Nyebelin

Source: Here
Kelakuan orang-orang disekitar kita memang seringnya bikin alis mengernyit. Bikin kita heran kok bisa ada orang kayak gini?. Tau dong kalau dimasa kampanye Pemilihan Presiden kemarin, Pak Jokowi dan TimSes nya koar-koar soal Revolusi Mental. Dan memang masyarakat kita perlu banget yang namanya Revolusi Mental ini. Kemarin heboh kelakuan para pengunjung Ikea di media sosial yang kebanyakan masih belum paham sama aturan self service, tempat makan dan sampah berceceran dimeja.
Dari begitu banyak kejadian menyebalkan yang ditimbulkan oleh orang-orang disekitar, berikut beberapa yang bikin Py & Ai sebel:

1. Dijalan

Tiap pagi ke kantor Py naik bus Trans Jakarta (TJ), yang namanya TJ itu kalau menuju halte nya pasti lewatin jembatan dulu. Sering banget Py sebel karena kalau lagi jalan itu suka ada aja yang ganggu. Misal, sudah tahu jembatan itu sempit, ada orang jalan berdua, berjejer sambil ngobrol. Jadinya kan jalannya pelan yah. Sedangkan orang dibelakang lagi pada mau buru-buru. Alhasil jalannya kudu permisi dulu, ada yang ngasih jalan ada juga yang cuek bebek jalan gak peduli sama orang dibelakangnya. Belum lagi jembatan yang sempit itu ditambah dengan para pedagang yang jualan. Grrr.. Itu jalanan bisa macet macam jalanan Sudirman pas jumat, hujan, pulang kantor. Ada sih Satpol PP, tapi yang diusir-usirin yang ditrotoar, padahal yang dijembatan juga banyak.Ā 
Belum selesai sampai disitu, mungkin ini juga terjadi ditransportasi umum lainnya. Berebutan untuk naik. Dimana-mana itu aturan yang benar adalah dahulukan penumpang yang turun. Sayangnya masih banyak orang yang ga punya etika yang benar untuk yang satu ini. Oh, ga cuma transportasi juga deh, Py sering ketemu orang ga sopan macam ini kalau mau keluar lift. Gak sabaran dan nyerobot masuk. Apa salahnya sih nunggu sebentar sampai orang yang mau turun/keluar selesai?. Toh ga akan ditinggal juga kan?.

2. Dibioskop

Baru jumat malam kemarin Py & Ai ngerasa terganggu banget waktu nonton Jhon Wick di Djakarta Theater. Jadi ada orang, sepasang, duduk disebelah Ai dan mereka ngobrol terus sepanjang film, sudah di sssstt-ssstt (kalian ngerti maksudnya kan? :D) sama Ai tetap ga berhenti juga ngobrolnya. Klimaksnya Py tegur mereka “Kalian kalau mau ngobrol jangan disini, disini buat nonton, kalau mau ngobrol silahkan ke cafe dibawah“. Dan apakah mereka berhenti? Enggak dong!! Pengen nabok gak?? Mereka tetap ngobrol, tapi bisik-bisik. Sangat mengganggu. Mungkin kejadian macam gini bisa dimaklumi kalau pas lagi nonton film kartun atau film yang banyak anak kecilnya.
Belum lagi kalo orang dibelakang kita gak bisa diem terus nendang sandaran kursi. Itu beneran ngajakin berantem deh. Gimana cara ngasih taunya yah orang kayak gini? Kan keliatan dong kalau ditempat itu ada orang yang duduk.ckckc.. Minta digaruk pake linggis dah. Oh sama ini, orang yang nonton kayak mau piknik. Bawaan kedalam bioskop banyak banget pake tas plastik. Wihh.. Ganggu banget.

