gak di dokter ya di posyandu gitu2.. Taunya sudah banyak juga jasa vaksin gini..

      Like

  11. Arman · October 15, 2016

    Kasian emang bayi kalo abis vaksin jd rewel karena berasanya gak enak ya… Untung gak demam ya Py…

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Iya ko, kesian bgt liatnya..hikss..

      Like

  12. Ceritaeka · October 15, 2016

    Waktu itu sempet denger soal RV, tapi karena jauh aku batalkan ke situ. Selisih harga aku anggap ongkos pengganti capek kalo mesti ke RV. anw semoga selalu sehat ya naaak.

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Iya kalo jauh mending jangan, itung2nya mesti pas emang πŸ˜€

      Like

  13. Beby · October 17, 2016

    Ciyan Dedek jadi gak enak ya badannya. Tapi demi kesehatan ke depannya gak papa ya.. :*

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Hooh onti Beb, bersakit2 sejenak, sehat kemudian..

      Like

  14. leonyhalim · October 18, 2016

    Waduh, itu kenapa ya Py? Dalam sejarah gue vaksin si Abby, gak pernah ada problem sama sekali sehabis vaksin. Kalau kayak gitu karena obatnya beda, atau dokternya beda ya.

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Kayaknya efek obatnya beda2 ya ci.. Kmren suntik PCV L aman2 aja kakinya πŸ˜€

      Like

  15. rafialviano · October 20, 2016

    Pasangan aja belom ada .. apa lagi baby -_-

    Like

  16. Dila · October 23, 2016

    Waaaah samaan nih, aku juga di RV pusat tempat dokter Piprim. Pas isu vaksin palsu kemarin2 sempat takut bgt dan confirm ke beliau, alhamdulillah insyaAllah RV ambil dr distributor resmi. Sampai 2th keuangan keluarga emang kubilang kesedot banget deh ke vaksin anak. Tapi insyaAllah worth it. Btw, RV juga ngebantu bgt lho.. waktu mau pindah ke melbourne, aku harus bawa record vaksinasi bocil buat daftar skolah disini.. dibikinin sama RV dalam 2 bahasa (dengan biaya tentunya). Recommended banget nih RV

    Like

    • Pypy · October 28, 2016

      Tenang ya mba kalau bisa dipastikan gitu.. Iya sih dana banyak bgt kesedot, tp gpp.. Investasi masa depan πŸ˜€ Owhh harus diterjemahin gitu ya.. Syukur deh, pilihan tepat ke RV πŸ™‚

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s