Diary BuMil: Kontrol Dokter Part 1

Tulisannya sih Part 1, tapi saya mau langsung nulis disini semua hasil kontrol sampai yang terakhir. Gpp lah dirapel ya. Toh ga panjang-panjang juga sekali ngontrol ceritanya.

Sebelum masuk saya mau jelasin dulu alasan kenapa memilih dokter Radius A. Tanoto, SpOG yang praktek di RS. Husada Mangga Besar. Alasan pertama tentu saja karena lokasi RS sangat dekat dari rumah kontrakan. Yang kedua, klinik praktek dokter nya sendiri juga terletak di daerah Mangga Besar yang masih dekat dari rumah. Naik bajay ga nyampe 5 menit. Yang ketiga karena pas digugling langsung ketemu nama dokternya Radius ini. Terus pas kroscek ke Mei, doi juga tau dokternya. Ya sudah memantapkan hati lah kesana.

Sampai kontrol terakhir, saya dan suami masih sreg dengan dokter Radius (R). Alasan paling utama karena dokternya bukan tipe dokter yang suka nakutin pasien. Puji Tuhan sejauh ini kondisi saya dan janin sehat, jadi sama sekali tidak ada larangan apa-apa dari dokter. Terus meski antrian panjang, kalau kita masih punya pertanyaan akan dijawab pak dok dengan lemah lembut. Jadi perasaan yang sebelumnya parno bisa jadi lega setelah keluar. Oh ya, setelah saya mendapat jawaban dari beberapa pertanyaan, saya jadi dapat kesan kalau dokter R pro lahiran normal.

Kontrol 1: 17 September 2015

Karena beneran awal banget dan masih bingung mo ngomong apa, ada mungkin 30 detik saya dan suami duduk diam depan pak dokter. Sampai dok R membuka suara..

Dokter R: Jadi gimana?

Saya: Errr.. Gini dok, kan saya tadi pagi sudah tespek, hasilnya 2. Saya beneran hamil atau engga ya dok?

Lalu mulai lah pak dokter menjelaskan panjang kali lebar mengenai ciri-ciri kehamilan, hasil tespek kenapa bisa 2 garis, dan lain-lain. Setelah itu saya disuruh baring dan di USG perut oleh dokter dan dibantu suster. Syukuuur banget ga disuruh lewat bawah (ini juga yang bikin saya sreg).

Pas di USG ternyata belum ada kantong kehamilan, baru terjadi penebalan rahim. Saya sudah takut aja jangan-jangan diphp tespek lagi. Tapi dokter langsung menatap saya dan suami lalu ngomong dengan yakin “Ini sudah pasti hamil“. Puji Tuhan.

LINEcamera_share_2015-12-14-20-58-59
Hasil USG 1

Kami pun disuruh kembali 2 minggu kemudian.

Pertanyaan di kontrol 1

T: Aktifitas perlu dikurangi atau tidak?

J: Dikurangi banget tidak perlu, tapi dijaga saja. Kalau tidak ada kepentingan jangan dulu jalan-jalan di mall. Karena kalau masih awal rentan gugur. Aktifitas normal saja seperti biasa.

Kontrol 2: 1 Oktober 2015

Berhubung kami orangnya nurut, jadi kami benar-benar datang 2 minggu kemudian. Padahal mah memang penasaran mau lihat kantong janinnya.

Begitu sampai ditanya dokter lagi, ada keluhan ga selama hamil? Puji Tuhan sih keluhannya masih normal kayak mual trus pusing. Abis itu langsung disuruh rebahan lagi. Puji Tuhan kali ini sudah kelihatan kantong janinnya. Terus saya tanya dong isi nya mana? Kok kantong doang ya? Pas dokter agak neken dan zoom disatu titik ada kayak titik putih kecil gitu. Kata dokter itu embrionya lagi bertumbuh. Kalau ingin melihat embrionya lebih jelas balik 2 minggu lagi atau USG lewat bawah. Tentu saja saya lebih memilih balik lagi saja. Posisi kantong rahimnya bagus karena terletak ditengah, kalau sudah agak kebawah peluang untuk jatuh besar *ketok meja*.

LINEcamera_share_2015-12-14-21-00-11
Hasil Kontrol 2

Pertanyaan di kontrol 2

T: Dok kalau berasa mau flu bisa minum vit. C ga kayak ester C gitu?

J: Boleh.

Pertanyaan via SMS

T: Dok saya berasa pusing banget, kalau minum Sangobion bisa ga?