3. Dikost

Namanya tinggal dengan orang lain dalam satu atap membuat kita harus memiliki tenggang rasa dan toleransi yang tinggi. Tapi tetap saja seringnya menyebalkan. Macam ada orang yang keluar kost tapi pintu gak ditutup lagi. Kalau pagi biasanya kan mbak-mbak dikost masih sibuk dengan urusan domestik, jadi diruang tamu ga ada yang jaga. Nah kalau pintu gak ditutup bukannya mengundang orang jahat beraksi yah? kan jadi resiko ke penghuni. Ada lagi yang berkelakuan aneh kayak tetangga lantai atas, jemur cucian pakaian dalam didepan jendela kamarnya, dan air nya netes persis dirak sepatu Py. Sudah sering ditegur tapi jemur lagi jemur lagi. Yang ajaib kamar yang diatas Py persis itu pulangnya suka malam banget, dan dia kalau pulang pasti bebenah kamar dulu. Nah, lantai dikamar atas itu semuanya kan pakai kayu, otomatis bunyi jedak-jeduk kedengeran banget dong sama orang bawah. Sungguh nyebelin.
Ya sudah 3 dulu deh Py tulis, kapan-kapan ditambahin lagi. Semoga kalau ada orang-orang yang kelakuan nya kayak yang Py jabarkan diatas, yang kebetulan baca postingan ini bisa berubah yah. Lebih tepatnya sih kita berubah bareng-bareng, karena mungkin masih banyak juga kelakuan Py yang nebelin orang lain. Kan katanya untuk sesuatu yang besar harus dimulai dari diri sendiri kan?
Yang bikin kamu sebal sama kelakuan orang disekitar apa sih? Kepo nih. Hihihi..
Advertisements

41 comments

  1. Ribka · November 3, 2014

    pypy, i feel you..beberapa uda gw alamin juga itu…gw pernah omelin org dibioskop lho soalnya itu org nendang2 kursi gw…Org2 jaman sekarang beneran ga ada toleransi nya yaa..

    Like

  2. Arman · November 3, 2014

    iya nyebelin emang kalo ketemu orang2 yang ignorant gitu ya py…
    tapi ya mau gimana lagi. kalo ditegur gak mempan ya mau gak mau dicuekin aja lah…

    Like

  3. Meilani Lim · November 3, 2014

    banyak py yang nyebelin mah. apalagi gua orangnya tensi tinggi. senggol bacok. hahaha
    susah kalo dijabarin

    tapi paling bete itu yg d bioskop loh.. hahahah
    mestinya lu omel2in pake bahasa manado py. biar bingung tuh orang hahhaa

    Like

  4. rochan · November 3, 2014

    gw paling ngerasain banget yg nomor 1 pypy, soalnya kan tiap hari naek TJ.
    hadeuuuh, paling kesel sm org2 ya kaya gitu. >.<
    emang mesti diluasin kesabaran nya kita ya.

    tapi itu yg soal tetangga di kost, gawat jg ya..mesti sabar2 sm tetangga kost, tiap orang punya kebiasaan masing2. mungkin kebiasaan mereka yg dianggep biasa ternyata mengganggu buat penghuni lainnya.

    Like

  5. Evita Wijaya · November 3, 2014

    semuanya aku pernah ngerasain pyyyy.. apalagi orang ngobrol dibioskop. gua sampe bilang “kalo elo gak mau diem, gua seret elo keluar dari ruangan ini”, eh baru diem donk. ckckckckcck.. padahal yah gua udah bilang “diem donk, ngeganggu banget tau ga” masih aja ngobrol baru deh yang terakhir gua keluarin jurus gua. hahahaha.

    Like

  6. mira kumala · November 3, 2014

    Pypy,….seirama sekata kita yaa gw jg dulu jama kuliah kan ngekost yaa, nah kamar mandi cuma 2 tp yg mandi segambreng bisa dibayangi kan mandi pada rebutan tp anehnya ada yg mandi jam 9 tp bak mandinya udh masuk dikamar mandi jam 6 pagi dan dia khusus bangun cm naruh itu bak mandi hahhahah smp diomelin sak kost tp tetep aja kek gt orgnya …jadi memang kita butuh pemimpin gila yaa yg bisa memperbaiki semuanya

    Like

  7. Caths Aprillia · November 3, 2014

    py,,ini crita yang kmrin mau dicritain tapi ga jadi yah??hehehe..ngadepin orang yang intolerant gtu sih emang kadang menguras emosiiii yah,,susah sih kalo mental bgtu sudah mendarah daginggg,,paling kita cuma bisa kasih contoh yg baik, atau memberi tegurannnn/peringatan ke mereka smpe mereka bener2 tersadar tindakan mereka salah,,,butuh kesabaran sih py,,sabar yah py,,hehe

