Mengurus Surat N1, N2, N3, N4 di Bekasi (Utara)

Hi semua, postingan masih dalam rangka persiapan pernikahan nih. Mudah-mudahan belum pada blenek yah bacanya. Kali ini gw mau berbagi soal birokrasi terkait pernikahan, yakni surat N1, N2, N3, N4. Dan berhubung gw seneng ceritain detail, jadi postingan ini bakal lebih panjang dari seharusnya :p

Minggu 22 Februari 2015 gw ke rumah tante di Bekasi, dan ternyata si tante ada acara digereja dong sampai malam banget. Alhasil pulang dengan tanpa hampa tanpa bertemu Pak RT. Alhasil diputusin hari kamis nya bakal cuti untuk ngurusin seharian. Kenapa kamis? karena kalau jumat takutnya hari pendek kan.

Hari rabu 26 Februari 2015 pulang kantor gw naik feeder komuter line dari stasiun Sudirman ke Bekasi. Dan benar rupanya kabar yang sering gw dengar kalau naik komuter dijam pulang kantor itu mesti siapin tekad sekuat baja. Dan jangan lupa kuda-kudanya juga mesti kuat bok, untuk apa? Buat nahan badan lo biar lo ga jatuh ke rel kalau orang belakang sudah mulai beringas pengen duluan. Begitu keretanya stop juga mesti siap banget untuk dulu-duluan dapat tempat duduk. Gw kemarin berhasil sodara sodari, sungguh pencapaian yang luar biasa. #abaikan

Kamis pagi jam 5, tanpa mandi dan sikat gigi, cuma ganti celana gw sama tante langsung menuju rumah Pak RT. Pak RT nya ganteng :p Kami ngobrol sebentar dan Pak RT langsung siapin surat pengantar untuk gw ngurus surat di Kelurahan

Syarat ke Pak RT:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga

Surat pengantar nya cuma selembar kecil, lupa gw foto. Tar kalau dah foto gw update lagi lah. Kelar dari Pak RT, gw ma tante ke rumah Pak RW untuk minta tanda tangan.

Jam 9 (tentu sudah mandi cantik) gw dan Ai naik becak ke kantor Kelurahan Harapan Jaya. Ternyata pagi itu gak ramai, jadi cepat banget ngurusnya.

Syarat di kantor Kelurahan:

  • Fotokopi KTP sendiri & calon suami
  • Fotokopi Kartu keluarga
  • Surat Pengantar
  • Materai 6 ribu 1 lembar
  • Surat pernyataan belum menikah (Ini harusnya minta ttd lagi ke Pak RT, tapi mba nya baik dan kasih tau kalau surat pengantar aja cukup)

Begitu berkas dimasukin, ga sampai 15 menit Surat N1-N4 dan Surat PM1 jadi. Gw keluar biaya IDR50k disini, katanya uang serelanya. Dari situ gw disuruh ke kantor Kecamatan untuk ngurus surat rekomendasi. Jadi lah gw sama Ai kembali naik becak ke kantor Kecamatan Bekasi Utara yang mana ternyata jauh kakak. Sakit deh p*ntat barbie. Haha.

Syarat di kantor Kecamatan:

  • Fotokopi KTP
  • Foto Kopi Surat N1, N2, N3, N4, PM1

Nyampe dikantor kecamatan gw langsung diarahkan ke loket paling ujung kanan. Diminta berkas yang sudah gw sebutin diatas, dan ga berama lama surat rekomendasi jadi deh. Disini gw diminta uang kas IDR 35k dan dana seleranya, jadi gw langsung kasih IDR 50k deh.

Total waktu yang dibutuhin untuk ngurus gak sampai 2 jam, sekarang gw tinggal nunggu berkas N1 – N4 Ai dari Papua baru lanjut ngurus catatan sipil deh. 🙂

Kenang-kengan Naik Becak
Kenang-kengan Naik Becak
Advertisements

35 thoughts on “Mengurus Surat N1, N2, N3, N4 di Bekasi (Utara)

  1. pyyy.. gua kemarenan gak ngurusin surat2. hehehe.. soalnya emang bokap gw rt. jadi beliau yang ngurus. gua cuma tinggal nunggu “Sah” aja. wkwkw..

