Maso Minta…

adalah acara lamaran dalam adat Minahasa. Maso yang berarti masuk dan minta berarti meminta. Secara harafiah Maso Minta berarti keluarga laki-laki masuk ke rumah perempuan dan meminta anak perempuan tersebut untuk dijadikan menantu.

Bareng sepupu ngajakin Papa ngopi Djournal di Ismaya Catering

Bareng sepupu ngajakin Papa ngopi Djournal di Ismaya Catering

Hari sabtu, 25 April 2015, Papa tiba di Jakarta dengan selamat sejahtera. Awalnya sempat khawatir, bisa datang ga ya Papa ke Jakarta? Mengingat berita duka kembali menyelimuti keluarga kami. Kakak laki-laki dari Mama dipanggil Tuhan pada hari jumat, 24 April 2015, sore. Papa tentu saja dilema antara memilih tetap berangkat ke Jakarta atau menemani keluarga yang berduka. Untunglah begitu dikembalikan ke keluarga Mama, mereka menyuruh Papa untuk tetap berangkat ke Jakarta. Tapi ya resiko nya saya ga benar-benar menikmati waktu untuk enjoy dengan Papa karena pikirannya tetap tertuju ke sana 😦 .

Dari sabtu malam itu jadinya saya ga bisa tidur. Perasaan sih ga mikir apa-apa ya, mungkin alam bawah sadar saya resah. Jadinya mainan tab plus foto-foto ga jelas. Manalah si Papa dengkurnya kenceng banget..Haha.. Makin ga bisa tidur. Kayaknya sih bisa tidur pas jam 1/2 4 pagi deh dan bangun jam 8 nya. Pas bangun langsung bantuin tante beberes rumah. Jam 12 saya siap-siap. Pukul 13.45 sudah ready tapi pikiran ga nyambung sama badan. Ternyata saya gugup..Huhu.. Yang lucu, si sepupu kesayangan, Mona, juga gugup. Sama tante disuruh ambil sambal yang dibawah malah tempat sampah.. Bahaha..

Pukul 14.00 si Ai ditelponin dan di WA ga dibalas. Saya dah makin resah. Sudah hati gak menentu.. Ehh.. Sama Oom diledekin “Ga jadi kali“.. Huaaa.. Makin panik..

Pas lagi ke toilet ternyata Ai nelpon dan ngomong kalau mereka nyasar. Jeger.. Si calon suami juga ternyata gugup sampai nyasar. Padahal bukan pertama kali ke rumah tante di Bekasi.

Pas kedengeran kalau mereka sudah sampai, sama Pak Pendeta, yang nantinya akan mewakili keluarga pihak saya, nyuruh saya masuk ke kamar. Lah.. Saya bengong dong? Terus tanya beneran apa enggak? Ternyata diadat Minahasa emang begitu yah. Dikamar saya gemeteran. Sambil ngupingin mereka diluar lagi ngomong apa, ehh.. Lihat kutek tante.. Jadinya didalam sambil gemeteran gw kutekan.. Bahahah.. Bisa aja..

Saya masih didalam kamar.

Saya masih didalam kamar.

Gak lama saya dipanggil keluar sama tante. Dikamar saya dan tante sempat pelukkan dan nangis ingat si R. Soalnya memang rencana pas lamaran, R akan jadi seksi dokumentasi dengan kamera DSLR nya. Tapi kehendak Tuhan memang jauh lebih indah.

Saking gugup nya, duduk berjauhan :D

Saking gugup nya, duduk berjauhan πŸ˜€

Pas keluar saya langsung duduk tanpa nengok ke Ai dan keluarganya. Haha. Beneran tertunduk malu. Sampai waktu ditanya soal kesungguhan hati saya apakah saya mencintai Ai, saya menjawab Iya dengan terbata-bata. Dicolek terus sama si Papa coba. Sampai ga enak karena kok kayaknya saya asik sendiri sama Papa.. Haha πŸ˜€

Dan saya bersyukur banget Pak Pendeta Nikson mewakili keluarga kami untuk berbicara. Selain karena beliau memang pernah tugas pelayanan lama didaerah Sumatra Utara, yang mana beliau jadi tahu benar soal seluk beluk adat Batak. Cara beliau berbicara juga tenang dan bikin suasana tambah adem. Apalagi pas pembicaraan soal Sinamot atau mahar. Dari keluarga kami memang tidak meminta apa-apa. Prinsip Papa, asalkan saya bahagia, dia ga perlu lah yang begitu-begitu.. Sama pak Pdt. malah dibalikkan, kalau misal pihak keluarga Ai merasa perlu memberi Sinamot ya dikembalikkan ke keluarga mereka. Yang pasti dari pihak keluarga Py ga menuntut apa-apa. πŸ˜€

Pas mereka pulang baru deh si Papa becanda “Yahh.. Papa ga jadi dapat mobil Pajero dong“.. Bahaha :p

Saat masing-masing keluarga sudah sepakat, Ai dan keluarganya berdiri dan mengucapkan terima kasih.