J: Minum Panadol, Sangobion itu vitamin, lebih cocok untuk mual.

Kontrol 3: 15 Oktober 2015

Behubung kami penasaran abis sama penampakan si jabang bayi, kembali lah kami persis 2 minggu kemudian. Masih tetap ga punya keluhan apa-apa, Puji Tuhan. Dan kali ini si jabang bayi sudah terlihat jelas. Degup jantungnya dah kelihatan kedip-kedip. Usia kandungan saat itu adalah 8 minggu. Kata dokter, pantes ga terlalu kelihatan embrionya waktu cek terakhir. Kalau USG transvaginal pasti lebih kelihatan. Belakangan baru kami tau kalau alat USG di ruang praktek dokter memang ga gitu canggih. Akhirnya mulai dari sini jadwal kontrol menjadi 1 bulan sekali. Hurray!! *sayang-sayang limit asuransi*

Pertanyaan di kontrol 3

T: Dok, saya kayaknya tidur lasak banget dok, tetiba pas bangun dah tengkurep aja. Itu bahaya ga ya buat baby nya?

J: Engga, diusia kandungan sekarang, janinnya ga terlalu terpengaruh meski kamu tidur tengkurep.

T: Dok, memang kalau ngeden pas BAB berpengaruh ke bayi yah? Katanya kalau BAB ga boleh ngeden.

J: *dokter senyum* Engga, ga ada hubungannya. Cuma memang lebih baik mengkonsumsi makanan berserat dan bergizi tinggi, supaya BAB nya lancar. Bagus juga buat janin.

Kontrol 4: 12 November 2015

Ternyataaa.. Nunggu untuk kontrol lagi berasa banget lamanyaa.. Kayak orang dah kangen terus ga bisa ketemu, nyiksa abiss. Tadinya kami dah datang tuh tanggal 11 malam, sudah ngantri sejam, eh dokter tetiba dipanggil ruang bedah. Ada pasien lahiran yang kasusnya serem untuk ditulis disini. Alhasil kami pun pulang dan balik besoknya. Begitu sampai, cek rutin berat badan dan tekanan darah oleh suster, kemudian lanjut duduk ngobrol dulu sama Pak Dok. Lagi-lagi ga ada keluhan apapun selain mual dan pusing.

Langsung berbaring ditempat tidur untuk USG. Kali itu USG nya sedikit lebih lama karena dokter banyak menjelaskan soal kondisi air ketuban, plasenta, dan tulang belakang bayi. Air ketuban dan plasenta ok. Kalau dari tulang belakang bisa dilihat anak ini ada kecenderungan down syndrome atau enggak. Puji Tuhan kata dokter semua normal. Saya pun nanya dokter bisa ga dengar detak jantungnya? Ternyata mesinnya ga bisa dong. Hihi.. Dari sini ketahuan kalau mesin USG nya kurang canggih. Pas tanya Mei, ternyata lebih canggih alat ditempat praktek pribadi dokter. Akhirnya sama suami kami memutuskan untuk kontrol berikut ga di RS lagi.

LINEcamera_share_2015-12-14-21-06-48
Hasil Kontrol 4

Pertanyaan di kontrol 4

T: Dok, kan sekarang sudah lewat trimester pertama, berarti aktifitas bisa ditingkatkan kan?

J: Bisa, tapi dalam batas normal.

T: Dok, saya sudah bisa berenang belum?

J: Bisa tentu saja, renang itu bagus untuk ibu hamil

Kontrol 5: 12 Desember 2015

Berhubung pengen dengar detak jantungnya baby L, jadi sudah dipastikan kami akan ke tempat praktek dokter saja. Tadinya mau pagi, ternyata bangunnya siang. Ya sudah, pergi yang jam 3. Syukurnya nyampe jam 3 pas, antrian masih dikit. Yang lucu kan suami masuk duluan, lah kok pas buka pintu doi langsung sumringah dan ngobrol gitu. Taunya ketemu Rolls dan Kui juga. Tadinya emang WA juga, cuma kek belum janjian karena tadinya kami mau ke mangdu dulu.

IMG-20151212-WA0003

Saya dapat antrian nomor 4, ga gitu lama sih nunggunya. Rolls dan Kui sudah balik duluan. Ritualnya sama dengan kalau cek di RS,  ukur tekanan darah dan timbang berat badan. Pas masuk nanya ke dok R sebentar lalu di USG . Tanpa ditanya lagi dokter langsung tuh sorot jantungnya baby L trus didengerin ke kami. Ya ampun itu rasanya terharu banget. Baru benar-benar ngeh kalau ada yang hidup dalam rahim saya. Puji Tuhan ga habis-habis karena semuanya normal. Usia baby L kalau menurut HPL 17 minggu, tapi dari alat 16 minggu 2 hari. Beda dikit lah yah.

