Cerita Lahiran Baby L

Yuhuuu.. Mumpung L sudah dibawa ke ruang bayi sekarang mau cerita dulu deh soal lahirannya L.

Btw, untuk yang sudah tau namanya tolong banget ut ga mention disini ya..ya.. Sama seperti Ayah Bunda nya, kami mau pakai nama samaran aja. Jadi tetap sebut dia L.. Ok?!

Seperti yang sudah diceritain dipostingan sebelumnya kalau per tanggal 9 itu gw sudah mulai cuti panjang. Nah selama cuti itu gw manfaatkan waktu dengan beberes rumah pakai jongkok, naik turun tangga, jalan-jalan.  Pokoknya segala usaha gw lakuin biar ngerasain yang namanya Kontraksi Asli. Iya yang asli, karena yg palsu sudah terlalu sering muncul. Tapi semakin ditunggu rasa itu tak muncul juga.

Akhirnya tanggal 16 Mei 2016 gw yg kebetulan diajak Mei ke Bidan tempat dia sering pergi ikutan di cek dalam. Rasanya cek dalam? Ga seseram yang sering dibicarakan ternyata. Sakitt cuma memang intinya rileks aja, jangan ditahan pakai paha. Nah, pas cek dalam itu si Bu Bidan ngomong kalau pintu rahim gw agak ke belakang. Sama beliau dibenerin lah. Terus beliau juga ngomong kalau bayi sudah masuk panggul cuma posisinya masih jauh. Pas gw bilang kalau HPL gw tanggal 18 Mei, beliau suruh gw balik hari rabu. Dia mau lihat apakah gw masih bisa normal atau operasi aja. Soalnya kan setelah 40 minggu kualitas air ketuban menurun, takutnya malah jadi racun. Ujungnya gw ga balik lagi sih.

Tanggal 17 Mei ortu gw dari Kotamobagu datang, sudah siap banget menyambut cucu pertama. Sempat jalan ke Gajah Mada Plaza terus ke Mangga Dua. Harapannya masih sama, semoga si kontraksi asli datang. Hasilnya? Pegel doang shayy.. Kzl!!. Rencana kami mau cek dokter tuh, sudah daftar tapi terus gw galau pergi apa enggak, akhirnya ga jadi pergi. Padahal suami dah telpon dokter tanya gimana kelanjutannya kalau gw ga kontraksi juga. Dokter bilang datang aja biar diomongin langsung.

Tanggal 18 Mei gw bangun dalam keadaan stress banget, iya gw frustasi terus mikir apa yang salah sampai pas di 40 minggu gw belum berasa sakit juga. Lebay ya? Untung ada hormon yang bisa disalahkan šŸ˜ Akhirnya gw rayu suami supaya ga kerja aja hari itu. Temenin gw karena gw berasa banget butuh teman seharian. Pokoknya hari itu gw pengen seneng-seneng aja. Suami bilang ok asal sebelum jalan cek ke dokter dulu.

Ya sudah kami ke dokter lah. Pas masuk ke ruangannya suami langsung ngomong panjang lebar soal kegundahan gw. Abis itu gw di USG. Dari USG semua terlihat baik, plasenta gw sudah matang sekali. Terus Dokter ijin cek dalam, pas dicek ternyata posisi L masih tinggi sekali sampai sudah disodok pun kepalanya tetap ga dapat. Ya pantes aja ya, gimana mo kontraksi kalau sampai pintu aja belum ni anak. Setelah ngobrol panjang lebar akhirnya diputuskan lah untuk operasi sesar. Dokter tanya mau kapan? Langsung gw jawab besok aja dok. Asli gw dah siap lahir batin buat lahiran, takutnya ketakutan yang sudah hilang nongol lagi. Dokter pun mengiyakan untuk dilakukan tindakan tsb. Setelah periksa beliau suruh gw untuk CTG, melihat pergerakan jantung janin ok atau gimana. Sambil gw di CTG suami ngurusin administrasi untuk lahiran. Kami ditanya, mau masuk malam atau pagi? Kami kompak jawab pagi aja. Toh rumah sakitnya cuma sepelemparan biji ketapang dari rumah.