Selesai bicara panjang kali lebar plus gugup sana sini, tentu lapar dong yah πŸ˜€ Dilanjut dengan makan-makan tentunya.. Keluarga Ai datang bawa ikan mas dimasak Arsik dan kue Lapet. Dari keluarga saya nyiapin sup Kimlo, ikan bakar, 2 jenis masakkan ayam dan kue Panada isi ikan cakalang πŸ˜€

Makanan yg disajikan. Ikan Mas Arsik ga kefoto :D

Makanan yg disajikan. Ikan Mas Arsik ga kefoto πŸ˜€

Selesai makan-makan kami masih ngobrol sebentar dan keluarga Ai pamitan pulang. πŸ™‚ Bersyukur banget acara Maso Minta atau Lamarannya terbilang sukses. Mohon doanya ya untuk hari H nanti πŸ˜€ Dan kayaknya saya ga pernah secara gamblang ya tulis disini hari H nya kapan πŸ˜€

Jadi tanggal pernikahan kami adalah tanggal “30 MEI 2015”. πŸ™‚ H-32 dan masih banyak yang perlu dirapihkan πŸ˜€ Semangatt!!

Advertisements

64 comments

  1. zilko · April 28, 2015

    Good luck ya Py dan mudah-mudahan semuanya lancar! Sudah dekat banget dong ini tanggalnya, hehehe πŸ™‚ .

    Btw, iya itu di fotonya kayak musuhan gitu soalnya duduknya sama-sama di ujung sofa, hahaha πŸ˜†

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Aminn.. Thank you ya Ko.. Iya nih, dah deket..hehe πŸ˜€

      Bahaha.. Saking gugupnya itu Ko, sampe ga sadar klo duduk kek org musuhan :p

      Like

  2. mirabudi · April 28, 2015

    Congrat for your enggagement ya py, akhirnya tinggal satu langkah lagi kakak
    Hahhaha gw juga pas lamaran deg2an n senewen setengah mati tp pas ketemu budi langsung happy hahhahah

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Makasihhh neng Mira :* Iya selangkah menuju pintu gerbang pernikahan..haha πŸ˜€

      Iya jadi kek gimana gitu ya Mir..hahah πŸ˜€

      Like

  3. bonnitakristanti · April 28, 2015

    wah selamat ya py udah resmi tunangan iniii..
    tanggalnya 30 meii woww sebentar lagiiii.. sukses semua ya acara dan undangan semua senang dan happy.. Gbu

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Makasih ci Bon πŸ˜€

      Iya nih sebentar lagi dan masih banyak yg belum rampung..haha :p Aminn amin ci Bon, bantu doa biar semua lancar yah ci.. Gbu πŸ™‚

      Like

  4. adhyasahib · April 28, 2015

    waaah, selamat nee,,,akhirnya ngana maso so selesai acara maso minta, di ternate juga gitu bagitu,ada de pe acara maso minta abis itu baru antar belanja

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Wihh..Antar blanja kamana? Enak kang abis maso minta pi antar belanja..haha πŸ˜€

      Like

      • adhyasahib · April 28, 2015

        antar blanja tu macam antar seserahan bagitu kalo di ternate Py

        Like

  5. Catherine · April 28, 2015

    happy lamaran kakkk… semoga segala urusan dilancarkan Tuhan yah..God bless you…

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Makasihh Cath.. Amin amin. Moga lancar terus yak πŸ˜€

      Like

  6. Emaknya Benjamin br. Silaen · April 28, 2015

    Puji Tuhan lancar ya Py, semoga lancar sampai hari H πŸ™‚ . Itu makannyannya biking ngiler bangettt deh πŸ˜€ .

