Situ Copet?

Source: 108csr.com
Ini cerita masih seger banget, baru aja tadi pagi kejadiannya. Jadi kan sehari2 itu Py kalo ke kantor trus pulang naik Kopaja 19. Yang mana udah pada taulah kalo didalemnya banyak tukang copet nya.. Eh tapi keknya semua angkutan di Jakarta ini ada copet nya yah :p
Nah, karena Jakarta sudah kembali normal jadinya Kopaja juga penuh, apalagi kalo udah jam 8. Itu beneran desek2an karena banyak penumpang dari Stasiun Sudirman kan. Kalo udah begitu Py lebih milih gelantungan dipintu daripada telat, soale kalo naik teksong tiap hari mahal diongkoss bukk..haha..
Pas udah ada penumpang yang turun, duduk lah Py dibelakang. Nah firasat mulai gak enak pas nge-gepin bapak2 sebelah Py kode2an sama temannya. Langsung muncul diotak, ini pasti copet!.. Dan karena Kopaja ini terkahir di Ratu Plaza, otomatis banyak yang turun kan.. Langsung tuh Py kekepin tas trus berdiri agak lamaan biar tuh para copet turun duluan. Jadi sama sekali gak ngasih kesempatan.Β 
Eh bener dong, pas turun ada beberapa orang yg ngecekin tasnya. Pasti berasa tuh abis digrepe-grepe copet.Β 
Karena udah beberapa kali mergokin copet di Kopaja jadi Py mau ngasih beberapa Ciri Copet di Kopaja/Metromini:
1. Mereka Pake Baju ala Orang Kantoran
Iya, mereka itu pingin keliatan nyaru diantara orang-orang kantor beneran. Tapi percayalah, mereka bisa sangat dikenali. Karena, sejelek-jeleknya selera orang yg kerja di Sudriman dalam berpakaian tetep ga pernah Py lihat orang kantoran beneran pake kemeja yg udah lusuh, trus keliatan jarang disetrika.Β 
Berapa kali liat copet itu pakean mereka lusuuhh banget. Hati-hati!

2. Bawa Backpack
Yes, biar lebih meyakinkan mereka pake tas juga bow. Tapi, ini juga bisa kita bedain dari tas orang kantoran pada umumnya. Biasanya mereka itu balik lagi ke atas, tasnya yang udah gitu deh. Trus ini yang penting, tas mereka kosong! Itu kedok buat nutupin tangan mereka saat beraksi! Hati-hati.
3. Udah Berdiri Tapi Gak Turun-Turun
Ini nih yang sering Py liat. Si copet ini udah diri kan siap2 dengan aksinya, tapi trus ternyata sikon gak mendukung dia gak jadi turun deh. Trus siap2 untuk target selanjutnya.
4. Sering Main Mata Sama Temennya
Ini yang bikin Py ngeh tadi pagi. Kode-kodean yang kentara banget sih. Ini berlaku kalo mereka punya temen, kalo gak kemungkinan dia naksir kamu.. *aposee* :p
Yahh.. Intinya kalo di Kopaja/Metromini memang harus peka dengan sekitar. Py kalau mau tidur mastiin dulu sebelah siapa. Kalo ga kenal apalagi mencurigakan ya ga akan tidur2 ayam.
Trus nih yah kalo mau turun, pastikan tas kita dikekep yang rapet. Jangan sampe ada celah. Apalagi buat cewe2 yang doyan pake tote bag trus ga bisa ditutup harus extra waspada.
Selain itu, kalo merasa bawa barang banyak mending naik taxi aja deh. Temen Py 2x hilang hp karena keribetan sendiri dalam Kopaja, alhasil dia ga waspada sekitar. Yah mending naik taksi 30-50rb daripada hilang hp yang harganya jutaan kan?
Kalau kamu gimana? Pernah kecopetan gak? Atau mergokin copet juga? Sharing dong πŸ™‚
Advertisements

46 thoughts on “Situ Copet?