image

Kelar di CTG kami kemudian menuju Plaza Semanggi, memanfaatkan waktu. Kan katanya kalau punya bayi itu untuk jalan pergi nonton gitu-gitu terbatas ya kan waktunya. Terus pas lagi Xmen Apocalypse baru main. Pas lahh. Dengan menggunakan point reward kartu kredit, gw ma suami nonton gratis yang versi 3D. Syukurlah filmnya bagus. Tapii.. Ah sudahlah, jangan sampai spoiler. Abis nonton pulang, ketemu nyokap yg amaze banget lihat anak perempuannya mau operasi tapi santai banget.

image

image

Pas malam sempat muncul sedikit kekhawatiran sih apakah semua akan baik-baik saja atau gimana. Tapi setelah doa bareng suami, hati gw lega. Tidur pun nyenyak sampai jam 3 pagi dibangunin suami buat makan. Berhubung gw punya magh, dan ga boleh makan 6 jam sebelum operasi jadi suami maksa saya makan. Setelah makan lanjut tidur sampai jam 6.30. Bangun, beberes, terus langsung jalan kaki ke RS. Sampai jam 7.55.

Suami ngurusin administrasi yang tersisa, gw tiduran diruang bersalin.

Pas masuk gw mulai ga santai liat infusan dan segala macam perlengkapan RS lainnya. Kemudian gw cuma ngomong ke perut “Bunda rela nahan sakit demi kamu, nak“. Abis ngomong gitu berasa dapat kekuatan.

image

image

Tindakan pertama yang dilakukan adalah pasang infus. Syukurrr banget susternya jago!. Mereka ga main tancep, sempat lama nyari uratnya, maklum ketutupan lemak yesss. Tapi begitu dapat dengan yakinnya langsung tusuk. Rasanya? Mayan nyeri sikit lah.

image

Tindakan kedua itu adalah suntik untuk tes antibiotik. Sebelum ditusuk susternya ngomong kalau yang ini pasti sakit. Tujuannya buat tau antibiotik yang akan dipakai cocok atau enggak. Rasanya? Aslii sakit banget!. Ada kali semenit sakitnya berasa. Tapi abis itu ilang sama sekali, tandanya gw ga masalah.

Tindakan ketiga adalah suntikan untuk ngambil darah. Yang ini juga gw sakit banget sama susternya, jago! Asli ga berasa sama sekali tau-tau selesai. Beda banget sama yang waktu itu ngambil darah gw waktu yang tes HIV segala. Padahal sama rumah sakitnya.

Begitu semua terlewati gw masih nunggu tuh sampai jam 10.30 akhirnya didorong ke ruang operasi di lantai 1. Asliii.. Seumur-umur pertama kalinya gw masuk RS dan langsung borongan gini tindakannya. Semoga ga lagi-lagi deh selain karena lahiran. Aminn..

image

Sampai di ruang operasi yang dingin ampun itu langsung dipasangin semacam alat untuk tes tekanan darah dilengan kanan. Ternyata nyambung ke monitor, dan alat itu ada kali setiap 5 menit ngecek tekanan darah. Dari yang biasa sampai berasa pegal banget.

Selesai pasang alat itu masih nunggu lagi karena dokter ada tindakan kuret. Gw ga tau deh berapa lama nunggunya.
Ga berapa lama dokter Radius datang, nyapa gw bentar terus ilang. Haha. Digantikan sama satu dokter yang akan suntik bius. Posisinya duduk sambil meluk bantal kecil karena suntiknta ditulang belakang. Suntik bius sakit ga? Jujur ku katakan ya. Tapiii itu karena gw ga rileks dan bikin pantat gw ke angkat-angkat. Dokter ngomong “Kamu harus rileks, tenang aja, di Husada ga ada yang sakit“. Pas ditusuk ke dua kali gw coba rileks sambil liatin perut. Puji Tuhan bisa. Gw kemudian rebahan lagi. Pas rebahan itu ge berasa nual kayak mau muntah. Susternya sadar kali yah, langsung diri dibelakang kepala gw sambil nuntun gw untuk bernapas yang dalam terus buang perlahan selama beberapa menit sambil merem. Syukurlah sesudah itu langsung enakan dan ga ada kejadian muntah sama sekali.

Perlahan kaki gw mulai panas dan baal. Beberapa menit gw masih bisa gerakin kaki, tapi setelahnya gw ga berasa apa-apa lagi. Pas dipasangi kateter pun gw sudah ga ngeh. Abis itu gw dipasangin selang oksigen dan dokter Radius nongol lagi sambil ngomong “Kita mulai ya, kamu tenang aja, ga akan berasa, nanti denger aja anaknya nangis“. Bisa gw bilang senyuman pak Dokter angetin hati gw banget.