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Puji Tuhan banget kak Nel πŸ˜€ Aminn kak Nel lancar2 ya.. πŸ˜€

      Haha.. Coba kalo ada si Ikan mas arsik di foto ya kak, pasti tambah ngiler :p

      Like

  7. Rere · April 28, 2015

    woohoo so maso minta kang.. selamat neeeehh kak py πŸ˜€ so tinggal h- sebulan kang semoga lancar2 trus ne sampe hari H πŸ™‚

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Makaseh nehh Re πŸ˜€ Iyo so dekat ini.. Amin amin lancar terus neh.. makase bumil :*

      Like

  8. Fanny Ng · April 28, 2015

    deuhh yang udah mau merid. Keliatan bgt itu ada bunga2 di antara dikau dan ai.. hehe.. congrats ya pyyy πŸ™‚ Dilancarkan menuju hari H aminn hehe

    Like

    • Pypy · April 28, 2015

      Aheyy.. Terpancar bgt yah Fan..hihihi.. Tengkiuu Fan.. Aminn amin.. makasih doanya πŸ˜€

      Like

  9. Lorraine · April 28, 2015

    Ah Py sekali lagi selamat ya! Bentar lagi Hari Hnya. Semoga semuanya lancar, persiapan lahir dan batin dan untuk acaranya juga.

    Asik banget itu makanannya lengkap banget πŸ˜€

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Makasih banyak yah mba Yo, maaf baru dibalas komennya πŸ™‚

      Iya mba Yo, si tante jago mikirin makanannya biar pas..hehe πŸ˜€

      Like

  10. leonyhalim · April 28, 2015

    Selamat ya Py! One month to go sampai hari H. Semoga semuanya makin dilancarkan terutama untuk kehidupan perkawinan kalian ya. *jadi laper liat deretan makanan terutama ikan dengan cabe seabrek*

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Thankk youu Le πŸ˜€ Aminn amin.. Mkasih doanya ya πŸ˜€ Maafkan kelamaan bales komennya 😦

      Like

  11. Epi · April 28, 2015

    Congrattt yah py.. Selangkah lebih dekat dengan hari h. Muka elk tegang bener yah boo. Sama sih kaya gw waktu Itu. Hihihi. Kalo di adat gw.. Malahan si JP yg gak boleh masuk.. Wkwkw.. Gw malah kudu nampakin diri ke keluarganya.

    Lancar2 yaaaa… Eniwei gw doyan panada *kode gak jelas* ahahaha

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Thankk youu mak.. πŸ˜€ Iya nih tegang gilakk.. Apakabar hari H ya..hahaha πŸ˜€

      Nanti gw belajar dulu bikin panada yak, tar ikke siapin pas dirumah :p

      Like

  12. -n- · April 28, 2015

    Woh bentar lagi! Btw gpp lah duduknya jauhan yg penting masih satu kursi, satu ruangan.

    Drpd yg satu nunggu diluAr….. #masihDibahas πŸ˜† πŸ˜†

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Bahahaha πŸ˜€ Iya juga yah mem Tyk.. Ga lucu amat satu dimana satu dimana :p

      Like

  13. dinaisyana · April 28, 2015

    Wah sebentar lagi ya… sukses persiapannya. Btw senang meliat kalian, perkawinan 2 adat. :p

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Amin.. Tengkiuu Din πŸ˜€ Iya nih, meski ujungnya tetep Internasional tp tetep ada selipan adatnya πŸ˜€

      Like

  14. Epiness · April 28, 2015

    Congrats ya pyy ! Wihhh resepsi nya tinggal sebulan lg toh? Semoga segala persiapan lancar semua yah πŸ˜‰

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Thannk you yah Pi πŸ˜€ Aminn aminn πŸ˜€

      Like

  15. Taqorrub · April 29, 2015

    Kl bicara lamaran, ane bentar lg mau lamaran nih, doain ane ya biar acaranya sukses πŸ™‚

    Like

  16. lovelydebz · April 29, 2015

    Iyooooo maso minta memang ngana harus ngumpet duluuu…waaah hebat py lancar nggak pake alot kayak gue dulu….secara tau jo no binyo deng batak sama2 keras hehehe…semoga lancar jayaaaa

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Ho deng Batak le katu. Aheyy.. Mantap ada senior bgni πŸ˜€ hihi, boleh mo ba tanya2.. Iyo, baru tau pas dp hari klo pake basambunyi.. Nda pernah baku iko klo maso minta..haha :p

      Like

  17. yance · April 29, 2015

    congrats ya py..semoga lancar2 urusannya sampe hari H nya

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Aminn.. tengkiuu ci Yan πŸ˜€

      Like

  18. pingiwed · April 29, 2015

    congratz ya py, one step closer πŸ˜€
    lancar2 ya sampe hari H nanti, tinggal itungan hari, smangatttt kakakkkkk *hugs*
    itu ikan yang paling ujung kyknya sedep bgt deh py, cabenya itu loh, nyum nyum :p

