Banjir Bandang Manado

Sebelum nya mau bilang makasih dulu sama temen-temen yang care sekali nanyain keluarga dirumah gimana kabarnya?. Puji Tuhan rumah Py sampe sekarang aman, karena letaknya juga di Kota Kotamobagu. 3 jam berkendara dari Kota Manado. Keluarga di Manado sendiri juga aman karena lokasi rumah kakak adek nya Papa Mama ada ditempat yang tinggi. 
From IG #PrayForManado
Tanggal 15 Januari 2014 memang jadi hari yang penuh duka buat Kota Manado. Gimana enggak? Banjir bandang tetiba menghantam kota ini. Py yang emang sering banget ngeliatin Path untuk ngusir ngantuk dikala kerja, kaget. Temen-temen disana pada update status dan foto yang bilang kalo air makin meninggi dimana-mana.
From IG #PrayForManado
Banjir daerah Singkil, Terlihat arus air nya deras sekali

Banjir Daerah Wonasa
Bahkan didaerah yang dulu sama sekali gak pernah ada genangan air pun, banjir sampe atap. 
Py langsung aktifin pake Talk Mania untuk ngecek keadaan di Manado.Ceritanya biar pulsa tetep awet meski telponan terus.
Yang pertama Py cek adalah keluarga2, setelah mastiin aman baru ke temen-temen kampus dan gereja. 
Yang parah rumah sahabat di daerah Perkamil waktu Py telpon katanya air masih sedengkul Papa nya. Eh.. Ga berapa lama telpon katanya sudah sebahu.. Ohh my!!. Jujur waktu itu rasanya pengen nangis. Ga ada manusia satu pun yang siap dengan adanya bencana. Bahkan warga Jakarta yang setiap tahun menghadapi banjir pun masih gak siap kalo banjir datang. Apalagi Manado? Daerah yang notabene gak pernah hadapin banjir.
Dan gak sembarang banjir, tapi banjir bandang. Kalo dilihat di berita-berita jadi mirip tsunami kecil. Mobil dan rumah terseret arus.
Jalan antara Kota Tomohon dan Kota Manado pun longsor. Yang paling sedih tantenya temen Py dan anaknya ikut jadi korban tewas di tanah longsor tersebut. :(( Ada juga orang-orang yang karena hujan deras memilih berteduh, dan ternyata rumah yang mereka singgahi amblas akibat tanah dibawahnya longsor sejauh puluhan meter.

Jalan yang Putus Total akibat tanah longsor

From IG #PrayForManado
Py langsung mikir, bantuan apa yang bisa Py kasih untuk bisa membantu mereka. Uang gak mungkin, secara tanggal nya tua bener. Ehh.. Puji Tuhan ada temen kost yang balik ke Manado, Py dan temen-temen langsung inisiatif untuk bongkar lemari dan nyari baju-baju yang sudah tidak dipakai tapi dalam kondisi yang sangat layak tentunya. Puji Tuhan masih ada sisa setelah pembongkaran terakhir beberapa bulan yang lalu.
Sampai saat ini mereka masih membutuhkan banyak bantuan dalam banyak hal. Mengingat bencana ini benar-benar merusak semua harta benda yang mereka punyai. Bahkan pas di berita ada tante yang ngomong kalo sekarang dia hanya punya baju dibadan saja karena rumahnya hanyut terbawa arus air. Sedih banget ga sih dengernya.
 
Temen update katanya setelah banjir yang tersisah adalah lumpur setebal 50cm dirumahnya. Dan Kota Manado tentu saja porak poranda 😦
Pasca Banjir di daerah Pakowa, Foto from Ig #PrayForManado
Foto from IG #PrayForManado
Dan bisa dibilang sekarang Indonesia sedang berduka, gak cuma Manado saja, tapi ada Erupsi di Sinabung, Sumatera Utara, di Jakarta juga masih banyak rumah yang terendam banjir. Di berbagai daerah lainnya pun banyak yang sedang kebanjiran.
Makanya Py pikir wajar kalo ada komen-komen ga mengenakan untuk ibu kita *bukan* Kartini yang tetap dengan hobi nya main ig, sementara rakyatnya banyak banget sedang sengsara. Pffftt…
Be strong Indonesia! Ini momen yang sangat pas untuk saling menunjukkan rasa solidaritas, kebersamaan, berdoa bersama untuk negri kita Indonesia tercinta.
Foto from IG
Barusan download vidoe youtube nya Ungu yang nyanyi lagu dengan judul Baku Jaga. Asli nangis denger lagu itu, dan yang pasti sangat dikuatkan. Gak kaget Ungu bakal bikin lagu, secara Enda gitaris nya memang orang Manado. Yang pasti lagunya benar-benar jadi penghiburan dan dinyanyikan di gereja-gereja disana pas Ibadah minggu kemarin. Liriknya dibawah ini:
P.s: Sorry foto semua nyomot di IG, entah kenapa yang dari Path ga kebuka. Selain itu emang ga dapet foto dari sodara-sodara disana. Pada hemat batrei hp katanya karena mati lampu sampe beberapa hari.
Advertisements

49 thoughts on “Banjir Bandang Manado

  1. Pyy.. merinding liatnyyaa.. Turut berdua juga untuk tantenya temen py.. Memang pas liat banjir di manado serem banget yah py. jadi keingetan sama tsunami.. :'(( Puji Tuhan keluarga py ada ditempat yang aman ya..

