Apartemen Atau Rumah??

Source: Here
Topik ini lagi jadi pembahasan kami berdua beberapa hari terakhir. Kalau ditanya sekarang, jujur Py lebih sreg untuk milih apartemen (apt), pemikirannya sih cuma satu yah “Py gak mau tua dijalan”!!. Tapi Ai mau langsung beli rumah dengan alasan kalau sudah punya anak rasanya akan ribet kalau tinggal di apt. Apalagi kami memang memiliki rencana untuk punya anak lebih dari 1. Kalau apt nya cuma yang 1 kamar terus anak yang lain tidur dimana?. Dengan dana yang ada  otomatis cuma sanggup untuk apt 2 kamar. Iya juga sih kalo dipikir-pikir memang butuh pengorbanan yah. Sekarang yang mana yang mau dikorbankan masih jadi pertanyaan.
Mungkin karena tumbuh besar didaerah yang kemana-mana dekat, ke sekolah bisa diantar Papa setiap hari sebelum beliau ngantor, pas makan siang Papa Mama masih bisa pulang kerumah dan bahkan tidur siang sebentar, pulang kantor gak sampe malam banget bikin Py ingin ngerasain hal itu juga. Meski untuk urusan pulang pas makan siang adalah hal yang mustahil ya di Jakarta. Kecuali kalau Py dapat apt di Ratu Plaza nah itu baru bisa *mimpi*. Py maunya masih bisa main bareng anak-anak bentar sebelum antar mereka ke sekolah. Masih bisa punya waktu-waktu berkualitas dengan keluarga meski kami berdua kerja. Masih bisa siapin sarapan dijam yang masuk akal *lirik temen kantor yg bangun jam 3 subuh ut masak*.. Ahh.. Cita-cita yang mulia bukan?.
Dari pembahasan panjang soal milih apartemen atau rumah ini berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami:
1. Kalau lebih memilih apt berarti kami kerjanya juga harus gak terlalu jauh dari kantor. Ya kalau kantor di Fatmawati dan apt di Gading sih sama aja yah. haha.. Dan saat ini lokasi apt yang masuk dalam jangkauan kami jelas yang ga terlalu jauh dari Jl. Sudirman atau Tomang. Konsekuensi: Harga apt yang makin hari makin mahal.
2. Kalau lebih memilih rumah:
A. Salah satu harus keluar (resign) dari kerjaan sekarang dan mencari pekerjaan yang berlokasi didekat rumah. Konsekuensi: Resign dan nyari kerjaan baru ga gampang.
B. Beli rumah yang tidak terlalu mahal diluar Jakarta lalu kontrak rumah yang berlokasi dekat kantor. Konsekuensi: Double cost.
C. Beli rumah diperumahan yang jaraknya ga terlalu jauh dari Jakarta yang ada fasilitas shuttle bus yang lewat depan kantor. Konsekuensi: Harga rumah yang ada fasilitas tersebut sudah diangka yang fantastis.
Atau kalu mau ekstrim, ya kami keluar dari Jakarta pindah ke daerah yang gak seruwet Jakarta. Tapi ini pun pertimbangannya tetap saja asal ketemu perusahaan dengan upah yang lebih oke dari sekarang.
Fiuhhh.. Sampai saat ini masih belum dapat kesimpulan mau yang mana. Padahal tahun depan rencana sudah mulai ngajuin pinjaman ke Bank untuk tempat tinggal. Tapi hari-hari ini kami terus bawa dalam doa, kemana Tuhan mau bawa kami kesitu kami pergi dan tinggal.
Kalau kamu, lebih milih apartemen atau rumah? Alasannya? *sekalian minta masukan* Hihi..
Advertisements

51 comments

  1. Vinaya · November 16, 2014

    Hi Py.. salam kenal.. utk urusan ini gw n cami jg sempet bgg. Kt mulai cr2 rmh dr taon 2012. Shock pertama kl lyat rmh di bsd jaman itu ud 800 tp luas bgnnya 45.. trus kt srg2 prg k prop. expo. dan byk2 cr info n smp pd 3 plhn. 1. Bl rmh yg agak ga trll jauh dr kota dgn mati2an nabung yg kt br bs perkirakan bs nyicilnya cm stghnya. Stghnya lg bharap kt dpt kenaikan gaji atau cr krjan tmbhan.
    2. Bl rmh di tangsel yg awal 2014 lalu sempet booming trus tar rmh itu disewain plus kita sndr sewa kontrakan yg di dkt tmpt krj.
    3. Cami bl apt di dkt tmpt krj n gw bl rmh di karawang.
    Dr hsl ty2 kenalan yg srg bl property di suggest urutannya sbb: 1, 3, 2.
    Krn plhn 1 mkn lm kt mkn ga ktm yg sesuai maunya kita jdnya kita ke plhn ke3. Cami bl apt. Tp gw smp saat ini blm krn hrg d krwg tyt ud mkn naik.
    Intinya most of people yg kt tyin bnr2 ga suggest plhn no.2 krn biayanya double. Smg bs jd pertimbanganmu Py..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s