Mengurus Surat N1, N2, N3, N4 di Bekasi (Utara)

Hi semua, postingan masih dalam rangka persiapan pernikahan nih. Mudah-mudahan belum pada blenek yah bacanya. Kali ini gw mau berbagi soal birokrasi terkait pernikahan, yakni surat N1, N2, N3, N4. Dan berhubung gw seneng ceritain detail, jadi postingan ini bakal lebih panjang dari seharusnya :p

Minggu 22 Februari 2015 gw ke rumah tante di Bekasi, dan ternyata si tante ada acara digereja dong sampai malam banget. Alhasil pulang dengan tanpa hampa tanpa bertemu Pak RT. Alhasil diputusin hari kamis nya bakal cuti untuk ngurusin seharian. Kenapa kamis? karena kalau jumat takutnya hari pendek kan.

Hari rabu 26 Februari 2015 pulang kantor gw naik feeder komuter line dari stasiun Sudirman ke Bekasi. Dan benar rupanya kabar yang sering gw dengar kalau naik komuter dijam pulang kantor itu mesti siapin tekad sekuat baja. Dan jangan lupa kuda-kudanya juga mesti kuat bok, untuk apa? Buat nahan badan lo biar lo ga jatuh ke rel kalau orang belakang sudah mulai beringas pengen duluan. Begitu keretanya stop juga mesti siap banget untuk dulu-duluan dapat tempat duduk. Gw kemarin berhasil sodara sodari, sungguh pencapaian yang luar biasa. #abaikan

Kamis pagi jam 5, tanpa mandi dan sikat gigi, cuma ganti celana gw sama tante langsung menuju rumah Pak RT. Pak RT nya ganteng :p Kami ngobrol sebentar dan Pak RT langsung siapin surat pengantar untuk gw ngurus surat di Kelurahan

Syarat ke Pak RT:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga

Surat pengantar nya cuma selembar kecil, lupa gw foto. Tar kalau dah foto gw update lagi lah. Kelar dari Pak RT, gw ma tante ke rumah Pak RW untuk minta tanda tangan.

Jam 9 (tentu sudah mandi cantik) gw dan Ai naik becak ke kantor Kelurahan Harapan Jaya. Ternyata pagi itu gak ramai, jadi cepat banget ngurusnya.

Syarat di kantor Kelurahan:

  • Fotokopi KTP sendiri & calon suami
  • Fotokopi Kartu keluarga
  • Surat Pengantar
  • Materai 6 ribu 1 lembar
  • Surat pernyataan belum menikah (Ini harusnya minta ttd lagi ke Pak RT, tapi mba nya baik dan kasih tau kalau surat pengantar aja cukup)

Begitu berkas dimasukin, ga sampai 15 menit Surat N1-N4 dan Surat PM1 jadi. Gw keluar biaya IDR50k disini, katanya uang serelanya. Dari situ gw disuruh ke kantor Kecamatan untuk ngurus surat rekomendasi. Jadi lah gw sama Ai kembali naik becak ke kantor Kecamatan Bekasi Utara yang mana ternyata jauh kakak. Sakit deh p*ntat barbie. Haha.

Syarat di kantor Kecamatan:

  • Fotokopi KTP
  • Foto Kopi Surat N1, N2, N3, N4, PM1

Nyampe dikantor kecamatan gw langsung diarahkan ke loket paling ujung kanan. Diminta berkas yang sudah gw sebutin diatas, dan ga berama lama surat rekomendasi jadi deh. Disini gw diminta uang kas IDR 35k dan dana seleranya, jadi gw langsung kasih IDR 50k deh.

Total waktu yang dibutuhin untuk ngurus gak sampai 2 jam, sekarang gw tinggal nunggu berkas N1 – N4 Ai dari Papua baru lanjut ngurus catatan sipil deh. 🙂

Kenang-kengan Naik Becak

Kenang-kengan Naik Becak