Tentang Orang Batak

Asli gak kreatif banget judulnya..hahah.. Waktu GA kemarin (yang kayaknya dah lama banget tapi ga kelar-kelar ditulis karena ga tau kenapa?) Kak Sondang , sang blogger favorit Py dengan tulisan2nya yang sering bikin Py berkaca diri, melemparkan topik ini.

“Py ceritain dong kesan dan pendapatmu tentang orang Batak ahahahahah jangan yang jelek jeleknya ajaaaa atau juga jangan yg bagusnya ajaaa (semoga ada bagusnya ahahahahaha).”

Orang Batak pertama yang Py tau adalah Ruhut Sitompul. Hahaha.. Siapa gak tahu aksi beliau di Sinetron Gerhana (tahun 1999) yang terkenal dengan jargonnya “Peniing akuu.. Peeeniiing” haha.. Gara-gara film itu Py mikirnya orang Batak pasti kaya dan ngomongnya kuenceng bener.
Trus yah udah, lewat gitu aja. Nothing special soal suku yang satu ini. Sampai suatu hari pas Py SMP ada satu keluarga ngontrak rumah deket rumah Py, jadi tetangga lah. Keluarga ini campuran istrinya Minahasa sedangkan suaminya Batak. Kami sering memanggil beliau dengan marganya, Pak Simanjuntak. Herannya, Pak Simanjuntak ini sama sekali gak keliatan Bataknya. Ngomong nya kalem dan terkenal murah hati. Beliau waktu itu adalah petinggi PLN yang disegani didaerah Py. Gak ada tuh ngomong kenceng kayak pakai toa.. haha.. Jadi memudarkan ingatan Py soal Orang Batak pasti ngomong kenceng tapi soal orang Batak itu kaya-kaya malah makin nancep..hihi..
Pas kuliah baru deh Py mulai ada temen orang Batak. Fyi, Py baru tahu kalo Ai itu Batak pas udah deket mau ke Jakarta untuk magang..haha.. Selama ini kirain dia orang Toraja, ato ambon, pokoknya ga terpikir lah doi Batak..hihih..
Nah, sama juga sama mantan Py si E, waktu masih chat YM Py gak ngeh dia Batak. Pas nyampe ketemu di Jakarta baru tahu…ohh doi Batak.. Dari dia Py tahu kalo orang Batak itu keras! Dan saking kerasnya cenderung arrogant. Dari juga Py tau kalo orang Batak masih memegang teguh nilai-nilai suku nya. Ohh yah.. Waktu pacaran sama si E ini, ortu dan beberapa keluarga Py sempet wanti-wanti
Orang Batak itu harus nikah sama sesama suku mereka lho. Kamu tanya dulu sama E, direstui ga kalian?” hah?? Segitunya?
Ehh.. Bener dong pas ditanya, katanya ortu nya mewajibkan harus sama orang Batak. Ok deh. Bye!!
Tapi dari begitu banyak temen Py orang Batak, ada beberapa hal yang Py suka dari mereka, antarnya pekerja keras dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.
Py pernah denger ada temen ngomong gini.
Perusahaan itu seneng kalo dapat karyawan orang Batak, karena selain mereka loyal, mereka juga bertanggung jawab dengan pekerjaanya“.
Cuma emang bener sih, suara orang Batak ini emang macam nelen toa yah..haha.. Kuenceeng bowww.. haha.. Ehh.. Beda tipis deng sama Minahasa.. hihih.. Dimana dua tiga orang Batak berkumpul, disitu Polisi datang kata temen Py.
Dan yes, entah karena wajahku yang lebar ini, atau emang ga ada sama sekali Minahasa, orang sering salah sangka kalo Py ini orang Batak. Jangan tanya udah berapa banyak orang yang nanya Py boru apa? hihi.. 
Kalo pas denger kata “Orang Batak” apa yang ada dipikiran mu?
*****
Ps: Ini bener-bener penilaian pribadi tanpa bermaksud mengeneralisasikan Suku Batak. 🙂

Advertisements

18 comments

  1. blogditter.com · May 9, 2014

    Iya, siapa yang nggak kenal sama Abang Ruhut…. Khususnya bagi anak 90-an, hehe…. Dulu aku seneng banget nonton Gerhana, nggak bosen-bosen 😀

    Sejauh yang aku tahu sih, orang batak itu tegassss…. Dan agak nyeremin dikit, ahahaha….

    Like

  2. Zilko · May 10, 2014

    Aku sih langsung mengasosiasikan dengan “Sumatra Utara” Py, hahaha… . Geografis banget ya asosiasinya :P.