    Like

  8. clarissamey · November 3, 2014

    semua2 yg u ceritain bikin sebel Py dan gw pernah temuin semua kecuali yg di kosan yahh hehe
    kalo gw sih tipenya males negur, jd wkt di bioskop ada yg sibuk ngobrol gw cuekin aja meskipun sbnrny ganggu bngt sih kita ntn jd ga konsen.. kdg kl filmny mmg ga menarik gw malah sengaja ngobrol2 juga biar gantian mereka yg keganggu hahah

    Like

  9. Marlin Nago · November 3, 2014

    nama boleh Happy, tapi kadang kelakuan orang disekitar bikin gak Happy ya Py.. hihihihi.
    Yang masalah di lift itu gw alamin di kantor, saking seringnya akhirnya pas pintu udah mau kebuka dan mereka pada mau masuk ud gw cegat duluan sambil gw teriakin, yang keluar duluu woiiii!! Gw ngomong kenceng dengan muka super BT. Klo ada yg masuk sebelum gw keluar, gw suruh dia keluar lagi. *aslii gw demen ngajak ribut orang yang punya mental ky gini*

    Klo yang di bioskop keseringan nemu kaki2 kuprettt. Bener2 ganggu banget. Pastinya itu gw berdiri, trus gw liatan tuh orang yang duduk dibelakang gw sambil gw bilangin kakinya bisa diem gak?? Sy terganggu ini. Klo kmu saya gituin mau gak?? Tinggal Anan yg narik2 gw suruh duduk. Grrrrr…kesell sama orang2 berperilaku bin aneh ajaib di tempat umum.. Helooo itu tempat umum. Bukan rumah lu. Jadi kita punya hak yang sama disana, gak seenak udel lu aja. *jadi kebawa emosi gini komen gw* Dan gw sebisa mungkin juga gak lakuin hal-hal diatas yang bikin orang lain jadi terganggu. Lebih banyak mawas diri juga. Jangan sampai kita gak jauh beda sama orang2 ky gitu.

    Like

  10. Emaknya Benjamin · November 3, 2014

    Semua sifat nyebelin itu tergantung sama pribadi ybs, klo dia ga niat berubah, walau ribuan kali dibilangin juga tetap aja begitu. Aku sih klo nemu orang2 begitu cuek bebek ajalah, mending menghindar drpd hati ga sejahtera šŸ˜‰ .

    Like

  11. Bibi Titi Teliti · November 3, 2014

    Duuuh…sepertinya semua yang dikau tulisin itu aku pernah ngalamin deh Pyy…bhuahahaha…

    Sempet shock waktu pertama kali naik jembatan penyebrangan itu lho Py, waktu itu Abah dan anak2 di Plaza Semanggi sedangkan aku harus nyebrang buat interview ke Korea itu lhooo ke Wisma GKBI…
    dan bener katamu Py, jalannya sempit dan banyak abang2 jualan gituuuuh…duh ngeselin šŸ˜¦

    Dan dulu pas baru nikah sama Abah sempet nge kost juga, dan ngerti banget itu kalo hidup serumah dengan orang lain butuh toleransi tingkat tinggi…hihihi…

    Dan masalah bioskop…itu semacam menorehkan luka di hatiku yang rapuh ini sih Pyyy…aku udah lama banget gak ke bioskoooop…bhuahahaha…sepertinya terakhir ke sono nonton film nya Coboy Junior deh bareng temen2nya Kayla…bhuahahaha…

    Like

  12. Zilko · November 4, 2014

    Hahaha, memang nyebelin banget ya kalau ketemu orang yang nggak memiliki rasa toleransi gitu Py. Yang lebih nyebelin lagi adalah kalau sudah ditegur eh merekanya cuek bebek aja, grrr….

    Like

  13. mamie_funky · November 4, 2014

    hahaha…gambarnya pas banget menggambarkan kondisi lagi menyebalkan banget yaa orang2 itu…yahhh gitulah masih banyak orang2 yang belom punya kesadaran tinggi py di tempat umum, jadi genggeus sekitarnya

    Like

  14. Fanny Ng · November 4, 2014

    py, di sini juga bbrp org gtu ga mau nunggu org keluar MRT gt baru masuk, kan jadi tambah lama ya.. biasa ibu2 bapak2 gtu yang ga sabaran.. ckck..