Setelah itu gw berasa perut gw dikobok-kobok terus bayi gw diangkat, dibersihin di sebelah kiri gw. Kulitnya bersihh banget. Pas denger dia nangis gw langsung nangis bahagia. L diperiksa sama DSA bernama Ivone. Setelah selesai periksa dia ngomong kalau L ok. L kemudian ditunjukkin ke gw, gw cium terus dia dibedong dan dibawa keluar. Seneng tiada terkira ya lihat anak sendiri. šŸ˜šŸ˜

image

Baby L
Lahir: 19 Mei 2016
Jam: 11.31 WIB
Di: RS. Husada Jakarta
Berat: 3,3kg
Panjang: 48cm
Dokter Kandungan: Radius Tanoto
Dokter Anak: Yvonne

Setelah itu proses jahit berlanjut. Nah karena gw iseng ga tau mau ngapain, jadilah gw liatin tuh proses jahit lewat lampu yang mantulin. Ternyata akhirnya beberapa kali yah sampai ke lapisan kulit terluar. Dokter ngerjainnya telaten banget. Semoga deh ya aman sentosa selalu.

Selesai semua proses operasi gw didorong ke ruangan lain untuk nunggu dijemput suster lantai 5. Lumayan lama nih nunggunya. Ada kali setengah jam gw tungguin sambil merem. Pas keluar ternyata suami dah nungguin. Yuk mare kita foto! Cekrek!

image

Pas masuk kamar ternyata L masih diinkubator. Katanya bayi yang baru lahir (lupa deh ut yg sesar doang atau normal juga) ditaruh situ selama 6 jam. Jam 3 sore gw dah bisa minum pelan-pelan, terus jam 5 sudah boleh makan. Ga ada aturan tunggu kentut dulu, kata dokter hal itu cuma berlaku untuk yang bius total. Lagian kalau tunggu kentut bisa langsing gw, gw kentutnya baru tanggal 21 pagi. šŸ˜‚šŸ˜‚

image

Rasanya itu penantian terlama dalam hidup gw. Lewat deh penantian LDR selama 3 tahun sama ayahnya L yang penuh drama.. šŸ˜‚šŸ˜‚  *kemudian curhat*.

Begitu anaknya masukk.. Ga berhenti gw ciumin šŸ˜˜šŸ˜˜

image

Sampai hari ke dua setelah operasi gw ga boleh turun dari ranjang karena infus dan kateter masih nancap. Owh ya pas efek bius ilang, gw merasa kesakitan yang teramat sangat. Gw sampai minta suster buat nambahin dosis penghilang sakit, tapi ga diijinin karena jaraknya waktunya terlalu deket. Lagian gw sudah dikasih double obatnya. Lewat infus sama lewat anus. Ada sejam tuh gw meringis kesakitan sampai mau nangis rasanya ga kuat, tapi gw tahan jangan sampe lah nangis.

Tadi pagi, 21 Mei 2016, infus dan kateter gw dilepas. Gw kira lepas kateter sakit, taunya engga. Parno duluan..Wkwkw.. Abis itu gw belajar jalan meski luka operasi itu syakitt banget yess.. Mana tuhhh orang-orang yang nuduh ibu-ibu lahiran sesar karena takut sakit, biar gw jahit bibirnya, biar tau rasa gimana nyerinya.

Tapi meski sakit ya mesti dibiasain biar pulihnya cepet kan. Gw jalan tuh ke kamar Mei yang kebetulan lagi ulang tahun juga. Ngobrol bentar terus balik lagi deh.

Jam 2 dokter datang kontrol kemudian ganti perban gw sama yang anti air, terus gw disuruh mandi guyur seperti biasa. Cuma pas ngelap dibagian perban disuruh pelan-pelan biar ga cepet rusak. Terus gw iseng nanya “Dok, katanya keramas mesti tunggu 40 hari ya?” dijawab “Ahh.. Jangan percaya mitos lama itu“. Kenapa iseng? Karena kalau dilarang pun akan tetap gw langgar sih šŸ˜‚šŸ˜

image

Sekarang gw masih menikmati tidur nyenyak nih karena L ditaruh diruang bayi. Besok kalau (dan AMIN) semua baik-baik aja kami akan keluar RS dan pulang ke rumah. Keluar rumah ber 2, balik ber 3. Puji Tuhan!!