  1. Dua2nya py :), kalo kecopetan untungnya waktu itu ga berhasil karena didalam tas lagi bawa buku bacaan tebel dan dompet taro dibaliknya jadi aman, tapi yang bikin ngenes tas yang baru dipake hari itu sobek 15 cm :((.

    Kalo ngeliat sih beberapa kali, tapi emang dasar ga punya nyali yah aku cuma ngeliatin dan simpati doang tanpa bisa nolong

    Like

  2. jadi pagi tadi kamu ngeliat copet py? serem bener ya. ibu aku duluuuu pernah tuh liat copet ehhh dia diancem pisau dong kalo teriak, terpaksa diem aja sambil empet. aku gak pernah liat ( amit2 gak mauuuu). sekarang naik angkutan umum serem bener ya, gak cuman copet, orang2 gila yang sebangsa suka ngese# jg suka ada kan ya?

    Like

  3. Pernah dicopet di angkot py, tapi gagal soalnya aku keburu sadar dan tereak. Terus sama copetnya hpnya dijatohin dan dia turun angkot terus lari. Eh dasar sableng, saya malah ikut turun dan ngejar copetnya sampe dia naik bus. Hahaha.

    Like

  4. Benerrr banget no 3. Udah Berdiri Tapi Gak Turun-Turun. Aku pernah naik kopaja pas dari depan atmaja, kopaja2 mangkal disitu. Klo kosong biasanya aku ga mau naik, takut. Eh pas ditengah jalan mulai ada yg beraksi bilang ada ular dikakiku, untung aku ga kagetan. Cuma dalam hati “orang gila kali ya”.

    Trus pas aq berdiri, disuruh kedua tanganku pegang besi yg atas, kt si copet nanti jatuh, halahhh klo dua tangan diatas, tas ga dikekep doang??. Pas mau turun sdh ada yg pasang badan, dia blg mau turun pdhl ga turun2. Aku kekep tasku. Supir juga ga langsung stop pdhl sdh ku gedor2 atap kopaja.

    Pas berhasil turun, kuliat org yg bilang mau ikut turun juga, dia memang turun tp masuk lagi ke bus lewat pintu belakang. Pas ku cek tasku, resletingnya sdh rusak dibagian belakang hingga ke tengah, Thanks God ga ada yg hilang. Isi kopajanya 5 orang cowo semua ku rasa satu komplotan.

    Like

  5. Nah itu dia yah, ngerusak tas adanya mereka.. :(( Memang harus lebih hati2 yah..

    Py sih kadang klo ngeliat suka bisikin org disamping buat hati2.. Tp ada temen yg preman bgt lho neriakan copetnya..haha..

    Like

  6. Nah, populer tuh trik kek gitu dikalangan pencopet klo dah ketahuan..

    Lah trus gimana hp nya? Sempet diambil kan? Lain kali biarin aja Yo, nanti malah bahayain diri sendiri lhoo.. 😦

    Like

  7. Iya kak, mereka biasanya komplotan, malah sama supir dan kondektur nya bisa ambil bagian tuh. Memang serem lah Jkt ini, makin kesini copetnya makin pinter juga. Jadi kitanya yg perlu sangat extra hati2.. Yg nyebelin ya walau ga ada yg ilang tapi tas rusak >_<

    Like

  8. serem ya py, mereka bisa cari segala macem cara buat nyopet…
    aku udh pernah sempet dgrepe kantongnya pas di jembatan atmajaya situh…untung sadar trus aku pelototin aja tuh orangnya…hahahahaha

    Like

  9. dluuu wktu awal2 kerja, blm aware ama copet, cuek2 aj ama sekitar. ampe pernah kena todong 2x, baru deh lbh peka.. seringgg bgt nge gap para tkg copet yg ciri2 ny persis kt pypy. dlu g naek kopami P12, tp untungnya krn ud peka, gk prnah kena *amit* jd korban lg

    Like

  10. Wah iya Vir, kayak yg pernah ditayangin berita. Si tukang copet ada kek sekolah gitu lho, jadi yg udah senior ngajarin trik2nya ke junior.
    Ihh..Serem dong yah itu jembatan Atma, thanks Vir. Bakal makin hati2 gw lewat situ.

