Lari 10K

Kantor gw hari minggu kemarin (23 Agustus 2015) ngadain Capital Market Run. Ini tahun kedua sebenarnya, dimana tahun pertama tentu saja gw ga ikutan, karena ceritanya ga ada disini. Ok sip. Nah berhubung yang ngadain kantor, maka dibagiin lah beberapa jatah ke karyawan. Daftar lah gw di 5K tentu saja, ehh ternyata ga keluar dong nama gw. Ya udah lah gw pikir, kalo ga kebagian ya pastinya gw ga bakal ikutan. Alasannya cetek karena gw ga mau bayar dong. Lari kan bukan hobi gw, jadi jelas ogah kalo ga gratis.

Ternyata ada temen dari divisi lain ngasih tau kalau dia punya beberapa spot gratisan karena yg daftar ga jadi lari. Tapi trus dikasih tau kalo itu tuh untuk 10K. Sempat mikir lama tuh, tapi karena 2 temen yang lain pengen ya udah gw ikutan. Ngasal banget sih asli, secara gw tuh lari di treadmill bentaran aja langsung nyerah, apalagi lari beneran 10K.

Dan lebih asoy nya lagi, gw ma temen-temen sama sekali ga ada persiapan apa-apa. Tadinya mau latihan lari di GBK, itung-itung mengendorkan otot-otot yang kaku. Yang ada pas hari H mo latihan males aja gitu. Jadinya dengan modal nekat kami mutusin untuk langsung hajar aja.

Hari sabtu Ai wawancara kerja ke Serpong, jadi lah gw dirumah seharian kerjaan tidur, makan, baca novel, liatin medsos dan diulang beberapa kali sampe malem. Alhasil malemnya gw ga bisa tidur, gw bisa tidur baru jam 2 pagi, sedangkan jam 4.30 dah mesti bangun. Gw udah hopeless sih, mikirnya ya udah lah, sampai kantor hore-hore doang ga lari juga gak masalah.

Jam 6 kurang gw dah sampai kantor, disini atmosfir berubah. Gw yang niatnya cuma datang ngemil aja langsung napsu banget mo lari. Bahaha..

Waktu dijam tangan gw menunjukkan pukul 6.12 saat lomba lari dimulai untuk yang 10K. 2 km pertama gw berhasil lari. Pas mulai masuk ke komplek SCBD kaki gw mulai berat, akhirnya gw combine dengan jalan cepat. Kenapa gw jalan cepat? Karena dari artikel-artikel yang gw dah baca bilang kalau kita langsung jalan biasa, suhu tubuh kita bakal turun, dan untuk mulai lari lagi pasti jauh lebih susah dari yang pertama. Dan lagi entah kenapa pas lari trus langsung jalan perut kanan gw sakit. Akhirnya waktu lari tuh gw bikin target, contoh: sampai ditanda jalan yang itu gw lari, terus sampai dijalan yang sana gw jalan. Begitu terus. Tapi pas di km ke 7 gw full jalan cepat. Posisinya waktu itu udah dijalan Raden Patah, alasan utama gw jalan sih bukan karena lelah (walaupun iyaa lelah banget banget adekk, bang) tapi karena rumah-rumah disitu gede-gede dan bagus-bagus. Manalah adem banget banyak pohon gedenya. Jadi puas mata mandangin sekeliling.

Sebenarnya di km ke 6 tuh sudah mau berhenti, mumpung udah deket kantor. Jadi kalau rute yang 10K punya itu muter sampai ke Taman Mataram, Jl. Sriwijaya terus balik lagi. Ehh.. Pas kepikiran mau nyerah, tetiba ada mba2 lewat pakai kaos hitam terus belakangnya ada quote ini:

“You never know how strong you are, until being STRONG is the only choice you have”

Gilakkk.. Ngebakar banget itu!! Alhasil gw belok deh ikutin rute yang seharusnya. 1km terakhir gw full lari, mesti ga secepat 2km pertama. Dan akhirnya gw berhenti setelah melewati garis finis dan berhasil mendapatkan Finisher Medal.