    Lets pray for indonesia.. biar bisa diluputkan dari segala bencana..

    Like

  2. huhuhuh sedih yah liatnya.. thanks juga kak py wktu itu udh nyolek di whatsapp ngabarin ini. puji tuhan keluarga di manado aman semua. turut berduka kak py buat tante temennya. setuju sm epi lets pray for indonesia!

    Like

  3. oh ya ampun… gua malah gak tau kalo manado juga kena banjir. kirain jakarta doang… 😦
    untung keluarga lu baik2 aja ya py…
    moga2 gak ada bencana2 lagi ya…

    Like

  4. Py.. gue juga sedih loh liat video temen di Path namilin banjir manado.. ada 2 ibu minta tolong dari atap rumah mereka dimana air uda hampir naik ke atas, tapi ga ada yg bisa tolong karena arus airnya bener2 kenceng. gatau ibu2 itu gimana skrg 😦

    Puji Tuhan keluarga Py aman ya..
    #prayforIndonesia

    Like

  5. Sedih ya pi, awal tahun banyak bencana ginih…smoga smua kluarga dan orang-orang yg di daerah bencana dikuatkan dan diberikan pertolongan segera….sedih n miris liatnyaaa

    Like

  6. Pyyy…
    aku juga pas nonton berita nya di tipi miris banget niiih…
    Untunglah keluarga mu baik baik aja yah Py 🙂
    Semoga selalu dilindungi yaaaah…

    Dan semoga banjir banjiran inih cepet berlalu deh yaaah…

    Like

  7. Turut sedih py, sukur bgt kluarganya g knp2. Mudah2n banjirnya cpt brlalu dan yg trtimpa musibah di bri kesabaran.
    Jd ingat kjdian di kendari tahun lalu tpatnya 16juli banjir bandang jg kena di kendari persis spt di manado ini saat itu bulan puasa pula sedih liat orng berhari raya di pngungsian. #prayforindonesia smg bencana cpt usai dr bumi prtiwi

    Like

  8. selamat Sore… Semoga Banjir yang menimpa saudara saudara kita di Kota Manado bisa menjadi pengalaman dan keluarga yang menjadi Korban banjir bisa mendapatkan kekuatan dari Tuhan. lagunya Ungu juga sangat menyentuh, saya barusan juga sudah download lagunya…

    Like

  9. Jadi penyebab banjirnya apa tuh PY, tumben2 banget kan biasa nggak pernah banjir… semoa semua cepet baik2 dan pulih yah…
    cerita yg bawah soal ibu bikin pengen ketawa di kala musibah ini hehehe

    Like

  10. Aku juga baru lihat di blogmu, Py, baru tau segini parahnya. Semoga semua diberi kekuatan melewatinnya ya, aduh kok aku jadi mau mewek sih baca yang tantenya temenmu.
    Py, aku suka banget kalimat itu, let the storm rage and calm His children

    Like

  11. Py, Terima kasih infonya. Puji Tuhan keluarga kamu aman. Salam duka untuk teman kamu ya Py. Sekarang gimana situasi disana? Semoga bantuan lancar diterima para korban.

    Like

  12. Py juga jadinya banyak nonton berita karena banjir ini. Amin mba Er, semoga kita semua selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Amin

    Aminn.. Secepatnya pergi semua bencana :')

    Like

  13. Owh ada kejadian kek gini di Kendari? Ya ampun, kok gw ga tau yah.. Sedih lah yah pastinya Hari Raya di pengungsian. Iya, semoga bencana segera berlalu 🙂 Amin

    Like

  14. Penyebab nya itu hujan yang terus menerus di Kota Manado, Tomohon dan sekitarnya. Plus, ombak tinggi dilaut ci Fel mengakibatkan air pasang. Nah, Manado itu kan kotanya memang di tepi pantai gitu kan. Jadinya air hujan yg harusnya ngalir ke laut itu jadi ga bisa. Akhirnya ketemu ditengah, makanya air nya arusnya jadi kuat banget gitu. Begitu ci 😀

    😀 Memang si Ibu selalu bisa “membawa senyuman” hihi

    Like

  15. Iya kak, parah banget..

    Tantenya temen sampe masuk berita kak. Dokter dan anak nya 😦 Kasian banget deh, ga kebayang suaminya gimana.

    Sama kak, Py juga suka 🙂

    Like

  16. Sama-sama mba Yo. Iya Puji Tuhan banget mba aman..

    Situasi sekarang dalam pembersihan dimana-mana. Yang rumah nya masih parah, masih tinggal dipengungsian. Bantuan so far aman mba kalo mantau dari temen2. Tiap hari selalu ada makanan jadi yg disalurkan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s