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Aminn Wi, makasih doanya πŸ˜€

      Iya itu cabe di-ikan-in kalo kata si Ai..haha πŸ˜€ Enakk bgt πŸ˜€

      Like

  19. jendluvu · April 29, 2015

    pyy.. congrats yahh.. lancar2 persiapannya.. 30 May akan jadi hari yg sangat indahh ya py! ihiyy.. hehe

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Aminnn Jen, gw berdoa bgt tgl 30 Mei itu boleh indah πŸ™‚

      Liked by 1 person

  20. Arman · April 29, 2015

    congrats ya py! πŸ™‚

    Like

  21. me chan · April 29, 2015

    Huaaaaah 30 meiiii 😍😍😍😍
    Duh kalian so cute banget sih duduknya jauhan gitu kaya anak abege naksir2an ya hahahahaha pengen colek2in terus 😜😜

    Jadi, pajero nya putih apa item om? Hahahahahahaha

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Bahahha.. Ya kannn πŸ˜€ Macam anak abege bgt ya Mei :p

      Jiahhaah.. Gagal sudah kata bokap gw..bahaha :p

      Like

  22. Melissa Octoviani · April 29, 2015

    huaaaa…. sebentar lagi toh… lancar2 terus ya… dan congratz buat lamarannya… aduh itu makanan bikin ngiler hahahaha…

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Iya ni Mel sbntar lagi.. hehe πŸ˜€ Amin amin πŸ˜€ Iya enak makanannya Mel, tante gw emang jago masak πŸ˜€

      Like

  23. Nay · April 30, 2015

    selamet ya py,,, sukses menjelang hari H,, jaga kesehatan ya.. Jbu

    Like

  24. meloo · April 30, 2015

    wawawwawaaa.. congrats Py! Gua baru tau lamaran dlm bhs minahasa itu maso minta hihihihi
    lancar-lancar yaa AiPy!

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Tengkiuuu tetanggaku idolakuu :* Iya, jadi sekalian belajar2 bahasa Manado yak πŸ˜€

      Like

  25. rochan · April 30, 2015

    Congrats py buat engagement nya.. πŸ™‚
    Lucu ya, dua2 nya gugup banget buat acara lamaran nya..hehehe.
    sampe2 si ai nyasar, u jg gemeteran. Terus sampe gak sadar duduknya jauh2an. Hehehe.

    Semangat py, 1 bulan lg.. πŸ™‚

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Thankk you Chyn :*

      Iyahh.. Kek orang berantem dah yah πŸ˜€ hahaha :p

      Like

  26. mila said · May 3, 2015

    aaahh makanannya py..makanannyaaaa aku ngileeerrr… *sluruupp

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Hihhii.. Perlu tadahan ga Mil? πŸ˜€

      Like

  27. Chindy · May 4, 2015

    Congrats yaa pyy, sudah kelar dengan sangat baik acara lamarannya πŸ˜€
    Semoga lancar2 semua yaa sampe hari H nya. Amiennnn.
    Eke jadi ikut dheg2an :p

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Tengkiuu yahh πŸ˜€ Aminn amin buat doanya πŸ™‚

      Like

  28. kamomomo · May 5, 2015

    Wahh congrats ya Py… menghitung hari nih..bukan bulan lagi… Nanti reportnya ditunggu ya…buat referensi…hihihihi
    Gbu…^^

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Siappp πŸ˜€ tengkiuu yahh πŸ˜€

      Like

  29. TazOlip · May 8, 2015

    Aduh aku ngakak pas baca kamu kutekan segala. Udah gugup, gemeteran, ealaaahh kok sempet-sempetnya kutekan jugak. HAHAHAHAH πŸ˜† Mudah-mudahan lancar ya pypyyyyy. Semangat! πŸ˜€

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Centill bangett ya kan..bahahha πŸ˜€ Aminnn.. Makasih ya Lip :*

      Like

  30. sangmane · May 10, 2015

    selamat yah semoga bahagia selalu … πŸ™‚

    Like

  31. Beby · May 12, 2015

    Aaaaah.. Ngga kerasa akhir bulan ini yah, Mbaaaak.. Semoga lancar. Aamiiin aamiiin aamiiiiin.. :*

    Btw, lumayan jugak tuh Mbak, kalok dapet sinamot.. Ihihihi. πŸ˜›

    Like

    • Pypy · May 15, 2015

      Aminn.. Makasihh Beb πŸ˜€

      Ya kann.. Bisa dapat Pajero deh bokap gw..haha :p

      Like

  32. Pingback: Cerita H-1 dan Hari H | aipystories831

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s