Ya. Gw memang bukan yang pertama, tapi gw juga bukan yang terkahir. Gw finisih ketika waktu dijam tangan gw menunjukkan pukul 8 kurang 14 menit. Dan gw sangat bangga dengan pencapaian gw ini πŸ˜€ Dan apakah gw kapok lari? Engga dong, sekarang malah kepikiran buat rutinin lari tiap minggu. Mumpung badan dah sakit-sakit ya kan, jadi sekalian. Sekarang (24 Agustus 2015) dikantor gw kalau duduk terus berdiri dan jalan itu kayak orang abis lahiran (kata temen gw). Mesti pelan-pelan saking semua otot berasa senut-senut. Tapi semua sepadan kok πŸ˜€

Oh ya, sebagai pemula gw mau berbagi beberapa tips dari hasil lari gw kemarin nih.

  1. Pastikan tidur cukup semalam sebelum lari ya. Penting ini biar ga lari-lari sambil ngantuk.
  2. Kalau jarak dari bangun ke lari ga nyampe 2 jam mending jangan makan dulu, apalagi saat pagi. Kalo buat gw sih takut kebelet bab ditengah jalan kan berabe.
  3. Gunakan sepatu lari, jangan boots apalagi highheels. *krikkrik*. Penting banget emang ini. Biar kaki tetap nyaman dan ga lecet.
  4. Gunakan atribut lari yang semestinya. Kalau dari pengalaman gw kemarin kenakan celana dalam yang nyaman, dicoba pake lari-lari kecil sebelum lari. Soale pantat gw perih abis lari, ternyata lecet bok. Duh malu bgt gw ngetik ini, tapi demi biar ga ada yg ngalamin kayak gw. Haha.
  5. Pakai topi! Kemarin pas pulang pusing banget gw. Taunya kepanasan.
  6. Pastiin dirute lari ada minuman. Lari itu butuhh hidrasi yang cukup, kalo gak bukannya nyampe ke garis finish malah ke ambulans. *amit-amit*
Tampang sumringah bisa finis!

Tampang sumringah bisa finis!

Sampai jumpa di Capital Market Run selanjutnya.

Advertisements

40 comments

  1. Bibi Titi Teliti · August 26, 2015

    Pyy…
    Keren banget sih bisa berhasil mencapai 10k…
    Aku mah bayanginnya aja udah perasaan pengen nyeruput teh botol duluan sih hehehe..
    *cemen anaknya*
    Semangat terus larinya yah Pyyyy…

    Aku mah cukup senam bareng ibu2 komplek aja lah biar ada alesan buat ngutang baju senam ala cherybelle bhahahaha….

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Aslinya mah pas lari sempet ngoceh2 sendiri teh..Duhh.. Kenapa sihh sok2an ikutan..gitu2 deh..wkwkwkw.. Malah sempet janjian ma temen mo makan bubur ayam senopati.. Ternyata atmosfir mendukung, jadinya malah ga kepikiran..wkwkw..

      Like

  2. gegekrisopras · August 26, 2015

    Mantap, kak Py :)))
    Gua anaknya emang ga demen lari jadi ya sudahlah hehehe

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Hahaha πŸ˜€ Iya kalo mang ga suka sekalian engga ya πŸ˜€

      Like

  3. Melissa · August 26, 2015

    wahhh hebat Py!!! Boleh tuh di buat rutin ajak suami juga. Lumayan bisa sehat plus hadiah langsing wkwkwkk
    gw juga sebenernya kepengen loh ngetest kekuatan ikutan jogging, tapi alasan gw cemen: gak ada temen. Akhirnya gak pernah ikutan deh huhuhu..