    Ah, sinetron Gerhana, dulu aku juga sering nonton, hehehe

    Like

  3. Grace K · May 12, 2014

    Alo kakak Py salam kenal 🙂 Aku campuran nih Batak-Cina tapi kalo dari segi wajah, ga Batak banget ato ga Cina banget hahaha.

    Kalo dari segi sifat, banyak temen yang bilang kalo aku loyal, setia kawan, ga segen ngomong Ya/Tidak atau menentukan mana benar ato salah. Cuma jeleknya jadi kya keras kepala dan memaksakan kehendak. Semoga yang jeleknya bisa segera dibuang dan bagusnya dipertahankan, hihihi ^^

    Like

  4. Mel · May 12, 2014

    Batak itu kayaknya macem2 juga ya tipenya. ada batak toba, batak apa batak apa (gak gitu tau juga :p). ada yg keras suaranya, tapi ada juga yang biasa aja. ada yang mayoritas muslim, ada yg mayoritas kristen. hihihi…

    Like

  5. mamie_funky · May 12, 2014

    yahh ituuu…suaranya yang menggelegar py…..

    Like

  6. AiPy · May 12, 2014

    Yoehh Dit, emang keren dimasanya ini sinetron..hihih..

    Iya yah mereka tegas, maka cocok jadi leader 🙂

    Like

  7. AiPy · May 12, 2014

    Haha.. Bener juga sih Ko ;p

    Wihh.. Toss kita 😀

    Like

  8. AiPy · May 12, 2014

    Alo Grace, salam kenal juga yah 😀 Trus penasaran mau lihat wajahmu…hihih :p

    Banyak bagus nya kok tuh.. Kayaknya gw kudu belajar sama kamu deh soal yang ga segen ngomong ya/tidak.. Masih struggling disitu..hihi 😀

    Like

  9. AiPy · May 12, 2014

    Iya Mel, di suku Batak sendiri masih terbagi ke beberapa suku lagi.. Emang panjang dan banyak sih..hihih 😀

    Like

  10. AiPy · May 12, 2014

    haha.. Emang khas yang ci Yan suaranya mereka. 😀 Makanya orang kalo liat Py ma Ai ngomong katanya kek berantem..haha :p

    Like

  11. Melissa Octoviani · May 14, 2014

    temen gua ada yg nikah ama orang batak, eh tapi yg batak si cewenya sih hehehe… dan ga diadatin ampe heboh gitu… paling cuma diulosin doang… gua pernah ke pesta nikahan org batak, pas ngeliat pengantennya lagi dinasehatin gitu ama tetua2, tapi gua ngeliatnya kayak lagi dimarahin…abis ngomongnya teriak2 gitu hehehehe….

    Like

  12. almostadecade · May 15, 2014

    Py, suamiku kan batak yah dan iyaa banget orang batak itu memang keras. Ini sampe sekeluarga2nya kayaknya sih. Hahaha tapi di balik muka dan watak yang keras mereka juga penyayang kok apalagi kl udah cocok sama orang tertentu. Hihihi

    Like

  13. lovelydebz · May 16, 2014

    Hahahahahahahahha iya betul awalnya gue pikir lu tuh Batak …nintau kote…..hahahahha

    Like

  14. AiPy · May 16, 2014

    Iya, kalo soal pesta adat emang tergantung keluarga juga kok Mel, ga semua wah gitu.. Biasa gengsi bermain kan disitu 😀

    hahaha.. Eymmm.. Jgn kan ama tetua, si Ai ngomong aja gw masih sering kaget mikir dia marah ;p

    Like

  15. AiPy · May 16, 2014

    Setuju Mar 😀 Hihii.. Keras tapi penyayang yes 😀

    Like

  16. AiPy · May 16, 2014

    Nintau kote kawanua..hahaha :p

    Like

  17. Messa · May 20, 2014

    hahahahahaaa mantap kali pun eda satu ini. pas semua deskripsinya. apalagi yang “kalau ngomong kayak nelen toa” hahahahaha *sakit perutku bacanya* kalau aku sendiri ditanya, Batak itu nggak suka basa basi, nggak lain di depan di belakang. kira-kira gitulah eda 😀 semoga kapan2 kalau aku pas ke Jakarta atau dikau datang ke Kaltim, kita bisa ketemu yah eda 😉 Horas!

    Like

  18. AiPy · May 20, 2014

    Huwooo.. Akuh pun mau bersua dengan mu eda 😀 Semoga ada jodoh yah bisa kopdaran. Horas!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s