    Like

  11. Pernah kecopetan di angkot tahun 2001 (lagi hamil anak kedua) dalam perjalanan menuju ke kantor.
    Mereka naik berlima, laki-laki semua, dan pura2 gak saling kenal. Naik dari depan terminal Leuwipanjang, bawa tas gede2, langsung mengapit aku yang sebenernya duduknya didekat pintu keluar karena sebentar lagi turun.
    Belum 10 menit mobil berjalan ketika tiba-tiba salah satu dari mereka berpura2 muntah-muntah dg hoek2 hebat. Orang di sebelahnya pura2 jijik takut kena muntah jadi menggeser duduknya makin mepet ke aku.
    Aku yang curiga (krn pernah denger modus seperti itu) cepet2 turun, dan ternyata dompet di tasku sudah lenyap! Seluruh uang gajiku yang kuterima sehari sebelumnya (waktu itu gajiku masih kuterima cash, bukan ditransfer spt sekarang), sebuah hp nokia 3210 (yg ngehits banget pd jaman itu), kartu2 identitas, beberapa ATM, HILANG!
    Segera kukejar angkot itu (sampe lupa bahwa aku sedang hamil) dan di lampu merah Caringin angkot itu berhenti, tapi orang2 itu sudah tidak ada…. 😦

    Like

  12. Ya ampunn mbak :(( Miris bgt sih pengalamannya. Itu tukang copet ga tau pikirannya dimana kali yah? kita kan kerja juga usaha yah, peres keringet juga. Mana ibu hamil pulak.. Ishh bener2 deh.. *esmosi*

    Semoga jgn sampai kejadian lagi yah Mbak, jadi bikin makin hati2 kedepannya. Dan jadi makin ngerti modusnya mereka juga nih. Thanks for sharing Mba ^^,

    Like

  13. Iya dia berhasil, ada bpk2 yg kelihatan gelisah ngeraba celananya tp ga bisa nemu dompetnya 😦

    Syukurlah, dan semoga gak akan pernah yah Dea.

    Like

  14. gua belom pernah dicopet di dalem bis *amit amit*

    dulu pernah juga tuh di angkot ada copet tapi ga ketauan itu copet… ga tau kapan nyopetnya tau2 pas orgnya uda turun sopir angkotnya langsung ngomong “coba dek diperiksa tasnya, kayaknya itu copet deh” org seberang gua tiba2 bilang keilangan hp… duh…horor banget…

    Like

  15. Serem yah Kak Py, untung gak kenapa2
    Aku belom pernah kecopetan sih dan semoga engga bakal pernah hahaha tapi sempet beberapa kali juga mergokin si tukang copet di bis sama di angkot coba, untungnya langsung notice jadi cepet turun..

    Like

  16. Serem yah, py…
    jadi mesti ekstra waspada kemana-mana.
    aku tinggal di kota kecil, terus angkot juga gak beroperasi di sini (dalem kota maksudnya, kalo keluar wilayah yang jauhan dikit sih ada) tapi paling banyak ya motor ojek. Jadi gak pernah tau secara langsung. Paling liat atau baca beritanya aja.

    Like

  17. pernah Py….jaman kuliah dulu…
    ilang kalkulator, padahal mau dipake ujian…nangisss…. *dulu belum jaman HP, heheheehe*

    trus duit. untung cuman 500, karena copetnya grepe kantong kanan, syukurlah bukan yang kiri Py…disitu ada duit baru ambil dari ATM….syukuuur banget!