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Nahh hadiahnya itu yg lumayan :p Biar beli baju ga susyah lagi..wkwkw..

      Eh tapi emang temen pengaruh kok, Mel. Kayknya garing aja ya kan kalo sndirian πŸ˜€

      Like

  4. Emaknya Benjamin br. Silaen · August 26, 2015

    Hebatttt Py bisa finish, aku sih bakal pingsan kali ditengah jalan haha.

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Kemarin dah mikir gitu juga kak.. Puji syukur engga ya :p

      Like

      • Emaknya Benjamin br. Silaen · August 30, 2015

        Bersyukurlah akhirnya bisa sampai finish ya, next time berarti pede lah klo mau ngikut lari lagi πŸ™‚ .

        Like

  5. Ribka · August 26, 2015

    Mantapp pypy..kayanya gw 5k aja ga bakalan sanggup deh..hahahaa…
    kocak bgt yg tragedi lecet krn celana dalem :))

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Sanggup kok pasti Rib, jalan dimall aja bisa sampe 8-10K sendiri lho klo paslagi nyari2 πŸ˜€

      Bahaha.. Iya parah tuh, sampe rumah baru sadar ada yg perih2..wkwkw

      Like

  6. Fanny Ng · August 26, 2015

    Keren pyyy! gw paling musuhan sama lari kayaknya, dari SD.. haha.. Bravoo!

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Nahh kebalik Fan, dulu waktu sekolah gw mayan suka lari dan selalu dapat nilai bagus. Alasan cemen, gw ga bisa basket sama voli (yg dulu heits bgt disekolah) jadi gw ke lari deh πŸ˜€

      Like

  7. pingiwed · August 26, 2015

    mantabhh bgttt py!! gue sampe skrg belum kesampean juga nii ikutan lari kek gini, err lebih ke malas c, wkwkwkwk..
    suka bgt sama poin saran no 1 py, gue bgt tuh, hahahaha. kl lagi lari di treadmill ya gue tuh sambil nguap2 loh πŸ˜›

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Samaaaa.. Gw juga suka bosen lari ditreadmill..wkkwk πŸ˜€

      Like

  8. zilko · August 26, 2015

    Seru ya Py lari rame-rame gitu, hehehe πŸ˜€ . Iyaa, minuman air putih memang penting agar tidak dehidrasi. Ini juga membantu dalam melawan panas…

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Seruu bgt Ko, asal ada temennya pasti asik ya kan. Iya klo ga mah bisa pusing ditengah jalan saking hausnya πŸ˜€

      Like

  9. Epi · August 26, 2015

    pyy.. gua malah mau banget ikutan. tapi apa daya ada gembolan. dari dulu juga pengen tapi gak ada temennya juga. Huks. hihihi.. seru yah py. πŸ™‚ eniwei.. quotenya okeh banget yah. ahahahah..

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Nahh nanti kalo dah lahiran boleh tuh mak dicobain.. Lari sambil dorong stroler kek bapake triplet πŸ˜€

      Like

  10. Indi Sugar · August 26, 2015

    Lari bisa bikin pantat lecet rupanya, huahahaha. Bagus tipsnya πŸ™‚ Dan ternyata tulisan di kaos itu bikin kamu semangat, ya. Congratulation untuk pencapaian 10 K nya :))

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Wkkwkw. Mungkin karena pilihan celana luarnya juga ga pas, Ndi.. :p Jadi nya kegesek..wkwkwk

      Makasihh Indi πŸ™‚

      Like

  11. leonyhalim · August 26, 2015

    Woahhh keren Py hehehe. Gue dulu pertama dan terakhir 10k pas masih di luar. Itu juga campur sama haha hihi ngga karuan, plus cuacanya adem. Kalau di Jakarta kayaknya gue bisa semaput!

