Cara Mudah Memindahkan Isi Postingan Dari Blogspot ke WordPress

Dengan catatan jaringan Internet lancar yah kata “Mudah” nya (T&C apply). Soalnya cara ini sudah gw lakukan kemarin, tapi tetap saja isi postingan ga pindah-pindah. Puji Tuhan ada mak Epoy yang berbaik hati mindahin dan tadaaa.. Tulisan dari Blogspot langsung duduk manis di WordPress ini. Oh yah, buat teman-teman yang masih follow blogpost boleh di unfollow atau ganti url nya dengan alamat blog ini yah:Β https://aipystories831.wordpress.com πŸ™‚

Cukup dengan prakatanya, sekarang masuk ke langkah-langkah nya. Aturan sih ga perlu dijelasin karena pasti langsung ngerti dengan liat print screen ini..Hahaah.. Tapi berhubung dimari lagi girang jadi gpp lah πŸ˜€

Langkah pertama adalah masuk ke dashboard blogspot terus klik settings – Other. Dibagian Other ada Blog Tools, klik Export Blog. Begitu di klik akan keluar file yang perlu didownload. Save.

31 2

Langkah selanjutnya adalah daftar WordPress (tentu saja), begitu sudah masuk dibagian dashboard (Pilih Classic Dashboard) cari Tools – Import. Dihalaman Import klik Blogger terus cari Browse, kemudian upload file export yang sudah didownload dari dashboard blogspot tadi.

587

Seharusnya selesai melakukan langkah-langkah diatas, postingan kita dari blogspot semua akan langsung pindah ke WordPress. Semua termasuk gambar dan komen. Tapi ya itu tadi, karena jaringan inet kantor gw ga gitu kece makanya punya gw masih kosong aja. Pas dipindahin ma Epoy ga nunggu berapa lama langsung jadi. Sekitar 10 menit kalo gak salah.

Setelah itu baru deh utak-atik tampilan WordPress seperti yang dimau. Dan memang kudu mulai lagi dari awal.Β  Macam Blogroll tuh, satu-satu dah masukinnya lagi. Hihihi.. Makanya kalau niat pindah emang kudu siapin waktu biar langsung selesai. Kalo tipe gw orangnya begitu nunda pasti keterusan dah, yang ada gak selesai-selesai.

Plus minus Blogspot sama WordPress menurut Py:

Blogspot: (-) Postingan gak bisa dikunci, kalau sudah kasih komen ke blog tetangga sampe sekarang gw ga tau cara taunya udah dibalas apa belum. Jadi kudu nengok manual buka lagi. Dan meskipun gw sudah instal Blogger di tab, tetap saja ga ada pemberitahuan apa-apa. (+) Karena udah lama pake Blogspot rasanya sudah nyaman lah, bikin postingan segala, insert gambar apa2 dah gampang. Dan dashboard nya pun mudah.

WordPress: (-) Ribet dahsboard nya, kudu pindah ke classic dashboard dulu biar ketahuan isinya. Pengaturan awal nya njlimet, kudu banyak cari info dengan gugling sana gugling sini. Ibarat handphone kalo kata gw Wp ini iPhone, gak user friendly..haha :p *gak punya, tapi tiap pinjem iPhone temen pasti langsung nyerah* *ini kenapa jadi curhat sik?* haha πŸ˜€ (+) Kalau sudah selesai pengaturan awal langsung berasa mudahnya. Postingan bisa dikunci, terus bisa balas-balasan komen real time. Karena muncul pemberitahuannya saat gw sudah instalΒ  Wp di tab. Gak cuma balas komen yang ada dipostingan kita, tapi juga ke komen yang sudah kita tinggalin diblog orang. Terus emotikon nya langsung kelihatan. πŸ˜€

10848462_316306355226668_1556781863_a

Semoga membantu yah πŸ™‚

Advertisements

12 thoughts on “Cara Mudah Memindahkan Isi Postingan Dari Blogspot ke WordPress

  1. toss donk py, berkat epoi qta bs pindah ke wp πŸ˜€
    minus wp, postingan baru2 dari temen2 blogger ga ketauan ya py, jd biasanya gue liat di reader tapi suka ga kedetect jg py *gemess*

    aplikasi wp ada ya py buat hp? gue baru tau nii, kl blogspot tau en uda gue uninstall

    Like

      1. Hahah πŸ˜€ Coba aja.. ada banyak kok reader nya.. Feedly kalo ga salah, coba cari aja.. Kalo bloglovin gw suka krn sofar gampang πŸ˜€

        Like

  2. bagus bgt nih postingan nya py..nanti kl misalnya gw mau pindahan, postingan ini bakal bermanfaat bgt buat gw. hohoho

    Like

    1. Syukurlah klo berguna yah Sin πŸ˜€ Nnti klo ada apa2 silahkan hubungi mak Epoy..muahahaha.. *kemudian gw disirem air keras* lol

      Like

  3. komen di blogger saya biasa lihat via email, cepat cuma ya kalo kita post di blog org terus dijawab ga ada notif..boleh tahu alasannya knp pindah ke WP?

    blogwalking ya…salam kenal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s