    Like

  2. Py, pm1 surat apa?
    biaya ngurusnya skrg naik ya py? tow mgkn beda area, beda juga biayanya? ngurus surat2 buat nikah susah2 gampang tapi seru *bisa bolos ngantor* hahahahaha, gue juga ngurus sendiri tapi cuma sehari jd ga bs bolos lama2 dah

    Like

    1. Kayaknya surat menyatakan belum nikah deh Wi, tar coba gw cek yah..haha 😀 Gw juga cuma cuti sehari, dan tanggung, besoknya masih mesti kerja..haha :p

      Like

  3. Hahhaha ribet memang non tp kerasa mao married kan pas ngurus beginian? pm1 it semacam surat menyatakan dikau blm menikah kan? klo gw dulu double loh udh pm1 masih ketambah surat menyatakan diri blm menikah haizz hahhaha…sudah berlalu tapi semuanya

    Like

    1. Betul sekali kakaknya, lebih berasa mo nikahnya :p Kayaknya yah, tar coba gw lihat deh..hihih. Skrg ngurusnya udah beda yah, Mir :p

      Like

  4. Waktu itu gue dibantu nyokap Py ngurusin ginian. Tapi ya ngurusin sendiri (I mean ga pake calo), dan cepet kok. Cuma tetep waktu jaman gue merit, orang kelurahannya masih minta duit rokok. Kalau ga salah sih 30rb hahahaha. Sebenernya mah gratis tis tis.

    Like

    1. Iya, aturan mah gratis yah. Tp tetiba ada uang kas lah dll..hihi.. Gw juga untungnya ada tante jadi pembuka jalan, selebihnya cepet dan lancar bgt., 😀

      Like

  5. kecup basah pypy..gw butuh bgt postingan ttg ini py. hehehe.
    soalnya sampe sekarang, gw masih bingung mesti minta apa aja & urus nya kemana.
    tapi berkat postingan u, gw mulai dapet pencerahan..
    thank you py.. 😀

    Like

    1. Aww.. Kecups balik Sindi..hihihi.. Sama Sin, gw lah kmren nyari2 juga. Makanya skrg balas budi posting juga yg detail..hihi.. semangatt!!

      Like

  6. jadi ingat pas ngurus surat2 ini juga,waktu itu q malah urus sendiri loh, sampe2 pak RTnya bingung kok anak ini datang sendiri biasanya kan ngurus2 hal kayak gini minta tolong ortunya,hehe

    Like

      1. Hahaha :p Ga masalah kok kakaknya.. *kayaknya lebih cocok manggil kak aja kan ya drpd mbak, lebih berasa timurnya* hihi ;p Udh termasuk org timur lah si ai. Ngomong nya dah sa-pu-sa-pi :p

        Like

      2. ahaahah,,,iya2 betul,q ngerti nanget tu bahasa papua,soalnya daerahnya deket2 jadi ngerti sedikit2 dan waktu kuliah juga banyak temen2 dari papua,orngnya asik2,, btw panggil adia aja,aku kan masih muda *sok muda*, biar berasa temen gitu sesama orng timur 😀

        Like

      3. Iya kan, timur mah mirip yah kita bahasanya :p Baiklah Adia, salam Indonesia Timur..hihi *trus tetiba pen angkat bekpek ke Ternate* fufufu..

        Like

  7. Asik.. Ada yang mau menikah nih. Yihaaaaa 😀

    Selamat ya, Mbak. Semoga urusannya lancar-lancar aja semua, sampai saat itu tiba 😀

    Like

  8. Postingan segini kok dibilang panjang sih mbak :p

    Lumayanlah aku baca-baca ini. Jadi pas mau nikah besok, paling nggak udah tau apa aja yg harus disiapin, hehe…. 😀

    Like

  9. Aaaah finaly py mau merit hehejeeh,,,
    Dl krn nikah di kendari smua dan sayanya dibombana, smua urusan kek gini di urus bokap.. saya taunya tinggal kawin aja wkwkwkwkwekke

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s