    Like

  18. Iya amit2 jgn sampe..

    Owhh.. Sopirnya udah ngeh, cuman mungkin takut kali yah kalo ngasih tau.. Kesian deh, hp itu kan juga dibeli dari hasil kerja keras yah pasti.. 😦

    Like

  19. Iya serem bgt Re.. 😦

    Semoga gak akan pernah ngalamin yahh..Aminnn.. Iya sih, kalo udah tau mending turun. Kecuali kalo lagi buru2 kek gw kmren..haha.. jadi lanjut ajah.

    Like

  20. Ya ampunn, tega bgt sih si copet itu. Kalkulator masih ada diembat…ckckkcc..

    Deh.. Serem rasanya sampe digrepe gitu.. Kan salah grepe berabe yah..ckckc.. Iya yah, syukur bgt bukan duit baru yah yg diambil..

    Like

  21. Syukur deh Py aku blm pernah kecopetan.. jangan sampeee.. n kamu juga deh
    Tapi emang sih dulu setiap naek kopaja/metro mini waspadanya mesti dobel-dobel, tampang juga dibikin galak n jutek walau dalam hati was was… hihihi

    Like

  22. Waduuuhhh jadi lo kecopetan yah py? Kurang ajar noh copet! Minta ditabok! Biarin pi, relain aja, nanti rejeki kamu balik berkali2 lipat. yang penting kamunya nggak kenapa2 yaaa. =)

    Like

  23. Waduh, serem juga yah jaman sekarang inih…
    nyopetnya komplotan dan ber kolaborasi begituh…

    Di Bandung juga samaan sih, tapi karena gak ada kopaja biasanya di angkot…
    Aku pernah juga tuh ilang henpon waktu masih jaman nokia 5110 dulu…si henpon sejuta umat…hihihi…

    HArus lebih hati hati deh…

    Like

  24. Iya mbak, kek artis aja mereka pake kolaborasi…hehe..

    Ya ampun, iya inget N5110 :p Semoga ga kejadian lagi yah Mba..Aminn.. Hati2 dimanapun perlu. Ingat! Jangan kasih kesempatan.. Waspadalah! πŸ˜€

    Like

  25. Kalo kena copet di angkot ga pernah dan jangan sampe juga sih *amit2*
    Tapi kalo kena copet di mol pernah, ngeselin banget….karena waktu itu baru dateng dr Sby ke Jkt, lagi ke TA mo makan trus tas gw taruh di kursi sebelah eh diambil….sampe gw kejar trus ilang…..huhuhu…. 😦

    Like

  26. Kecopetan sih ngak py, nyaris jadi korban iya..
    di angkot si..

    jadi dia ngejatuhin koin2nya gitu, trus bilang kayanya ada koin nyelip di lipetan jeans ku.. dia pegang2 lipetan jeans di kaki ku kan, otomatis me nunduk juga donk *ya di pegang2 celananya org tak di kenal kan* Mana Hape me taro di kantong celana, ada gantungan eeyorenya.. trus kok me reflek ya lurusin kaki, ( jadi hp ketahan di kantong, ga bisa di tarik ) dan tangan yg mau ngambil hp kepegang daku.. lgsg deh dia ga jadi ngambil, me diem2 aja hahaha takut klo turun di ikutin kan, trus pas mereka turun tuh ber 6 apa ber 7 lho sekaligus..
    ternyata uda komplotan haiz..

    pas mereka turun me ampir nangis wkwkwk *wkwkwkw* tapi lalu beraniin ngomong, ke penumpang lain ada yg di copet ga, soale td saya ampir di copet hpnya.. lsgs 1 angkot heboh ngecek2 kantong n tas nya.. Supirnya sih kayae kongkalikongan juga sih.. Abis itu ga brani naik angkot lagi hahaha ngojeeeeek. Daripada beda 3 rb besok2nya daku di samperin preman yak :p

    Kalo dari kopaja pernah, me berasa diikutin orang py, pas mau nyebrang ada mobil item berhenti, keliatan dari pantulan ada 1 org nempelin me di belakang.. lgsg buru2 naik Angkot, pas angkotnya rame ibu2, dan tuh org Puji Tuhan ga jadi naik, mungkin krn tau me udah tau diikutin dia ya..