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Wahh boleh dicoba lagi ci, pake topi dan bawa minum πŸ˜€ Lumayan bisa minimalisir panasnya πŸ˜€

      Like

  12. rochan · August 26, 2015

    manteeeep py.. πŸ˜€
    emang efek setelah nya itu yg bikin meringis ya.. >.<
    gw jg baru 3 hr fitness py, ya ampuuuun ini badan sakit2 semua.. jadi I fell you banget py.. wkwkwk.

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Dibalurin arak deh Sin, gw kmren mempan bgt. Yang sal*np*s malah ga ngepek πŸ˜€

      Like

  13. TazOlip · August 26, 2015

    Mihihihi gue ngikutin cerita lo aja rasanya cape py πŸ˜› Tahun lalu ikutan acara fun run yang 5 km, trus agak males ikutan lagi tahun ini karena ga tahan sama panasnya yang ampun-ampunan. Eeehh ternyata tahun ini diadainnya sore, jadi ikutan deh ntar bulan September πŸ˜€ Jadi gue salut banget sama pypy yang bisa nyelesein 10K! 4 thumbs up (pinjem jempol koko juga)! πŸ˜€

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Fun run itu yg color run bukan? Gw pengen ikutan tuh biar kekinian.. Tapi sayang daftarnya 300 rebu, tambah 20 rebu gw dah bisa ke kep.seribu trus nyemplung dilaut..wkwkw πŸ˜€

      Makasihhh πŸ˜€

      Like

  14. bonnitakristanti · August 26, 2015

    Py hebat banget sih 10km tanpa persiapan.. wow kalao aku uda pingsan tengah jalan deh

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Aku juga ga nyangka ci Bon πŸ˜€ Makanya agak norak2 bangga gitu ma diri sendiri :p

      Like

  15. -n- · August 26, 2015

    Gilak kamuuuuh pyyyy!!! Hebatttt! Aku baru ngebayangin jalan kaki 5 km aja udah gempor pusing pala barbie. Ini kamu berani ikutan 10km lari hahahaha! Dan gak selesai paling akhir pulak! Good job py. So proud of you!

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Awww.. Makasihh mem πŸ˜€ Aku pun ga nyangka..hihi.. Beneran pengaruh atmosfir dah, jadinya ikut kebakar buat semangat lari.

      Like

      • -n- · August 27, 2015

        lanjutkan py! bener katamu: mumpung badan masih sakit semua, hajar aja, hahaha…. sekalian.

        Like

  16. Arman · August 27, 2015

    bagus tuh py kalo dirutinin… πŸ™‚

    Like

    • Pypy · August 27, 2015

      Iya nih ko, moga ga jadi wacana aja seperti yang udah2 :p

      Like

  17. nyonyasepatu · August 27, 2015

    Mantap Py πŸ™‚

    Like

  18. Melissa Octoviani · August 27, 2015

    gua sih ga berniat buat nyoba, daripada semaput hahaha… satu2nya olahraga yang gua lakukan sekarang adalah…ngejar jayden naik turun tangga hahahahaha…

    Like

  19. Nichole Leonard · August 27, 2015

    Bener tuh Py kalau abis lari jauh gitu emang kaki terutama sama pinggang berasa sakit dan pegal2 besokannya, cuma badan seger, muka juga seger. Tapi kalau pegal2nya lama gak hilang-hilang gue biasa minum vitamin B Py.

    Like

  20. yance · August 28, 2015

    Mantappp deh py, biss ssmpe finish…kalo gua mungkin bisa finish yg terakhir….jajan dulu…minum dulu..hahaha

    Like

  21. just A · August 28, 2015

    Hello!! Salam Kenal ya ^^, aku senang baca trip kamu tentang liburan nya ^^ *sorry nggak nhambung*

    Like

  22. alrisblog · August 30, 2015

    Wiuh keren bisa menyelesaikan lari 10k tanpa persiapan yang matang seperti dilakukan yang lain.
    Gw juga pengen menjajal lari 10k ini suatu saat.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s