    Like

  15. Renie Lie · November 5, 2014

    Py gw juga pernah ngalamin apalagi yang di bioskop itu orang kakinya nendang bangku gw dan gw omelin sambil pelototin hahaha

    Like

  16. Regina Bellani · November 5, 2014

    kak pyyyy sama itu yang di bioskop nendang2 kursi dan berisik juga gengges banget deh.. yang di busway juga nyeruduk2 masuk duluan padahal yg turun belum beres.. kalau yg dikosan mah udah khatam deh hahaha dulu ngekost juga banyak hal aneh2 yang dilakuin org2 kosan tapi mau gak mau kan diterima2 aja ya namanya tinggal disitu juga mesti banyak toleransi dan sabar2 diri hahaha

    Like

  17. Jurie Chan · November 5, 2014

    Py, gw tambahinn… SEROBOT ANTRIANN!!!! habbit menjamuurrrrr merajalela macam virusss!!

    Self service emang parah kok… mental bos smua… mentang” bayar.. Klo di kenain servicee boleh dhe u kyk gt, slama ga pake servicee yahh yg bener aja donk..

    Like

  18. Mel · November 5, 2014

    gw paling sebel kalo ngeliat org buang sampah keluar dari mobil yg berjalan. hiiihhh, ngotor2in lingkungan aja~

    ngomong2 self service di ikea ya py, itu harusnya si petugas pembersihan ajarin pengunjung biar balikin tray dan sampahnya sendiri, bukan malah dibantuin bersihin alias mrk yg kerjain. Soalnya gw jg liat ada yg bersihin meja makanya males balikin sendiri, padahal mah baca juga aturannya spy balikin traynya sendiri haha :p

    Like

  19. Felicia · November 6, 2014

    Gw paling sebel kalo orang nyelak antrian….emang ga bisa liat apa semua pada nunggu.
    Yang kemarin ke indo ada bbrp kali deh kejadian kek gitu, pernah sekali lagi pesen makan di salah satu fast food sambil bawa stroller…eh tau2 ada orang nyelonong ga permisi kek ato ngomong apa langsung tau2 maju ke depan gw nanya ke mbaknya yang lagi ngeladenin gw…*sabar2elus2dada*

    Like

  20. Chindy · November 8, 2014

    Kalau yg lift sama TJ sering ngalamin pyy tapi kalau yg bioskop paling kalau emang banyakan anak2 yg nonton br suka bunyi grasak grusuk. Kalau gw pernah ngalamin naek pesawat eh belakang tuh ada anak sama ortunya terus tuh anak ga bs diem nendang2 kursi gw tp kenapa yaa ortunya ga suruh diemin. Karena kesel gw teken badan gw sekuat2nya ke kursi gw sampai tuh anak bener2 diem. Bener2 ngeselin =.=

    Like

  21. AiPy · November 10, 2014

    Emberr Rib, gw juga lgsg gw tegor.. Sebodo amat dia marah ditegor deh šŸ˜€

    Like

  22. AiPy · November 10, 2014

    Maunya sih ko dicuekin, tp seringnya bener2 berasa keganggu bgt sih ko baru ditegur.. :p

    Like

  23. AiPy · November 10, 2014

    Keliatan kok Mei qt setipe..haha :p

    Lah, gw pake bahasa Indonesia yg baik dan benar aja ga ngerti apalagi Manado..haha :p

    Like

  24. AiPy · November 10, 2014

    Toss kita Sin sesama pengguna Tj šŸ˜€
    Iya nih pantat gw sampe segeda gini saking sabarnya..haha :p *apa hubungannya* ;p

    Itu lah, ajaib bener bikin emeijing saban hari..haha :p

    Like

  25. AiPy · November 10, 2014

    Wahh mantap nih jurusnya si emak.. Makasih Mak, tar gw praktekin deh klo membel dibilangin…hihi šŸ˜€

    Like

  26. AiPy · November 10, 2014

    Owh iya dikost gw diManado dulu gitu tuh, bangun pagi masukin peralatan mandi trus pada tidur lagi org2..ckckc.. untung gw selalu kuliah pagi, jadi gw hajar mandi meski mereka dah ngetag tempat..haha ;p