LINEcamera_share_2015-12-16-15-17-24
Hasil Kontrol 5

Pertanyaan di kontrol 5

T: Dok, kan saya kapan lalu ada ngobrol sama Mama saya. Beliau bilang karena saya ada ambeien jadi sudah pasti ga bisa melahirkan normal, bener ya dok? Soalnya teman saya juga gitu dok, langsung divonis mesti sesar.

J: *senyum manis* Engga, bisa kok lahiran normal. Ga ada hubungannya ambeien dengan melahirkan normal. Alasan itu memang sering dipakai dokter lain untuk menakuti pasien. Lahiran normal atau sesar tergantung kondisi ibu dan bayi pada saat tindakan akan diambil.

T: Tapi kata mama saya tar kalau saya ngeden bisa keluar usus. *asli nyokap gw ngomong gitu. :p *

J: *Hampir ketawa* Ga ada korelasinya usus keluar lewat ambeien. Ambeien itu pembengkakan hemoroid. Dan ga akan usus sampai keluar. *terus selanjutnya gw dah lupa omongan dokter, saking leganya gw mendengar jawaban ini*

Jadi nih yah tips buat para ibu-ibu hamil. Terkhusus yang baru pertama kali hamil seperti saya. Jangan kebanyakan baca artikel ini dan itu, liat forum dan lain-lain atau dengerin orang bicara. Karena menurut pengalaman saya yang sedang menjalanin juga nih, yang begituan malah bikin parno dan jadinya kebawa stres. Lagian kasus ibu hamil 1 ga bisa disamain ke ibu hamil 2.

Inget banget waktu hasil USG pertama belum ada kantong rahim, dan baru penebalan aja, itu artikel ada yang isinya hamil kosong lah, trus ada yang ngomong itu malah persiapan buat haid. Duh.. Makanya sejak saat itu saya berhenti baca-baca. Tapiii tetap aja kan ada omongan kanan kiri, kayak Mama saya saja yang ngomong soal ambeien itu. Syukurnya logika saya masih jalan, saya kembalikan ke dokter yang menangani saya. Karena menurut saya pribadi, kan yang tau rekam medik kita selama hamil itu dokter ya. Lagian kebanyakan artikel yang beredar belum tau mitos atau fakta. 🙂

Advertisements

32 thoughts on “Diary BuMil: Kontrol Dokter Part 1

    1. Hi Ester, salam kenal juga. Serius bisa ya? Langsung seneng bacanya, ternyata dokter saya ga kasih harapan palsu. Ada blog ga? Pengen baca ceritanya 🙂

      Like

  1. Kadang2 emang ada yang nebar berita gabener sih kak via internet, demokrasi kebablasan kalo kata gue, jadi suka2nya yang nyebar artikel mo nulis apa pdhl belum tentu fakta haha. Yah yang penting bumil dan baby L sehat2 selalu yaaa.. Kmrn pas ketemu lu keliatan glowing bgt ahhh aura bumil emang beda~

    Like

    1. Iya Ge, gemes gw.. Apalagi kalo yg baca duluan kek para tante gitu kan.. Terus diterusin ke yg muda2.. Bisa2 malah ikutan salah..

      Awww.. Padahal cuma pake bedak lho :p hihi.. Makasihh Gege, lu juga kece pas bertemu..

      Like

  2. Hore bisa lahiran normal, ususnya ga bakal keluar! Hahahahaha :)))
    Aduh ga kebayang rasanya pas denger degup jantung baby, pasti terharu sangaaattt :”)
    Untunglah dokternya pro lahiran normal ya Py, jadinya bisa membantu menenangkan kekhawatiran soal ambeien 😀

    Like

    1. Iya emak gw tuh bisaan banget nakutinnya coba.. Buktinya ada yg komen dia ambeien tp tetep bisa lahiran normal.hihi.. Such a relieve..