Makasihh banyakk banget ya teman-teman bloggers sekalian yang sudah mendoakan kami dari sejak saya hamil sampai akhirnya melahirkan dengan lancar dan sekarang L sudah ada ditengah kami dengan segala baik. Gw percaya Tuhan mendengar dan jawab doa.

Doakan kami terus agar bisa jadi orang tua yang sabar, bertanggung jawab dan ga gampang nyerah dalam membesarkan L. Karena gw tau membesarkan seorang anak itu jauh dari kata gampang. Dan berdoa L tumbuh jadi anak yang sehat, cerdas, takut akan Tuhan, punya etika yang bagus, lemah lembut, masa depan yang gilang gemilang bersama Tuhan, serta diberikan pasangan hidup yang mencintai Tuhan dan L. Aminn.

P.s: Maaf ya kalau banyak typo nya. Ngetik dari hp sambil diiringi dengkuran merdu suami.

25 comments

  1. gegekrisopras · May 22, 2016

    Congrats, kakak cantik! ā¤ Sehat2 terus ya buat semuanya.. Anyway si BabyL mukanya Batak banget ya :lol; Ga tau deh bbrp bulan ke depan.

    Kak itu filmnya 3D? 35rb? Di Semanggi? Argh ga terima gueeee di Bali yang biasa aja bisa 40rb-an hixxx

    Like

  2. Emaknya Benjamin br. Silaen · May 22, 2016

    Selamat yaa Py. Baby L wajahnya lucu bangett so cute ā¤ .
    Apa gak serem lihat proses jahitnya? šŸ˜€ . Benang operasi setelah kira2 sebulanan kali tuh aku tarik sendiri krn gak nyaman banget rasanya. Setelah copot enak lega haha.
    Gak mandi 40 hari ya ampunn baunya spt apa ya Hahahaha.

    Puas sama postingannya panjang dan banyak gambar, makasih yaa Py sdh sempatin cerita. Gbu buat kalian bertiga yaa šŸ˜‰ .

    Like

  3. Yance · May 22, 2016

    Congrats (again) py n kum….gua juga sama py, sebelom besok mo sesar, masih jalan2 makan bakmi bangka, es campur ..masih santaii. Hahaha. Semoga cepet pulih yaa sakitnya…gua juga langsung keramas, ga tahannn lepek gimana gitu.

    Like

  4. ndu.t.yke · May 22, 2016

    Pyyy hahaha. Lega ya udah posting cerita lahiran. Aku ntar aja deh posting cerita lahiran Baby B, nunggu dia genap 6 bulan, lol. Selamat Py & Suami! Semoga skluarga sehat wal afiat.

    Like

  5. adhyasahib · May 22, 2016

    selamat ya Py, selamat datang ke dunia baby L, sehat2 terus ya dan semoga menjadi anak yg membanggakan bagi kedua orang tuanya. aku liat cerita2 lahiran gini malah jadi parno duluan kebayang rasa sakitnya itu loh šŸ˜€

    Like

  6. me chan · May 22, 2016

    Aloha baby L, pyyy cepet pulih ya.. Bacanya meringis keinget infus ahahaha e tapi asik banget py rumah sakitnya cuma selemparan kolor aja hahahaha jalan kaki ke rs šŸ‘šŸ‘ mo lahir normal or cesar kek ya, judulnya ttp seorang ibu šŸ˜˜ biarin aja yg nyinyir mah keluar kuping aja, klo aku si percaya, setiap baby milih cara lahirnya sendiri kok.. Yg penting ibu dan anak sehat selamat sentosa. Congrats ya Ai, Tuhan berkati keluarga kalian selalu

    Like

  7. Epi · May 22, 2016

    Py. Bayi yg normal dan cs kayanya bakalan di taroh di inkubator krn mreka ngalemin perubahan drastis kan ya. Dari hangat (rahim) ke dingin. C jg. 6 jam kalo gak salah. Hehehe.. puji Tuhan yah py semua berlangsung lancar. Cepet pulih py. Dan welcome to parenting world!

    Like

  8. Angel · May 22, 2016

    Congrats once again ya Py & keluarga šŸ˜€ Welcome Baby L. Sehat2 selalu ya buat mama & baby nya šŸ˜€

    Like

  9. nyonyasepatu · May 22, 2016

    Py, selamat yaaaaa. Seneng deh kalian baik2 aja

    Like

  10. zilko · May 22, 2016

    Selamat ya Py!!!! šŸ˜€

    Like

  11. bonnitakristanti · May 22, 2016

    Congrats ya pyyy… terharu ikhh… kayanya baru kemarin persiapan merit.. trus hamil.. eh sekarang udah lahiran.. sehat sekaku ya baby L..