    TKP di perempatan Cengkareng semua hahaha

    Pernah juga ngalamin seangkot sama org yg ngeluarin kelaminnya n gesek2 kesebelahnya * Anjriiiiit, kok serasa baca koran kriminal gitu ini komennya ye * Ini paling ngenekin dan traumatize abis.

    Like

  27. sekitar 3 tahun yang lalu sempat hampir kejadian Py.

    Kejadiannya ya di angkot dan komplotan sih sepertinya. Angkot kondisi penuh orang, jadi duduknya berdempetan. Tiba-tiba bapak yang duduk didepanku selonjorin kakinya kayak lagi kram sambil teriak2 kesakitan gitu. Orang-orang padha kaget termasuk aku juga. Lagi perhatian terfokus ke si bapak, tiba-tiba aku ngerasa mas-mas yang duduk disebelahku narik-narik tas yang aku pangku. Waaah….aku langsung teriak dong, “Mas, kok tarik-tarik tas saya, kenapa?” Ehh…dianya ngeles, siapa yang tarik-tarik mbak, jangan nuduh sembarangan! Tasnya langsung aku kekep. Tiba-tiba si bapak sudah ngga kram aja gitu dan ngga lama, si mas tadi minta stop turun. Si mas, si bapak kram dan 1 orang lain lagi turun barengan aja gitu. Langsung dah penumpang yang tertinggal kasak kusuk, membenarkan kecurigaan kalau mereka bekerja sama. Si pak supir mah diam saja, sempat curiga kalau dia sebenarnya tahu orang-orang itu. Cuma ya gitu, deg-degan nya ngga hilang seharian itu 😦

    Like

  28. Owhh iya ci Fel, pernah baca juga berita soal modus copet kek gitu.. :(( Dimana aja emang kudu waspada yah ci.. Pada lihai bgt emang mreka..ckckc..

    Like

  29. Serem bgt dong yah per4an cengkareng..hiwww.. Kudu waspada.. Puji Tuhan yah Me ga sampe ada yg hilang. Tapi kalo dah dikutin gitu sih udah bener Me lgsg naik angkot aja. Ato ga ke tempat yg rame gitu yah..

    Iya udah banyak juga tuh yg kelainan bgitu,, hiwww.. Daku udah pernah ngalamin yg namanya di esek waktu dulu bgt naik 213..oh Tuhan.. Gak mauuuuu lagi.. Sumfah trauma abis..

    Like

  30. Ya ampun, ada2 aja yah Mba cara mereka ngalihin perhatian.. Tapi syukurlah lgsg sadar yah, klo engga kan,, duhh.. amit2 jgn sampe tas dan isinya ilang.. Memang wajib waspada nih… Thanks for sharing mba πŸ˜€

    Like

  31. yang lucu ada temennya temenku dong py, waktu itu dia lagi jaga konter di mal slipi trus naik 102, dan dia ngeliat copet beraksi trus tau ga gimana reaksinya, dia tepok copetnya trus dengan gaya seperti ngelarang anak kecil kalo ga boleh melakukan sesuatu kemudian dengan polosnya bilang gini “sstt, ga boleh, ga boleh itu” abis itu copetnya diem trus langsung turun ga jadi nyopet hahahaha…

    Like

  32. Memang menarik isu nie… saya banyak membaca mengenai hal nie…
    tahniah, artikel awak memang menepati maksudnya… memang menarik..

    πŸ™‚

    Feel free to visit my web blog … Affiliate Malaysia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s