      Banget Ge, denger detak jantungnya beneran bikin nyess.. 😀

      Like

      1. Coyyy.. Maap coyy.. Gw bales nya sambil ngikik2 nonton drakor My Venus..Wkwkwkwkw.. :* Ternyata bumil susah multitasking yess. Maap yahh cece Olip sayang.. Sini sun pake iler dulu :*

        Like

  3. pyyyyyy, itu foto yang pertama kok kayak ada gambar 2 org lagi mau ciuman ya hahaha. Apa gw aja yang terlalu imaginatif lol. Btw kalo soal ambeyen gw juga ada kok, ntar ya lengkapnya gw WA-in *malu disebar disini hahaha*

    Like

    1. Pas diperhatiinn gw juga bisa liat Mel!! yess gw juga imaginatif berarti, cowonya yg dikiri kan? haha..

      Hihi mari ber-WA ria 😀

      Like

  4. py, gue setuju sama dr. R, dokter gue juga bilang kalo normal delivery itu tergantung sama kondisi ibu en bayinya aja, ga ada kaitannya sama ambeien 🙂 smangat buat normal delivery ya py :*

    yup2 rasanya priceless bgt ya py. tau2 ada kehdpan di dalam perut terus bisa dgr detak jantungnya 😀

    sehat2 ya bumil pypy :* cant wait to see baby L

    Like

  5. Hahahahaha… emak kita pun kadang suka nakutin ya piii.. baca2 gapapa sih pi, asal sumbernya kompeten punya dan yg penting apa2 kita tanyakan ke ahlinya lagi.
    Dokter R ini emang pro normal banget. Inget waktu hamil K tuh gua lilitan dibilang cuma lewat doank kok, jangan takut. Bisa lahir normal. Trnyata begitu lahir gua liat lilitannya diputer 2 kali loh. Trnyata si dokter ga mau gua parno duluan.
    Eh, itu pasien kenapaaa yg tiba2 kudu ditanganin *jadi kepo*

    Sehat2 ya bumil….walopun klo kata dokter ga ada pantangan apa2, better jgn makan makanan yg mentah atau bakar2 atau yg ga mateng (sashimi, sate, telor stgh mateng, cheesecake/tiramisu, dll). Yg udah pasti mateng semuanya aja lah.. klo udah trimester kedua hajar lah semua. Hahaha

    Like

    1. Iya Na, kalo yg alamat web jelas gw baca. Tp klo kek share2an gitu, atau diforum2 sering gw skip. Asik ya dokter R bener2 bikin hati tenang ga mikir macem2, soale klo dah stress kan malah jelek ke kita dan debay kan..

      Sereem Na, pokoknya akibatnya tuh sampe pendarahan banyak bgt, makanya si dok R lgsg lari2 ke ruang Op..

      Makasihhh Na 🙂 Kalo soal makan emang dr awal dok R dah ngomong ut masukkin yg bergizi aja, tp masih susyeh makan sayur nih..huhu..

      Like

  6. Mudah-mudahan semuanya lancar dan sehat-sehat terus ya Py!! 😀

    Haha, yang terakhir bener banget tuh untuk banyak kasus. Kalau kebanyakan denger omongan orang atau baca artikel yang kurang jelas sumbernya sih memang bikin parno sendiri untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan ya, hehe 🙂

    Like

    1. Aminn aminn Ko 🙂 Makasih doanya 🙂

      Iya, kebanyakan skrg artikel2 yang beredar ga bisa dipertanggungjawabkan isinya. Makanya memang mesti dr kita yang pinter2 nyortir, jgn semua ditelan 😀

      Like

  7. Huaaaa.. Selamat ya, Mbak Py :*

    Pokoknya yakin aja semua bakalan lancar dan sehat. Sugesti positif aja. Jangan stress-stress ya 😀

    Like

  8. eh ada gw… hahahaha…
    lancar2 terus ya py sampe lahiran entar… gw masi belum memutuskan ni bakal terus balik ke ni dokter ato ga… Tapi kalo semuanya lancar2 aja pasti bakal balik ke dokter ini… Cara ngomongnya enak si dia meskipun lembut banget.. :p

    Like

  9. Dokter nya kalem bgt ya py dr cara jawab nya..
    terus u jg ga terlalu banyak nanya.. mungkin krn udh dijelasin lumayan detail sm dokter nya ya.. hehehe..

    sehat2 terus ya baby L.

    Like

    1. Soale bingung juga mo nanya apa lagi Sin. Pokoknya selama dokter bilang semua ok, gw dgn iman percaya aja. Iya bener, dia detail dijelasinnya, klo muka masih bingung dijelasin terus..haha..

      Amin amin.. Makasihh Aunty Chyntia! :*

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s