    Like

    • bonnitakristanti · May 22, 2016

      Maksudnya sehat selalu.. maaf typo

      Liked by 1 person

  12. Arman · May 22, 2016

    Congrats ya Py…. Baby L is so cute šŸ™‚

    Like

  13. leonyhalim · May 23, 2016

    Congrats, Py, babynya montok, lahir lgsg bulet gitu. Kalo C section gitu gak dikasih lgsg IMD ya? Jadi kudu nunggu anaknya keluar incubator dulu? Gue soalnya gak tau hahahah. Semoga lancar semuanya ya Py, terutama menyusuinya. Jadi ibu itu capek, tp seruuuuu!! Semoga si bapak jg selalu jadi suami siaga!

    Like

  14. Melissa Octoviani · May 23, 2016

    hello baby L…. congratz py! btw, dirimu koq masih sempet2nya ya foto2 hahahaha… gua dulu bener tegang banget ampe ga inget buat foto… dan abis operasi, gua teler banget… ampe dipindahin ke kamar baru mulai sadar… manalah inget buat foto2 hahahaha…

    Like

  15. TazOlip · May 23, 2016

    Ngeliat lo masih update jalan kesana kemari di usia 40 weeks itu gue terkagum kagum loh hahaha. Bundanya L perkasa bangeettt, hebat deh šŸ˜€ Dukung pypy jahit mulut orang yang nyinyir! Hahahah šŸ˜› Selamat ya bunda ayah L, semoga di awal-awal masa penyesuaian punya bayi ini kalian bertiga sehat selalu ^^

    Like

  16. xiaomeynie · May 23, 2016

    Congratz py and ai šŸ˜€ haloo baby L, mukanya mirip sm ai banget yaa kamuuuu :*

    Like

  17. Epiness · May 23, 2016

    Sekali lagi congrats ya py atas kelahirannya. Baby L itu muka nya bener2 1/2 1/2 ayah bunda nya ya šŸ˜€

    Like

  18. mamipapa · May 23, 2016

    Congrats yah Ai dan Py, welcome baby L semoga bisa cepet pulang (nggak jalan kaki dong kaya berangkat ke RS) hehehe….

    Like

  19. t3ph · May 25, 2016

    Congratss lagi ya Py. Bayimu montok yaa
    Sebenernya menurut gw emang cesar itu sakitnya after lahiran, klo normal sakitnya pas lahiran tp pulihnya cepet. Gw lahiran normal dan menurut gw sakitnya itu.. rasanya kaya mau mati , ciyusss. Jadi intinya lahiran itu mau normal ato cesar ya sama2 sakit n ga enak, tp demii demiii..šŸ˜„šŸ˜„ abis liat anak kan worth it rasa sakitnya wkwkwkk

    Liked by 1 person

  20. ainaliu · May 26, 2016

    Kok ga foto ama radius py? Hahahahaha.

    Gua waktu itu juga pengen foto ama radius tapi ga ada kesempatan mulu. Ntarnya gua lg mandilah atau lgi nyusuin lah…

    Sekali lagi congrats ya Py.. semoga nyeri jaitannya cepet ilang..

    Like

    • Pypy · May 26, 2016

      Adaaa tadi Na pas kontrol.. Hihi.. Tar deh buat bahan cerita review lahiran di Husada..

      Thankk you ya šŸ˜˜šŸ˜˜

      Like

  21. just A · May 26, 2016

    Congratz ya ^^, sehat terus untuk Mommy dan Baby L, semoga nyeri pasca operasinya juga cepat hilang dan bisa beraktifitas seperti biasa ^^

    Like

  22. pingiwed · May 26, 2016

    py, congratz lagi ya šŸ˜€

    speed recovery buat jaitannya ya py, biar ga sakit tow nyeri lagi.

    semangat breastfeeding py en sehat2 buat baby L ya šŸ™‚

    Like

  23. Mr. Him2 and Mrs. Her2 · June 1, 2016

    Congrats ya Py, welcome to be motherhood šŸ™‚ sehat trs baby and dirimu.

    Like

Leave a comment