    Like

  27. AiPy · November 10, 2014

    Bukan Cath šŸ˜€

    Hooh Cath, emang mesti banyak2in sabar yahh šŸ˜€

    Like

  28. AiPy · November 10, 2014

    Jiahh.. Malah gantian gitu yah Mey..haha šŸ˜€

    Like

  29. AiPy · November 10, 2014

    Samaaa kita Mar..muahhaa. Gw juga sering gw teriakin trus gw tabrak2in aja pas mau turun.. hahaha šŸ˜€ Preman diajak ribut yakk..haha šŸ˜€

    Bersyukur yah punya PH kayak Anan ma Ai, mereka jadi tukang nenangin..hihi šŸ˜€ Ehh.. betul lah, klo kesel sama kelakuan org kayak gitu sebisa mungkin juga qt ga ngelakuin hal yg sama yah šŸ˜€

    Like

  30. AiPy · November 10, 2014

    Nah itu dia sih kak Nel, klo mang ga ada kesadaran emang susah.. Semoga lah klo yg masih bebel trus baca postingan ini bisa tersadarkan.. šŸ˜€

    Like

  31. AiPy · November 10, 2014

    Haha.. Kebayangkan yah mba Er klo lagi buru2 trus tiba2 stuck dijembatan.. Sakitnya tuh disiniii.. *nunjuk org depan* hihi..

    Betul mba Er, toleransi mesti tinggi bgtt bgt dah klo hidup berbanyak gitu. šŸ˜€

    Muahhah.. Maafkann akuh mba Er :p Ayukk nonton šŸ˜€

    Like

  32. AiPy · November 10, 2014

    Banget Ko, kalo ada ilmu menghilangkan sih udah lama diilangin dah..hahah šŸ˜€ *ngayal*

    Like

  33. AiPy · November 10, 2014

    Hooh ci Yan jadi gengges abis emang..ckckc..

    Like

  34. AiPy · November 10, 2014

    Iya Fan, kan klo tertib mah enak yah.. Yg modelan bgitu malah bikin tambah lama :p

    Like

  35. AiPy · November 10, 2014

    Ren, pan gelap.. keliatan yah dipelototin? hahah.. Tp yg pentin dah diomelin yah šŸ˜€

    Like

  36. AiPy · November 10, 2014

    Eymmm Re.. Gengges abiss.. Kita yg waras ngalah dah yah.. hahaha šŸ˜€

    Like

  37. AiPy · November 10, 2014

    Nahh.. Nyerobot antrian gak akan selamat dah dr gw.. Apalagi kalo pas depan gw.. Bisa abis tuh gw katain..haha šŸ˜€

    Iya parah yah Jur, padahal Ikea nih bukan yg pertama disini lho.. Kamu kalo perhatiin KFC dari dulu udah ada disiapin tempatnya.. Tp yah gitu deh.. Mental petantang petenteng šŸ˜€

    Like

  38. AiPy · November 10, 2014

    Wahh itu juga Mel, nyebelin bgt yg kayak gitu. Gaya sih boleh borju punya mobil. Tapi kelakuan nol gede.

    Mungkin dia lelah Mel dr kapan tau diingetin tp masih sama aja, jadi sama dia diberesin aja drpd cape hati dan mulut kan..haha.. šŸ˜€

    Like

  39. AiPy · November 10, 2014

    Nahh mental macam itu juga ci Fel yg bikin emosi naik.. Padahal udah jelas2 ada org yah.. Diselak pula..ckckc.. Emang mesti sabar dahh.

    Like

  40. AiPy · November 10, 2014

    Kalau emang film buat anak2 trus banyak anak2nya gw malah ga apa2 Chin kalau mereka berisik.. Soale kan emang masih kecil juga kan, susah dibilangin. Nah org gede klo susah dibilangin kan kebangetan..haha šŸ˜€

    Kalo dipesawat mau ga mau gw tegur meski dia anak kecil, paling tegur lewat ortunya.. soale kan gw parno yah. Jadi kudu tenang.. Hahah šŸ˜€

    Like

  41. Justisia Nafsi YuNITA · November 16, 2014

    Gara2 baca post ini jd inget hal2 yang ngeselin.. Haa.. Aslinya aku males konflik, jd klo ada yang gak enak tinggal kasih muka jahat dan lupakan…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s